Teknik Blogging Penting yang Harus Dimiliki Pemula – Blogging memang memiliki tren jangka panjang yang tidak menunjukkan tanda-tanda redup, malah semakin digandrungi oleh banyak kalangan.

Di Indonesia sendiri, blogging kini mulai berpindah dari hobi ke bisnis. Blogging kini bukan lagi sekedar bercuap-cuap tapi juga untuk mendapatkan penghasilan.

Peningkatan jumlah blogger Indonesia setiap tahunnya juga menjadi pertimbangan lain di mana blog kini memiliki peran penting. Karena banyaknya blogger baru yang tumbuh maka teknik blogging penting ini wajib Anda baca.

Bagi Anda yang baru saja bergabung menjadi salah satu blogger Indonesia atau belum lama bergabung, ada beberapa teknik blogging penting yang bisa Anda coba lakukan agar blogging menjadi aktivitas yang lebih menarik, menjadi lebih profesional, dan berisi konten yang berkualitas. Berikut ini beberapa teknik blogging penting tersebut.

10 Teknik Blogging Penting Untuk Pemula

1. Tentukan Topik Blog

Tentukan topik blog Anda terlebih dahulu dan konsistenlah membahas topik tersebut. Topik blog yang biasanya sangat banyak dicari adalah teknologi, kesehatan, selebriti, berita unik, motivasi, dan sepakbola.

Cobalah konsisten dan fokus pada topik yang Anda pilih agar pengunjung tidak bingung membuka isi blog Anda.

5 Topik Blog yang Disukai Pembaca

Atau jika Anda berpikir untuk membuat blog pribadi maka tidak ada salahnya Anda menceritakan pengalaman hidup Anda, cerita liburan, dan sebagainya yang bagi Anda menarik untuk diceritakan, asalkan fokus pada topik-topik tentang diri Anda tersebut.

BACA JUGA:  Tips Blogging: Memulai Aktivitas Sebagai Blogger

Baca Juga:

2. Pahami SEO

Pahami ketentuan SEO dengan baik agar isi blog Anda langsung terindeks di mesin pencari Google. Daftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tool dan Google Analytics segera setelah Anda membuat blog. Baca berbagai artikel berikut untuk memulai:

3. Custom Domain (Domain Pribadi)

Tentukan nama domain yang tepat untuk Anda dan pastikan platform-nya apa. Jika memilih blog gratis seperti blogspot, wordpress.com, tumblr, dan sebagainya, maka Anda bisa langsung mencobanya tanpa harus memikirkan ‘modal awal’ pembuatan blog.

Menggunakan Custom Domain atau Top Level Domain (TLD)

Jika Anda memilih untuk membuat blog dengan CMS WordPress dengan nama domain pribadi, maka tentu perlu modal awal yang bisa Anda keluarkan untuk menyewa nama domain pribadi (.com, .net, .info, dan sebagainya) dan menyewa hosting.

BACA JUGA:  Lengkap: 30+ Aplikasi Terbaik Untuk Blogger yang Tentu Wajib Digunakan

Baca Juga:

4. Online Presence

Buatlah akun Facebook Fan Page dan Twitter khusus untuk blog Anda agar setiap artikel baru yang Anda post di blog Anda bisa secara otomatis dimasukkan ke dua akun media sosial terbesar tersebut.

6 Rahasia Blogging yang Bisa Anda Ambil dari Jurnalis

Dua akun tersebut sangat membantu untuk menjaring pengunjung tetap blog Anda, berguna juga untuk menghimpun pembaca setia blog Anda.

Baca Juga:

5. Engagement

Banyak membaca postingan lain, rajin berkomentar dan rajin membalas komentar pengunjung di blog Anda, aktif di forum dan media sosial, aktif menulis di blog, aktif membagikan tulisan Anda ke teman-teman, bisa membantu Anda berangkat perlahan menjadi blogger kreatif dan sukses.

Baca Juga: Manfaat dan Tips Blogwalking

Inilah salah satu teknik blogging penting yang wajib Anda lakukan di sela-sela mengembangkan blog Anda.

6. Manfaatkan Alexa Rank

Manfaatkan Alexa Rank untuk melihat perkembangan blog Anda. Daftarkan dan klaim blog Anda di Alexa.com.

BACA JUGA:  Tips Blogging: 7 Hal Penting yang Bisa Dimanfaatkan Setiap Blogger

Dari situlah pantau perkembangan blog Anda dengan peringkat yang diberikan. Semakin kecil peringkat Anda maka semakin populer pulalah blog tersebut. Anda wajib mencoba teknik blogging penting yang satu ini.

Baca Juga:

7. Klasifikasikan Tulisan Berdasarkan Kategori

Buat kategori-kategori menjadi menu navigasi di blog Anda. Pastikan agar semua tulisan yang ditulis sesuai dengan kategori yang Anda buat tersebut. Kemudian tempatkan kategori tersebut menjadi menu navigasi yang terlihat jelas dan mudah dijangkau oleh para pembaca Anda.

Kategori itu nantinya memudahkan pembaca untuk mencari artikel yang mereka butuhkan. Tempat yang biasanya digunakan untuk menempatkan menu kategori tersebut adalah di bagian atas di bawah judul blog dan di bagian sidebar.

Inilah salah satu teknik blogging penting yang banyak dilupakan oleh pemula.

8. Perbanyak Mempromosikan Blog

Mulailah mempromosikan blog Anda di forum dan di kolom komentar blog lain. Hal ini sangat berguna untuk mencari teman sesama blogger.

5 Taktik Efektif Dalam Mempromosikan Blog

Mereka kemungkinan besar juga akan melakukan kunjungan balik ke blog Anda sehingga Anda punya pembaca setia sekaligus teman. Anda juga bisa menjadi lebih populer.

Itulah teknik blogging penting yang harus dimiliki oleh pemula. Selamat mencoba dan semoga sukses.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here