Cara Membuat Tombol Donasi PayPal di WordPress – Tidak bisa dipungkiri bahwa PayPal menjadi rekening virtual terbesar yang ada dewasa ini. Sudah banyak sekali eCommerce yang menerima PayPal sebagai metode pembayaran yang sah. Ada banyak juga marketplace yang menerima PayPal sebagai rekening untuk mengirimkan uang.

PayPal sangat aman untuk bertransaksi dengan mengintegrasikan berbagai kartu kredit dan debit card yang umum digunakan orang-orang, contohnya kartu kredit yang berlogo Visa maupun Mastercard. Namun, PayPal tidak hanya bisa difungsikan sebagai metode transaksi jual-beli secara online, bisa pula digunakan untuk menerima donasi dari orang lain. Para desainer atau freelancer di luar sana, yang sering membagikan portofolio-nya secara gratis, kerap menggunakan PayPal untuk menerima donasi dari donatur yang mencintai karyanya.

Apapun tujuan Anda jika Anda membutuhkan donasi dari orang-orang di luar sana, Anda memiliki banyak pilihan untuk menerima donasi melalui pengguna PayPal, terutama jika Anda pengguna platform WordPress.

Bagi pengguna WordPress self-hosted sendiri, terdapat banyak plugin untuk membuat tombol donasi PayPal di WordPress yang siap Anda gunakan dengan mudah dan memberikan fitur yang lebih canggih. Beberapa plugin untuk membuat tombol donasi PayPal di WordPress antara lain:

BACA JUGA:  Cara Menempatkan Tombol Media Sosial di Widget

1. PayPal Donations: Disertai pilihan mata uang, bahasa, halaman, dan tombol. Cukup populer di plugin repository WordPress.

2. Simple PayPal Donate: Sangat sederhana sama seperti namanya, tapi cukup efektif dengan fungsi yang ringan.

3. Seamless Donations: Anda bisa mengetahui jumlah donor dan siapa saja mereka yang melakukan donasi dengan plugin ini.

4. Smart Donations: Memberikan fitur yang lebih canggih seperti melacak donatur, menentukan target donasi, memonitor hasil, dan dilengkapi dengan halaman “Thank You” setiap kali pengunjung memberikan donasi.

5. WordPress PayPal Donation Plugin: Cukup untuk membuat tombol donasi PayPal yang sederhana di WordPress Anda.

Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin dengan berbagai alasan, ada sebuah cara yang sangat berguna untuk jangka panjang. Cara ini tentunya dengan menambahkan beberapa baris kode ke dalam theme WordPress Anda. Fitur ini bisa mengurangi beban loading yang disebabkan oleh penggunaan plugin, jadi kita akan membuat tombol donasi PayPal secara manual menggunakan sedikit snippet.

Pertama-tama, perlu Anda ketahui bahwa kita akan bersentuhan langsung dengan file functions.php yang terdapat di theme Anda. Jadi ada baiknya Anda membackup-nya terlebih dahulu demi alasan keamanan, atau bila perlu, buat child theme untuk theme WordPress yang Anda gunakan dan aplikasikan kode di bawah ini ke dalamnya:

add_shortcode('paypaldonate', 'wpds_donate_shortcode');
function wpds_donate_shortcode( $atts, $content = null) {
 
    global $post;
     
    extract(shortcode_atts(array(
    'account' => 'paypal-email-address',
    'for' => $post->post_title,
    'onHover' => '',
    ), $atts));
     
    if(empty($content)) $content='Donate';
     
    return '<a href="https://www.paypal.com/cgi-bin/webscr?cmd=_xclick&amp;business='.$account.'&amp;item_name=Donation for '.$for.'" title="'.$onHover.'">'.$content.'</a>';
}

Tempatkan kode di atas ke dalam functions.php tepat sebelum kode ?> jika ada, jika tidak ada tempatkan saja di bagian paling bawah. Klik Save Changes jika sudah.

BACA JUGA:  Cara Memindahkan Blog Wordpress ke Wordpress Self-Hosting

Kemudian, gunakan shortcode berikut ini untuk menempatkan tombol donasi PayPal di WordPress Anda, boleh di dalam artikel atau halaman.:

[paypaldonate account='alamat email PayPal Anda' for='kepentingan donasi' onHover='Pesan Terima Kasih Kepada Donatur']Beri Saya Donasi[/paypaldonate]

Keterangan: Ganti kode yang ditandai sesuai kebutuhan Anda; masukkan alamat email, kepentingan donasi (misalnya: “Untuk Proyek A”), pesan terima kasih kepada donatur yang telah menyumbang, dan juga teks yang ditunjukkan sebagai teks tombol. Anda juga bisa meng-embed tombol dalam bentuk gambar sebagai pengganti teks tersebut.

Tes shortcode di atas dan coba klik tombolnya, apakah sudah berfungsi seperti yang seharusnya?

Menampilkan Shortcode Tombol Donasi PayPal ke dalam Widget Area

Jika Anda ingin menampilkan tombol donasi PayPal dengan shortcode di atas ke dalam sebuah widget di sidebar atau pun footer, silahkan tempatkan kode di bawah ini ke dalam functions.php, caranya sama seperti yang di atas:

add_filter('widget_text', 'do_shortcode')

Sekarang widget area di WordPress Anda sudah bisa menampung shortcode apapun, terutama shortcode tombol donasi PayPal yang menjadi tujuan utama kita dalam artikel kali ini. Bagaimana tanggapan Anda?

BACA JUGA:  10 Hal Penting Setelah Menginstall Wordpress

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR