Cara Menempatkan Tombol Media Sosial di Widget – Media sosial erat kaitannya dengan sebuah blog. Media sosial berfungsi atau berpengaruh besar dalam perkembangan jumlah audiens atau pengunjung sebuah blog. Untuk itu sebaiknya Anda setidaknya memiliki akun Facebook dan Twitter pribadi dan bila perlu buatkan juga khusus untuk blog Anda. Tidak heran jika media sosial sangat besar pengaruhnya pada perkembangan pengunjung sebuah blog, ditambah dengan popularitas blog itu sendiri.

Dalam tutorial kali ini, saya menjelaskan bagaimana caranya menempatkan tombol media sosial di widget blog wordpress self-hosted Anda. Perlu diperhatikan bahwa tutorial ini khusus ditujukan pada pemiliki blog wordpress self-hosted alias wordpress.org bukan wordpress.com.

Dengan adanya tombol sosial media di widget blog wordpress Anda maka pengunjung blog dengan mudah bisa membacanya ketika sedang membuka Twitter dan Facebook mereka, karena mereka bisa mencari kumpulan artikel blog Anda melalui media sosial yang Anda buat untuk mempublikasi judul dan link tulisan Anda.

Untuk membuat tombol media sosial Anda harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

BACA JUGA:  Cara Memindahkan Blog Wordpress ke Wordpress Self-Hosting

1. Log in ke Dashboard wordpress self-hosted Anda.

2. Arahkan kursor ke bagian Plugins => Add New.

3. Arahkan ke bagian Search lalu cari Simple Social Icons, atau Anda bisa juga mendownloadnya disini.

4. Install dan aktifkan plugin tersebut. Tidak perlu takut dengan kapasitas hosting Anda. Plugin ini sangat ringan dan sangat berpengaruh kecil terhadap kinerja hosting Anda sehingga hosting Anda tidak berat bekerja.

5. Setelah diaktifkan, arahkan kursor ke bagian Appearance => Widgets.

6. Di dalam halaman Widgets, silahkan Drag and Drop ke bagian mana Anda ingin menempatkan tombol media sosial tersebut, entah itu sidebar atau footer.

7. Setelah itu Anda bisa mengkonfigurasinya dengan mengatur ukuran widget, warna, jumlah media sosial yang ingin Anda tampilkan (terdapat Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, Google+ dan sebagainya), mengatur kerataan, dan sebagainya. Tampilannya kira-kira seperti ini:

SeniBerpikir_SimpleSocialIcons

8. Setelah itu klik Save. Nah silahkan preview widget tersebut di blog Anda.

Saran saya silahkan bermain sedikit dengan kreasi warna dan ukuran. Buat semenarik mungkin dan mencolok, agar pengunjung langsung mengarah ke widget tombol media sosial dan segera bergabung menjadi audiens blog Anda. Itulah beberapa langkah untuk menempatkan tombol media sosial di widget blog wordpress self-hosted Anda. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA:  Cara Merubah Log In Screen Wordpress

Gambar dari: Wpbeginner

SHARE
Artikel SebelumnyaCara Melaporkan Tulisan Copy-Paste ke DMCA
Artikel SelanjutnyaCara Membuat “About Me” di Sidebar
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

9 KOMENTAR

  1. Hi there, I enjoy reading through your post.
    I wanted to write a little comment to support you.

TINGGALKAN KOMENTAR