21. AddtoAny Share Buttons

Ketersediaan tombol sharing media sosial di setiap postingan blog tentu saja meningkatkan kemudahan pembaca untuk membagikan setiap artikel yang Anda posting ke akun media sosial mereka.

Plugin ini, selain memberikan pilihan akun media sosial yang lengkap, juga menyediakan pilihan untuk follow button, di mana pembaca bisa menjadi followers/likers baik untuk Facebook Fan Page khusus blog Anda maupun Twitter.

Alternatif lain yang bisa Anda manfaatkan adalah Share Buttons by AddThis atau pun DiggDigg hingga Mashare.

22. Print Friendly and PDF Button

Jika artikel di blog Anda lebih bersifat panduan teknis dengan sifat yang begitu komprehensif, bagi sebagian pembaca, ada baiknya artikel Anda tersebut dicetak atau diubah ke dalam bentuk PDF.

Sayangnya tidak semua artikel akan tampil dengan baik jika dicetak atau diubah menjadi bentuk PDF. Nah, plugin ini membuat struktur teks di artikel Anda menjadi print-friendly dan akan terlihat sangat rapi di PDF, terlepas bagaimana pun kompleksnya struktur theme WordPress yang Anda gunakan

BACA JUGA:  Tips Blogging Untuk Membuat Pengunjung Blog Betah

23. AdSense Integration WP QUADS

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menyematkan iklan, seperti iklan Google Adsense, di banyak tempat penting seperti awal paragraf, tengah paragraf, hingga akhir. Anda juga bisa menempatkan iklan di paragraf secara spesifik, misalnya paragraf ke-4 di setiap artikel.

24. ImageInject

Alangkah baiknya jika di setiap tulisan di blog didukung oleh minimal satu gambar sebagai ilustrasinya. Namun, mencari gambar terbaik dengan izin untuk digunakan ulang tentu sedikit sulit.

Kita tidak boleh sembarangan menggunakan gambar di internet, apalagi dari Google Image, karena belum tentu gambar tersebut diperbolehkan sang pemilik untuk digunakan oleh orang lain. Dan mencarinya pun susah.

Plugin WordPress terbaik selanjutnya adalah ImageInject. Plugin ini bisa mengatasi permasalahan ini dengan mudah. Setelah menginstal pluginnya, lakukan sedikit setting agar setiap gambar di hasil pencariannya bebas dari segala kewajiban lisensi.

Setelah itu, setiap kali Anda menulis sebuah artikel, Anda bisa langsung mencari gambarnya di Editor Page blog Anda tanpa harus keluar dari halaman tersebut.

BACA JUGA:  Cara Memasang Google Translate di Wordpress

Baca panduan selengkapnya tentang bagaimana cara mencari gambar langsung di Dashboard.

25. Really Simple CAPTCHA

Plugin ini mengintegrasikan berbagai form dengan Captcha untuk meningkatkan keamanan blog Anda dari segala unsur spam.

Meskipun Akismet sepertinya sudah cukup, namun tidak ada salahnya menggunakan plugin ini sebagai tambahan untuk mempertebal keamanan blog Anda dari spam.

Penutup

Nah, dari 25 plugin WordPress terbaik di atas, yang mana yang paling Anda sukai? Adakah yang saya lewatkan? Silahkan komen di bawah jika ada plugin WordPress favorit Anda yang belum saya masukkan ke dalam daftar ini. Semoga bermanfaat!

1 KOMENTAR

  1. Stuju banget yoast SEO emang plugin yang bagus dan wajib kalian pasang di wordpress, btw keren postingannya keep posting ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here