11. Yet Another Related Posts (YARP)

Dari sekian banyak plugin related posts, plugin ini merupakan satu yang paling banyak digunakan dan memberikan hasil yang juga bagus, cocok untuk mayoritas theme WordPress. Plugin ini juga menjadi salah satu plugin related posts yang paling sering direkomendasikan.

12. WP Smush

Setiap artikel di blog akan selalu lengkap rasanya jika memiliki gambar sebagai ilustrasinya. Nah, kebanyakan gambar yang diupload ke blog belum tentu memiliki ukuran yang kecil (file size).

Paling tidak ukuran gambar tersebut masih bisa dikompres hingga menghasilkan ukuran yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya, sehingga kapasitas memory disk di server Anda pun bisa dioptimalkan, dan kecepatan blog pun bisa ditingkatkan.

Plugin sederhana WP Smush ini hadir sebagai jawabannya, di mana Anda bisa mengkompres ukuran setiap gambar tepat ketika Anda mengupload-nya ke blog WordPress Anda. Selain itu, plugin ini juga mampu mengkompres ukuran gambar yang sebelumnya sudah diupload, seluruhnya.

Salah satu plugin WordPress terbaik ini tentu saja penting.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan plugin Kraken.io Image Optimizer dan juga EWWW Image Optimizer.

13. NextGEN Gallery

Jika Anda terpikir untuk membuat sebuah galeri di dalam artikel Anda, plugin ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan kumpulan foto yang tergabung menjadi sebuah galeri yang rapi dan responsif.

BACA JUGA:  5 Cara Efektif Menghasilkan Tulisan Berkualitas

14. Google Analytics Dashboard for WP

Plugin ini terintegrasi dengan akun Google Analytics Anda. Jika Anda tidak mau repot membuka Dashboard blog Anda dan juga akun Google Analytics sekaligus karena Anda ingin melihat laporan pengunjung langsung di Dashboard blog Anda, plugin ini bisa menjadi jawaban yang tepat.

Dengan tampilan yang sederhana dan tepat sasaran, Anda bisa melihat laporan pengunjung per periode, bahkan bisa juga secara real-time.

15. BJ Lazy Load

Satu lagi plugin yang bisa membantu mempercepat loading blog Anda. BJ Lazy Load secara khusus memberikan efek penting terhadap setiap elemen gambar yang ada di blog Anda.

Cara kerjanya seperti ini. Setiap elemen gambar yang ada di blog Anda tidak akan muncul secara keseluruhan sekaligus melainkan akan muncul satu per satu mengikuti gerak pembaca yang melakukan scroll ke bawah secara perlahan.

Jadi, browser hanya akan me-loading gambar satu per satu mengikuti scroll, tidak me-loading seluruh gambar sekaligus, yang artinya membuat loading website Anda menjadi lebih cepat karena pembaca bisa dengan cepat membaca loading blog Anda tanpa harus menunggu semua gambar muncul.

BACA JUGA:  Cara Memasang Forum di Wordpress

16. Redirection

Mengganti permalink dan menghapus konten yang sudah pernah di-publish akan menghasilkan 404 not found sebab permalink-nya sudah tidak eksis lagi.

Hal ini akan menimbulkan gangguan pada SEO blog Anda karena banyaknya halaman 404 yang akan muncul dari URL yang sudah tidak aktif lagi.

Untuk menguranginya, Anda bisa mengarahkan seluruh URL 404 tersebut ke URL baru, bisa berupa URL utama atau URL lainnya.

Inilah manfaat utama dari plugin Redirection, mengubah status link 404 menjadi 301 permanent.

17. WooCommerce

Jika Anda berniat untuk membuka toko online berbasis WordPress, WooCommerce adalah pilihan terbaik yang Anda punya.

Terintegrasi dengan banyak sekali sistem yang saling mendukung untuk kepentingan toko online, WooCommerce bisa menjadikan blog WordPress Anda sebagai toko online lengkap dengan tampilan produk, kupon diskon, keranjang belanjaan, hingga payment checkout.

Di antara seluruh plugin di repository WordPress, plugin ini merupakan satu di antara plugin WordPress terbaik yang pernah ada.

18. Shortcode Ultimate

Jika theme WordPress yang Anda gunakan minim fitur di bagian TinyMCE, plugin ini bisa menjadi pelengkap yang sangat istimewa.

BACA JUGA:  Lengkap: Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda

Selain gratis, plugin ini sangat populer dan sangat lengkap. Anda bisa membuat shortcode untuk spoiler (seperti Kaskus), list dengan icon sebagai pengganti urutan nomor, tombol dengan icon, Google Map, Slider, dan masih banyak lagi.

Ini merupakan salah satu plugin WordPress terbaik favorit saya.

19. P3 Plugin Profiler

Plugin ini dikembangkan oleh tim GoDaddy untuk mendeteksi plugin mana yang paling banyak menggunakan resource server Anda.

Setelah memeriksa beban server yang ditimbulkan oleh setiap plugin yang Anda gunakan, Anda bisa memutuskan untuk tetap menggunakannya atau menguninstall-nya atau mencari plugin lain yang fungsinya serupa namun beban servernya lebih minim.

20. NextScripts Auto Poster

Jika Anda memiliki beragam akun media sosial dan hendak membagikan setiap postingan blog Anda kesana, tentu sedikit repot jika harus membagikannya satu per satu.

Dengan plugin ini, setiap kali Anda mempublikasikan artikel akan secara otomatis dibagikan di setiap media sosial yang terhubung. Tentu akan sangat menghemat waktu.

Lanjut ke halaman berikutnya

1 KOMENTAR

  1. Stuju banget yoast SEO emang plugin yang bagus dan wajib kalian pasang di wordpress, btw keren postingannya keep posting ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here