Meet Enigma dari Blog Misteri Enigma – Misteri adalah sesuatu yang sangat menarik perhatian banyak orang. Yang paling menarik adalah bagaimana kita menemukan jawaban dari misteri tersebut, dengan kata lain, bagaimana kita menguak misteri yang ada.

Perhatian orang akan tertuju pada misteri yang benar-benar mencengangkan, dan karena rasa penasaran, tentu akan selalu dinantikan pula kapan terkuaknya misteri tersebut sebagai jawabannya. Dari sekian banyak hal-hal berbau misteri yang kita dengar, lihat atau kita baca dari berbagai sumber, ada satu blog Indonesia yang khusus membahas tentang berbagai konspirasi atau pun misteri, dan sudah sangat populer pula, ialah Blog Misteri Enigma.

Blog Misteri Enigma bukan membahas tentang hal-hal berbau gaib, tidak! Sang penulis (yang menolak menyebutkan namanya) hanya membatasi pembahasan ‘misteri’ UFO, makhluk Cryptozoolgy, fenomena-fenomena aneh lain, manuskrip misterius, situs misterius dan topik-topik lain yang mungkin tidak dibahas di media umum.

Sang penulis, yang dalam sesi interview hanya bersedia disebut Enigma, melengkapi pembahasan setiap misteri yang dituliskan di blog-nya dengan analisa yang mendalam. Misteri yang diangkat disertai dengan analisa mendalam dari beliau selalu menarik untuk dibaca, dan oleh karena itulah, Blog Misteri Enigma selalu ramai dikunjungi oleh pembacanya.

Total ada ribuan hingga puluhan ribu pembaca setia Blog Misteri Enigma, termasuk saya sebagai pemilik blog ini, dan tercatat sudah 4 juta lebih pengunjung hingga hari ini. Mari mengenalinya lebih dalam.

[quote]”. . . isilah blog kalian dengan topik yang disukai. Jika kita menulis topik yang tidak kita sukai, kita akan kehilangan ide dan akhirnya akan meng-copy paste isi blog orang lain. Fokus kepada isi blog, bukan mencari uang . . . ” – Enigma of Blog Misteri Enigma[/quote]

Blog-Misteri-Enigma

1. Sebagai blogger yang berhasil mengembangkan blog yang kini sangat berpengaruh, kapan pertama kali Anda ‘menyentuh’ blog? Dan adakah alasan khusus Anda menggunakan blog?

Pertama kali saya menulis di blog ini adalah pada awal 2009. Seperti kita ketahui bahwa blog adalah sebuah revolusi dalam dunia internet. Dengan platform ini, tidak dibutuhkan orang dengan pengetahuan web design untuk membuat sebuah situs. Jadi saya memutuskan untuk mempelajarinya dan menuangkan tulisan saya ke dalamnya.

BACA JUGA:  Meet Michelle Hendra of MichelleHendra.com
2. Adakah alasan khusus kenapa Anda memilih topik/niche sebagai topik utama blog yang kini Anda kelola? Dan bagaimana Anda mendapatkan misteri-misteri tersebut, dalam hal ini saya berasumsi bahwa Anda melakukan riset dengan membaca sumber lain di internet atau literatur terkait, atau adakah cara khusus mengenai misteri-misteri yang Anda angkat ke dalam pembahasan lengkap dengan analisanya?

Awalnya saya membuat sebuah blog misteri adalah karena saran seorang teman. Ia mengetahui bahwa saya menyukai misteri, karena itu ia menyarankan saya untuk menulisnya ke dalam sebuah blog. Untuk topik-topik misteri, tidak sulit karena saya sendiri membaca banyak media setiap hari sehingga umumnya saya selalu update dengan misteri-misteri baru yang terjadi. Untuk misteri-misteri lama, saya mendapatkan bahannya dari sumber terhebat di zaman modern ini, yaitu internet.

3. Sebagai blogger, apakah Anda juga memperhatikan teknik Search Engine Optimization (SEO), Google Pagerank, dan Alexa Rank?

Tentu. Saya memperhatikan SEO dan google pagerank di awal menulis blog. Namun belakangan, saya menyadari bahwa semua itu tidak terlalu penting. Yang paling penting adalah membuat sebuah blog yang reader friendly. Saya sendiri menyukai kesederhanaan. Jika saya masuk ke sebuah situs, maka saya tidak mau diganggu oleh iklan pop up dan ingin langsung bisa mendapatkan isi dari situs tersebut tanpa diganggu oleh iklan-iklan yang banyak. Jadi saya menerapkannya untuk blog enigma. Tidak ada iklan pop up dan isi tulisan akan langsung terlihat setelah header. Judul tulisan dibuat dengan tepat sehingga pembaca bisa tahu isi tulisan dari judul tersebut. Lalu yang paling penting adalah tulisan yang baik. Jika pembaca merasa bahwa tulisan kita baik, maka mereka akan men-share-nya di blog atau di social media. Ketika ini terjadi, maka SEO akan membaik.

Sedangkan Google Pagerank dan Alexa Rank otomatis akan meningkat jika blog yang kita buat ramai dikunjungi. Jadi fokus utamanya adalah membuat sebuah blog dengan isi yang bagus dan menggunakan social media untuk men-share-nya untuk menarik pengunjung. Kesimpulannya, isi tulisan dari sebuah blog adalah yang paling penting dibanding teknik SEO atau teknik untuk meningkatkan Rank.

BACA JUGA:  Meet Andra Alodita, Photo dan Fashion Blogger dari Alodita.com
4. Adakah jadwal khusus yang Anda sisihkan dari kesibukan aktivitas harian Anda khusus untuk blogging?

Pada awal menulis, saya memiliki jadwal untuk menulis. Sekarang sudah tidak karena kesibukan. Jadi, saya akan menulis jika ada berita misteri yang terjadi dan menarik untuk dibahas.

5. Blog Enigma masih menggunakan subdomain Blogspot, adakah alasan khusus kenapa Anda tidak menggantinya dengan Top Level Domain (TLD)/Custon Domain seperti .com, .net, dan sebagainya? Bagi pandangan umum, blog dengan TLD lebih terlihat profesional dan ada tanggung jawab abstrak bagi pengelolanya terkait isi blog tersebut sehingga meningkatkan kredibilitas blog itu sendiri bagi para pembaca.

Memang banyak yang menyarankan saya untuk menjadikan blog enigma menjadi .com. Namun saya tidak berniat untuk menjadi blogger profesional. Jadi Blogspot sudah cukup. Kalau bicara soal tanggung jawab, itu tidak ada hubungannya dengan platform blog atau anonimitas (seperti banyak yang dituduhkan orang-orang). Banyak platform blog .com yang saya temui tidak memiliki tanggung jawab penulisan. Saya selalu menulis dengan menyertai sumber tulisannya. Apa yang saya tulis bisa di-crosscheck oleh semua pembaca. Itu adalah bentuk tanggung jawab saya sebagai penulis di blog yang kelola.

6. Apakah Anda juga memanfaatkan blog Anda untuk menghasilkan pendapatan? Dalam hal ini kita berbicara mengenai make money blogging, dan sudah sangat wajar hal tersebut dilakukan di dunia blog.

Kadang memang ada yang ingin memasang iklan di Blog Misteri Enigma. Saya bersedia asalkan ia mengiklankan produk yang “baik”. Saya juga memberikan syarat ukuran banner untuk mencegah loading blog yang berat. Tapi itu sangat jarang dan tidak bisa dibilang mencari uang dari blog karena pendapatannya sangat kecil.

7. Setiap orang pasti memiliki inspirasi, tak terkecuali kita para blogger. Adakah blogger/blog yang selama ini Anda jadikan inspirasi dalam hal menulis di blog?

Blogger yang menjadi inspirasi saya tidak ada karena saya belum pernah membaca blog apapun sebelum saya menulis di Blog Misteri Enigma.

BACA JUGA:  Meet Eva Silviana: Fashion Blogger Muda dari CrunchyCheeseMe
8. Adakah cara khusus dari Anda terkait mempromosikan blog Anda? Sekitar tahun 2009 hingga 2010 media sosial seperti Friendster masih populer, kemudian muncul Facebook yang juga sudah populer, dan mempromosikan tulisan blog di media sosial adalah salah satu cara terbaik mendapatkan pembaca. Khusus untuk Anda, adakah cara khusus?

Tidak ada cara khusus. memanfaatkan media sosial memanglah cara yang paling cepat, baik itu memanfaatkan Twitter atau pun Facebook. Pada tahun 2009 dan 2010, Lintas Berita dan Infogue adalah tempat share yang paling baik. Yang paling penting adalah partisipasi pembaca untuk ikut share tulisan kita dan kita perlu mengakomodasinya dengan memasang widget share di setiap artikel yang kita tulis.

9. Bagaimana Anda mengelola blog Anda selama ini? Adakah cara khusus?

Tidak ada metode khusus untuk mengelola blog karena saya bukan blogger profesional. Saya menulis jika ingin menulis. Jika sedang tidak ingin menulis, saya biarkan saja blognya.

10. Apa pesan Anda kepada blogger Indonesia? 

Pesan saya untuk blogger Indonesia yakni, isilah blog kalian dengan topik yang disukai. Jika kita menulis topik yang tidak kita sukai, kita akan kehilangan ide dan akhirnya akan meng-copy paste isi blog orang lain. Fokus kepada isi blog, bukan mencari uang.

Terima kasih sekali lagi bro Enigma atas kesediaan Anda untuk diinterview. Perlu diketahui bahwa Enigma berhasil menjadi blogger profesional (meski beliau menolak disebut sebagai blogger profesional) lewat blog-nya, dan selalu ada yang bisa kita pelajari dari upayanya. Mari jadikan inspirasi.

 

Referensi:

Interview eksklusif dengan bro Enigma pemilik Blog Misteri Enigma, kunjungi blog-nya.

TINGGALKAN KOMENTAR