Meet Eva Silviana: Fashion Blogger Muda dari CrunchyCheeseMe – Berbicara mengenai fashion tentu belum ada batasan pasti yang bisa kita temui hingga benar-benar selesai membahasnya.

Ruang lingkup fashion begitu luas, tak juga lepas dari dunia blog, sehingga menjadikan fashion blogging sebagai salah satu niche paling populer di seluruh dunia, terutama di Indonesia.

Dari sekian banyak fashion blog di Indonesia karya fashion blogger ternama, hadir Eva Silviana, wanita muda kelahiran May 1993. Eva Silviana  menemukan passion sesungguhnya di dunia blogging, dan mulai aktif sebagai fashion blogger sejak beberapa tahun silam.

Tak hanya blogging mengikuti passion-nya di dunia fashion, seperti kebanyakan blogger dan fashion blogger lainnya, ia juga berhasil menghasilkan pendapatan dari blog-nya, atau lazim disebut Make Money Blogging. Dari banyak contoh blogger sukses yang sudah ada, Eva Silviana merupakan salah satu contoh nyata, di mana hobi blogging kini membuatnya mendapatkan ‘bonus’ sebagai penghasilan dari blog-nya.

…..yang penting adalah keep making quality posts. Jangan nyontek postingan/artikel orang, sesuakan saja dengan taste kalian. Punya orang lain emang bagus-bagus, tapi kalau kita meniru punya mereka, percaya deh pasti jadinya tidak bagus bagi kita, dan tidak ada ciri khas di diri kita. – Eva Silviana of CrunchyCheeseMe

Eva Silviana merupakan blogger sukses dari kategori fashion blog pro pertama yang selesai kami interview. Mari mengenalnya lebih dekat.

1. Kapan Pertama Kali Kamu Memulai Aktivitas Blogging?

Sejak Juni 2009. Tapi dulu bikin blog-nya ya cuma buat nulis-nulis saja. Baru kepikiran untuk posting tentang fashion seiring berjalannya waktu, apalagi sejak asyik melihat fashion blog dari fashion blogger kala itu mulai banyak bermunculan, Salah satunya Diana Rikasari. Sekitar tahun 2010 sampai 2011 baru mulai membangun blogku jadi fashion blog.

2. Platform blog kamu adalah Blogspot. Kebanyakan orang yang baru mulai blogging memang memulainya dengan Blogspot. Nah, khusus buat kamu, adakah alasan khusus/pribadi kenapa kamu memilih Blogspot sebagai platform blog kamu dibandingkan dengan platform blog lainnya?

Aku punya dua alasan utama kenapa lebih memilih Blogspot. Pertama, karena Blogspot lebih mudah mengoperasikannya. Mulai dari meng-customize template hingga edit coding-nya sangat mudah menurutku, jadi cocok sekali untuk orang-orang yang istilahnya baru “coba-coba” nulis di internet, dengan kata lain cocok banget buat newbies. Kedua, because it’s free! Karena awalnya emang cuma sekedar iseng-iseng nulis saja, jadi ya masih nyari yang gratisan. Aku juga dulu sempat main Tumblr, tapi menurutku aku kurang cocok dengan Tumblr. Lebih cocok di Blogspot.

BACA JUGA:  5 Cara Efektif Menghasilkan Tulisan Berkualitas

3. Adakah brand khusus yang kamu promosikan (soft-promotion) sebagai permintaan dari sang company yang bersangkutan? Dalam hal ini kita berbicara tentang Make Money Blogging, dan sudah sangat wajar sekaligus ‘bonus’ bagi setiap blogger.

Untuk promosi, well tidak ada satu brand khusus yang aku promosikan. Rata-rata sponsorship yang kuterima di blogku hanya semacam kontrak lepas gitu. Misalnya aku tulis satu review tentang produknya atau menggunakan produk lain lalu fotonya di-post di blogku. Dan rata-rata fee-nya itu dihitung per post (Pay Per Post/Pay Per Review). Ada juga sponsorship yang terpajang sebagai banner di sidebar blogku. Yang masih on going promotion itu dari sammydress.com.
Dan hal-hal semacam itu biasanya tidak hanya datang dari satu product/company saja, tapi banyak sekali dengan rate yang berbeda-beda juga pastinya.

4.  Make Money Blogging itu kan sudah sangat biasa di dunia blogging, dengan cara yang berbeda-beda. Salah satu yang sering digunakan adalah media pengiklanan, dan yang paling populer adalah Google Adsense. Belum ada rencana menjadi publisher Google Adsense?

Well to be honest, aku kurang mengerti dengan Google Adsense, Google Pagerank, and so on. Aku sedikit gaptek sebenernya, dan tujuan utama menggunakan blog benar-benar hanya sekedar membuat post foto saja sih sebenarnya. Making money itu menurutku hanya bonus dari hobi yang selama ini aku jalani. Paling aku selalu menyediakan sidebar untuk sponsorship bagi advertiser yang berminat.

5. Blog kamu masih menggunakan subdomain Blogspot. Belum ada rencana menggunakan custom domain?

Ganti domain pengen sih. At least jadi .com gitu ya. Biayanya juga murah. Tapi balik lagi, walaupun emang Blogspot(dot)com itu terlihat kurang komersil dan kurang pro, tapi yang penting konten blogku masih berbobot. Lagian aku tergolong kurang aktif dalam posting (jika dibandingkan dengan blogger-blogger lain yang sudah memutuskan ganti domain jadi .com), jadi sayang sekali kalau kesannya blogku sudah pro banget punya domain sendiri tapi kontennya masih kurang. So, ya mungkin akan aku ubah, but not now.

6. Bagaimana cara kamu mempromosikan blog dan setiap postingan yang selesai kamu buat? Promosi merupakan bagian dari traffic building yang paling utama selain SEO, entah itu promosi menggunakan media sosial dan sebagainya. Nah bagaimana dengan kamu, ada cara khusus mempromosikannya?

Gimana ya, paling cuma dari saling kasih komentar ke blog lain saja (blogwalking). Dulu sih sering posting di Facebook dan Twitter, tapi karena di kedua media sosial tersebut aku juga sudah tidak begitu aktif lagi, jadi ya jarang sharing. Satu-satunya tempat sharing post itu ada di grup Facebook, namanya Indonesian Female Blogger gitu. Aku suka share link di situ sih paling. Selebihnya sekarang lebih sering menggunakan Instagram saja untuk memuat sebagian foto sebagai teaser gitu. Sisanya ya….. menunggu ada orang saja yang nyangkut di traffic blogku. Kalau baca dan komentar di postingan-ku ya syukur, kalau tidak juga ya tidak apa-apa.

7. Terkait aktivitas blogging, adakah jadwal tertentu yang kamu sisihkan dari aktivitas harian kamu khusus untuk blogging? Atau, what makes you post?

Nope! Aku posting setiap kali punya waktu untuk foto outfit pas mau keluar saja. Kalau tidak sempat ya tidak posting. Itu kalau post tentang outfit, since I am a fashion blogger. Aku posting supaya jadi inspirasi bagi orang lain (hope I’m doing it fine). Tapi kalau post-post yang lain seperti review atau yang lain, itu sesuai mood sih. Kalau lagi ada kontes terus mau ikut ya ikut, kalau tidak ada ya tidak posting. Tapi kalau lagi ada job, itu pasti nomor satu yang harus di-post karena kan sudah terikat kontrak.

BACA JUGA:  Membangkitkan Kepercayaan Diri Dalam Blogging

8. Siapa panutan utama kamu dalam hal blogging, terutama dalam hal fashion, dan terutama lagi dalam hal fashion blogging?

Waktu awal-awal blogging, seperti yang aku bilang tadi, I was really inspired by Diana Rikasari. Akhirnya jadi fashion blogger itu terinspirasi sama banyak blogger terkenal lainnya dari dalam dan luar Indonesia. Tapi dua lainnya yang paling inspiring pas awal-awal aku blogging menurutku adalah Michelle Koesnadi of Glisters and Blisters dan Rumi of Fashiontoast. Seiring waktu berjalan, banyaklah fashion blogger yang semakin inspiring, tidak bisa disebutkan satu per satu.

9. Blog kamu menggunakan Bahasa Inggris, adakah alasan khusus kenapa kamu menggunakan Bahasa Inggris sebagai main language konten blog kamu?

Kalau soal bahasa, aku emang most of the time use English in writing. Dari kecil sudah belajar Bahasa Inggris, sampai di kuliah ngambil mata kuliah berbahasa Inggris, hingga tugas rata-rata in English. Jadi ya aku emang mau membiasakan diri saja berbicara Bahasa Inggris, lisan maupun tulisan. Dan emang lebih suka English Literature pada dasarnya, bukan karena mau sok-sokan menggunakan Bahasa Inggris.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan CDN Cloudflare

10.  Apa pesan kamu untuk blogger Indonesia?

I am not the pro one, mungkin karena aku sudah blogging cukup lama jadi ya seniorlah ya. Kalau pesan sih, yang penting adalah keep making quality posts. Jangan nyontek postingan/artikel orang, sesuakan saja dengan taste kalian. Punya orang lain emang bagus-bagus, tapi kalau kita meniru punya mereka, percaya deh pasti jadinya tidak bagus bagi kita, dan tidak ada ciri khas di diri kita dalam hal blogging, terutama dalam hal fashion. Apalagi untuk para fashion blogger. Boleh saja punya role model, tapi cukup jadi inspirasi saja jangan jadi bahan contekan from head to toe. Pokoknya, just be yourself and explore more!

Terima kasih sekali lagi Eva Silviana untuk kesediaan kamu menyisihkan waktu demi sharing cerita dan pengalaman blogging kamu sebagai fashion blogger dengan Blogging Tips Community ini. Selalu ada hal menarik yang bisa dibagikan oleh mereka yang telah sukses, terutama di dunia blogging, dan selalu ada hal dari mereka yang bisa kita pelajari.
Source: Interview Session with Eva Silviana, visit her blog on CrunchyCheeseMe
SHARE
Artikel Sebelumnya5 Hal Penting Menjadi Guest Blogger
Artikel SelanjutnyaMeet Enigma dari Blog Misteri Enigma
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

1 KOMENTAR

  1. The such as you discover my mind! A person to know a whole lot relating to this, such as you authored the hem ebook from it as well. I have faith that you recently may employ some Percent to just make the content property slightly, however apart from that, this really is amazing site. An outstanding read through. Let me unquestionably come back.

Comments are closed.