SeniBerpikir.com-Jefferly-HelianthusonfriMeet Jefferly Helianthusonfri Dari Jefferlysuperclub.com – Dari sekian banyak blog yang sukses menjadi wadah bermanfaat bagi pembaca, terlepas dari berbagai topik yang disuguhkan, kita bisa belajar banyak dari Jefferly Helianthusonfri, seorang blogger muda yang sukses membangung karir sebagai blogger lewat Jefferlysuperclub.com, blog yang dibangunnya dari dan dikembangkan dengan baik bersama beberapa rekannya.

Beberapa waktu lalu SeniBerpikir.com mendapatkan kesempatan untuk menginterviewnya, mengenalnya lebih dalam, dan mengulik cerita suksesnya bersama blog-nya. Ada banyak yang bisa kita pelajari dari Jefferly dalam mengembangkan blog, ‘berdiri tegak sebagai blogger’ dalam bersaing dengan blogger lain, dan bagaimana meraup keuntungan dari blog yang tidak sekedar menjadi ‘pelampiasan hobi’ tetapi juga menjadi media untuk mendapatkan keuntungan berbentuk materi dari dalamnya.

Mari mengenalnya lebih dekat.

” . . . Jaga sikap/attitude supaya tetap baik dan rendah hati. Hiduplah sepenuhnya di blog Anda. makan, tidur, bernafaslah di topik blog tersebut. Kerahkan semua kekuatan terbaik Anda untuk memberi manfaat bagi pembaca blog Anda . . . ” – Jefferly Helianthusonfri

1. Bisakah Anda kenalkan atau ceritakan sekilas terlebih dahulu tentang Anda kepada kami semua para blogger Indonesia?

Oke, wah disuruh cerita. Saya bingung mau cerita apa.  Salam kenal semua pembaca yang terhormat dan luar biasa. Perkenalkan nama saya Jefferly Helianthusonfri. Kalau Anda sering main ke Gramedia dan sering ngulik dan mencari buku IT/internet,  Anda pasti sudah hapal dengan nama saya. Saya adalah seorang penulis muda (saat ini usia saya baru 17 tahun) yang telah menerbitkan lebih dari 20 judul buku dalam kurun waktu dua tahun.

Selain dikenal sebagai penulis buku-buku internet marketing, saya juga seorang blogger yang juga aktif di bisnis online. Salah satu website bisnis online saya adalah www.KeajaibanMenulis.com, yakni sebuah website yang menyediakan  panduan belajar kepada Anda yang tertarik menjadi penulis profesional dan menerbitkan buku sendiri.

Jika Anda tertarik mengenal saya lebih jauh Anda bisa add Facebook saya di www.Facebook.com/Synyster.Rookie atau follow Twitter saya @JefferlyHelian. Kunjungi juga blog saya di www.JefferlySuperClub.com. Salam kenal ya! 🙂

2. Kapan pertama kali dan apa alasan Anda memulai blogging? Dan bagaimana Anda memulainya?

Saya memulai blogging pada pertengahan tahun 2011. Kala itu saya baru belajar bisnis online. Waktu itu saya memulai dengan membuat blog yang berisi pembahasan tentang bisnis online/bisnis internet. Jadi begini, di blog tersebut saya sering sharing seputar bisnis online. Apa yang saya pelajari saya share kembali di blog tersebut. Alamat blognya waktu itu adalah www.Linggau-BlogService.com kalau tidak salah.

Nah kenapa namanya Linggau Blog Service? Jawabannya adalah karena di blog tersebut saya juga menjual jasa pembuatan blog. Income pertama saya dari internet saya dapatkan dari kegiatan menjual jasa pembuatan blog. Klien saya waktu itu cukup beragam, rata-rata adalah mereka yang masih pemula dalam bisnis online. Para pelaku MLM, UKM kecil, karyawan yang baru bisnis online, merekalah yang kerap menjadi klien saya waktu itu.

Nama “Linggau” itu saya ambil dari kota domisili saya waktu itu yakni kota Lubuklinggau (ada di Sumatera Selatan). Sementara “Blog Service” itu artinya layanan blog. Jadi arti dari nama blog saya waktu itu adalah  “penyedia jasa blog di Lubuklinggau”. Nah berawal dari sanalah perjalanan blogging saya terus bergulir.

BACA JUGA:  Meet Michelle Hendra of MichelleHendra.com

3. Adakah alasan khusus mengapa Anda menggunakan platform CMS WordPress sebagai platform utama blog Anda?

Ada 2 hal yang menjadi penyebab kenapa saya memakai WordPress:
1. WordPress adalah aplikasi blog yang canggih. Canggih dalam arti bisa saya sesuaikan sendiri dengan apa yang saya butuhkan. Simpelnya WordPress itu bisa kita kreasikan. Kalau kita mau bikin toko online bisa pakai WordPress, mau buat website minisite juga bisa pakai WordPres, mau bikin blog juga bisa. Karena WordPress lebih canggih dibanding Blogspot (menurut saya), maka saya pakailah WordPress. Dan akhirnya terus jatuh cinta dengan WordPress.

2. WordPress kesannya lebih profesional dibanding Blogspot. Saat saya pertama kali ngeblog dulu ada paradigma di kalangan internet marketer. Paradigma/pandangannya adalah “WordPress itu profesional, Blogspot (layanan blog Blogspot) itu gratisan dan tidak pro. Saya pun termakan pandangan tersebut. Dulu blog pertama saya memakai Blogspot, tetapi akhirnya saya ganti ke WordPress karena pandangan tadi. Nah setelah saya pakai WordPress ternyata memang WordPress lebih nyaman bagi saya. Jadilah sekarang saya selalu pakai WordPress.

4. Bagaimana Anda mendapatkan pengunjung (yang saat ini sudah sangat ramai) untuk blog Anda?

Sebenarnya saya tidak terlalu pusing soal trafik untuk blog saya. Kalau untuk urusan trafik saya lebih perhatiannya  ke website bisnis (website penjualan produk saya). Kalau untuk blog saya tidak terlalu ngebet soal trafik. Kenapa? Karena di blog saya lebih ke arah berbagi (sharing). Lha kalau di web penjualan produk kan kita jualan, tentu saja mau dapat sebanyak mungkin pembeli. Jadinya urusan trafik saya lebih peduli ke trafik website penjualan produk saya.

Kalau untuk mendatangkan trafik blog saya pakai cara konvensional (cara-cara yang sudah umum), seperti mengoptimalkan SEO, submit  ke social bookmark, share ke media sosial, dan sebagainya.

Untuk saat ini saya lebih fokus kepada membangun komunitas pembaca. Jadi saya kumpulkan sebanyak mungkin orang-orang agar mereka tertarik menjadi pembaca setia blog saya. Kalau sudah dapat komunitas pembaca setia kita tidak perlu pusing soal trafik, sebab pembaca setia pasti akan selalu rutin berkunjung ke blog kita.

Cara saya membangun komunitas pembaca setia itu dengan
– menyajikan konten yang berkualitas.
– rutin mengajak pembaca buku saya untuk jadi pembaca blog saya.
list building (membangun list dengan e-mail marketing). Jika pembaca tertarik belajar list building bisa belajar di website saya yang satu ini : www.BelajarListBuilding.com.

5. Bagaimana strategi utama Anda dalam mengembangkan blog Anda hingga bisa sebesar sekarang ini?

Strateginya adalah saya menjiwai blog tersebut. Dengan kata lain saya nge-blog dari hati dan saya benar-benar hidup di niche (topik) blog tersebut. Contoh untuk blog JefferlySuperClub.com, topiknya kan tentang bisnis online. Nah sehari-hari saya memang hidup di bisnis online. Jadi apapun yang saya lakukan dan apa yang saya pelajari bisa dengan mudah saya bagikan melalui blog JefferlySuperClub.com tadi. Dengan cara semacam ini kita tidak akan pernah kekeringan ide menulis untuk blog.

BACA JUGA:  Meet Andra Alodita, Photo dan Fashion Blogger dari Alodita.com

Satu kunci sukses yang mau saya share adalah manfaatkan faktor daya ungkit (leverage) untuk mempopulerkan blog Anda.  Contoh kalau saya, saya manfaatkan media buku untuk mempopulerkan blog saya. Buku itu adalah leverage yang akan membuat blog saya lebih dikenal. Intinya berikan yang terbaik untuk pembaca blog Anda, dan nanti bakal dapat sebuah kesempatan bagi Anda untuk meledakkan popularitas blog Anda.

SeniBerpikir.com-Jefferlysuperclub.com

6. Adakah perhatian khusus dan bagaimana strategi Anda terkait SEO, Pagerank, dan Alexa Rank?

SEO saya praktikkan secara normal saja. Dalam arti ya cara konvensional saja tadi. Apa yang saya ketahui itu saya praktikkan. SEO saya standar lah, on page, optimasi keyword, meta tag, backlink dari social bookmark dan media sosial lain. Biasa kok. Pagerank, saya tidak terlalu pusing soal pagerank. Sebab saya lebih perhatian ke profit saya. Mau page rank 0 sekalipun tidak masalah asal pembeli puas dan profit bisnis online saya terus merangkak naik.

Alexa Rank, ini berkaitan dengan popularitas blog Anda. Semakin populer blog/website Anda maka akan semakin baik Alexa Rank-nya.  Miliki komunitas pembaca setia, jadikan blog Anda dikenal dan diingat orang, nanti Alexa Rank akan terus menanjak.  Saya tidak punya strategi khusus. Strategi saya adalah membuat blog saya dicintai dan selalu dikunjungi orang-orang.

7. Bagaimana cara Anda make money blogging/online? Dan metode yang mana yang paling Anda rekomendasikan?

Saat ini metode make money online yang sedang saya jalankan adalah product creation. Yakni saya menjual panduan dalam bentuk ebook dan video tutorial. Contohnya seperti yang saya lakukan di KeajaibanMenulis.com.

Sumber income lain terkadang datang dari dropship yang saya lakukan. Saya menjual jasa marketing online, di mana bukan saya yang mengerjakan jasa tersebut melainkan saya hanya sebagai perantara saja. Ada teman saya yang mengerjakan, namun saya mengambil sedikit keuntungan dari harga yang dibayarkan oleh klien.

Ke depannya saya akan lebih ke arah broker (perantara) di mana saya menyediakan media promosi (biasanya berupa website), namun yang mengerjakan teknis jasa/layanan tersebut adalah teman saya. Rencana saya dalam waktu dekat mendirikan sebuah website yang punya layanan di bidang psikologi dan karir.

Metode monetisasi yang paling saya rekomendasikan adalah cara yang paling Anda sukai. Contoh kalau Anda tidak hobi jualan, maka Anda bisa main di periklanan seperti Google Adsense. Tapi kalau Anda hobinya jualan ya main di affiliate markteting, dropship atau bahkan product cretaion. Saya lebih senang product creation karena saya bisa punya “sistem”nya dan saya tidak terikat dengan sistem orang lain.

Contoh seperti misalkan Google Adsense. Kalau suatu saat akun Adsense kita di-banned bagaimana? Sewaktu-waktu kita bisa di-banned bukan? Ini terjadi karena kita jadi bagian dari sistem orang lain. Tapi kalau product creation, kita yang punya sistem. Kita tidak mungkin di-banned sebab kita bosnya.

8. Adakah saran khusus dari Anda terkait bagaimana sebaiknya blogger Indonesia mengembangkan blog-nya?

Nge-bloglah dengan passion, sungguh-sungguh dan konsisten. Teruslah lakukan semua hal baik yang bisa Anda lakukan, nanti Anda akan menemukan momentum kesuksesan Anda. Miliki target, dan kejar target tersebut. Sungguh-sungguhlah dalam mengejar target tersebut agar Anda selalu punya semangat.

BACA JUGA:  Meet Enigma dari Blog Misteri Enigma

9. Menurut Anda, apa niche/topik blog yang paling potensial untuk dikembangkan (dalam Bahasa Indonesia) di tahun 2014 ini?

Pahami dulu psikologi dasar kebutuhan manusia.
Ada beberapa kebutuhan dasar dari manusia,  antara lain:
– makan
– pakaian
– rumah/tempat tinggal
– kesehatan
– pendidikan
– rasa nyaman/aman
– pengakuan diri
– hasrat ingin berprestasi
– seks (maaf) dan ingin reproduksi.
– dan beberapa kebutuhan dasar lainnya

Nah topik yang masuk dalam poin-poin yang saya sebutkan tadi itu sangatlah dahsyat dan potensial. Contoh kesehatan. Blog tentang diet, tips hidup sehat, dan cara membentuk badan yang ideal tidak akan pernah mati. Kenapa? Karena orang-orang mau hidup sehat, orang-orang mau punya badan yang menarik.  Selagi manusia masih ada di bumi, tentu saja mereka mau sehat. Nah Anda bisa penuhi kebutuhan akan kesehatan tadi dengan membuat blog tentang kesehatan. Ya kesehatan apa saja, entah itu tips hidup sehat, pola hidup sehat, dan sebagainya.

Kebutuhan-kebutuhan dasar lain seperti pendidikan, rasa nyaman, seks dan sebagainya itu bisa Anda eksplorasi secara lebih mendalam. Kalau mau sukses, jadikan blog Anda sebagai sebuah bisnis (kelola secara profesional). Kalau hanya iseng jangan harap bisa sukses.

10. Apa pesan Anda bagi blogger Indonesia?

Pesan saya ada 2:
1. Jaga sikap/attitude supaya tetap baik dan rendah hati.
Sikap ini akan membuat Anda disukai orang lain. Kalau attitude kita baik, akan ada banyak master (senior) yang mau menolong kita. Bantuan dari master tadi sangatlah penting kalau kita mau sukses. Minimal kita bisa berdikusi langsung dengan para master.

Jaga sikap dan tampil baik.

2. Passion
Hiduplah sepenuhnya di blog Anda. Makan, tidur, bernafaslah di topik blog tersebut. Kerahkan semua kekuatan terbaik Anda untuk memberi manfaat bagi pembaca blog Anda.

Itu dulu yang bisa saya sharing di kesempatan kali ini. Senang rasanya bisa berbagi inspirasi kepada rekan-rekan pembaca sekalian. Untuk teman-teman yang tertarik berdiskusi dan ngobrol silahkan add Facebook saya, atau follow Twitter saya @JefferlyHelian.

Itulah cerita sukses dan saran dari seorang Jefferly Helianthusonfri Dari Jefferlysuperclub.com yang bisa kita pelajari dan terapkan sebagai blogger di blog kita. Apapun topiknya, apapun platform yang digunakan, bantulah dengan kreativitas, pengetahuan, dan rasa ingin berbagi yang tinggi ke orang lain, maka kemudian akan ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Baca interview SeniBerpikir.com dengan blogger sukses lainnya di Meet the Bloggers.

Jika Anda ingin membaca kisah sukses dari blogger favorit Anda (dalam maupun luar negeri), silahkan rekomendasikan blogger tersebut kepada kami dan kami akan mengajukan proposal interview kepadanya. Atau Anda sendiri, seorang blogger sukses dan menginspirasi, bisa memperkenalkan diri Anda kepada kami semua lewat blog ini dengan artikel interview seperti ini. Salam sukses untuk blogger Indonesia!

2 KOMENTAR

  1. Mantap !!! thanks buat seniberpikir.com. Mas Jefferly adalah salah satu mentor pertama saya dan terbaik untuk urusan bisnis internet dan kepenulisan buku. Salut buat anak ini !! 🙂

    Ricky Rachmanto
    Auhtor at PT. Elex Media Komputindo

TINGGALKAN KOMENTAR