Meet Andra Alodita, Photo dan Fashion Blogger dari Alodita.com – Tak ada habisnya menilik blog sebagai media online di dunia maya tanpa batas dari segi fungsional. Dunia tak terbatas lewat salah satu wajannya tersebut pun terus-menerus menghadirkan beragam hal yang mencakup informasi menarik sesuai kebutuhan netizen sang konsumen.

Pun begitu, tak bisa juga ditinggalkan beragam hobi dan ketertarikan yang menghuni dunia maya, yang disebut sebagai dunia tanpa batas itu. Andra Alodita, seorang fotografer yang juga mencintai dunia fashion, hadir sebagai bagian dari dunia maya lewat karyanya yang tertuang rapi di Alodita.com.

Berawal dari hobinya dalam dunia fotografi, kemudian menuangkan karyanya ke dalam blog, dan menjadi seorang pro baik dari segi fashion, photographer, hingga blogger, ia kini terbilang sukses dalam pencapaian karirnya. Akhir tahun lalu saya mendapat kesempatan untuk menginterview beliau, yang menjadi tokoh utama dalam artikel ini. Siapa Andra Alodita? Mari mengenalnya lebih dalam.

” . . . coba lihat referensi-referensi dari para blogger sukses dari mulai blogger lokal maupun blogger dari luar negeri. Jangan ‘menutup’ mata, dalam artian, coba lihat kelebihan seorang blogger, walaupun kamu tidak suka dengan blog-nya. Just do what you love and love what you do, good luck! . . . ” – Andra Alodita of Alodita.com

1. Sebagai seorang blogger, bagaimana Anda mengenal media online tersebut dan kapan tepatnya Anda mulai blogging?
Awalnya saya mengenal media online dari tahun 2001. Saya bergabung di komunitas deviantArt, di situlah saya banyak belajar mengenai dunia fotografi. Sekitar tahun 2008, setelah lulus kuliah, saya mempunyai ide untuk membuat sebuah blog yang bisa dibilang lebih seperti diary tapi untuk publik. Isinya lebih ke daily photos dan quotes-quotes yang saya suka. Lama kelamaan, mulai banyak visitors blog saya dan saya tidak menyangka banyak juga yang baca blog saya (dulu masih beralamat di alodita.blogspot.com). Awal tahun 2013, saya akhirnya membuat blog resmi yaitu www.alodita.com.
2. Setelah membuat blog di Blogspot (yang sudah mulai banyak pengunjungnya kala itu), bagaimana cara Anda mengelolanya kala itu sehingga blog tersebut bisa sepopuler sekarang dan berapa lama yang Anda habiskan untuk mempopulerkannya?

Tidak ada cara mengelola blog secara khusus. Tapi memang saya cukup aktif di social media, jadi kebantu dari socmed juga. Tapi cara yang paling sering saya lakukan, ketika ada post terbaru di blog, pasti saya update status di Twitter dan posting foto di Instagram. Lalu saya fokus untuk update-update hanya di blog saja, jadi orang tidak bingung kalau mau cari tahu tentang saya atau mau lihat foto-foto saya dan semua karya saya.

BACA JUGA:  Cara Melaporkan Tulisan Copy-Paste ke DMCA

Lama kelamaan orang jadi sering buka blog saya, karena bisa dibilang saya cukup sering update. Kira-kira perlu 2-3 tahun sampai benar-benar orang kenal dengan blog saya.

3. Apakah Anda juga memperhatikan teknik Search Engine Optimization (SEO), Google Pagerank, dan Alexa Rank dalam pengelolaan blog?
Tidak 🙂 
4. Apakah blog yang sedang Anda kelola menjadi prioritas utama dari segi profesi, atau adakah profesi lain yang sedang Anda fokuskan? Maksudnya, bila diukur dari segi penghasilan dan persentase konsentrasi, mana yang lebih Anda fokuskan?
Blog saya bukan prioritas utama, tapi saya jadikan blog saya sebagai jembatan maupun penunjang prioritas-prioritas utama yang saya miliki. Saya dari dulu sudah fokus hanya di bidang fotografi sebagai fotografer, khususnya wedding photography. Passion saya memang pada fotografi, bukan blogging. Jika diukur dari segi penghasilan maupun konsentrasi, jelas saya memilih fotografi.
5. Apakah ada fasion blogger/photo-blog/blog kategori lainnya yang mbak Andra jadikan inspirasi dalam mengembangkan blog?
Banyak sekali. Contohnya kalau di luar negri, Nicole Warne, Garance Dore & Alix Cherry. Kalau blogger dalam negeri, saya penggemar & pembaca setia blog-nya Michelle Koesnadi, Tara Amelz & Anaz Siantar.
6. Adakah jadwal khusus yang mbak sisihkan dari padatnya kesibukan sebagai fotografer, dan aktivitas lainnya, khusus untuk blogging? Atau dengan kata lain, what makes you post?
Jadwal khusus dan rutin ada, misalnya seminggu 2-3 kali saya harus sisihkan waktu misalnya untuk menulis, mengedit foto, mengumpulkan ide-ide baru untuk dishare di blog, mengupload foto di blog, dan sebagainya. Tapi terkadang, waktu untuk blogging sering tersita karena prioritas utama saya (motret). Alasan yang buat saya rajin nge-post, karena saya suka sharing hal-hal menarik dengan orang lain. Internet itu kan luas sekali, kita bisa tahu banyak hal melalui internet, saya tahu dan lihat banyak hal dari internet. Dan saya mau jadi salah satu bagian dari itu, yaitu berbagi melalui tulisan dan gambar melalui blog saya.
7. Terkait make money online, bagaimana cara Anda memonetize blog? Kebanyakan blogger menggunakan advertisement dengan menyediakan space iklan bagi advertiser, atau menjadi publisher menggunakan Google Adsense, atau pun melalui artikel review. Khusus Anda, ada cara khusus?
Tidak ada cara khusus, banyak sekali tawaran tapi saya sangat picky. Tapi saya bergabung menjadi salah satu blogger tetap sebuah media online, dan saya cukup banyak dapat job dari media tersebut.
8. Apa yang Anda sukai dari blogging selain menyalurkan hobi fotografi?
Yang saya suka dari blogging selain dari sisi fotografi, kira-kira sama seperti jawaban nomor 6. Sharing is caring.
9. Adakah blog lain yang Anda operasikan selain Alodita.com?
Tidak ada, hanya alodita.com saja.
10. Terakhir, apa pesan Anda untuk blogger Indonesia? Hal ini sangat berpengaruh untuk kami para blogger dalam menggabungkan hobi dan media teknologi berupa niche blog, dan sekaligus memotivasi kami untuk bisa mengembangkan blog menjadi blogger pro seperti Anda.
Pesan untuk teman-teman secara umum: Kalau memang punya hobi dan ingin hobi kamu berkembang, banyak-banyak belajar dari orang lain yang sudah jauh lebih sukses. Banyak lihat referensi, baca buku, banyak lebih membuka mata dan telinga. Dari situlah kita akan dapat banyak sekali pengetahuan, yang nantinya akan berguna untuk kita.
 
Untuk teman-teman blogger, coba lihat referensi-referensi dari para blogger sukses dari mulai blogger lokal maupun blogger dari luar negeri. Jangan ‘menutup’ mata, dalam artian, coba lihat kelebihan seorang blogger, walaupun kamu tidak suka dengan blog-nya. Tapi ambil pelajaran: bagaimana dia bisa sukses. Coba lihat berbagai macam tipe blogger, biar kita tahu dan semakin banyak referensi juga. Untuk urusan teknologi, kita harus stay up to date. Gunakan aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita untuk blogging.
 
Pesan terakhir.. Just do what you love, and love what you do. Good luck!
Terima kasih banyak Andra Alodita atas kesediaan Anda berbagi ilmu dan pengalaman Anda sebagai seorang blogger kepada Komunitas Blogging melalui blog ini. Selalu ada hal yang bisa diambil dari seorang pro, bukan?
Gambar sebagai feature images diambil dari Instagram beliau dan blog official Alodita.com, kunjungi blog-nya.
Sumber:
Interview Walter Pinem of SeniBerpikir.com dengan Andra Alodita of Alodita.com