Start a Blog #2: Pilih Niche Blog Anda – Dalam tahap blogging selanjutnya, Anda harus memilih niche blog yang nantinya Anda isi ke dalam blog Anda. Niche adalah topik blog yang difokuskan. Dalam blog yang sukses, umumnya hanya terdapat satu topik yang isinya saling berkaitan satu dengan yang lain. Namun terlebih dahulu Anda perlu menentukan apakah menggunakan satu niche saja atau beragam niche.

Niche dalam bahasa sederhana adalah topik blog yang difokuskan. Bila diibaratkan, niche adalah sebuah danau yang berisi satu jenis ikan, tetapi ukuran dan jenis kelaminnya tentu saja berbeda. Blogger adalah para pemancing di danau tersebut. Niche yang baik adalah niche yang banyak dicari karena memang penting dan bermanfaat, tetapi Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih niche dengan ikan yang besar jumlahnya tapi pemancingnya sedikit.

Dengan blog Anda, strategi dan peralatan yang lebih baiklah yang akan mendapatkan lebih banyak ikan dari danau tersebut. Untuk itu kajilah terlebih dahulu niche mana yang menguntungkan Anda sebagai blogger.

BACA JUGA:  6 Ide Topik Untuk Memulai Blog Bagi Wanita

Dalam artikel yang sudah lama saya tulis seperti Cara Mudah Mendapatkan Topik Blog dan 5 Topik Blog yang Disukai Pembaca, sebenarnya sudah jelas saya tuliskan bahwa memilih niche atau topik blog itu penting karena akan menjadi alasan utama mengapa pengunjung membaca artikel dari blog Anda.

Sebelum benar-benar menetapkan niche blog, ada baiknya Anda lakukan riset terlebih dahulu mengenai niche apa yang paling banyak dicari di mesin pencari seperti Google. Cara terbaiknya, bukalah forum seperti Kaskus, Detik Forum, atau Kompas Forum. Ikut perkembangan thread yang populer, dan apakah niche yang Anda sukai ada di antaranya? Selain itu manfaatkan Google Trends. Intinya, carilah niche yang paling banyak dicari, dibutuhkan oleh para pencari informasi di luar sana.

Di antara banyak niche, topik seperti teknologi, tutorial, tips & trik, selebriti, kesehatan dan kecantikan adalah beberapa contoh topik yang sangat digemari oleh netizen Indonesia. Rekomendasi saya, jangan membuat blog yang membagikan film gratis, mp3 gratis, ebook gratis, software/aplikasi, dan jenis-jenis mater ‘gratis’ yang ilegal atau melanggar hak cipta jika Anda ingin memanfaatkan Google Adsense untuk mendapatkan uang dari blog.

Untuk lebih jelas lagi, berikut saya berikan cara-cara lain untuk memilih niche blog:

1. Pilih Topik yang Anda Sukai

BACA JUGA:  Start a Blog #3: Memilih Nama Domain

Menulis tentang hal-hal yang disukai adalah cara terbaik mengembangkan blog lewat artikel. Pastikan Anda menyukai apa yang hendak Anda isi ke dalam blog Anda, sehingga Anda menjadi lebih mudah dan termotivasi dalam mengembangkan blog Anda.

2. Pilih Topik yang Anda Ketahui dan Mampu Anda Riset Secara Mendalam

Jika Anda seorang web designer, atau seseorang yang mengerti soal fashion, atau anak IT yang senang mengutak-atik komputer, maka tulislah sesuatu yang berhubungan dengan keahlian Anda tersebut. Dengan begitu Anda akan menjadi mudah menuliskan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh banyak orang. Anda juga akan senang melakukan riset tentang hal-hal baru yang berhubungan dengan keahlian Anda tersebut, sehingga melakukan riset lebih mendalam bisa menambah wawasan Anda.

3. Topik yang Bisa Diperdebatkan

Topik-topik yang bisa diperdebatkan terkadang menarik perhatian orang-orang untuk mengunjungi dan membaca blog Anda, bahkan mengomentarinya. Hal-hal yang bisa diperdebatkan adalah hal-hal kontroversial, konspirasi, misteri, dan hal-hal berbau politik. Banyak sekali orang yang menyukai topik-topik tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa, topik-topik seperti ini mengharuskan Anda memiliki argumen yang kuat karena akan ada banyak orang yang menantang Anda berdebat.

BACA JUGA:  5 Hal Dasar Blogging

Itulah hal-hal dasar memilih niche blog yang bisa Anda manfaatkan, bagian mana yang paling Anda minati?

 

TINGGALKAN KOMENTAR