10 Kumpulan Film Kisah Nyata Terbaik, Kisah Haru hingga Kriminal Mencekam!

Film Kisah Nyata Terbaik – Dari berbagai film yang ada, rasanya film berdasarkan kisah nyata juga menarik buat jadi tontonan yang menghibur.

Apalagi cerita yang disajikan film dari kisah nyata tentu memiliki daya tarik tersendiri karena memang diangkat atau terinspirasi dari peristiwa yang pernah terjadi atau kejadian nyata.

Ada banyak sekali film kisah nyata yang recommended buat ditonton, mulai dari kisah sukses pengusaha dari nol, anak yang hilang, penjelajahan hingga pembunuh berantai.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Kamu bakal diajak untuk menikmati film bukan hanya dari segi cerita yang melatarinya tapi juga visualisasi kisah yang begitu bagus.

Mau nonton film dengan ceritanya yang diangkat dari kisah nyata? Yuk, simak dulu rekomendasinya berikut ini.

Daftar Film Kisah Nyata Terbaik Recomended

1.  Pursuit of Happiness (2006)

Film kisah nyata pertama dalam daftar ini dibintangi oleh Will Smith, Thandie Newton, serta Jaden Smith. Dimana, ceritanya diadaptasi dari kisah hidup pebisnis sukses Chris Gardner.

Suatu ketika, Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith harus mengalami titik terendah di dalam hidupnya.

Bukan hanya harus menghadapi masalah finansial, bahkan Chris pun terancam akan kehilangan keluarganya.

Chris terus berjuang tanpa lelah meski kadang tanpa hasil, hingga sempat tidur di tempat penampungan tuna wisma.

Namun, Chris yang tak pernah menyerah selalu bergerak dan berusaha untuk memperbaiki kondisi finansialnya sambil mengasuh anak semata wayangnya.

2. Hotel Mumbai (2019)

Film kisah nyata terbaik yang recomended buat ditonton di akhir pekan adalah “Hotel Mumbai” karya sutradara Anthony Maras.

Film ini mengangkat kisah nyata kejadian serangan teror yang menyasar Hotel Taj Mahal Palace di India pada 2008 yang lalu.

Dibintangi sejumlah nama beken yang tak asing lagi seperti Dev Patel, Armie Hammer, Anupam Kher dan banyak lagi.

Baca juga: Rekomendasi Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Seru dan Penuh Ketegangan

Film berdasarkan kisah nyata ini mengisahkan upaya para tamu hotel dan staf yang jadi korban penyanderaan kelompok teroris.

Mereka melakukan segala upaya untuk tetap bertahan hidup dan mencoba menggagalkan upaya serangan teroris tersebut.

Ketegangan di antara para tamu hotel dan staf tergambar jelas hingga bikin penonton ikut terbawa suasana mencekam.

3. Fatherhood (2021)

Film kisah nyata terbaik selanjutnya yang cukup recomended ini merupakan sebuah film yang bergenre drama komedi keluarga yang disutradarai Paul Weitz.

Skenarionya sendiri ditulis oleh Weitz dan Dana Stevens berdasarkan sebuah memoar tahun 2011 berjudul “Two Kisses for Maddy: A Memoir of Loss and Love” yang ditulis Matthew Logelin . 

Film ini dibintangi oleh Kevin Hart, Dewanda Wise, Melody Hurd dan banyak lagi yang lainnya. 

Mengisahkan tentang seorang ayah baru yang harus merawat buah hatinya seorang diri karena sang istri tercinta meninggal saat proses kelahiran.

Matthew Logelin (Kevin Hart) harus berdamai dengan hati dan perasaannya yang belum menerima kematian sang istri.

Logelin bertekad untuk merawat sendiri putrinya dengan usahanya sendiri tanpa campur tangan ibu maupun mertuanya, dan dirinya berhasil membuktikannya.

4. Against The Ice (2022)

Film berdasarkan kisah nyata yang satu ini merupakan film bergenre drama sejarah karya sutradara Peter Finth.

Dimana film ini diadaptasi dari novel non-fiksi karya seorang penjelajah kutub es bernama Ejnar Mikkelsen yang bertajuk, “Two Against The Ice.  

Dibintangi sejumlah nama beken Hollywood, sebut saja Joe Cole, Heida Reed, Charles Dance, dan banyak lagi.

Cerita dimulai di tahun 1909 , ketika Kapten Ejnar Mikkelsen, seorang penjelajah yang berasal dari Denmark, melakukan perjalanan ke Pulau Shannon yang berada di kawasan Greenland Timur.

Mikkelsen melakukan ekspedisi tersebut demi memulihkan catatan yang ditulis penjelajah Denmark terdahulu yang memiliki nasib buruk.

Dalam ekspedisinya, Mikkelsen mengalami banyak rintangan. Dari kehilangan anggota ekspedisi yang meninggal karena cuaca ekstrem, hingga kemungkinan tidak selamat.

Sebagai antisipasi, Mikkelsen dan tim yang khawatir tidak dapat pergi hidup-hidup dari Greenland kemudian mendirikan sebuah tugu batu agar bisa dikenali penjelajah lainnya.

5. The Craiglist Killer (2011)

Film dari kisah nyata garapan sutradara Stephen Kay ini merupakan film yang mengangkat cerita hidup seorang pembunuh berantai bernama Philip Markoff yang diperankan oleh Jake McDorman.

Selain Jake McDorman, The Craigslist Killer juga dibintangi oleh Jake McDorman, Agnes Bruckner, dan Joshua Close. Film ini mengambil latar tempat di California, Amerika Serikat.

Berlatar di California, negara bagian Amerika Serikat, dikisahkan Markoff adalah seorang mahasiswa kedokteran yang memiliki kepribadian ganda.

Dibalik sikap ke kekanak-kanakan yang ditunjukkan Markoff, ternyata ada ia menyimpan sifat kejam yang menjadikannya seorang psikopat.

Tanpa beban, Markoff mampu menghilangkan nyawa korbannya demi kesenangan pribadinya. 

Hingga kejahatannya pun terungkap dan membuatnya harus mendalam di penjara, namun tanpa disangka Markoff justru ditemukan bunuh diri di dalam selnya.

6. Lost Girl (2020)

Rekomendasi film kisah nyata selanjutnya ada “Lost Girl” yang tayang hanya di platform streaming online Netflix ini sayang jika dilewatkan.

Film drama misteri ini merupakan karya sutradara Liz Garbus yang diadaptasi dari novel non-fiksi karya Robert Koller berjudul “Lost Girl: An Unsolved American Mystery”.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam Bikin Emosi Campur Aduk!

Mengisahkan tentang Mari Gilbert yang diperankan oleh Amy Ryan, seorang ibu yang berusaha menemukan anak gadisnya yang hilang.

Dimana perjuangan Mari justru mengungkapkan serangkaian kasus pembunuhan yang mengarah ke banyak wanita dan belum terpecahkan.

Film ini sendiri perdana ditayangkan 28 Januari 2020, di Sundance Film Festival. Sementara secara resmi, film ini dirilis di platform Netflix sekitar bulan Maret 2020. 

7. Zodiac (2007)

Film kisah nyata terbaik bergenre thriller kriminal ini digarap dengan apik oleh sutradara David Fincher yang menyandingkan Jake Gyllenhaal dan Robert Downey Jr. sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan kembali misteri kasus pembunuhan yang terjadi secara beruntun di San Francisco sekitar tahun 1969 yang hingga saat ini kasusnya masih belum terpecahkan.

Seorang kartunis bernama Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) tertarik untuk mencari tahu dalang pembunuhan berantai dan mencoba mengungkapnya. 

Robert berusaha mendapatkan bukti-bukti siapa sebenarnya orang dibalik nama Zodiac, pembunuh berantai yang tak pernah bisa diungkap identitasnya.

Banyak petunjuk didapatkan, bahkan beberapa tersangka telah ditetapkan. Sayangnya karena kurangnya bukti, kasus pun ditutup dan meninggalkan misteri hingga sekarang.

8. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Film garapan sutradara Hestu Saputra ini diadaptasi dari sebuah novel bertajuk sama yang terinspirasi dari kisah hidup motivator kondang Indonesia, Merry Riana.

Dimana ia mampu mendapatkan satu juta dolar pertama dalam hidupnya ketika berada di Singapura.

Dibintangi oleh Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Ryder hingga Cynthia Lamusu, film kisah nyata ini sangat inspiratif.

Baca juga: 15+ Film Indonesia Terbaik dari Masa ke Masa

Cocok buat memberikan dukungan semangat untuk selalu fokus dengan tujuan hidup dan bertahan betapapun sulitnya. 

Film ini mengisahkan perjuangan Merry Riana yang harus berjuang hidup sendirian di Singapura, sementara bekal yang dibawanya pas-pasan.

Sementara dirinya juga harus menemukan saudara sang ayah yang ternyata sudah pindah entah kemana.

Nasib baik membawa Merry bertemu dengan Irene (Kimberly Ryder), sahabat baik yang seolah membukakan jalan.

Meski banyak rintangan yang harus dihadapi, namun semuanya berhasil dilalui Merry dengan yakin.

Film yang satu ini layak banget buat masuk jajaran film Indonesia terbaik yang menginspirasi untuk tetap yakin dan percaya bahwa kesulitan seperti badai yang pasti akan berlalu.

9. Midway (2019)

Film berdasarkan kisah nyata selanjutnya ini merupakan karya sutradara Roland Emmerich dan dibintangi Ed Skrein, Patrick Wilson, Nick Jonnas, Luke Evans, Woody Harrelson, hingga Mandy Moore.

Berlatar Peperangan Midway yang terjadi di kawasan samudra Pasifik sekitar tahun 1941 antara armada angkatan laut Jepang dan Amerika Serikat, film dari kisah nyata ini wajib ditonton. 

Pasca serangan Jepang yang meluluhlantakkan Pearl Harbour, disebutkan Jepang akan kembali melakukan penyerangan terhadap Amerika serikat. 

Serangan selanjutnya akan menargetkan pulau Midway untuk dilumpuhkan dan dikuasai oleh Jepang.

Tak terima, pihak Amerika Serikat pun mulai mempersiapkan diri menyambut serangan Jepang.  

Pertempuran besar tak dapat dielakkan terjadi di kawasan Pasifik dan menjadi titik balik yang mengubah jalannya perang dunia ke II.

10. The Lost City of Z (2017)

Film dari kisah nyata yang digarap sutradara James Gray yang satu ini dibintangi oleh Charlie Hunnam, Robert Pattinson, dan juga Sienna Miller.

Film ini diadaptasi dari sebuah novel best seller bertajuk sama karya David Grann yang terinspirasi dari kisah nyata seorang penjelajah berkebangsaan Inggris, Kolonel Percy Fawcett. 

Diceritakan awal abad 20, seorang penjelajah berkebangsaan Inggris bernama Percy Fawcett (Charlie Hunnam). 

Dia sangat terobsesi ingin menemukan kota Z yang bergelimang harta dan disebut-sebut berada di pedalaman hutan Amazon.

Meski telah dilarang, Fawcett yang keras kepala tetap masuk dan menjelajahi hutan Amazon semakin dalam hingga tidak ada yang tahu bagaimana kabarnya kemudian.

Nah, itu tadi rekomendasi film kisah nyata terbaik yang memiliki penggambaran yang luar biasa. Film berdasarkan kisah nyata yang menginspirasi, mengharukan, hingga ada yang mengerikan.

Menurut kamu mana yang paling bagus dan wajib ditonton? Atau, kamu punya referensi sendiri? Apapun itu, nikmati saja sebagai sebuah hiburan, ya!

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Ikuti Kami!

1,390FansSuka
720PengikutMengikuti
210PelangganBerlangganan

Disponsori Oleh