10+ Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam Bikin Emosi Campur Aduk!

153
Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam

Film Tentang Bencana Alam – Inspirasi sebuah film bisa datang dari banyak hal, termasuk dari kejadian bencana alam.

Ada banyak hal yang ditampilkan dalam sebuah film bencana alam untuk dijadikan bahan renungan dan pembelajaran. 

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Seperti bagaimana manusia seharusnya menjaga alam, tetap tenang meski dalam kecemasan hingga mengambil keputusan yang tepat dalam keadaan terdesak.

Dalam beberapa dekade muncul banyak film bertema bencana alam yang menggambarkan betapa alam yang murka sangatlah berbahaya bagi kehidupan umat manusia.

Sehingga penting untuk turut serta dalam menjaga lingkungan, dimulai dari diri sendiri.

Sebagai referensi, berikut ini rekomendasi film tentang bencana alam yang mendebarkan sekaligus bikin ngeri.

10+ Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam Terbaik

1. Contagion (2011)

Rekomendasi film tentang bencana alam yang pertama ini menggambarkan krisis yang terjadi secara global akibat paparan virus misterius.

Film karya sutradara Steven Soderbergh ini dibintangi oleh banyak nama beken, mulai dari Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Kate Winslet, hingga Gwyneth Paltrow.

Disebutkan bahwa penulis skenario Scott Z. Burns terinspirasi dari kejadian nyata wabah SARS yang sempat bikin geger pada 2003-2004 yang lalu. 

Kisah dari film “Contagion” bermula ketika Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang meninggal mendadak setelah melakukan perjalanan bisnis dari Hong Kong.

Tak lama menyusul putranya juga ikut meninggal tanpa sebab yang jelas. Mitch Emhoff (Matt Damon) sang suami pun kemudian diisolasi bersama sang putri.

Kejadian semakin kacau ketika semakin banyak korban mulai berjatuhan dan menciptakan kepanikan massal hingga memicu penjarahan dimana-mana.

2. Deepwater Horizon (2016)

Selanjutnya ada “Deepwater Horizon” yang rilis di tahun 2016 dan merupakan film bencana alam terbaik berdasarkan kisah nyata tragedi ledakan pengeboran minyak lepas pantai Teluk Meksiko.

Film bencana alam ini merupakan garapan sutradara Peter Berg bersama duo penulis skenario Matthew Michael Carnahan dan Matthew Sand.

Ketika pekerjaan dilakukan tanpa mengindahkan keselamatan para pekerja, maka yang terjadi bukan hanya merugikan perusahaan itu sendiri tetapi juga lingkungan di sekitarnya.

Begitu yang dikisahkan dalam film “Deepwater Horizon” yang dibintangi Mark Wahlberg, Douglas M. Griffin, Kurt Russell, hingga Gina Rodriguez.

Baca juga: Rekomendasi Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Seru dan Penuh Ketegangan

Mike Williams (Mark Wahlberg) sebagai kepala teknisi menemukan masalah teknis pada mesin pengeboran minyak di Deepwater Horizon.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke perusahaan agar menghentikan sementara proses pengeboran dan melakukan perbaikan.

Jika tidak keselamatan para pekerja yang akan jadi taruhannya.

Pihak perusahaan tidak mengindahkan laporan tersebut dan tetap menekan para pekerja untuk tetap melanjutkan kembali pekerjaannya.

Hingga terjadilah ledakan dahsyat yang membuat semua minyak tumpah dan mencemari laut di sekitar pengeboran minyak dalam skala besar. 

3. The Wave (2015)

Bencana alam bisa terjadi kapan saja, tak peduli siang ataupun di malam buta ketika semua orang sedang terlelap nyenyak dalam tidurnya 

Begitulah yang digambarkan dalam film karya Roar Uthaug yang ternyata terinspirasi dari kisah nyata, 

Dimana celah gunung Akneset yang ada di Norwegia retak dan terjadi longsoran salju hebat hingga memicu tsunami besar yang memakan banyak korban.

Kristian (Christopher Joner), seorang ahli geologi sekaligus ayah yang sedang berlibur bersama keluarga mendapati adanya tanda-tanda bencana longsoran gunung yang bisa memicu tsunami. 

Baca juga: 10 Situs Nonton Film Online dan Streaming Film

Kristian harus berpacu dengan waktu untuk memberitahu pemerintah untuk segera melakukan evakuasi darurat.

Di saat yang sama juga harus berjuang untuk menyelamatkan anak-anaknya dan juga menemukan istrinya yang masih berada di dalam hotel ketika tsunami menerjang.

4. Poseidon (2006)

Film tentang bencana alam selanjutnya ini merupakan karya sutradara Wolfgang Petersen yang dibintangi oleh Kurt Russel, Josh Lucas, dan Emmy Rossum. 

Film ini menceritakan tentang bencana alam yang menyebabkan sebuah kapal pesiar canggih bernama Poseidon, mengalami kecelakaan hebat yang menelan banyak korban jiwa.

Baca juga: Rekomendasi Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Seru dan Penuh Ketegangan

Suatu ketika, kapal Poseidon yang sedang berlayar dan berada di kawasan samudra Atlantik mendadak diterjang suatu gelombang ganas hingga membuat kapal langsung terbalik.

Di tengah kepanikan, kapten kapal meminta semua penumpang untuk diam dan menunggu. 

Tak mau menjemput kematiannya begitu saja, beberapa penumpang mulai mencari cara untuk keluar dari kapal tersebut.

Bisa dibilang, film ini sebagai salah satu film survival terbaik.

Karena menceritakan bagaimana sebagian penumpang berupaya untuk menyelamatkan diri di tengah kondisi kapal yang terbalik dan tenggelam. 

5. The Impossible (2012)

Diangkat dari kisah nyata tentang keluarga Maria Belon, seorang turis asal Spanyol yang selamat dari tragedi tsunami saat tengah berlibur di Thailand.

Tsunami tersebut merupakan bencana besar yang melanda hampir di pesisir pantai kawasan Asia Tenggara dengan korban jiwa lebih dari 250 ribu jiwa.

Film bencana alam terbaik karya sutradara J.A Bayona satu ini dibintangi Naomi Watts, Tom Holland dan Ewan McGregor.

Diceritakan Maria Bennett (Naomi Watts) sedang berlibur bersama suami dan ketiga anaknya di Thailand. 

Di tengah keseruannya bermain di kolam renang bersama anggota keluarga yang lain, tiba-tiba tsunami datang menerjang semua bagian resort tempat mereka menginap.

Sempat terpisah karena terjangan tsunami, Maria dan suami harus berjuang untuk menyelamatkan diri dan berusaha untuk bisa berkumpul kembali.   

6. Pompeii (2014)

Film garapan sutradara Paul W.S. Andersen ini merupakan film yang mengisahkan dahsyatnya bencana letusan gunung Vesuvius hingga membuat kota Romawi kuno, Pompeii hancur lebur.

Berlatar di masa Romawi kuno sekitar 79 M, film “Pompeii” diawali dengan kisah seorang budak yang jadi seorang gladiator tertarik dengan putri saudagar kaya yang telah dijodohkan.

Bukan hanya berjuang mengatasi perbedaan kasta di antara keduanya, mereka juga harus berjuang menyelamatkan diri di tengah bencana yang hebat pada masa itu.

Sebuah gunung tak jauh dari kota Pompeii, Gunung Vesuvius, meledak dahsyat dengan kekuatan setara empat puluh bom nuklir.

Letusan gunung yang terjadi selama kurang lebih dua hari membuat kota Pompeii hancur lebur dan terkubur di bawah abu vulkanik hingga 6m.

Bukan saja mempertontonkan aksi pertarungan para gladiator pada masa Romawi kuno, film yang dibintangi Kit Hamilton ini juga menyuguhkan kengerian bencana gunung meletus.

7. The Finest Hours (2016)

Selanjutnya, film yang diarahkan oleh sutradara Craig Gillespie ini merupakan film adaptasi dari sebuah novel karya J. Tougias dan Casey Sherman bertajuk “The Finest Hours: The True Story of the U.S. Coast Guard’s Most Daring Sea Rescue”.

Di film tentang bencana alam ini kamu akan mendapatkan wawasan yang berkaitan dengan tragedi badai laut yang mengerikan.

Dibintangi Chris Pine, Casey Affleck, hingga Ben Foster, dan banyak nama beken Hollywood lainnya.

Film bencana alam ini mengisahkan tentang empat kru angkatan laut Amerika Serikat yang ditugaskan untuk menyelamatkan awak kapal minyak yang terjebak di tengah laut.

Dibumbui dengan kisah asmara dan aksi menegangkan, film yang satu ini sukses menyuguhkan situasi mengerikan dari bencana badai laut.

8. San Andreas (2015)

Film tentang bencana alam yang rilis pertama kali di tahun 2015 ini merupakan arahan sutradara Brad Peyton dari naskah milik Carlton Cuse.

Bercerita tentang seorang pilot helikopter penyelamat bernama Ray (Dwayne Johnson).di tengah bencana gempa bumi melanda Los Angeles.

Ray harus berjuang keras menemukan putri semata wayangnya Blake (Alexandra Daddario), dan juga istrinya Emma (Carla Gugino) yang sebetulnya sedang dalam proses perceraian.

Kepanikan dan keadaan yang kacau membuat upaya penyelamatan menjadi sedikit menegangkan karena helikopter yang digunakan Ray dan Emma justru bermasalah. 

9. The Burning Sea (2021)

Rekomendasi film bencana alam terbaik selanjutnya ini tayang di tahun 2021 yang lalu dan merupakan garapan sutradara John Andreas Andersen.

Sementara Kristine Kujath Thorp, Rolf Kristian Larsen Henrik Bjelland yang didaulat sebagai tokoh utamanya.

Dikisahkan, pada tahun 1969 pemerintah Norwegia mulai gencar melakukan pengeboran minyak besar-besaran setelah menemukan ladang minyak di lepas pantai Laut Utara.

Setelah 50 tahun berlalu, dampak pengeboran minyak yang dilakukan mulai terlihat dengan adanya retakan di dasar laut yang mengakibatkan rig runtuh.

Tim peneliti dikerahkan untuk menemukan korban hilang, termasuk melakukan investigasi menyeluruh.

Hingga menemukan kenyataan hanyalah ini mungkin baru permulaan kemungkinan terjadinya bencana apokaliptik yang bisa merusak lingkungan dengan dahsyat.

10. Into The Storm (2014)

Jika kamu ingin melihat betapa dahsyatnya sebuah badai, maka rekomendasi film tentang bencana alam ini wajib banget buat masuk watchlist kamu.

Film karya sutradara Steven Quale ini berkisah tentang anak-anak muda yang tidak punya rasa takut dan justru tertantang dengan kemunculan badai dan ingin merekamnya.

Diperankan oleh Richard Armitage, Sarah Wayne Callies, hingga Nathan Kress, kamu akan diajak menyaksikan betapa badai itu sangat mengerikan dan tak seharusnya bermain-main dengannya.

11. The Hurricane Heist (2018)

Rekomendasi film tentang bencana alam selanjutnya ini bergenre action yang disutradarai oleh Rob Cohen yang naskahnya merupakan garapan Jeff Dixon bersama Scott Windhauser.

Film yang dibintangi Ryan Kwanten bersama Tobby Kebbel, Maggie Grace hingga Ralph Ineson ini  bercerita tentang aksi perampokan yang dilakukan di tengah bencana badai.

Casey Corbyn (Maggie Grace) menerima kabar kemungkinan terjadinya badai di Gulfport, Alabama.

Setelah meminta pekerja untuk memperbaiki alat pencegah badai, Casey didatangi para perampok yang ternyata diotaki oleh rekan kerjanya sendiri, Connor Perkins (Ralph Ineson).

Para perampok mulai meretas sistem keamanan bank dan mencoba membobol brankas yang menyimpan uang cash senilai USD 600 juta.

Casey yang kabur dibantu Will (Tobby Kebbel) untuk mencari bantuan, tapi sayangnya mereka justru bertemu Sherif yang ternyata komplotan para perampok tersebut. 

12. 2012 (2009)

Film tentang bencana alam satu ini rilis tahun 2009 lalu dan sempat jadi perbincangan hangat yang menghebohkan dunia. 

Dimana, pada waktu itu muncul ramalan yang menyebutkan bahwa tahun 2012 akan menjadi akhir dunia alias kiamat. 

Hal inilah yang kemudian diangkat dan divisualisasikan di film ini.

Film ini merupakan garapan sutradara Roland Emmerich yang dibintangi John Cusack, Chiwetel Ejiofor, Amanda peet, hingga Woody Harrelson.

Mengisahkan tentang datangnya bencana alam luar biasa yang akan menghancurkan bumi, namun tak satupun penduduk bumi menyadarinya.

Dr.Adrian, seorang ilmuwan asal Amerika memperingatkan jika suatu bencana besar yang memporak-porandakan bumi akan segera datang dan membuat peradaban kembali terulang.

Alur cerita dari film ini sendiri lebih terfokus pada Curtis dan keluarganya yang berusaha sekuat tenaga untuk bertahan hidup selama bencana alam terjadi.

13. Moonfall (2022)

Film bencana alam terbaik selanjutnya ini disutradarai Roland Emmerich dan baru saja rilis di tahun 2022.

Film “Moonfall” bercerita tentang kekuatan aneh dan misterius yang membuat bulan keluar dari orbitnya dan mengarah ke bumi. 

Jika tidak segera ditangani, tabrakan bumi dan bulan bisa menyebabkan kehancuran bumi yang dahsyat.

Ketika bumi di ambang malapetaka, Jo Fowler (Halle Berry) yang seorang mantan astronot NASA yakin bahwa ia mampu mengatasi masalah dan membawa bulan kembali ke orbitnya.

Meski sempat diragukan, Jo tetap berpegang teguh dengan pendiriannya. Bersama-sama dengan rekan kerja yang dulu pernah bekerja sama dengannya, Jo memulai misi penyelamatan dunia.

Nah itu tadi rekomendasi film tentang bencana alam yang cukup menarik untuk ditonton di waktu luang. 

Selain jadi hiburan, film bencana alam juga bisa jadi renungan dan diambil hikmahnya. Bahwa, bencana alam itu nyata dan tak seharusnya kita membuat kerusakan di bumi. 

Semoga kita semua bisa dijauhkan dari bencana alam apapun, ya!