25+ Daftar Film Marvel Sesuai Kronologi di Tiap Universe

257
Daftar urutan Nonton Film Marvel

Urutan Nonton Film Marvel – Terkadang banyak orang yang kebingungan dengan daftar film Marvel maupun urutan film Avengers. Apalagi untuk orang-orang yang tidak terlalu memikirkan urutan nonton Marvel movies yang mereka tonton. Padahal, urutan film Marvel Cinematic Universe telah dirilis hingga lebih dari 30 judul di seluruh dunia, lho.

Nyaris setiap daftar film Marvel memiliki pesona tersendiri. Tak heran jika penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) semakin bertambah dari hari ke hari seiring rilis film terbaru mereka. Apalagi, jalan cerita yang disajikan memang terkait satu sama lain. 

Kendati demikian, tak sedikit pula orang yang merasa kesulitan ketika ingin menikmati urutan nonton film Marvel tersebut sesuai kronologi waktunya. 

Dengan Moove VPN, akses seluruh konten di internet tanpa batasan, cepat dan 100% aman. Donwload sekarang!

Pasalnya, film yang dibuat berdasarkan komik karya Stan Lee ini bukan sekadar dilihat berdasarkan tahun rilis saja. Namun juga hubungan cerita atau kronologi di setiap kejadiannya. 

Daftar urutan nonton film Marvel Berdasarkan Kronologi Kejadiannya

Perlu diketahui, ada beberapa judul urutan nonton film Marvel yang menayangkan suatu kejadian dalam waktu bersamaan. Misalnya seperti film “Thor: Ragnarok” yang memiliki kronologi waktu sama seperti film “Ant-Man and The Wasp”. Uniknya, kedua film itu juga jadi petunjuk ke film Marvel lain yaitu, “Avengers: Infinity War” yang terbagi lagi menjadi “The Infinity Saga”.

Sudah mulai bingung? Daripada semakin penasaran, coba simak daftar film Marvel berikut ini agar lebih mudah nonton urutan film Marvel. 

1. Captain America: The First Avenger (2011)

Berdasarkan kronologi cerita Marvel Cinematic Universe, “Captain America: The First Avenger” merupakan daftar film Marvel dalam urutan pertama yang harus kamu tonton terlebih dulu. 

Film arahan sutradara Joe Johnston ini memiliki latar waktu tahun 1941 di tengah gejolak perang dunia. 

Saat itu, Steve Rogers yang diperankan oleh Chris Evans ingin turut bergabung bersama angkatan bersenjata Amerika Serikat. Sayangnya, ia ditolak hanya karena memiliki fisik yang lemah. 

Namun siapa sangka, Steve justru mendapat kesempatan mengikuti program eksperimen yang mampu mengubahkan jadi seorang prajurit super, Captain America. 

Captain America berperang bersama Peggy Carter (Hayley Atwell) dan sahabatnya Bucky Barnes (Sebastian Stan) melawan HYDRA, organisasi yang didukung oleh NAZI. 

urutan nonton film Marvel yang pertama ini, bakal membantu kamu memahami bagaimana asal mula Tesseract yang pada akhirnya menjadi bagian dari Infinity Stone. 

2. Captain Marvel (2019)

Urutan nonton film Marvel berikutnya jika dilihat berdasarkan kronologi peristiwanya adalah “Captain Marvel”. 

Dibuat dengan setingan tahun 1995, urutan film Marvel kedua ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Carol Danvers (Brie Larson) yang turun ke bumi untuk mengejar alien Skrull yang memiliki kemampuan berubah wujud. 

Berkat film ini yang disutradarai oleh Anna Boden dan Ryan Fleck ini, kamu bakal tau alasan mengapa Nick Fury (Samuel L. Jackson) bermata satu. 

Bukan itu saja, di sini akan dijelaskan bagaimana cara Nick Fury meminta pertolongan Captain Marvel ketika Thanos hendak menghancurkan seisi bumi. 

Jadi jangan lewatkan nonton urutan Marvel Movies yang satu ini, ya.

3. Iron Man (2008)

Daftar film Marvel selanjutnya adalah “Iron Man” yang rilis di tahun 2008 silam. Berdasarkan urutan kronologisnya, urutan film Marvel ketiga yang sempat masuk dalam box office ini wajib masuk ke daftar urutan nonton Marvel movies.  

“Iron Man” mengisahkan tentang seorang miliarder jenius bernama Tony Stark (Robert Downey Jr.) yang diculik sekelompok teroris demi mendapatkan sistem persenjataan canggih. 

Berkat kejeniusannya, Tony Stark berhasil lolos dengan cara membuat baju zirah berteknologi canggih yang pada akhirnya dikenal sebagai pahlawan super, Iron Man. 

4. Iron Man 2 (2010)

Daftar film Marvel berikutnya ini mengisahkan tentang Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. sedang berhadapan dengan situasi yang semakin pelik. 

Pasalnya, Ia harus berseteru dengan pihak pemerintah yang menghendaki agar seluruh teknologinya dikuasai oleh negara karena dianggap berbahaya. 

Film yang masih disutradarai oleh Jon Favreau ini juga mengungkap superhero lain yang turut bergabung dalam Avengers. Di antaranya adalah War Machine dan Black Widow. 

Jadi, urutan nonton film Marvel movies ini wajib ditonton lebih dulu biar ceritanya makin greget.

5. Incredible Hulk (2008)

 nonton film Marvel selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah “Incredible Hulk” yang cukup populer di kalangan pecinta film MCU. 

Sebab, di dalam film hasil arahan sutradara Louis Leterrier ini kamu bisa melihat siapa Bruce Banner (Mark Ruffalo) sebenarnya sebagai The Hulk. 

Terlihat pula bagaimana Banner berhasil lolos dari General Thunderbolt Ross sehingga pihak militer AS menganggapnya sebagai ancaman berbahaya. 

6. Thor (2011)

Lanjut, ke urutan nonton film Marvel berikutnya ada “Thor”. Film arahan Kenneth Branagh ini berkisah tentang Thor (Chris Hemsworth) yang terpaksa diasingkan oleh sang ayah ke bumi. 

Dengan sisa tenaga yang dimiliki, Thor berusaha mati-matian kembali ke Asgard, tempat asalnya. 

Pengasingan tersebut berhubungan dengan Loki (Tom Hiddleston) yang nantinya pun berperan penting dalam kelanjutan urutan film Marvel berikutnya. 

7. The Avengers (2012)

Urutan nonton film Marvel selanjutnya adalah “The Avengers” yang rilis pada tahun 2012 silam. 

Menariknya, beberapa superheroes yang ada di MCU bergabung menjadi satu tim bernama Avengers. 

Loki (Tom Hiddleston) yang juga adik dari Thor (Chris Hemsworth) menjadi musuh mereka di awal urutan film Avengers ini. 

Loki cukup membuat geram Avengers karena berhasil menguasai Tesseract. Apalagi Loki dibantu oleh para alien yang ternyata adalah bagian dari tempat asalnya. 

“The Avengers” arahan dari sutradara Joss Whedon ini menjadi salah satu dalam daftar film Marvel yang paling laris dan populer di seluruh dunia. 

8. Iron Man 3 (2013)

Kembali ke Iron Man, urutan film Marvel berikutnya adalah “Iron Man 3” yang rilis di tahun 2013. 

Salah satu poin menarik dari film ini adalah bahwa tak semua pahlawan super bisa tampil hebat.

Dalam film besutan Shane Black ini, kamu bisa melihat sampai sejauh apa titik rapuh seorang Iron Man. 

Meski ia terlahir jenius dan bergelimang harta, ada situasi di mana Tony Stark (Robert Downey Jr.) cukup terpukul hingga mempengaruhi kondisi mentalnya. 

Kondisi tersebut yang membuatnya terobsesi untuk menciptakan lebih banyak robot menyerupai Iron Man. 

Bukan itu saja, “Iron Man 3” juga lebih menyorot kehidupan pribadi Tony Stark bersama Pepper Pots (Gwyneth Paltrow). Konflik di antara keduanya yang kian pelik, membuat urutan nonton film Avengers sayang untuk dilewatkan. 

9. Thor: The Dark World (2013)

Selanjutnya urutan film Marvel yang tak boleh di skip adalah “Thor: The Dark World”. Dalam film ini, Thor (Chris Hemsworth) berusaha keras menangani sisa-sisa kehancuran di Asgard karena ulah Loki (Tom Hiddleston). 

Sang sutradara, Alan Taylor membuat para penonton menikmati keseruan perebutan senjata berelemen Aether yang nantinya menjadi bagian dari Infinity Stone. 

10. Captain America: The Winter Soldier (2014)

Film arahan Anthony Russo ini menjadi urutan nonton film Marvel yang harus US ditonton setelah “Thor: The Dark World”. 

Diceritakan, Steve Rogers (Chris Evans) akhirnya secara resmi menjadi anggota SHIELD usai membantu para Avengers. 

Akan tetapi, Rogers mencurigai beberapa tokoh yang ada di SHIELD. 

Klimaksnya, Rogers bertemu Bucky (Sebastian Stan), sahabatnya yang telah wafat beberapa tahun silam tetapi telah berubah menjadi Winter Soldier. 

11. Guardian of The Galaxy (2014)

Meski tak sepopuler “The Avengers”, film “Guardian of The Galaxy” yang digarap oleh James Gunn ini juga dikatakan cukup penting dalam urutan nonton Marvel movies.

Pasalnya, film ini menampilkan kemunculan Infinity Stone. Berkat kehadiran karakter pohon bernama Groot dan rakun bernama Rockets, “Guardian of The Galaxy” menyajikan nuansa lebih berwarna di semesta Marvel. 

Diketahui, lawan utama para Guardian of The Galaxy ini adalah Ronan The Accuser. Namun pada akhirnya, Thanos yang bakal jadi karakter paling penting di seluruh urutan film Marvel

12. Guardian of The Galaxy Vol. 2 (2017)

Berlanjut ke urutan film Marvel berikutnya, ada “Guardian of The Galaxy Vol. 2”. Diceritakan, Peter Quill (Chris Pratt) yang juga dikenal sebagai Star Lord dan timnya disewa oleh alien bernama Sovereign. 

Misi yang harus dilakukan oleh Guardian of The Galaxy ini adalah mengambil kembali baterai yang dicuri. Imbalannya adalah seorang tahanan bernama Nebula yang juga anak buah dari Ronan. 

Setelah misi berhasil mereka selesaikan, tak disangka Rocket mengambil beberapa baterai secara diam-diam yang menyebabkan mereka dikejar pasukan Sovereign. 

13. Avengers: Age of Ultron (2015)

Daftar film Marvel berikutnya adalah “Avengers: Age of Ultron” yang mengharuskan pasukan superheroes tersebut berkumpul kembali melawan Ultron. 

Diketahui, Ultron adalah AI ciptaan Bruce Banner dan Tony Stark yang berbahaya sekaligus jadi sumber bencana. 

“Avengers: Age of Ultron” yang termasuk dalam jajaran urutan film Avengers ini digarap oleh Joss Whedon ini juga jadi film cukup penting karena memperkenalkan banyak karakter penting dalam MCU. 

Di antaranya adalah Vision (Paul Bettany) yang merupakan versi fisik Jarvis, The Scarlet Witch (Elizabeth Olsen), dan Quicksilver (Aaron Taylor-Johnson). 

14. Ant Man (2015)

https://youtu.be/pWdKf3MneyI

Siapa bilang pahlawan super selalu memiliki tubuh kekar dan besar? Ada juga lho yang berukuran mungil tapi memiliki kekuatan cukup dahsyat. Salah satunya adalah Ant Man. 

“Ant Man” merupakan urutan nonton Marvel movies berikutnya hasil garapan Peyton Reed yang tak boleh kamu lewatkan.

Tokoh Ant Man yang diperankan oleh Paul Rudd ini awalnya seorang penjahat. Ia direkrut langsung oleh Hank Pym (Michael Douglas) untuk mengenakan kostum Ant Man supaya teknologi tersebut tak jatuh ke pihak yang salah. 

15. Captain America: Civil War (2016)

Seakan ingin menambah keseruan, daftar film Marvel turut menampilkan beberapa karakter lain seperti Spiderman (Tom Holland) dan Black Panther (Chadwick Boseman). 

Kedua karakter ini juga turut bertarung bersama Avengers dalam urutan film Marvel berikutnya dalam “Captain America: Civil War”. 

Di film garapan sutradara Anthony Russo ini, Steve Rogers (Chris Evans) sebagai Captain America lagi-lagi harus menunjukkan sisi emosionalnya terkait Bucky Barnes. 

Sebab, Bucky dituduh sebagai dalang di balik peledakan kantor PBB yang menewaskan ayah Black Panther. 

Kejadian tersebut membuat Avengers harus terbagi menjadi dua kubu yang saling berseberangan. 

16. Spiderman: Homecoming (2017)

Daftar nonton film Marvel yang dibintangi oleh Tom Holland ini dinilai berhasil mempresentasikan komik Spiderman secara epik. 

Bukan itu saja, dalam film ini, Spiderman dituntut untuk melawan The Vultures (Michael Keaton) yang sengaja membuat senjata dari barang-barang alien. 

17. Doctor Strange (2016)

Tak bisa dipungkiri bahwa “Doctor Strange” membawa nuansa segar yang menyenangkan untuk dinikmati para penggemar daftar film Marvel. 

Bagaimana tidak, film ini menampilkan karakter Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) yang memiliki kekuatan cukup unik. 

Awalnya, Stephen Strange merupakan ahli bedah tersohor. Akan tetapi, tangannya terluka parah setelah ia mengalami kecelakaan. 

Tak disangka, Strange malah menemukan sumber kekuatan magis dalam perjalanan untuk menemukan obat demi memulihkan kekuatan tangannya. 

Selain menceritakan tentang asal-usul Dr. Strange, “Doctor Strange” yang dibuat di bawah arahan sutradara Scott Derrickson ini juga menampilkan Time Stone. Salah satu bagian dari Infinity Stone

18. Black Panther (2018)

Akhirnya, Black Panther diperkenalkan secara khusus oleh MCU melalui film ini. Sontak, T’Challa (Chadwick Boseman) jadi salah satu karakter favorit sekaligus terpopuler di hati pecinta daftar film Marvel

Dalam film hasil garapan sutradara Ryan Coogler ini, T’Challa berhadapan dengan Eric Killmonger yang muncul akibat kesalahan masa lalu ayahnya. 

19. Thor: Ragnarok (2017)

Urutan film Marvel berikutnya adalah “Thor: Ragnarok” yang menampilkan Hela ‘The Goddess of Death’ (Cate Blanchett). 

Diketahui, Hela adalah saudari Thor (Chris Hemsworth) yang telah lama hilang dan kembali pasca kematian Odin (Anthony Hopkins) demi merebut tahta kerajaan Asgard. 

20. Ant Man and The Wasp (2018)

Lagi-lagi kisah dari Scott Lang (Paul Rudd) berlanjut setelah muncul di urutan nonton film Marvel sebelumnya berjudul “Captain America: Civil War”. 

Akibat memihak Captain America, Scott Lang terpaksa menjalani hukuman tahanan rumah yang membuatnya tak bisa lagi bertemu Hank Pym (Michael Douglas) dan putrinya, Hope (Evangeline Lilly). 

Film karya sutradara Peyton Reed ini memuat konflik cukup rumit pula. Di mana, ibu Hope terjebak dalam Quantum Realm yang tak mengenal ruang dan waktu. 

21. Black Widow (2021)

Siapa sangka, “Black Widow” akhirnya mendapat jatah film sendiri. Film terbaru dalam urutan nonton Marvel ini mengisahkan tentang Natasha Romanoff (Scarlett Johansson).

Yakni di masa pengasingannya setelah kronologi film “Captain America: Civil War”, tetapi tepat sebelum “Avengers: Infinity War”.

“Black Widow” menjadi salah satu serial terbaru MCU yang masuk dalam fase empat bersama “Wanda Vision”, “Loki”, dan “The Falcon and The Winter Soldier”. 

22. Avengers: Infinity War (2018)

Dalam urutan nonton Marvel movies selanjutnya ini dikisahkan Thanos (Josh Brolin) pada akhirnya turun ke bumi demi menemukan keseluruhan Infinity Stones. 

Apalagi ia telah berhasil membawa Power Stone yang berada di Planet Xandar. 

Tak heran jika kemudian, Thanos berhasil memusnahkan setengah umat manusia di dunia yang sebagian dari mereka adalah Avengers yang dikenal dengan The Blip. 

23. Avengers: Endgame (2019)

Film arahan sutradara Russo Brothers ini menjadi urutan film Avengers berikutnya yang tak kalah epik. Memiliki setting waktu tepat setelah bencana The Blip yang dilakukan Thanos (Josh Brolin). 

Saat itu, Avengers yang selamat berupaya keras memutar waktu supaya peristiwa nahas itu tak terjadi dengan bantuan dari Quantum Realm milik Ant Man. 

Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) memiliki peran cukup signifikan dalam urutan film Avengers berjudul “Avengers: Endgame” ini. 

Sebab, Strange memiliki kekuatan sihir yang mampu memutar waktu. Apalagi ia cukup berpengalaman menggunakan Time Stone

Namun sayangnya, selain jadi ajang reuni, film ini juga jadi penanda perpisahan para superheroes dalam urutan nonton film Marvel. 

24. Spiderman: Far from Home (2019)

Sejak “Spiderman: Far from Home” dimulai, urutan nonton film Marvel berkisah setelah peristiwa The Blip di film “Avengers: Endgame”. 

Ada begitu banyak kejadian di dunia termasuk hal-hal buruk yang menimpa para pahlawan super Marvel. 

Bahkan beberapa di antaranya turut dibuat dalam serial menarik seperti “The Falcon and The Winter Soldier”, “Wanda Vision”, dan “Loki”. 

Akan tetapi, “Spiderman: Far from Home” jadi urutan nonton film Marvel pertama yang mendeskripsikan seperti apa situasi setelah para superheroes kembali dihidupkan. Bahkan, film ini juga jadi daftar terakhir dari film MCU pada fase tiga. 

“Spiderman: Far from Home” mengisahkan tentang perseteruan Spiderman dan Mysterio (Jake Gyllenhaal). Diketahui pula, Ia membutuhkan sejumlah bantuan demi melawan Elementals. 

25. Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings (2021)

Selanjutnya beralih ke “Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings” yang digarap oleh sutradara asal Amerika Serikat, Destin Daniel Cretton. 

Film yang dirilis pada tahun 2021 ini bercerita tentang kehidupan masa lalu seorang master Kungfu bernama Fu Manchu (Tony Leung) sebelum tergabung dalam organisasi Ten Rings. 

Saat itu, Shang-Chi (Simu Liu) yang masih belia menganggap ayahnya sebagai sosok hebat dan baik hati.

Pasalnya, sang ayah telah mengajarkan berbagai ilmu bela diri supaya dirinya bisa tumbuh jadi petarung hebat. Namun siapa sangka, ayahnya ternyata ingin Shang-Chi tumbuh menjadi sosok jahat dan ditakuti. 

Tentu saja, Shang-Chi tak bisa menerimanya sehingga memilih untuk kabur. Akan tetapi, Shang-Chi justru terjebak dalam situasi yang mengantarnya kembali ke jati diri yang sebenarnya. 

26. Eternals (2021)

Seakan tiada habisnya, MCU lagi-lagi merilis daftar film Marvel yang dipenuhi sekelompok pahlawan super berasal dari luar angkasa. Kelompok ini disebut sebagai Eternals yang melindungi bumi sejak ribuan abad silam. 

“The Eternals” menceritakan tentang sepuluh orang bangsa Eternal. Mereka adalah Ajak (Salma Hayek), Ikaris (Richard Madden), Thena (Angelina Jolie), Sersi (Gemma Chan), Sprite (Lia McHugh), Kingo (Kumail Nanjiani), Druig (Barry Keoghan), Gilgamesh (Ma Dong-Seok), Phastos (Brian Tyree Henry), dan Makkari (Lauren Ridloff). 

Diketahui, mereka menginjakkan kaki di bumi sejak 7000 tahun sebelum masehi untuk melindungi manusia dari serangan alien jahat bernama Deviant. Film ini hasil arahan dari sutradara Chloe Zhao. 

27. Spiderman: No Way Home (2021)

Jika mengacu pada kronologinya, maka “Spiderman: No Way Home” adalah urutan film Marvel yang selanjutnya. 

Dalam film yang digarap oleh Jon Watts ini, Peter Parker (Tom Holland) tengah mengalami kegelisahan begitu hebat karena fitnah Mysterio. 

Demi memperbaiki situasi pelik tersebut, Parker bergegas menemui Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) untuk meminta bantuan. 

Sebab, hanya Strange yang mampu merapal mantra untuk membuat orang-orang melupakan siapa Spiderman. 

Namun sialnya, Doctor Strange justru salah merapal mantra sehingga berdampak kepada seluruh semesta. 

Berbagai jenis makhluk yang berasal dari semesta lain berbondong-bondong datang ke bumi untuk mengejar Parker. 

28. Doctor Strange in The Multiverse of Madness (2022)

Satu lagi film lanjutan dari semesta Marvel yang juga bagian dari sekuel Doctor Strange di tahun 2016 silam, yaitu “Doctor Strange in The Multiverse of Madness”. 

Film hasil arahan sutradara kawakan, Sam Raimi ini merupakan film ke-28 dari rangkaian MCU. 

“Doctor Strange in The Multiverse of Madness” bercerita tentang America Chavez (Xochitl Gomez) yang tengah dikejar iblis dalam ruang antar semesta ketika mencari kitab bernama Vishanti. 

Defender Strange yang saat itu bersama America akhirnya terbunuh, sementara America berpindah ke semesta lain melalui portal yang tak sengaja diciptakan. 

Portal tersebut membawa America dan jenazah Defender Strange ke semesta Earth-616. Di sanalah, America diselamatkan oleh Doctor Strange dan Sorcerer Supreme, Wong dari monster gurita bermata satu. 

29. Thor: Love and Thunder (2022)

Berikutnya yang tak kalah seru dan menarik adalah “Thor: Love and Thunder” yang merupakan sekuel “Thor: Ragnarok”. 

Film karya sutradara Taika Waititi ini menceritakan tentang Thor (Chris Hemsworth) yang kembali beraksi melawan Gorr ‘The God Butcher’ (Christian Bale) bersama Korg, Valkyrie, dan Jane Foster. 

Film Marvel ke-29 ini dibuat dengan nuansa komedi yang ringan, tetapi cukup mendebarkan di setiap aksinya.

Nah, itu tadi urutan nonton film Marvel Cinematic Universe yang bisa kamu jadikan panduan untuk bisa lebih memahami kisah para superheroes ciptaan Stan Lee ini berdasarkan kronologinya. 

Mana nih, daftar film Marvel yang bakal kamu tonton pertama kali. Yuk, share bagaimana pengalaman kamu nonton urutan film Avengers di kolom komentar, ya!

 

Catatan Editor

Makin puas, nonton semua daftar dalam urutan  film Marvel di layanan streaming online legal, seperti Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix, Prime Video dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play