10+ Rekomendasi Film Tentang Detektif Terbaik Penuh Teka-Teki Menarik!

1005
Rekomendasi film tentang detektif terbaik

Rekomendasi Film Detektif Terbaik – Berbicara soal film tentang detektif, pastinya tak lepas dari film misteri terbaik dengan banyak adegan penuh teka-teki yang menarik. Salah satunya ada Anime legendaris karya Gosho Aoyama yang berjudul Detektif Conan”.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Meski sudah lama tak lagi mengikuti kisahnya, hingga saat ini masih banyak yang belum bisa move on dengan karakter anak muda jenius yang terjebak dalam tubuh anak-anak satu ini.

Tapi ada banyak film tentang detektif lainnya yang punya cerita yang tak kalah menarik buat diikuti, lho.  

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas rekomendasi film detektif terbaik 2022 yang punya kisah misteri terbaik yang sayang jika dilewatkan. Simak ulasan selengkapnya, ya!

Rekomendasi Film Detektif Terbaik dan Terbaru 2022

1. Death on the Nile (2022)

Rekomendasi film detektif terbaik dalam daftar ini ada “Death on the Nile” yang diadaptasi dari novel misteri populer bertajuk sama karya dari Agatha Christie.

Film tentang detektif ini disutradarai oleh Kenneth Branagh yang juga turut membintangi film ini sekaligus menjadi produsernya.

Dibintangi juga oleh Tom Bateman hingga Gal Gadot, “Death on the Nile” memiliki alur cerita percintaan yang tragis, penuh misteri dan berbahaya.

Bercerita tentang Simon Doyle yang awalnya mencintai Jacqueline de Bellefort namun kemudian berpaling dan memilih hidup dengan Ridgeway yang lebih cantik dan kaya.

Doyle dan Ridgeway pun menikah dan melakukan traveling menaiki kapal pesiar yang berlayar di sepanjang Sungai Nil bersama sahabat Ridgeway yang masing-masing menyimpan begitu banyak rahasia.

Kisah cinta Doyle dan Ridgeway seketika berubah ketika terjadi insiden pembunuhan yang membuat semua penumpang kapal pesiar gempar. 

Hercule Poirot, salah seorang detektif yang juga ikut dalam perjalanan tersebut pun mulai melakukan investasi mendalam untuk menemukan dalang sesungguhnya dari kejadian tragis tersebut.

2. Detective Chinatown 3 (2021)

“Detective Chinatown 3”, sekuel ketiga dari film “Detective Chinatown” bisa jadi rekomendasi film misteri terbaik yang tak boleh terlewat selanjutnya.

Garapan sutradara Sicheng Chen yang dibintangi oleh Baoqiang Wang bersama Haoran Liu, dan Satoshi Tsumabuki ini memang bergenre misteri, tetapi ada sisi aksi komedi.

Jadi jangan bayangkan film tentang detektif yang menegangkan di seluruh filmnya.

Film tentang detektif satu ini menceritakan Tang Ren dan Qin Feng, keduanya seorang detektif handal yang mendapatkan undangan untuk pergi ke Tokyo. 

Keduanya diminta untuk melakukan penyelidikan terkait sebuah kasus kriminal yang terjadi disana dan sudah menjadi isu besar.

Ternyata, mereka tak sendirian dalam melakukan penyelidikan atas kasus kejahatan tersebut. Sudah ada banyak detektif handal lainnya yang juga tertarik untuk membongkar kasus kriminal tersebut.

3. Enola Holmes (2020)

Buat kamu yang tak asing dengan karakter Sherlock Holmes, karya dari sutradara Harry Bradbeer yang mengisahkan tentang adik perempuan Sherlock Holmes ini rasanya sayang kalau gak ditonton. 

Dibintangi oleh Millie Bobby Brown bersama Sam Claflin dan Henry Cavill. Film ini bakal mengajakmu berpetualang bersama Enola Holmes, adik detektif kenamaan Sherlock Holmes dalam mencari keberadaan sang ibu. 

Sebelum keberadaannya tak diketahui, ada sang ibu telah meninggalkan beberapa hadiah aneh. Namun, alasan kepergiannya masih menjadi misteri.

Sebagai adik Sherlock Holmes, sudah tentu Enola pun mewarisi kemampuan pemikiran kritis seorang detektif. Ia pun memulai pencarian sang ibu meski dengan petunjuk seadanya.

3. Nancy Drew and the Hidden Staircase (2019)

Buat kamu yang pernah main game berjudul “Nancy Drew”, pastinya bakal tak asing dengan film tentang detektif karya Katt Shea yang rilis di tahun 2019 silam ini.

Benar saja, karena karakter tersebut coba dibangkitkan lagi dalam film misteri terbaik satu ini yang mengisahkan bagaimana mulanya Nancy menjadi seorang detektif.

Di film “Nancy Drew and the Hidden Staircase”, Nancy mendapat mandat untuk melakukan penyelidikan terhadap rumah berhantu. 

Hingga akhirnya, Nancy harus terjebak dalam kasus konspirasi tanah. Dibintangi oleh Sophia Lillis, Mackenzie Graham, Zoe Renee, dan kawan-kawan ini wajib banget buat masuk daftar watchlist kamu!

4. Masquerade Hotel (2019)

Tak mau kalah menyajikan kisah tentang detektif, film misteri terbaik karya Masayuki Suzuki ini rasanya tak boleh terlewat buat ditonton.

“Masquerade Hotel” merupakan salah satu film Jepang terbaik dengan genre kriminal misteri yang dibintangi oleh banyak aktor beken Jepang. Sebut saja, Takuya Kimura, Nozomi de Lencquesaing, hingga Masami Nagasawa.

Suatu ketika, kota Tokyo gempar akibat kasus pembunuhan berantai yang belum diketahui siapa pelakunya.

Kosuke Nitta dan sekumpulan detektif lainnya mencoba menjalankan rencana gila demi menangkap pelaku tersebut.

Setelah dapat menyimpulkan jika Hotel Cortesia yang akan digunakan sebagai lokasi aksi berikutnya, Nitta dan kawan-kawan berencana untuk menyamar sebagai staf hotel.

Selain ikut ketar-ketir dan memikirkan keberhasilan rencana tersebut, dalam film misteri terbaik Jepang ini kamu juga bakal disuguhi konflik lucu bagaimana Nitta harus menghadapi pekerjaan barunya.

5. Murder Mystery (2019)

Lebih suka film tentang detektif yang dibalut aksi komedi? Maka, “Murder Mystery” yang dibintangi oleh Adam Sandler dan Jennifer Aniston ini wajib masuk daftar rekomendasi film detektif terbaik untuk ditonton.

Bukan cuma misteri pembunuhannya saja yang sukses diangkat di film ini, tapi bumbu-bumbu komedinya pun juga pas. Tidak kurang tidak lebih, perfect! 

Film tentang detektif ini mengisahkan tentang suami istri yang tengah berlibur untuk mengembalikan momen bahagia pernikahan mereka. 

Naasnya, keduanya malah harus terseret dalam kasus pembunuhan miliarder kenamaan, Malcolm Quince.

6. Murder on the Orient Express (2017)

Satu lagi karya Agatha Christie yang diadaptasi menjadi film misteri terbaik, “Murder on the Orient Express”.

Rekomendasi film detektif terbaik ini berkisah tentang aksi Hercule Poirot, detektif berkumis tebal yang cukup ikonik dalam melakukan penyelidikan kasus pembunuhan yang terjadi di kereta Orient Express.

Film tentang detektif ini memiliki kisah yang unik dari semua karya Christie yang lain karena plot twistnya yang unik di endingnya. Dimana, kamu akan diajak mengetahui bahwa dunia itu bukan cuma hitam dan putih.

Uniknya, di film ini Kenneth Branagh bukan cuma sebagai tokoh Poirot saja, tapi juga sebagai sutradaranya. Di film “Murder on the Orient Express ini juga dibintangi oleh aktris cantik Penelope Cruz dan Willem Dafoe, lho.

7. Before I Go to Sleep (2014)

Rekomendasi film detektif terbaik satu ini kamu bakalan disuguhi akting memukau dari Nicole Kidman dan Mark Strong.

Diceritakan, Christine Lucas kehilangan ingatannya. Setiap kali mencoba untuk mengingat mengapa dirinya sakit, Christine pasti selalu mengalami rasa sakit kepala yang hebat.

Untung saja, Christine memiliki suami yang selalu merawat dan menemaninya selalu penuh kasih. Untuk mencoba mengembalikan ingatannya, dokter menyarankan untuk membuat sebuah video log. 

Usaha tersebut ternyata berhasil. Seiring pulihnya ingatan Christine, ia pun sedikit demi sedikit mulai mengingat kembali potongan-potongan kejadian penting dalam hidupnya.

Hanya saja, ingatan tersebut justru membuat Christine takut, karena mengungkap kebenaran tentang orang-orang sekitarnya. 

Film misteri terbaik satu ini bakal bikin kamu parno dengan semua hal di sekitarmu, yakin mau ketinggalan nonton?

8. Trance (2011)

Rekomendasi film detektif terbaik karya Danny Boyle ini menggaet James McAvoy, dan Vincent Cassel serta Rosario Dawson sebagai aktor utamanya.

Ketika terjadi perampokan di sebuah rumah lelang, Simon, salah seorang pegawai dihantam tepat di kepala hingga menyebabkannya mengalami amnesia.

Meski mengalami amnesia dan tak bisa mengingat banyak hal, namun Simon justru ingat dimana lokasi lukisan jutaan dolar yang menjadi target utama sindikat perampok tersebut.

Singkatnya cerita, Simon pun diculik sindikat perampok yang mencoba mendapatkan informasi satu-satunya ada di kepalanya. 

Untuk mendapatkan informasi tersebut, seorang hipnoterapis pun disewa agar bisa mendapatkan ingatan tersebut.

“Trance” menjadi salah satu film misteri terbaik yang punya teka teki menarik terjalin dengan alur cerita yang sangat rapi. Jadi bersiaplah mendapatkan plot twist tidak terduga di akhir ceritanya!

9. Shutter Island (2010)

Sutradara Martin Scorsese sukses membuat film misteri terbaik yang dibintangi Leonardo Dicaprio. “Shutter Island” menjadi salah satu film Netflix tentang detektif Netflix yang punya plot twist mengagumkan.

Berkisah tentang Teddy Daniels, seorang detektif yang tengah menjalankan misi terbarunya. Dimana ia harus menemukan seorang pasien rumah sakit jiwa bernama Rachel Solando yang berada di Shutter Island.

Sayangnya, misinya kali ini sempat tak berjalan lancar karena trauma masa lalu yang dialami Daniels terkait istrinya.

Menjadikan film makin seru dan juga menantang dengan alur cerita yang maju mundur. Penasaran bagaimana perjuangan Daniels dalam menemukan pasien gila tersebut?

10. Zodiac (2007)

Film misteri terbaik satu ini terinspirasi dari kisah nyata kasus Zodiac Killer, pembunuhan berantai di era 70-an.

Bahkan hingga saat ini, misteri kasus pembunuhan tersebut masih menjadi misteri tak terpecahkan di Amerika Serikat.

Di film tentang detektif ini, kamu akan diajak bergabung bersama beberapa orang yang melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Dari mulai seorang jurnalis bernama Graysmith, Avery, serta detektif bernama Toschi.

Ending dari film detektif terbaik ini, Fincher mengambil kesimpulan sendiri sesuai riset yang sudah dilakukan. Namun secara resmi, kasus Zodiac Killer hingga saat ini masih menjadi misteri dan belum tertangkap.

11. Memories of Murder (2003)

Sebelum sukses dengan film Korea terbaik “Parasite”, sutradara Bong Joon-ho juga pernah membuat film tentang detektif yang diberi judul “Memories of Murder” tahun 2007 silam. 

Rekomendasi film detektif terbaik ini terinspirasi dari kasus pembunuh berantai yang terjadi pada akhir 80-an.

Cerita dalam film “Memories of Murder” berpusat pada aksi duo detektif yang mencoba mengusut kasus pembunuhan berantai mengerikan di kota, mereka adalah Park dan Seo.

Tahukah kamu, karena kesuksesan dari film tentang detektif ini membuat ketertarikan publik akan kasus aslinya mulai meningkat. Hingga di tahun 2019, pelaku pembunuhan yang asli akhirnya berhasil dibekuk!

Nah, demikian tadi deretan rekomendasi film tentang detektif yang wajib masuk daftar nonton kamu yang suka alur cerita misteri dengan plot twist mendebarkan.

Oh, ya. Sudah pernah nonton salah satu dari rekomendasi film detektif terbaik di atas? Lantas, menurutmu, mana yang paling worth it buat ditonton? Jangan sungkan buat share di kolom komentar, ya.

 

Catatan Editor

Makin puas, nonton film misteri terbaik terbaru 2022 melalui layanan streaming online legal, seperti Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menonton film di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play