10 Rekomendasi Film Survival Terbaik, Bikin Sport Jantung!

371
Film tentang survival terbaik, 127 hours

Film tentang survival atau film bertahan hidup memang selalu seru untuk diikuti. Bahkan bisa dibilang menjadi salah satu genre yang memiliki banyak peminat.

Perjuangan antara hidup dan mati karena hal mengerikan atau sesuatu yang tidak terduga, seperti serangan binatang buas, bencana alam dan lainnya.

Dengan Moove VPN, akses seluruh konten di internet tanpa batasan, cepat dan 100% aman. Donwload sekarang!

Tentu film semacam ini bisa memberikan pengalaman unik tersendiri. 

Ada ratusan hingga ribuan film survival terbaik terbaik, mulai dari kisah fiksi adaptasi dari novel maupun berdasarkan kisah nyata yang layak untuk ditonton.

Berikut ini rangkuman film bertema survival terbaik dengan banyak scene mendebarkan dan tak terlupakan. Yuk, simak hingga selesai!

Rekomendasi Film Survival Terbaik dari Masa ke Masa

1. Touching The Void (2003)

“Touching The Void” merupakan salah satu film survival terbaik sepanjang masa dengan paling menegangkan dan memacu adrenalin. 

Salah satu alasannya karena film tentang survival ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang menceritakan pengalaman pendakian paling mendebarkan.

Pada tahun 1985, pendaki gunung asal Inggris Joe Simpson dan Simon Yates berangkat untuk mendaki gunung Peru Siula Grande.

Dikatakan pendakian ini aksi yang belum pernah dilakukan oleh siapapun sebelumnya. 

Meskipun keduanya pernah berhasil mencapai puncak, badai membuat mereka harus menghadapi pengalaman yang mengerikan dan hampir fatal dalam hidup mereka.

Semua pengalaman tersebut diceritakan dengan detail dalam film bertahan hidup ini dengan mengkombinasikan antara reka ulang dan wawancara langsung dengan Simpson dan Yates.

2. Cast Away (2000)

Selanjutnya ada “Cast Away”, film bertema survival ini memberikan sebuah gambaran ketika seseorang harus terdampar sendirian di suatu pulau terpencil hingga bertahun-tahun lamanya.

Chuck Noland (Tom Hanks) seorang pegawai pengiriman paket FedEx yang jadi salah satu korban dari pesawat jatuh.

Dirinya harus bertahan hidup sendirian karena pesawat yang ditumpanginya meledak di atas lautan.

Setelah sekian lama terombang-ambing di lautan lepas, akhirnya Noland pun terdampar di suatu pulau yang tak berpenghuni dan harus belajar untuk bertahan hidup seorang diri.

Selama hampir empat tahun, Noland bertahan hidup dengan tinggal di sebuah gua. Hingga akhirnya ia pun memutuskan untuk membuat sebuah rakit dan menggunakannya keluar pulau. 

Hingga beberapa lama bertahan hidup seadanya dengan rakitnya yang terombang-ambing di lautan lepas, dirinya pun berhasil diselamatkan sebuah kapal kargo.

3. Into The Wild (2007)

Lanjut film survival terbaik yang diangkat dari kisah nyata adalah “Into the Wild” yang rilis di tahun 2007 karya sutradara Sean Penn.

Film tentang survival ini skenarionya ditulis berdasarkan novel berjudul serupa karya Jon Krakauer yang terinspirasi dari kisah hidup Christopher McCandless.

“Into The Wild” adalah film bertahan hidup yang akan mengajakmu menikmati aksi petualangan dan mengetahui bagaimana hidup di alam liar yang sesungguhnya.

Diceritakan Christopher McCandless yang baru saja lulus kuliah berencana meninggalkan kehidupannya “normalnya” dan mencoba untuk memulai hidup yang baru di alam.

Dirinya benar-benar ingin mengasingkan diri dan tak ingin dihubungi siapapun termasuk keluarga. McCandless juga merusak segala dokumen penting yang bisa mengidentifikasi identitasnya, hingga mendonasikan seluruh hartanya. 

Hidupnya mulai berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain dan mengerjakan apapun demi bertahan hidup.

Meskipun dirinya membenci peradaban dunia dan lebih memilih untuk meninggalkannya, namun ia sadar bahwa alam liar bukanlah tempat yang mudah untuk ditinggali.

4. Open Water (2003)

Ketika menonton film tentang survival yang satu ini, mungkin kamu akan mengatur ulang jadwal rencana scuba diving yang sudah dibuat.

Diangkat dari kisah nyata yang terjadi di tahun 1998, film survival terbaik ini juga dibumbui dengan unsur thriller dan horor.

Menceritakan kisah Susan Watkins dan Daniel Kintner, pasangan yang sedang melakukan ekspedisi scuba diving bersama kelompoknya.

Kegiatan scuba diving yang tadinya menyenangkan harus berubah ketakutan, karena keduanya tak sengaja tertinggal dan akhirnya terdampar di tengah lautan lepas.

Ketakutan karena berada di tengah laut hanya berdua saja harus berubah cepat menjadi kepanikan, saat keduanya menyadari jika mereka berada di suatu perairan penuh dengan hiu.

5. 127 Hours (2010)

Film survival terbaik karya sutradara Danny Boyle wajib masuk watchlist kamu.

 “127 Hours” mengajarkan tentang pengalaman menarik bagaimana harus tetap bertahan hidup meski terjatuh di celah tebing hingga tertimpa batu besar ratusan kilogram.

Terinspirasi dari kisah nyata pendaki bernama Aron yang mendaki seorang diri ke Blue John Canyon, Timur Wayne County, Utah.

Ketika mendaki, Aron tak sengaja terperosok masuk ke dalam celah tebing dan juga tertimpa batu besar yang membuatnya terjepit selama kurang lebih 127 jam.

Film ini menyuguhkan situasi yang tampak menyakitkan, namun tidak membuat seseorang merasa putus asa. 

Sosok Aron diperankan dengan apik oleh James Franco dan sukses masuk sebagai nominasi Oscar pada masa itu.

6. Life of Pi (2012)

Film bertahan hidup yang selanjutnya ini mengisahkan tentang bocah laki-laki bernama Pi yang harus bertahan hidup bersama hewan-hewan liar setelah kapal yang dinaikinya karam.

Hewan-hewan seperti zebra, hyena, orangutan, hingga harimau Royal Bengal yang menemani Pi di tengah laut.

Beberapa lama di tengah laut tanpa pertolongan, hewan-hewan liar tersebut mati satu per satu. Tinggal harimau bengal dan Pi saja yang masih hidup.

Setelah menunggu hingga 227 hari lamanya, akhirnya mereka pun berhasil diselamatkan.

Film tentang survival ini menyoroti bagaimana pentingnya adaptasi ketika berada di situasi yang kacau dan mengerikan.

Film bertahan hidup ini juga sekaligus menunjukkan jika manusia dan hewan bisa hidup berdampingan.

7. The Shallows (2016)

Film tentang survival selanjutnya ini merupakan garapan sutradara Jaume Collet-Serra yang dibintangi oleh Blake Lively.  

Lively berperan sebagai seorang surfer alias peselancar bernama Nancy Adams yang terjebak di atas batu karang tengah laut sejauh 200 m dari arah pantai.

Setelah sang ibu meninggal, Nancy memutuskan pergi ke sebuah pantai favorit tempat sang ibu kerap menghabiskan waktunya.

Tempat tersebut sangat terpencil, hampir tidak ada orang disana dan hanya ada dua penduduk asli yang sempat Nancy temui.

Hanya saja ketika penduduk lokal tersebut telah pulang, Mancy justru terjebak di atas karang tengah laut.

Kini, ia harus bisa bertahan hidup sendirian di atas batu karang. Sekaligus mencari cara untuk meloloskan diri dari serangan hiu putih agar bisa kembali ke daratan.

8. Ready or Not (2019)

Di film bertahan hidup yang selanjutnya ini menyelipkan tema permainan petak umpet dengan taruhan nyawa. 

Mengisahkan tentang keluarga kaya Lee Domas yang mendapatkan kekayaannya dari aksi memuja setan.

Inilah salah satu alasan yang membuat keluarga mereka selalu melakukan ritual yang dilakukan turun-temurun. 

Yakni dengan memainkan permainan tertentu untuk menyambut kedatangan anggota baru dalam keluarga mereka.

Samara Weaving berperan sebagai Grace, istri Alex Le Domas dan menantu baru bagi keluarga Le Domas. 

Hidup Grace tiba-tiba berubah saat dirinya terlibat permainan menegangkan antara hidup dan mati dalam ritual penyambutan anggota keluarga baru di keluarga suaminya.  

9. The Hunt (2020)

Film bertahan hidup karya Craig Zobel ini bercerita tentang 12 orang asing tidak saling kenal yang terbangun di suatu tempat asing yang tak mereka kenal sebelumnya. 

Hampir semua dari mereka tidak tahu mengapa bisa sampai ada di sana. Ternyata alasan mereka ada di tempat tersebut bertujuan untuk perburuan. 

Dalangnya adalah sekelompok elit global yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Athena. 

Sayangnya rencana induk elit untuk menjadikan mereka bahan buruan meleset, sebab salah satu dari mereka yang bernama Crystal tahu lebih baik tentang permainan tersebut.

10. No Exit (2022)

Film survival terbaik yang satu ini merupakan adaptasi dari sebuah novel laris karya Taylor Adams. 

Disutradarai oleh Damien Power, “No Exit” mengisahkan tentang perjuangan Darby, seorang gadis yang ingin bertemu ibunya namun harus terjebak dalam badai salju. 

Ibu Darby sedang sakit, tapi keadaan darurat karena badai salju membuat banyak orang harus mengamankan diri ke tempat yang lebih aman.

Dalam perjalanannya, Darby sempat berlindung ke suatu rumah bersama dengan banyak orang asing. Karena kondisi darurat tersebut jugalah yang membuat berbagai jenis komunikasi terputus. 

Ketika Darby mencoba ingin menemukan sinyal, dirinya mendapati kejadian tak terduga saat ada teriakan dari seorang anak kecil di dalam mobil. 

Darby pun berusaha menyelamatkan anak kecil tersebut dengan berbagai macam usaha yang justru juga mengancam hidupnya.

 

Catatan Penulis

 

Nikmati keseruan nonton film survival terbaik di situs streaming resmi seperti Netflix, iFlix, Disney Hotstar dan sebagainya

Tapi jika memang lebih memilih situs streaming gratis, jangan lupa untuk selalu melindungi data dan juga aktivitas internet dengan VPN. 

Gunakan Moove VPN untuk melindungi semua aktivitas kamu di internet. Salah satu rekomendasi VPN terbaik dan gratis 100%. 

 

Google Play

 

Nah, itu tadi deretan film tentang survival terbaik yang tak hanya seru tapi juga mendebarkan.

Kalau kamu punya rekomendasi film bertahan hidup atau survival lainnya yang menurut kamu lebih seru, yuk share di kolom komentar!