10+ Film Tentang Mafia Terbaik Hingga Terbaru, Penuh Aksi Kriminal Seru!

Film Mafia Terbaik – Suka nonton film tentang mafia yang dipenuhi adegan baku tembak dan pertarungan sengit yang memacu adrenalin?

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Tentunya, bikin film gangster terbaik jadi genre yang sayang untuk dilewatkan.

Daya tarik dalam film tentang mafia atau gangster bukan cuma di adegan aksinya saja. 

Tetapi juga pada intrik dan drama yang terjadi di antara para gangster dan persaingan untuk menjadi penguasa, menjadikan film tambah seru.

Daftar Film Tentang Mafia Terbaik dan Terbaru

Mafia atau gangster adalah julukan untuk kelompok atau organisasi yang biasanya bergelut di bisnis ilegal, seperti narkoba, seks, pencucian uang, perampokan dan sebagainya.

Di dunia, ada banyak jenis mafia yang dikenal memiliki julukan lainnya. Seperti Yakuza di Jepang, Triad di Tiongkok, hingga Sicilian di Italia. 

Kehadiran gangster atau mafia selalu dikaitkan dengan bisnis ilegal dan politik kotor. Aksi-aksi kriminal dengan senjata api selalu jadi bagian tak terpisahkan.

Hal inilah yang kemudian menginspirasi para produser untuk membuat film tentang mafia atau gangster.

Berikut ini rekomendasi film tentang mafia atau gangster terbaik penuh aksi kriminal seru yang mendebarkan. 

11. Yakuza and the Family (2021)

Kalau bicara soal film Jepang, pasti tak jauh dari mafia Yakuza. Seperti film tentang mafia yang baru saja tayang di tahun 2021 lalu di platform streaming Netflix.

Salah satu film gangster terbaik dan terbaru ini merupakan karya dari sutradara Michihito Fujii yang diperankan oleh Kenji Yamamoto, Hiroshi Tachi, dan lainnya.

Diceritakan, ayah dari Kenji Yamamoto meninggal dunia akibat penyalahgunaan narkoba. 

Hal tersebut membuat kehidupan Kenji hancur, dan membuatnya bergabung dengan geng kriminal.

Di organisasi tersebut, Kenji bertemu pun dekat dengan ketua geng bernama Hiroshi Shibasaki yang menjadikan hubungan mereka layaknya seorang ayah dengan anaknya.

Kehidupan Kenji mulai berubah ketika gadis cantik bernama Ono Machiko memasuki hidupnya dan perlahan membawanya ke dunia yang berbeda dengan yang dijalani selama ini, tanpa kejahatan. 

Hal ini membuat Kenji menjadi dilema antara harus memilih cintanya atau kesetiaannya pada sang bos yang selama ini telah memberikannya kepercayaan.

10. The Gentlemen (2020)

Pengen nonton film tentang mafia di mana para mafianya bertingkah layaknya seorang gentlemen atau pria terhormat? 

Maka film gangster terbaik karya Guy Ritchie ini pastinya bakal kamu sukai.

Karakter di dalam salah satu film mafia terbaik di tahun 2020 ini diperankan oleh Matthew McConaughey, Henry Golding, Charlie Hunnam, dan lainnya.

Mengisahkan tentang aksi perebutan kekuasaan atas kerajaan bisnis ganja alias marijuana antar keluarga gangster yang berkuasa di Inggris.

Aksi baku tembak dan baku hantam pun terjadi, serta diwarnai juga dengan kisah pengkhianatan yang mengejutkan.

Termasuk plot twist dari film yang sangat seru jadi salah satu kekuatan dari film “The Gentlemen”.

Perselisihan antar gangster dan mafia tampak lebih berkelas, meski tetap muncul pertarungan berdarah, namun cara mainnya lebih bersih yang menandakannya sebagai gangster kelas Wahid.   

9. The Irishman – 2019

Rekomendasi film tentang mafia terbaru yang satu ini terbilang cukup fenomenal. Alasannya, karena film garapan Martin Scorsese ini dibintangi deretan aktor Hollywood terbaik.

Apalagi, nama Martin Scorsese sendiri juga sudah tenar sebagai spesialis yang pencetak film gangster terbaik.

Jangan heran jika film garapannya hampir selalu ditaburi banyak bintang, seperti di film “The Irishman” ini misalnya yang dibintangi Robert De Niro, Al Pacino, serta Joe Pesci.

Dengan deretan aktor terbaik, plot lambat tapi tetap seru dengan sinematografi yang jenius.

Ini membuat film yang hanya rilis di platform streaming Netflix tersebut sangat layak masuk nominasi Oscar.

Film “The Irishman” sendiri diadaptasi dari sebuah novel bertajuk “I Heard You Paint Houses” karya dari Charles Brandt. 

Berlatar di tahun 1979 an, “The Irishman” bercerita tentang kisah hidup Frank Sheeran (Robert De Niro), pembunuh bayaran dari New York.

Sheeran diketahui menjalin kerjasama dengan sejumlah tokoh penting pada masa itu. Diceritakan juga, bagaimana kejahatan yang terjadi di Amerika menjadi lebih terorganisir.

Mulai dari lingkungan kerja, hingga persaingan ke ranah politik kotor yang dapat membahayakan.

8. Serigala Terakhir (2009)

Bukan cuma Hollywood saja yang punya film tentang mafia atau gangster, Indonesia juga punya banyak rekomendasi film gangster terbaik yang tidak kalah seru.

Salah satu diantaranya yakni “Serigala Terakhir” garapan sutradara Upi Avianto yang dibintangi oleh Vino G. Bastian, Dallas Pratama, Al Fathir Muchtar, Dion Wiyoko, dan banyak lagi.

Ada banyak adegan baku hantam di film ini yang digarap dengan sangat epik hingga bikin deg-degan saat menontonnya.

“Serigala Terakhir” juga jadi rekomendasi film Indonesia terbaik yang wajib banget buat ditonton, terlebih ketika sedang suntuk, gabut tanpa kegiatan.

7. Kungfu Hustle (2004)

Siapa sih yang gak suka film action gangster yang dibalut dengan komedi? Nah, “Kungfu Hustle” bisa jadi salah satu film yang wajib ada dalam watchlist kamu. 

Film tentang mafia yang diproduseri, disutradarai, sekaligus dibintangi Stephen Chow ini bakal memberikan pengalaman berbeda nonton film gangster.

Meski tema utama dari film ini adalah kungfu, namun “Kungfu Hustle” juga menggabungkannya dengan cerita tentang segerombolan gangster dan ditambah unsur komedi.

Jadi, kamu gak bakal tegang saat nonton justru malah ngakak guling-guling karena tingkah konyol pemainnya.

Dikisahkan, Sing (Stephen Chow) ingin sekali bergabung menjadi anggota gangster terkenal di kota Shanghai yang dikenal dengan sebutan geng Kapak. 

Apapun persyaratan yang diminta berusaha Sing penuhi, termasuk membebaskan pembunuh gila yang dikurung di rumah sakit jiwa.

Hal ini kemudian menimbulkan malapetaka baru yang membuat Sing harus bisa menyelesaikan semua masalah yang terjadi.

Meski awalnya hampir mati terbunuh oleh penjahat gila tersebut, namun dibantu suami istri jago kungfu, Sing kemudian bangkit melawan.  

6. American Gangster (2007)

Film garapan sutradara kenamaan, Ridley Scott ini rilis tahun 2007 dan dibintangi oleh Denzel Washington, Chiwetel Ejiofor dan Russell Crowe.

Film mafia terbaik yang satu ini diadaptasi dari sebuah novel bertajuk “The Return of Superfly” karya dari Mark Jacobson.

Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang gangster Amerika berkulit hitam bernama Frank Lucas (Denzel Washington). 

Karir gangster Frank bermulai ketika sang bos terbunuh dan membuatnya harus mengambil alih kendali bisnis ilegal yang sebelumnya dipegang oleh sang bos tersebut.

Bisnis kartel narkoba yang dipegang Frank pun mengalami perkembangan dahsyat dan seiring waktu banyak rintangan yang harus dihadapi, baik dari kepolisian maupun sesama gangster.

Hingga akhirnya, Frank harus menyerah dan dijebloskan ke penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan hukuman 70 tahun penjara.

Film ini jadi salah satu rekomendasi film action terbaik yang sayang jika dilewatkan.

5. Snatch (2000)

Suka nonton film Jason Statham dan film tentang mafia? Jika iya, maka film mafia terbaik yang satu ini mungkin cocok buat menemani kamu selagi senggang. 

Rilis di tahun 2000, Snatch merupakan garapan Guy Ritchie dan nama beken para pemainnya yang jadi salah satu daya tarik film ini.

Selain Jason Statham, ada Brad Pitt, Stephen Graham dan masih banyak lagi yang lainnya.

Snatch berlatar di London dan menceritakan tentang dunia kriminal yang tengah memanas karena kasus pencurian berlian mahal yang melibatkan anggota gangster 

4. City of God (2002)

Rekomendasi film gangster terbaik selanjutnya ada City of God yang memiliki keunikan tersendiri dan lain dari film tentang mafia atau gangster lainnya.

Salah satunya film ini dinarasikan oleh seorang narator dan menggunakan sejumlah fotografi untuk menghubungkan cerita.

Hal inilah yang membuat “City of God” unik dan memiliki perspektif tersendiri sebagai sebuah film gangster terbaik. 

Film garapan kolaborasi sutradara Fernando Meirelles dan Kátia Lund ini sangat layak masuk dalam jajaran film gangster terbaik sepanjang masa. 

“City of God” merupakan film berdasarkan kisah nyata tentang para anak muda yang tinggal di kawasan kumuh di Rio de Janeiro, Brazil dan menjadi penguasa kawasan tersebut.

Mereka menjadi gangster karena keadaan yang memaksa, agar tetap bertahan hidup.

Suatu ketika seorang fotografer datang dan mengabadikan momen kehidupan para gangster tersebut dalam bidikan kameranya membuat mereka terkenal di seantero dunia.

3. Scarface (1983) 

Punya hobi nonton film tentang mafia? Pastinya kamu gak bakal asing dengan film mafia terbaik yang satu ini. 

Scarface termasuk dalam jajaran film gangster terbaik dan sangat ikonik pada masa penayangannya. 

Film yang satu ini berlatar di kawasan Miami sekitar tahun 1980-an ini merupakan karya sutradara Brian De Palma yang dibintangi Al Pacino, Michelle Pfeiffer hingga Steven Bauer.

Mengisahkan tentang kehidupan seorang buron sekaligus pengungsi politik dari Kuba bernama Tony Montana. 

Di Florida, Tony membangun jaringan penjualan narkobanya sendiri hingga menjadi besar dan kuat.

Semenjak kesuksesan yang dialami Tony, konflik mulai berdatangan dan semakin menjadi-jadi. 

Film dengan dengan tagline populernya “Say hello to my little friend” ini bahkan juga diadaptasi ke dalam game, lho.

2. Goodfellas (1990)

Rekomendasi film tentang mafia selanjutnya yakni “Goodfellas” yang disutradarai Martin Scorsese. 

Salah satu film mafia terbaik ini rilis di tahun 1990 yang mengisahkan tentang dunia gangster yang tak jauh dari aksi kriminal dan jual beli narkotika.

Film yang dibintangi Robert De Niro, Ray Liotta, dan Joe Pesci ini menceritakan tentang beberapa pria dan anak SMA yang mulai masuk ke dunia kriminal dan jadi bagian dari gangster.

Mereka ternyata mampu menjalani kehidupan gangster yang keras dan penuh dengan aksi jual beli narkotika hingga pembunuhan tanpa ampun.

Film mafia terbaik yang satu ini bahkan sempat mendapatkan nominasi di ajang Academy Awards sebagai Best Film, Best Editing, Best Director, dan banyak lagi.

1. The Godfather (1972) 

Film tentang mafia yang pertama dalam daftar ini ada “The Godfather” dan disebut-sebut sebagai salah satu film mafia terbaik sepanjang masa. 

Rilis di tahun 1972, film ini merupakan garapan sutradara Francis Ford Coppola yang diadaptasi dari sebuah novel bertajuk serupa karya Mario Puzo. 

Film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga mafia besar yang cukup berpengaruh di New York. 

Keluarga mafia tersebut dikepalai oleh seseorang berdarah Italia bernama Don Corleone alias Vito Corleone yang dikenal dengan sebutan The Godfather.

Sayangnya karena persaingan antara keluarga mafia lainnya terkait daerah kekuasaan dan bisnis ilegal yang dijalan membuat Don terbunuh.

Anak ketiga Don, Michael Corleone kemudian menggantikan peran sang ayah sebagai ketua mafia dari keluarga Corleone dan bertekad untuk membalas kematian sang ayah.

Film mafia terbaik ini masih ada kelanjutannya, yakni di dua sekuel berikutnya. Yakni “The Godfather 2” dan “The Godfather 3” yang rilis masing-masing di tahun 1974 dan 1990. 

Nah, itu tadi rekomendasi film tentang mafia atau film gangster terbaik hingga yang terbaru yang wajib banget buat masuk ke daftar watchlist. 

Ngomong-ngomong, dari semua daftar film mafia terbaik diatas, film mana nih yang pernah kamu tonton?

Tapi sebelum mulai nonton, pastikan kamu sudah berusia minimal 18 tahun. Pasalnya, di semua film diatas mengandung banyak sekali adegan baku hantam dan kekerasan. Yuk, siapkan popcorn dan selamat menonton!

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ikuti Kami!

1,390FansSuka
728PengikutMengikuti
210PelangganBerlangganan

Disponsori Oleh