50 Fakta Menarik Perang Dunia II – Di balik segala kehancuran yang terjadi, kebijakan politik di baliknya, peraduan kekuatan militer, fanatisme ideologi hingga perebutan pengaruh di negara-negara domain, Perang Dunia II ternyata menyimpan banyak sekali fakta menarik yang akan selalu dikenang sepanjang sejarah.

Dalam sejarahnya, Perang Dunia II tercatat sebagai salah satu perang yang berpengaruh dalam perubahan geopolitik dalam hubungan internasional. Sejarah terjadinya Perang Dunia II mungkin sudah diketahui secara luas, namun fakta menarik Perang Dunia II mungkin jauh akan menarik perhatian Anda untuk mengetahuinya.

50 Fakta menarik Perang Dunia II

1. Perang Dunia II merupakan perang yang tercatat sebagai perang dengan skala kehancuran terbesar sepanjang sejarah. Perang ini memakan biaya yang jauh lebih besar, kehancuran bangunan yang lebih banyak, korban tewas, dan menyebabkan perubahan besar pada berbagai bidang dibandingkan perang lainnya dalam sejarah.

perang dunia ii 2

2. Korban tewas yang paling banyak merupakan warga negara Uni Soviet (Rusia), dengan korban lebih dari 21 juta jiwa.

3. Sekitar 1,5 juta anak-anak tewas dalam peristiwa Holocaust, 1,2 juta jiwa di antaranya merupakan keturunan Yahudi dan sisanya orang Gypsi.

4. Sekitar 80% pria Soviet kelahiran tahun 1923 tewas selama Perang Dunia II.

perang dunia II 2 3

5. Antara tahun 1939 sampai 1945, pasukan Sekutu telah menjatuhkan bom seberat total 3,4 juta ton, yang rata-ratanya mencapai 27.700 ton setiap bulannya.

6. Selama Perang Dunia II, Jerman hanya mendeklarasikan perang secara resmi terhadap Amerika Serikat, selebihnya Jerman menginvasi dan menyerang negara lain tanpa ada deklarasi perang secara resmi.

7. Pasukan Soviet dan Red Army bertanggungjawab atas pemerkosaan massal terhadap 2 juta wanita Jerman berumur antara 13 hingga 70 tahun, termasuk pula tindakan genosida.

8. Pertempuran Stalingrad (Battle at Stalingrad) antara Jerman-Uni Soviet tahun 1942-1943 merupakan pertempuran paling mengerikan sepanjang sejarah dengan korban jiwa sebanyak 800 ribu hingga 1,6 juta jiwa. Selain itu Pertempuran Stalingrad juga dianggap sebagai turning point Perang Dunia II di Eropa.

9. Pertempuran Atlantik (The Battle of the Atlantic) merupakan pertempuran terlama di Perang Dunia II, berlangsung dari tahun 1939 hingga 1945.

perang dunia II 2 7

10. Anggota militer Amerika Serikat termuda pada Perang Dunia II bernama Calvin Graham, berumur 12 tahun ketika pertama kali bergabung. Ia berbohong mengenai usianya ketika mendaftar di Angkatan Laut AS, dan baru ketahuan ketika ia terluka dan dirawat oleh tim medis.

11. Jika Jepang tidak menyerah ketika 2 bom atom dijatuhkan masing-masing di kota Hiroshima dan Nagasaki, bom atom ketiga rencananya akan dijatuhkan di kota Tokyo.

BACA JUGA:  Policy Brief Indonesia

12. Dari 40.000 pasukan yang mengoperasikan U-boats selama perang tersebut, hanya 10.000 yang kembali dengan selamat.

13. Mereka yang selamat dari peristiwa dijatuhkannya 2 bom atom di Jepang disebut dengan niju hibakusha, yang secara harafiah berarti “orang-orang yang terkena dampak ledakan”.

14. Sekitar 600 ribu orang Yahudi menjadi anggota militer Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Lebih dari 35.000 orang terbunuh, terluka, tertangkap, atau hilang. Sekitar 8.000 orang tewas di medan perang. Namun, hanya 2 orang Yahudi saja yang menerima penghargaan The Medal of Honor.

15. Lebih banyak warga negara Uni Soviet baik itu militer maupun warga sipil yang tewas pada peristiwa the Siege of Leningrad  dibandingkan dengan gabungan warga negara Amerika dan Inggris di seluruh peristiwa PD II.

16. Lebih dari 12 juta orang dibunuh oleh Nazi Jerman, dan hampir 6 juta di antaranya merupakan orang Yahudi yang dibunuh pada peristiwa Holocaust (seluruhnya dibakar).

17. Taktik Kamikaze, yang dikenal dengan sebutan The Japanese Kamikaze, pertama kali disarankan pada tahun 1944 dalam upaya untuk menyeimbangkan keunggulan teknologi dalam menginvasi AS. Sekitar 2.800 pilot Kamikaze gugur dan berhasil menenggelamkan 34 kapal AS, merusak 368 kapal, menewaskan 4.900 pelayar, dan melukai 4.800 orang.

perang dunia II 2 5

18. Meskipun ketika itu resikonya sangat besar, banyak orang diketahui membantu menyelamatkan orang-orang Yahudi. Di Denmark, terdapat 3 warga sipil yang diketahui berhasil menyelamatkan ribuan jiwa orang Yahudi selama PD II.

19. Dalam periode 1940-1945, dana militer AS naik tajam dari $1,9 miliar menjadi $59.8 miliar.

20. Di tahun 1941, seorang prajurit mendapatkan bayaran $21 setiap bulan dan di tahun 1942 naik menjadi $50 per bulan.

21. Ketika serangan terjadi di Pearl Harbor, ada sekitar 96 kapal yang sedang merapat. Di antaranya, 18 kapal tenggelam atau rusak termasuk 8 kapal induk perang. Sekitar 2.402 orang Amerika terbunuh  dan 1.280 lainnya terluka. Sekitar 350 pesawat tempur hancur atau rusak.

22. Kapal U-boats Jerman berhasil menenggelamkan sekitar 2.000 kapal milik Sekutu. Sebagai gantinya 781 U-boats Jerman hancur.

23. Lebih dari 650 ribu jeep dibuat selama PD II berlangsung. Pabrik-pabrik AS juga memproduksi 300 ribu pesawat tempur, 89 ribu tank, 3 juta senapan mesin, dan 7 juta senapan lainnya.

perang dunia II 2 6

24. Jerman pertama kali menggunakan jet tempur selama PD II. Namun pengembangan jet tempur tersebut terlambat untuk mengubah jalannya perang.

25. Selama PD II, nama makanan ‘Hamburger’ di AS diganti menjadi ‘Liberty Steaks’ untuk menghindari nama-nama yang terdengar atau khas seperti nama-nama yang biasa ada di Jerman.

BACA JUGA:  Mediasi Konflik Aceh & Gerakan Aceh Merdeka (GAM)

26. William Hitler, keponakan Adolf Hitler, merupakan anggota Angkatan Laut AS selama PD II. Setelah perang berakhir ia mengganti namanya.

27. Nazi membunuh jutaan orang Polandia. Namun di satu sisi mereka berpikir bahwa bayi-bayi Polandia terlihat mirip dengan orang Jerman. Mereka kemudian menculik sekitar 50 ribu bayi Polandia untuk diadopsi oleh orangtua Jerman dengan tujuan tak lain ialah untuk ‘Dijermanisasi’.

28. Adolf Hitler membingkai dan memajang foto Henry Ford, penemu Ford Motor Company, di atas meja kerjanya. Hal serupa juga dilakukan oleh Henry Ford sendiri terhadap Adolf Hitler. Padahal keduanya merupakan warga negara yang sedang berperang kala itu, yakni Jerman-AS.

29. Pertempuran tank terbesar selama PD II terjadi antara Jerman dan Rusia di Kursk selama tanggal 4 hingga 22 Juli, 1943. Lebih dari 3.600 tank terlibat dalam pertempuran itu.

perang dunia II 2 8

30. Jaringan mata-mata Jepang terbesar bukanlah di AS, melainkan di Meksiko, d mana mereka memata-matai Armada Atlantik AS.

31. Secara keseluruhan Jerman memiliki sekitar 3.300-an jenderal selama PD II, sementara AS hanya memiliki sekitar 1500-an jenderal.

32. Bulan Juli 1941, Soviet memperkenalkan senjata yang diberi nama ‘the Katyusha’. Senjata ini mampu menembakkan lebih dari 300 roket dalam 25 detik. Lima puluh tahun setelahnya, senjata tersebut masih efektif.

33. Setelah serangan di Pearl Harbor, Presiden AS kala itu F.D. Roosevelt hendak membeli mobil anti-peluru. Namun karena kebijakan pemerintah melarang pembelian mobil yang lebih dari $750, satu-satunya mobil yang bisa didapat hanyalah mobil Al Capone. Kala itu mobil Al Capone yang hendak dijadikan mobil kepresidenan berjenis limousine. Mobil tersebut disita oleh Treasury Department setelah Al Capone ditahan karena penghindaran pajak. F. D. Roosevelt berkata kepada Al Capone, “Saya harap Tuan Capone tidak keberatan.”

34. Sebelum berjaya pada PD II, Nazi hanya memiliki suara sebanyak 3% pada pemilu Jerman di tahun 1928. Pada tahun 1938, majalah AS Time Magazine menobatkan Adolf Hitler sebagai Man of the Year.

perang dunia II 2 4

35. Yang mendesain bendera Nazi adalah Adolf Hitler sendiri. Warna merah melambangkan ide sosial dari Nazisme, putih untuk nasionalisme, dan lambang swastika hitam melambangkan perjuangan prajurit Arya.

36. kemajuan di bidang medis terpenting yang menyelamatkan banyak sekali nyawa selama Perang Dunia II merupakan transfusi darah.

37. Terdapat 3 aktor Hollywood yang ikut melayani militer AS selama PD II dan mendapatkan penghargaan, di antaranya: Henry Fonda (Bronze Star in the Pacific), Walter Matthau (6 Battle Stars), David Niven (US Legion of Merit).

BACA JUGA:  Diplomasi: Struktur Badan Kementerian Luar Negeri RI

38. Hiroo Onoda, seorang prajurit Jepang, muncul dari hutan di Lubang, Kepulauan Pasifik pada tahun 1974. Tidak tahu bahwa Jepang telah kalah dalam perang dan menyerah, ia tetap bersembunyi di hutan tersebut selama 29 tahun.

39. Hanya dua negara yang menggunakan senjata kimia selama PD II, yakni Jepang di Cina dan Italia di Etiopia.

40. Sebelum Nazi memutuskan untuk menggenosida orang Yahudi, mereka awalnya berencana untuk mengasingkan orang Yahudi di Madagaskar.

41. Nazi membajak lagu Harvard “Fight Song” dan menjadikannya lagu Mars “Sieg Heil”.

42. Serangan udara menyebabkan 1/3 jenderal Jerman tewas.

43. Angkatan Darat AS memiliki lebih banyak kapal perang dibandingkan dengan Angkatan Udaranya.

44. Jerman kehilangan 110 Panglima Divisi di medan perang.

45. Banyak orang Yahudi yang dijadikan sebagai objek eksperimen medis yang mengerikan. Misalnya, dokter akan meledakkan testis pria dan ovarium wanita dengan sinarX untuk melihat dampak dari dosis yang berbeda pada kemandulan. Dokter Nazi akan mematahkan tulang berulang kali untuk melihat berapa kali hal tersebut bisa dilakukan sebelum tulang tidak bisa disembuhkan. Mereka memukul kepala para objek dengan palu untuk melihat apakah tengkorak mereka bisa menahan pukulan tersebut. Percobaan tersebut dilakukan untuk menentukan efek dari tekanan atmosfer pada tubuh. Eksperimen tersebut tentu saja dianggap sebagai eksperimen tidak etis.

46. Terdapat sebanyak 433 Medali Penghargaan yang dianugerahkan selama PD II, 219 di antaranya dianugerahkan setelah kematian sang penerima.

47. Sebanyak 84 jenderal Jerman dieksekusi oleh Adolf Hitler.

48. Perang Dunia II berhasil merenggut 50 juta hingga 70 juta nyawa. 80% di antara korban tersebut berasal dari 4 negara yakni: Soviet, Cina, Jepang, dan Polandia. Lebih dari setengahnya merupakan warga sipil, mayoritasnya merupakan wanita dan anak-anak.

49. Kebanyakan sejarawan setuju bahwa Perang Dunia II dimulai pada tanggal 1 September 1939 ketika Jerman menginvasi Polandia. Banyak juga yang mengatakan terjadi ketika Jepang menginvasi Manchuria pada 18 September 1931.

50. Perang Dunia berakhir pada tanggal 2 September 1945 ditandai dengan penyerahan Jepang di atas kapal USS Missouri, Tokyo Bay.

Dari daftar 50 fakta menarik Perang Dunia II di atas, fakta mana yang paling menarik bagi Anda? Jangan lupa membaca sejarah terjadinya Perang Dunia II.

Referensi:
List25
World War 2 Info
Armed Forces Museum
Random History

TINGGALKAN KOMENTAR