7 Cara Cek Kecepatan Internet dengan Mudah di PC, Laptop dan Smartphone

135
Cara cek kecepatan internet

Cara Cek Kecepatan Internet Melalui PC dan Smartphone

Saat tengah asik berselancar di dunia maya, kamu pasti pernah mengalami jaringan internet yang tidak stabil. Daripada terus menerus kesal, tidak ada salahnya untuk mempelajari beberapa cara cek kecepatan internet.

Untuk melakukan tes kecepatan internet atau tes kecepatan wifi yang kamu gunakan, ada banyak website yang menyediakan uji kecepatan internet secara gratis.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Untuk kamu yang terbiasa menggunakan internet di smartphone dalam aktivitas sehari-hari, ada juga beberapa aplikasi uji kecepatan internet yang bisa dipakai. Aplikasi ini bisa di akses saat jaringan internet timbul tenggelam di kecepatan yang kurang stabil.

Mau tahu caranya? 

Simak cara cek kecepatan internet melalui PC dan Smartphone yang sudah dirangkum dalam ulasan di bawah ini!

Tes Kecepatan Internet Melalui Website di PC dan Laptop 

Ini dia beberapa website yang bisa kamu kunjungi untuk cek kecepatan internet melalui PC dan laptop.

1. Cek Kecepatan Internet Via Google Fiber Speed Test

Tes kecepatan jaringan internet dengan Google fiber

Google Fiber Speed Test merupakan website yang sudah dikenal luas sebagai situs tes kecepatan internet yang bisa diakses dengan mudah dan gratis.

Cara cek kecepatan internet melalui Google Fiber, terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka laman Fiber Speed Test kemudian memulai aktivitas tes kecepatan wifi dengan mengklik tombol warna biru. 

Setelah itu, kamu hanya perlu melihat notifikasi yang muncul dan mengklik tombol “Continue”. 

Fiber Speed Test ini memiliki keunggulan dengan menampilkan interface yang sederhana, tidak ada iklan dalam websitenya, dan yang paling penting bisa diakses secara gratis. 

2. Cek Kecepatan Internet Via Speedof.me

Cek kecepatan jaringan

Speedof.me merupakan website yang bisa digunakan untuk cek kecepatan internet yang bisa diakses untuk sebagian besar sistem operasi, termasuk untuk seluler. 

Untuk melakukan uji kecepatan internet, kamu hanya perlu masuk ke laman Speedof.me kemudian klik “Accept” di bagian kanan atas halaman, lalu dilanjutkan dengan menekan tombol “Start Test”. Setelah itu, kamu bisa menunggu hasilnya keluar.

Speedof.me banyak dipakai oleh para pengguna internet karena dikenal bisa bekerja secara optimal untuk PC, laptop maupun smartphone. Halaman website-nya memiliki tampilan yang user friendly dengan warna yang nyaman dilihat dan tidak mencolok. 

Speedof.me juga bisa diakses secara gratis yang artinya bebas dari iklan yang mengganggu kenyamanan.

3. Cek Kecepatan Internet Via SpeedSmart

Uji kecepatan internet

SpeedSmart merupakan website yang menyediakan uji kecepatan internet baik itu untuk kecepatan koneksi, maupun kecepatan aktivitas unduhan atau download

Banyak pengguna internet yang menggunakan SpeedSmart, hal ini karena SpeedSmart dinilai mudah digunakan dan tidak ada gangguan iklan saat membuka lamannya. 

Kamu hanya perlu mengunjungi Speedsmart.net, kemudian mulai aktivitas cek kecepatan internet dengan mengklik “Speedtest” lalu tunggu hingga prosesnya selesai.

4. Cek Kecepatan Internet Via Xfinity Speed Test

 

Cara cek kecepatan internet

Xfinity Speed Test menjadi website selanjutnya untuk cek kecepatan wifi yang memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya karena kecepatannya dalam melakukan tes kecepatan internet. 

Para pengguna bisa melakukan uji kecepatan internet dengan membuka website resmi milik Xfinity Speed Test. Kemudian mulai uji kecepatan jaringan dengan menekan tombol “Start Test”. Lalu kamu hanya perlu menunggu hingga proses uji kecepatan internet selesai. 

Selain unggul dalam hal kecepatan, Xfinity Speed Test juga bebas iklan, mudah digunakan, keamanannya terjamin, dan mendukung berbagai macam hasil tes kecepatan internet baik untuk PC, laptop maupun smartphone.

Cara Uji Kecepatan Internet Melalui Smartphone

Berikut ini adalah beberapa Aplikasi tes kecepatan internet yang bisa diakses melalui smartphone!

5. Uji Kecepatan Internet Via V-Speed

Cara cek kecepatan jaringan internet

V-Speed merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu unduh di smartphone untuk keperluan tes kecepatan internet. Bagi yang terbiasa menggunakan wifi, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk tes kecepatan wifi yang terhubung dengan perangkat smartphone.

Selain bisa digunakan untuk uji kecepatan internet, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi dasar tentang alamat IP atau operator yang kamu gunakan. 

6. Uji Kecepatan Internet Via Meteor

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan uji tes kecepatan internet di smartphone adalah dengan aplikasi Meteor. Aplikasi ini sangat disukai oleh para pengguna karena antarmukanya sangat sederhana dan menawarkan instruksi yang sangat mudah. 

Keunggulan dari aplikasi Meteor ini salah satunya adalah karena tidak pernah memberikan kecepatan maksimum saat pengecekan internet, ia hanya memberikan informasi tentang kecepatan rata-rata saja. 

Aplikasi Meteor melakukan tugasnya dengan melakukan uji kecepatan internet melalui beberapa aplikasi seperti Twitter dan Facebook, hal ini bisa menguntungkan para pengguna untuk mengetahui kecepatan streaming video yang sedang dilihat. 

7. Uji Kecepatan Internet Via Ookla

 

Ookla merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para pengguna smartphone yang ingin melakukan tes kecepatan wifi atau tes kecepatan internet yang sedang digunakan saat ini.

Cara cek kecepatan internet dengan Okla pun terbilang cukup mudah, berikut diantaranya:

  • Kunjungi situs https://www.speedtest.net/ melalui smartphone yang digunakan.
  • Klik tombol dengan ikon GO.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses tes jaringan internet selesai.

Aplikasi ini tergolong cukup populer karena memberikan informasi yang gampang dimengerti oleh para pengguna. Dengan Ookla kamu bisa mengetahui kecepatan internet, kecepatan unduhan yang sedang berjalan, hingga waktu tunda yang menyebabkan jaringan internet lemot.

Ookla memiliki kelebihan diantara aplikasi cek kecepatan internet lainnya, aplikasi ini bisa membaca hasil pencarian yang kamu lakukan sebelumnya. Hal tersebut akan dijadikan tumpuan untuk membandingkan kecepatan internet sebelum dan sesudah jaringannya lemah.

Tidak heran jika pada saat ini banyak pengguna smartphone yang memiliki Ookla sebagai aplikasi yang mereka unduh untuk uji kecepatan internet. 

Nah, itu dia cara cek kecepatan internet baik melalui PC maupun Smartphone. Kamu bisa mencobanya saat koneksi internet sedang tidak bersahabat. 

Setelah membaca ulasan di atas, kamu bisa memilih website mana saja yang dirasa paling bagus untuk uji kecepatan internet. Untuk pengguna smartphone, kamu juga bisa memilih aplikasi cek kecepatan internet yang dijelaskan di atas.

Cara untuk cek kecepatan internet mudah bukan?  Selamat mencoba ya!

Catatan Editor

Tahukah kamu, salah satu cara meningkatkan kecepatan jaringan internet bisa dilakukan dengan aplikasi VPN. Jika kamu merasa, jaringan internet atau Wi-Fi milikmu kurang maksimal, maka aplikasi VPN terbaik bisa jadi jawabannya.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Moove VPN, salah satu aplikasi VPN terbaik yang bukan hanya mampu meningkatkan kecepatan internet dan memnuatnya lebih stabil, tapi juga menjaga privasi dan keamanan data pribadi kamu di internet.

Aplikasi VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni ini bisa digunakan dengan mudah dan 100% gratis, lho.

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitasmu di internet dan dapatkan koneksi internet yang stabil dengan Moove VPN sekarang juga!

Google Play