5 Kesalahan yang Tidak Ingin Kamu Buat di Umur 20-an – Seiring bertambahnya usia akan ada banyak hal yang terjadi, yang penting dalam proses pendewasaan maupun yang tidak. Satu yang terpenting dari bertambahnya usia adalah pelajaran baik apa yang bisa kita tangkap dan terapkan di kehidupan kita setiap detiknya. Akan ada waktu susah, bahkan yang tersulit sekalipun, nantinya akan kita lalui hingga pada akhirnya kita akan tersenyum ketika mengingatnya kembali.

Sebagian besar orang sepakat bahwa usia 20-an adalah saat di mana banyak hal menarik yang akan terjadi dalam kehidupan. Di sinilah saat di mana kegilaan selalu terjadi, proses pendewasaan yang sedikit liar, masa-masa sulit dalam merajut masa depan, hingga siap menanggung tanggung jawab besar dalam kehidupan. Di umur 20-an adalah saat terbaik bagi kita untuk melakukan kesalahan sebanyak-banyaknya demi mendapatkan lebih banyak pengalaman di hampir segala aspek. Namun, di antara kesalahan-kesalahan yang mungkin perlu kita coba demi merajut hidup yang lebih baik lagi, mungkin ada setidaknya 1 di antara 5 kesalahan yang tidak ingin kamu buat di umur 20-an.

5 Kesalahan yang Tidak Ingin Kamu Buat di Umur 20-an

Hal yang selalu ditakutkan oleh setiap orang mungkin perubahan. Dan akan banyak perubahan yang kita lalui dan alami dalam hidup. Kesalahan pun bisa menjadi hasil dari perubahan, bisa juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perubahan itu sendiri. Tetapi mungkin ada kesalahan yang tidak ingin kamu buat di umur 20-an dari daftar berikut ini:

1. Menyalahkan Orang Demi Membela Diri Sendiri

Ada situasi di mana kamu harus menghadapinya dengan orang lain. Di saat itu pula kamu mungkin menghadapi banyak kesulitan, begitu juga dengan orang lain. Dan ada kalanya orang lain membuat kesalahan, sadar atau tidak, yang menurutmu itu fatal dan tak boleh terulang kembali. Tetapi tidak berarti hanya orang itu saja yang membuat kesalahan dalam situasi tersebut, mungkin kamu juga melakukan kesalahan. Jika iya, kamu seharusnya meminta maaf dan mencari solusi dibanding menyalahkan orang lain demi membela diri sendiri. Kamu tidak akan dipandang rendah jika berani meminta maaf. Dan sebagai gantinya, mungkin menciptakan solusi adalah cara terbaik untuk memperbaiki kesalahan ketimbang menyalahkan orang lain demi membela diri.

BACA JUGA:  Tak Perlu Lagi Undang Guru Datang ke Rumah dengan Pendidikan Online

2. Bergantung Pada Pekerjaan yang Kamu Benci

Usia 20-an adalah masa yang sangat produktif, bahkan paling produktif bagi manusia. Kamu mungkin sudah bekerja di awal 20-an dengan cita-cita dapat menabung untuk modal bisnis, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan sisi finansial untuk masa depanmu. Tetapi tidak perlu memaksakan diri hanya karena dogma bahwa mencari pekerjaan itu sangat sulit di era ini. Benar. Kamu tidak boleh membuang-buang waktu hanya untuk bergantung pada pekerjaan yang kamu benci. Kamu punya keahlian, kamu masih muda, dan kamu punya motivasi pribadi untuk mencari ruang di mana kamu bisa melakukan sesuatu yang kamu cintai yang tetap akan membuatmu berkembang dari segi keahlian, cara berpikir, dan segi finansial.

3. Pacaran dengan Orang yang Labil

Usia 20-an memang dipenuhi dengan drama yang menguras hati. Sifat alamiah manusia memang sulit ditebak, bahkan sangat sulit. Kita tidak bisa mengenali dengan pasti seperti apa seseorang, apa yang sebenarnya dia suka, dan tentu kita tidak bisa menjamin apakah dia tetap seperti itu atau berubah. Setiap orang harus tahu apa yang dia mau, apa yang ia cita-citakan, dan jalan apa yang akan dia tuju. Kita tidak bisa menyenangkan semua orang, dan kita tidak bisa menjadi pahlawan bagi orang lain. Juga, kita tidak bisa membuatkan mimpi untuk orang lain, terutama pasangan kita. Pacaranlah dengan orang yang tahu apa yang ia mau, tahu apa yang ia cita-citakan, dan mau berjuang untuk mewujudkannya. Kita hanya bisa menemaninya untuk mewujudkannya, bukan menjadi pahlawan dan berperang dalam mewujudkannya untuknya.

BACA JUGA:  Project Tango, Ide Besar Baru dari Google

4. Menghabiskan Waktu dalam Hubungan yang ‘Sekarat’

Atas nama ‘cinta’ atau ‘sayang’, kamu mungkin rela mengorbankan mimpi demi seseorang yang kamu cintai. Hal ini adalah salah satu kesalahan yang tidak ingin kamu buat di umur 20-an, mungkin saja. Terlalu banyak drama yang menguras hati dalam sebuah hubungan hanya akan menjadi penghambat jika memang hubungan kamu dengannya memang menghambat perjuanganmu. Umur 20-an adalah saat yang tepat untuk berjuang keras merajut masa depanmu, bukan menghabiskan waktu dalam hubungan yang ‘sekarat’. Hal yang paling berat dalam urusan asmara adalah merelakan dia untuk pergi. Tetap hal yang paling mudah setelahnya adalah terbiasa ketika dia sudah pergi dan melanjutkan kembali perjuangan dalam menggapai mimpi-mimpimu. Ingatlah, sejauh yang kita semua tahu hingga detik ini adalah bahwa hidup cuma satu kali, dan satu kali sudah sangat cukup jika kamu punya waktu untuk menjalaninya dengan lebih baik, bukan sekedar menghabiskannya dalam hubungan asmara yang mengikat tidak jelas dan sekarat.

BACA JUGA:  Trik Pintar Menggunakan Kamera Smartphone

5. Menghabiskan Waktu Dengan Orang yang Tidak Memiliki Tujuan

Sebenarnya, berapapun banyaknya teman yang kamu punya, yang tinggal nantinya adalah mereka yang kamu anggap sebagai sahabat. Semuanya akan sibuk mengurus hidupnya masing-masing, termasuk kamu, dan mungkin kamu akan kesepian karena tidak bisa lagi menghabiskan waktu bersama-sama seperti dulu. Di usia 20-an adalah waktunya ‘berpisah’, dalam artian, kamu dan mereka yang memiliki mimpi akan memfokuskan diri lebih banyak pada usaha. Bukan berarti kamu dan mereka bukan lagi teman atau sahabat. Hal terbaiknya adalah kamu masih bisa berkomunikasi dengan teman kamu entah itu sekedar menanyakan kabar, atau membicarakan impian dan perjuangan masing-masing, atau pun berbagi pengalaman dalam perjuangan tersebut. Dan kamu tidak perlu repot membuang waktu dengan mereka yang sepertinya tidak memiliki tujuan dalam hidupnya, atau tidak memiliki rencana bahkan tidak peduli dalam mewujudkan tujuan hidupnya. Mereka yang tidak membuatmu berkembang tidak pantas mendapatkan waktumu yang berharga.

Itulah kesalahan- kesalahan yang tidak ingin kamu buat di umur 20-an. Dari sekian banyak kesalahan yang perlu dicoba, mungkin setidaknya satu di antar lima kesalahan di atas tidak perlu kita coba. Seberapa parah pun kesalahan yang kita buat, pada akhirnya kita juga akan merasakan manisnya keadaan di mana kita berhasil mengatasi dan melewatinya. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR