Modern Furniture Ala Skandinavia – Belakangan ini, ruangan dengan desain interior Skandinavia sedang naik daun dan disukai oleh banyak orang.

Akan tetapi, sesungguhnya pengaruh desain interior modern furniture ala Skandinavia sudah menguat di dunia sejak era tahun 1930-an, ketika gerakan desain interior modern furniture mulai berkembang.

Asal mula desain interior ini dipopulerkan oleh para desainer furniture asal Denmark, Finlandia, dan Swedia yang karya-karyanya diakui dunia, yaitu pasangan Fritz Hanson, Arne Jacobsen, Poul Kjaerholm, dan Hans J. Wegner.

Suasana lingkungan dan aura di negara-negara skandinavia yang tenang, turut memengaruhi karya-karya para arsitek dan desainer bangsa Nordic.

Gaya desain interior dari Skandinavia berwujud modern, sangat sederhana dan fungsional, namun memiliki karakter yang kuat.

Kekuatan warna-warna alam pun memengaruhi estetika desainnya. Bentuk-bentuk sederhana dibuat dengan indah karena menggunakan material terbaik.

Sebagian besar cenderung berkembang ke arah minimalis dengan warna yang  solid, alami, dan tenang, seperti semburat warna keramik abu-abu, cokelat tanah liat, dan warna pasir.

Cahaya alami adalah salah satu elemen alam yang memengaruhi dan menentukan gaya desain Skandinavia.

Rangka perabotan yang dibuat ringan dan longgar memungkinkan cahaya alami masuk ke seluruh ruang dan dapat ‘menembus’  ke seluruh  perabotan sehingga  suasana segar dapat dinikmati di tiap sudut ruangan.

Tak hanya itu, dibeberapa sudut ruangan pun biasanya ditanami tumbuhan hijau yang dimasukkan kedalam pot agar suasana alam semakin terasa dan menyegarkan ruangan.

Masyarakat Skandinavia menginginkan suasana alami yang terang dapat dinikmati di  tiap kesempatan, bahkan di dalam rumah.

Bila memungkinkan, mereka akan menambahkan jendela besar untuk memaksimalkan cahaya masuk ke rumah dan menerapkan latar belakang dinding  warna putih untuk merefleksikan cahaya di sekitar ruangan.

Suasana terang di siang hari merupakan suasana yang langka selama berbulan-bulan karena musim dingin yang cukup lama di negara-negara skandinavia, sehingga cahaya matahari menjadi barang langka yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi masyarakat di wilayah ini.

Itu tadi penjelasan singkat seputar gaya skandinavia dalam ruangan, artikel selanjutnya akan membahas lebih lanjut mengenai gaya modern furniture yang digunakan pada ruangan dengan desain skandinavia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.