Tips untuk Pemula, Traveling dengan Pesawat Terbang – Traveling dengan pesawat terbang memang sedikit berbeda dengan traveling menggunakan moda transportasi lainnya. Ada beberapa hal yang cukup berbeda dan sangat ketat untuk dipatuhi menyangkut dengan keselamatan penerbangan.

Agar perjalanan Anda menyenangkan dengan pesawat terbang, berikut tips praktis traveling dengan pesawat terbang yang harus Anda ketahui.

Untuk menggunakan transportasi pesawat udara, Anda terlebih dahulu membeli tiket pesawat melalui maskapai penerbangan udara resmi atau agen travel online yang banyak menawarkan promo tiket pesawat pesawat murah. Pastikan nama penumpang sama dengan identitas penumpang seperti paspor atau KTP penumpang.

Pisahkan tas pakaian dengan tas perlengkapan barang berharga atau barang pribadi seperti dompet, tablet, laptop, kamera. Gunakan tas jinjing yang bisa dibawa ke kabin dan jangan pernah menyimpan barang berharga di dalam tas yang dimasukkan ke bagasi pesawat. Karena sangat riskan hilang atau rusak.

Pastikan tidak membawa barang-barang berbahaya seperti gunting, pisau atau barang-barang yang berpotensi dijadikan senjata seperti tongkat selfie di dalam tas. Bahkan untuk membawa botol minum saja ke dalam kabin dibatasi tidak boleh lebih dari 100 milliliter saja. Kecuali untuk kepentingan susu bayi dan makanan bayi.

BACA JUGA:  Ragam Hal Menarik yang Bisa Dipelajari dari Drama Korea

Jika ingin membawa botol minuman sendiri, sebaiknya dikosongkan terlebih dahulu isinya. Gunakan zipper bag untuk mengemas pakaian agar bisa menghemat ruang di dalam koper atau tas. Pastikan Anda membawa universal charger, karena di tiap negara memiliki perbedaan colokan listrik.

Sebelum terbang, disarankan untuk sarapan terlebih dahulu. Datanglah dua jam sebelum boarding agar Anda bisa menikmati perjalanan tanpa khawatir ketinggalan pesawat dan terburu-buru mengejar waktu. Perbanyak cairan dengan minum air putih dan tinggalkan semua barang berharga Anda di rumah agar perjalanan Anda lebih tenang.

Sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman. Pastikan Anda mengetahui cuaca di tempat tujuan sehingga tidak perlu membeli pakaian jika ada perbedaan cuaca. Gunakan alas kaki yang mudah dan nyaman untuk dilepaskan.

Agar pemeriksaan di bandara bisa lebih efisien dan lebih cepat tanpa pemeriksaan yang berlebihan, hindari menggunakan ikat pinggang, saptu boots, jas atau jaket, topi, rantai dan perhiasan lainnya. Barang-barang tersebut akan sedikit menghambat perjalanan Anda terutama saat melewati bagian pemeriksaan di bandara.

BACA JUGA:  11/11 dan 12/12 Online Revolution: Kampanye Besar e-Commerce Indonesia

Beberapa traveler yang kerap ke luar negeri bahkan kini sudah menghindari bagasi. Pasalnya proses menunggu bagasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terkadang ada juga beberapa kasus kehilangan koper di bagasi, tertukar hingga bagasi yang salah tujuan ke bandara lain.

Umumnya kini semua dikemas lebih ringkas di dalam tas yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat terbang. Pastikan ukuran tas yang dibawa ke dalam kabin pesawat tidak lebih dari 56cm x 36cm x 23 cm.

Beratnya juga hanya ditoleransi tidak melebihi dari 7 kilogram saja. Jika Anda bisa melakukan packing dengan benar, terkadang tas dengan berat lebih dari 7 kilogram pun masih bisa lolos untuk masuk ke kabin pesawat terbang.

TINGGALKAN KOMENTAR