15 Daftar Anime Tentang Masak-Masak Terbaik dan Seru, Bikin Ikutan Ngiler!

Daftar Anime Tentang Masak Masak – Rasanya tak ada habisnya kalau membahas soal. Pasalnya, anime punya banyak tema yang cukup beragam. Bukan cuma romance, thriller atau detektif saja tapi juga ada anime masak-masak, chef anime atau animasi koki, lho.

Dengan Moove VPN, akses seluruh konten di internet tanpa batasan, cepat dan 100% aman. Donwload sekarang!

Kali ini kami akan mengulas anime tentang masak yang wajib masuk daftar watchlist kamu. Semua anime masak-masak yang masuk dalam daftar ini bukan cuma punya visualisasi yang kece tapi juga kisah menarik yang seru buat disaksikan.

Gimana, sudah mulai penasaran dengan rekomendasi anime tentang masak terbaik? Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Deretan Anime Tentang Masak-Masak Terbaik dan Paling Baru

1. Yakitate!! Japan (2004)

Anime masak-masak selanjutnya yang tak kalah bikin ngiler ada “Yakitate!! Japan” garapan Yasunao Aoki yang rilis tahun 2004 silam. 

Bercerita tentang Azuma Kazuma, pemuda desa norak yang merantau ke kota demi meraih cita-citanya menjadi baker andal.

Dimana Azuma Kazuma sebetulnya tak memiliki keahlian secara khusus dalam membuat roti. Tetapi, ia dianugerahi tangan ajaib yang memiliki suhu yang tepat untuk membuat adonan roti mengembang sempurna.

Karena kemampuannya ini, Kazuma pun dijuluki dengan solar hands. Melalui chef anime ini kamu akan dimanjakan berbagai aksi membuat roti dengan berbagai pilihan menu yang menggoda. 

Ditambah lagi kisah hidup Kazuma juga tak kalah menarik, lho. Semuanya tampak nyata dan bikin baper.

2. Shokugeki No Souma (2015)

Anime tentang masak karya Yoshitomo Yonetani ini rilis perdana tahun 2015 silam. Bisa dibilang, anime masak-masak ini cukup sudah banyak dikenal penggemar anime.

“Shokugeki No Souma” berkisah tentang remaja yang punya bakat memasak yang luar biasa dibandingkan anak seusianya, dialah Yukihira Souma.

Ia bercita-cita ingin mengalahkan ayahnya sendiri, agar bisa jadi chef profesional di kedai milik sang ayah, Kedai Yukihira.

Namun tiba- tiba, sang ayah justru menutup kedainya dan mengirim Souma untuk bersekolah di sekolah memasak terbaik di Jepang, Sekolah Tinggi Kuliner Tootsuki. 

Lulusan dari sekolah tersebut hampir selalu jadi koki-koki terbaik di seluruh dunia. Hanya saja, tingkat kelulusan tiap tahunnya terbilang sedikit. Hal ini membuat Souma agak khawatir.

Animasi koki ini menyajikan tiap karakter cukup kuat dalam mengolah masakan unik dan tampak lezat. 

Ditambah lagi terdapat fan service yang unik ketika setiap karakternya memberikan nilai di setiap masakan yang disajikan. 

Penasaran dengan keseruan ceritanya? Tonton langsung di situs anime online kesayangan.

3. Emiya-san Chi no Kyou no Gohan (2018)

Anime tentang masak karya Miura Takahiro dan Satou Tetsuo rilisan tahun 2018 ini bergenre komedi slice of life.

“Emiya-san Chi no Kyou no Gohan” bercerita seputar masak-memasak yang dilakukan oleh Emiya Shirou untuk keluarganya. 

Emiya diketahui suka sekali masak dan membuat hidangan lezat dari bahan-bahan yang unik meski dengan budget yang minim.

Hingga kemahiran memasak yang dimiliki Shirou menarik banyak tamu yang tak diundang dari berbagai penjuru kota. Sehingga, selalu ada momen seru ketika makan bersama dengan keluarga Emiya.

4. Yumeiro Patissiere (2009)

Selanjutnya, rekomendasi anime tentang masak yang wajib banget masuk watchlist ada “Yumeiro Patissiere”. Anime masak-masak yang rilis di tahun 2009 karya Iku Suzuki ini lebih fokus dengan menu dessert. 

Bercerita tentang seorang gadis SMP bernama Ichigo Amano yang memiliki kemampuan unik dalam menilai dessert.

Suatu ketika, Ichigo berjumpa dengan Henri Sensei yang dulunya merupakan salah satu murid nenek Ichigo yang juga seorang patissier. 

Tertarik dengan bakat yang dimiliki Ichigo, Henri Sensei pun mengundangnya untuk masuk ke sekolah kuliner St. Marie Academy. 

Di sekolah kuliner inilah Ichigo berjumpa dengan tiga pria tampan berbakat dalam hal patissiere, sementara bakatnya sendiri nol besar. 

Dipaksa bergabung menjadi satu tim dengan pria-pria cantik tersebut membuat Ichigo kelabakan. Bagaimanakah kelanjutan ceritanya? Yuk, nonton animasi koki yang satu ini di platform streaming kesayangan, ya!

5. Rokuhou-dou Yotsuiro Biyori (2018)

“Rokuhou-dou Yotsuiro Biyori” jadi rekomendasi anime masak masak berikutnya yang wajib banget ditonton. 

Berkisah tentang empat pria yang bekerjasama mengelola rumah teh ala Jepang bernama ‘Rokuho-dou’. Mereka bekerja di posisi sesuai keahliannya masing-masing.

Mereka adalah Sui, sebagai manajer toko sekaligus bertanggung jawab untuk meracik teh. Lalu Gre yang bertugas membuat dan menciptakan Latte Art, Tsubaki membuat dessert dan Tokitaka yang menyajikan main menu.

Rokuho-dou dikenal karena keramahan pada pelanggan, termasuk membantu mengurangi kekhawatiran yang dirasakan para pelanggan. Begitu banyak cerita menarik terjadi di resto yang dipenuhi kehangatan ini.

6. Cooking Master Boy (1997)

Buat kamu yang suka anime jadul, “Cooking Master Boy” buatan Masami Anno ini bisa jadi pilihan tontonan menarik, lho. 

Anime masak-masak ini bercerita tentang Mao, pemuda dengan passion tinggi dalam memasak m makanan tradisional khas Tiongkok. 

Mao bercita-cita ingin menjadi chef paling hebat. Dalam perjalanan untuk meraih apa yang dicita-citakannya, Mao harus melalui banyak rintangan. 

Beruntungnya, Mao didampingi banyak teman yang selalu mendukung dan menyayanginya.

Animasi koki ini dipenuhi banyak atraksi unik ketika setiap karakternya mencicipi menu yang tersedia. Meski agak mirip dengan Shokugeki No Souma, tapi anime masak yang satu ini tak kalah seru, untuk ditonton.

7. Sweetness and Lightning (2016)

Anime tentang masak karya Tarou Iwasaki ini juga recomended buat masuk watchlist, kamu. Bercerita tentang perjuangan seorang ayah single parents dalam membesarkan anak perempuan satu-satunya setelah sang istri meninggal.

Inuzuka, seorang ayah sekaligus guru SMA yang harus membesarkan putri kecilnya seorang diri. Karena tidak bisa memasak, Inuzuka terpaksa selalu membelikan makanan dari luar untuk putrinya.

Suatu ketika, Inuzuka Sensei berjumpa dengan Kotori Ida, salah satu muridnya yang hobi makan. Ternyata, keluarga Ida mengelola bisnis restoran yang selama ini selalu didatangi Inuzuka.

Tanpa disangka, Ida menawarkan bantuan untuk menyajikan makanan untuk putri gurunya tersebut. 

Anime masak-masak ini bakal bikin ngiler menu makanan yang dihidangkan sekaligus baper dengan kekompakan Ida dan Inuzuka Sensei bersama putrinya.

8. Restaurant to Another World (2018)

Rekomendasi anime tentang masak masak selanjutnya ini berjudul “Restaurant to Another World” karya Jinbo Masato. 

Anime koki satu ini terdiri dari dua season, season pertama rilis di tahun 2017 dan Season keduanya di tahun 2021 silam.

Animasi koki ini bercerita tentang restoran anti mainstream bernama ‘Nekoya’. Dimana restoran ini dijalankan oleh seorang koki manusia bersama dua pelayan iblis. 

Setiap Sabtu restoran ini selalu tutup. Pasalnya, ada tamu-tamu dari dunia lain yang akan datang setelah pintu restoran terhubung dengan dunia lain.

Mereka semua sudah menjadi pelanggan tetap yang rela menunggu hingga hari Sabtu datang untuk bisa mencicipi semua makanan favorit mereka.

9. Kakuriyo: Bed & Breakfast for Spirits (2018)

Alur cerita dari anime tentang masak kar6a Okuda Yoshiko ini berfokus pada Api, mahasiswa dengan kemampuan unik, yakni mampu melihat roh kakeknya. 

Suatu hari, muncul sosok dewa penguasa Oodanna pemilik ‘Tenshinya’ atau Penginapan Surgawi yang membawa pergi Aoi ke dunia lain.

Oodanna menyebut jika mendiang sang kakek memiliki banyak hutang, sehingga Aoi berkewajiban melunasinya dengan wajib menikah dengannya. 

Namun, Aoi segera menolak dengan tegas hal tersebut dan memilih melunasi hutang kakeknya dengan caranya sendiri. 

Aoi pun bekerja sebagai seorang koki di Tenshinya milik Oodanna dan memberi makanan untuk para roh atau ayakashi.

10. Isekai Izakaya: Koto Aitheria no Izakaya Nobu (2018)

Lanjut ada “Isekai Izakaya: Koto Aitheria no Izakaya Nobu”, anime masak-masak yang juga tak boleh terlewatkan.

Diceritakan sebuah bar atau Izakaya bernama Nobu di salah satu sudut kota Kyoto, Jepang. Izakaya tradisional tersebut dikelola oleh seorang koki berpengalaman, Nobuyuki Yazawa bersama sorang pelayan yang ramah, Shinobu Senke.  

Bar tersebut sangat populer karena hidangan yang lezat dan menggugah selera. Bahkan, pengunjungnya datang dari berbagai tempat dan latar belakang berbeda.

11. Bartender (2006)

Animasi koki yang selanjutnya ini mengangkat tema kehidupan bartender. Diceritakan, Eden Hall merupakan sebuah bar yang letaknya cukup tersembunyi di salah satu distrik kecil di Jepang.

Bar Eden Hall dijalankan oleh seorang bartender ajaib bernama Sasakura Ryu. Ia begitu dikenal karena bisa menciptakan minuman koktail paling enak di Jepang.

Berbeda dengan bar lain yang mudah ditemukan tapi Eden Hall sulit ditemukan. Sebaliknya, justru Eden Hall lah yang nantinya akan menghampiri pelanggannya dan Ryu tahu koktail yang sesuai untuk menghibur pelanggannya.

12. Ben-To (2011)

Rilis di tahun 2011 silam, anime tentang masak karya Itagaki Shin punya alur cerita yang tak kalah menarik untuk ditonton. 

Chef anime ini bercerita tentang You Satou, siswa SMA yang harus tinggal di sebuah asrama. Suatu malam, Satou yang ingin membeli makanan murah meriah di pasar terdekat dipukuli oleh seorang gadis hingga setengah sadar.

Saat tersadar, Satou mendapatkan fakta jika membeli makanan bento setengah harga bisa membahayakan nyawanya.

Kemudian, ada kakak kelas yang mengundang beberapa siswa termasuk Satou untuk ikut bergabung dalam ‘Klub Penggemar Makanan dengan Setengah Harga’.

Mereka pun bersama-sama belajar tentang makna memperjuangkan makanan. Meski harus berkelahi demi memperoleh nasi kotak setengah harga.

13. Ristorante Paradiso (2009)

Chef anime buatan Kase Mitsuko ini juga wajib masih daftar nonton, lho. Bercerita tentang konflik dan dendam, anime masak-masak ini bercerita tentang Nicoletta. 

Gadis muda ini nekat pergi ke Roma seorang diri demi bisa menghancurkan kehidupan sang ibu yang dengan tega nenekantarkannya sejak kecil. 

Setelah melacak keberadaan sang ibu yang ada di sebuah resto yang dikelola banyak pria dewasa berkacamata, Casetta dell’Orso. 

Demi melancarkan aksinya, Nicoletta pun mengajukan diri menjadi koki magang di resto yang ternyata milik kekasih ibunya tersebut. 

Sebelum Nicoletta menyadari, rencana balas dendam yang telah dibuatnya tenggelam dalam romansa manis di resto tersebut.

14. Dagashi Kashi (2016)

Chef anime buatan Takayanagi Shigehito jadi rekomendasi tontonan menarik bertema masak-masak.

Bercerita tentang sebuah toko manisan tradisional Jepang yang ada di sebuah pedesaan yang dijalankan turun temurun oleh keluarga Shikada Dagashi. 

Namun, salah satu anak dari keluarga tersebut menolak meneruskan usaha keluarga karena ingin jadi seniman manga, Kokonotsu Shikada.

Semuanya mulai berubah saat muncul sosok eksentrik bernama Hotaru Shidare yang ingin mengajak Shikada You, ayah Kokonotsu untuk menjadi bagian dari perusahaan keluarganya.

 Shimada You memberikan syarat, jika Hotaru bisa meyakinkan anaknya untuk mengelola bisnis keluarganya, maka Shikada You akan ikut bersama Hotaru. 

Sejak saat itu, dimulailah misi baru Hotaru. Ia harus berhasil merayu Kokonotsu supaya mau mengelola bisnis keluarganya.

15. Antique Bakery (2008)

Chef anime buatan Okimura Yoshiaki yang rilis 2008 silam ini juga tak kalah seru buat dan di akhir pekan.

Bercerita tentang Tachibana Keiichiro, lelaki tampan pemilik toko kue Antique Bakery. Suatu ketika, Keiichiro berjumpa sosok dari masa lalunya yang jadi cinta pertama baginya, Ono Yusuke.

Kini Yusuke sudah jadi pastry chef dunia dan  memiliki segalanya, ia juga dikenal sebagai playboy gay. Pesona dan keahliannya dalam membuat kue mampu membuat banyak orang terpukau. 

Hanya saja Yuusuke kini sama sekali tak ingat dengan Keiichirou. Hal ini membuat Keiichirou lega dan berani mengundang Yuusuke untuk menjadi pastry chef di bakery miliknya. 

Bagaimanakah kelanjutan kisah antara Keiichirou dengan Yuusuke yang baru berjumpa lagi setekah 14 tahun terpisah? 

Nah, demikian tadi beberapa rekomendasi anime tentang masak dengan alur cerita dan visualisasi yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Terlebih buat kamu yang suka nonton chef anime.

Dari deretan judul animasi koki yang sudah diulas diatas, mana nih yang bakal kamu tonton duluan? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar, ya!

 

Catatan Editor

Makin puas, nonton anime masak-masak melalui layanan streaming online legal, seperti Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play

 

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Ikuti Kami!

1,390FansSuka
697PengikutMengikuti
210PelangganBerlangganan

Terpopuler