10+ Rekomendasi Judul Film Tentang Penjara Terbaik, Penuh Aksi Seru dan Menegangkan

781
Judul film tentang penjara terbaik

Rekomendasi Judul Film Tentang Penjara Terbaik – Buat kamu yang suka nonton aksi laga kriminal, film tentang kabur dari penjara bisa jadi salah satu genre film yang menarik untuk diikuti.

Jenis film ini kebanyakan mengisahkan kehidupan napi dan konflik batin yang dialami atas tindakan kriminal yang diperbuat dari balik Jeruji.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Menariknya, film tentang kabur dari penjara ini tak selalu menceritakan tentang pelaku kriminal yang memiliki latar belakang suram. Tetapi juga tentang kisah orang-orang tak bersalah yang harus jadi kambing hitam dari tindakan pihak lain. 

Bahkan, ada beberapa judul film tentang penjara yang dibuat berdasarkan kisah nyata. Penasaran seperti apa keseruan cerita film-film tersebut? Berikut ini rekomendasi yang bisa kamu jadikan pilihan terbaik. 

Film Tentang Penjara yang Bisa Jadi Tontonan Asyik Selama Liburan  

Berikut ini beberapa film tentang penjara terbaik sepanjang masa. 

1. The Great Escape (1963)

Diadaptasi dari kisah nyata, film tentang penjara terbaik berjudul “The Great Escape” ini berlatar belakang peristiwa Perang Dunia kedua. 

Film hasil garapan sutradara John Sturges ini terfokus pada kisah kehidupan para tentara Inggris yang jadi tahanan perang tentara NAZI. 

Mereka bekerja sama mencari jalan untuk kabur dari penjara. 

Selain diangkat dari kisah nyata, “The Great Escape” yang rilis pada tahun 1963 tersebut juga dibuat dalam versi novel berjudul sama, ditulis Paul Brickhill tahun 1944 silam. 

Meski cukup seru dan menegangkan, tetapi film tentang kabur dari penjara ini memiliki batasan usia penonton. Pasalnya, ada begitu banyak adegan sadis dan mengerikan yang digambarkan di penjara. 

2. Cool Hand Luke (1967)

Film tentang kabur dari penjara selanjutnya berjudul “Cool Hand Luke” yang dirilis pada tahun 1967. 

Dibintangi oleh aktor lawas Paul Newman, “Cool Hand Luke” berkisah tentang hidup seorang laki-laki bernama Luke, seorang tentara yang diberhentikan secara tidak hormat dan dijebloskan dalam penjara. 

Pasalnya, Luke selalu jadi orang pertama yang menentang aturan dan sistem. Saat di penjara, Luke tetap melakukan hal tersebut. 

Dia seakan tak pernah bosan melawan seluruh sistem yang ada di penjara. 

Menariknya, setiap tindakan perlawanan dan pembangkangan Luke mendapat dukungan dari para tahanan lainnya. 

Meski ada juga yang kurang setuju dengan sikap Luke tersebut. Berkat film tentang penjara terbaik sepanjang masa ini, nama Paul Newman semakin dikenal banyak kalangan. 

Bahkan, Newman mendapat banyak penghargaan di ajang Piala Oscar. Mulai dari nominasi aktor terbaik hingga aktor pendukung terbaik. 

3. The Longest Yard (1974)

Jika kamu sedang mencari rekomendasi film tentang penjara tetapi berbalut komedi yang menghibur, maka “The Longest Yard” bisa jadi pilihan paling cocok. 

Film hasil arahan sutradara Robert Aldrich ini fokus pada kisah kehidupan Paul Crewe, atlet football yang harus merasakan dinginnya jeruji besi karena tindakannya yang kerap mengganggu lingkungan dan mabuk-mabukan. 

Ada begitu banyak kejadian kocak dan konyol ketika Paul berada di dalam penjara. Bahkan, Paul tak segan mengajak narapidana lainnya untuk membuat sebuah tim football di dalam penjara hanya untuk bersenang-senang. 

Dijamin deh, kamu akan terhibur dengan film tentang penjara satu ini. 

4. Midnight Express (1978)

Film tentang penjara berikutnya adalah “Midnight Express” yang rilis sekitar tahun 1978. 

Diadaptasi dari serangkaian kisah nyata ini merupakan garapan sutradara bernama Alan Parker yang terfokus pada kehidupan karakter Billy Hayes.  

Billy Hayes terpaksa dijebloskan ke dalam penjara akibat kasus penyelundupan obat-obatan terlarang. 

Cara yang dipilih Hayes juga terbilang ekstrim karena memasukkan seluruh obat tersebut ke dalam tubuh hingga akhirnya terciduk saat melewati mesin x-ray. 

jika dilihat dari genrenya, tentu saja Hayes tak pernah berhenti mencari cara melarikan diri dari penjara. 

Konflik dalam judul film tentang penjara ini semakin memuncak saat Billy Hayes yang masa tahanannya kurang dari 54 hari justru memilih kabur. 

Segala cara dikerahkan, tetapi pada akhirnya Hayes ditangkap kembali dan dijebloskan kedalam penjara untuk waktu yang lebih lama, yaitu 30 tahun. 

5. Escape from Alcatraz (1979)

Rekomendasi berikutnya judul film tentang penjara adalah “Escape from Alcatraz” yang tayang sekaligus dirilis pada tahun 1978 silam. 

Satu dari sekian banyak film Hollywood terbaik hasil arahan sutradara Don Siegel ini bercerita tentang kisah tiga tahanan. Mereka adalah Frank, John, dan Clarence. 

Saat itu, ketiganya ditahan dalam penjara paling ditakuti para kriminal sedunia, yaitu Alcatraz. Namun siapa sangka, kecerdikan mereka justru membuat ketiganya berhasil melarikan diri. 

Uniknya, cara yang mereka pilih sangat misterius dan setelah berhasil kabur pun keberadaan mereka tak pernah diketahui lagi. 

6. The Shawshank Redemption (1994)

Bagi kamu para pecinta film aksi laga yang penuh ketegangan, judul film tentang penjara satu ini sudah pasti tak terdengar asing di telinga. 

“The Shawshank Redemption” yang digarap sutradara Frank Darabont ini ditulis dengan naskah rapi, sinematografi apik, dan banyak sekali plot tak terduga di dalamnya. 

Jadi jangan heran jika “The Shawshank Redemption” sempat dikatakan sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada. 

Diangkat dari sebuah novella milik Stephen King yang berjudul “Rita Hayworth and Shawshank Redemption”, film yang rilis pada tahun 1994 ini fokus pada kisah hidup Andy Dufresne (Tim Robbins). 

Dufresne yang seorang bankir terpaksa menghabiskan nyaris dua puluh tahun hidupnya di dalamnya Shawshank State Prison. 

Pasalnya, Dufresne didakwa atas pembunuhan dua wanita, yaitu istri dan juga selingkuhannya walaupun pria tersebut menyangkal.

8. The Green Mile (1999)

Tak boleh ketinggalan, film tentang penjara paling legendaris berikutnya berjudul “The Green Mile” hasil garapan sutradara Frank Darabont. 

Selain penuh ketegangan, film yang dibintangi Tom Hanks ini juga memiliki alur cerita cukup sedih.

Dalam film “The Green Mile”, Tom Hanks memerankan karakter bernama Paul Edgecomb, seorang pria yang berprofesi sebagai kepala sipir penjara. 

Namun bukan sembarang penjara, Edgecomb bertugas di penjara khusus narapidana hukuman mati. 

Sejak ditugaskan di tempat tersebut, Edgecomb memiliki kebiasaan memperhatikan perilaku para tahanan jelang eksekusi. Di titik inilah, Edgecomb menemukan banyak kejadian haru yang menguras emosi. 

9. In Hell (2003)

Berikutnya, film tentang penjara berjudul “In Hell” yang juga tak boleh dilewatkan. Dibintangi aktor laga ternama Hollywood, Jean Claude Van Damme, “In Hell” karya sutradara Ringo Lam ini memiliki alur cerita yang sangat menarik. 

Bercerita tentang kondisi suatu penjara di Rusia, tetapi tidak ada yang menyangka bahwa keadaan di dalam sana begitu mirip seperti neraka. Itulah mengapa film ini diberi judul “In Hell”. 

Kisahnya berawal ketika seorang pria berhasil dijebloskan ke penjara setelah menembak pelaku pembunuhan sang istri. 

Tindakan tersebut didasari rasa kesal yang begitu mendalam karena si pelaku pembunuhan dibebaskan dari segala tuduhan. 

Nahas, pria yang diperankan oleh Van Damme tersebut justru mendapat siksaan di dalam penjara hingga serasa hidup di neraka. 

10. Big Stan (2007)

Sebagian besar film tentang penjara selalu berkaitan dengan aksi kriminalitas yang menegangkan. 

Namun, bagaimana jika kamu menonton “Big Stan” yang ternyata dibuat dengan genre komedi kocak yang mampu mengocok perut?

Digarap oleh sutradara Rob Schneider dan rilis di tahun 2007 silam, “Big Stan” bercerita tentang Stan yang berprofesi sebagai penipu ulung. 

Namun suatu ketika, perbuatannya tersebut tak lagi bisa ditutupi hingga Stan harus mendekam di penjara. 

Merasa tak memiliki kemampuan untuk melindungi dirinya sendiri, Stan berniat menyewa seorang master bela diri agar tidak menjadi korban kekerasan di penjara. 

Dijamin, banyak sekali aksi lucu yang bisa kamu dapatkan dari film tentang penjara terbaik satu ini. 

11. Escape Plan (2013)

Jika boleh dikatakan, “Escape Plan” merupakan film tentang penjara terbaik dan paling epik. Dibintangi oleh dua aktor ternama Hollywood, Arnold Schwarzenegger dan Sylvester Stallone, “Escape Plan” dibuat dengan alur sangat menarik. 

Film hasil garapan sutradara Mikael Hafstrom ini berkisah tentang percobaan pembobolan sistem keamanan penjara guna mengetahui kelemahannya dalam menahan narapidana. 

Demikian tadi beberapa rekomendasi judul film tentang penjara terbaik yang bisa kamu pilih. Percayalah, kamu tak akan menyesal telah meluangkan waktu untuk menonton film-film tersebut di atas. 

 Jangan lupa, tinggalkan pendapat kamu tentang film-film tentang penjara terbaik di kolom komentar, ya!

Catatan Editor

Suka dengan film aksi laga kriminal? Nonton film tentang penjara terbaik bisa jadi pilihan menarik. Nah, agar lebih puas nonton pastikan untuk menggunakan layanan streaming online yang legal. Seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Catchplay, iFlix dan lain sebagainya untuk pengalaman terbaik.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play