10 Daftar Rekomendasi Film Psikologi Terbaik, Penuh Plot Twist Tak Terduga!

Rekomendasi film psikologi terbaik tak sekadar memberi hiburan semata, tetapi juga bisa membantu untuk mengenal sekaligus mempelajari berbagai kepribadian manusia. Biasanya, film tentang psikologi terbaik memiliki cerita yang fokus pada sisi lain kepribadian seseorang atau tokoh utama dari film tersebut.

Berkat kehadiran film semacam ini, kamu bisa melihat betapa kompleks dan rumitnya karakter maupun kepribadian diri manusia. 

Oleh sebab itu, film psikologi dibuat dengan jalan cerita ekstra membingungkan. Bahkan tak sedikit pula yang sengaja dibuat dalam bentuk twist ending tak terduga. 

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Rekomendasi Film Psikologi Terbaik Sepanjang Masa

Dari sekian banyak film tentang psikologi, berikut ini ada beberapa daftar terbaik yang tentu saja bisa kamu jadikan referensi tontonan. 

1. The Silence of The Lambs (1991)

Dibuat dalam genre drama thriller kriminal, “The Silence of The Lambs” merupakan salah satu film psikologi terbaik sepanjang sejarah. 

Film yang disutradarai oleh Jonathan Demme ini pun terbilang sukses di banyak ajang penghargaan bergengsi industri perfilman dunia. Mulali dari BAFTA hingga Golden Globe.

“Silent of The Lambs” menceritakan tentang agen FBI bernama Clarice Starling (Jodie Foster) yang berhadapan dengan seorang pembunuh genius, psikiater, sekaligus kanibal bernama Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins).

2. A Beautiful Mind (2001)

Film tentang psikologi terbaik berikutnya adalah “A Beautiful Mind” yang merupakan film biography garapan sutradara Ron Howard di tahun 2001 silam. 

Diadaptasi dari kisah nyata, film ini bercerita tentang John Forbes Nash (Russell Crowe), ahli matematika yang juga peraih nobel. 

Namun sayangnya, Nash mengidap schizophrenia yang membuatnya terus-menerus berhalusinasi. Bahkan, Nash kesulitan membedakan antara realitas dan fantasi. 

Film tentang psikologi terbaik ini berhasil menyabet beberapa piala di ajang bergengsi piala Oscar. Di antaranya seperti nominasi Best Director dan Best Picture. 

3. Identity (2003)

Rekomendasi film tentang psikologi terbaik berikutnya berjudul “Identity” yang rilis pada tahun 2003. 

Dibintangi oleh John Cusack, Amanda Peet, dan Ray Liotta, “Identity” berkisah tentang Malcolm Rivers, seorang pembunuh berkepribadian ganda. 

Melalui film tentang psikologi ini, Malcolm dengan cerdik membuat alur cerita sendiri guna membunuh tiap kepribadiannya tersebut. 

Malcolm terpaksa melakukannya karena ada salah satu kepribadian yang telah membuatnya membunuh dan menyakiti banyak orang dalam dunia nyata. 

Diadaptasi dari novel populer karya Agatha Christie, berjudul “And Then There Were None”, film ini mampu menghasilkan keuntungan hingga USD 90 juta. 

4. The Machinist (2004)

Satu lagi rekomendasi film psikologi thriller yang banyak jadi bahan perbincangan para penikmat dunia perfilman yaitu film berjudul “The Machinist”. 

Bagaimana tidak, film yang dibintangi Christian Bale dan digarap sutradara Brad Anderson ini memiliki plot dan alur cerita yang apik. 

Kisah film tentang psikologi terbaik ini berawal dari Trevor Reznik (Christian Bale), seorang pekerja pabrik yang mengalami insomnia. 

Akibat penyakit tersebut, Trevor kesulitan tidur hingga berbulan-bulan dan hidupnya dipenuhi rasa bingung yang teramat hebat. 

5. Black Swan (2010)

Film psikologi terbaik selanjutnya ada “Black Swan” yang rilis pada tahun 2010. Digarap oleh sutradara kawakan, Darren Aronofsky. 

“Black Swan” juga berhasil memenangkan penghargaan ajang bergengsi Academy Award untuk sejumlah kategori. 

Di antaranya, Best Actress, Best Director, Best Picture, Best Film Editing, dan Best Cinematography. 

“Black Swan” bercerita tentang kehidupan seorang balerina bernama Nina (Natalie Portman) yang memiliki sifat ambisius demi mendapat peran utama di pertunjukan balet bertajuk “Swan Lake”.

Melalui film psikologi terbaik satu ini, kamu bakal melihat seperti apa emosi hingga psikologi dari tokoh utama yang selalu berubah hingga tak bisa membedakan antara karakter asli dan karakter panggung yang sedang diperankan. 

6. Orphan (2009)

Jika kamu salah satu penggemar film tentang psikologi horror, maka “Orphan” adalah pilihan terbaiknya. 

Sebab, film yang dirilis tahun 2009 dan diarahkan oleh sutradara Jaume Collet-Serra ini memiliki alur cerita begitu kompleks. 

Apalagi, peran utamanya dibintangi oleh Isabelle Fuhrman yang memiliki ekspresi misterius penuh rahasia. 

“Orphan” berawal dari kisah John dan Kate Coleman, sepasang suami istri yang memutuskan mengadopsi anak pasca kehilangan anak ketiganya. 

Akan tetapi, gadis berusia sembilan tahun tersebut justru memiliki gangguan psikologi berbahaya hingga mengancam nyawa. 

7. Shutter Island (2010)

Rekomendasi film psikologi terbaik lainnya yang tak kalah menarik adalah “Shutter Island”. Film yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio ini digarap dengan apik oleh sutradara Martin Scorsese.

Berkisah tentang penyelidikan kasus menghilangnya salah satu pasien rumah sakit jiwa di pulau terpencil.

Penyelidikan dilakukan oleh seorang agen federal U.S Marshall dan pulau tersebut dikenal dengan nama Shutter Island. 

Dengan menonton setiap adegan dan alur cerita dari film psikologi terbaik ini, kamu seakan dipaksa menebak banyak teka-teki dari serangkaian kejadian di rumah sakit jiwa tersebut. 

Uniknya, potongan dari teka-teki yang muncul bakal terkuak hingga akhirnya memunculkan kisah misteri lain tentang kondisi kejiwaan dari sang agen federal tersebut. 

8. Gone Girl (2014)

Film psikologi terbaik berikutnya jatuh pada film garapan sutradara David Fincher berjudul “Gone Girl” yang dirilis pada tahun 2014. 

Film bergenre romance dan psikologi ini dibintangi banyak aktor ternama Hollywood, seperti Ben Affleck dan Neil Patrick Harris. 

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Gillian Flynn, “Gone Girl” berhasil menarik minat para pecinta film dunia. 

“Gone Girl” menceritakan tentang kisah kehidupan pasangan suami istri bernama Nick dan Amy yang terlihat begitu bahagia. 

Namun situasi tersebut berubah ketika Amy tiba-tiba menghilang dari tempat tinggalnya. Siapa sangka, ternyata Amy memiliki kepribadian yang janggal dan menyebabkan banyak serangkaian peristiwa aneh lainnya. 

9. Split (2017)

Berikutnya ada film psikologi terbaik hasil arahan sutradara M. Night Shyamalan yang berjudul “Split”. 

Film yang diadaptasi dari kisah nyata ini bercerita tentang kehidupan seorang pria bernama Billy Michigan yang dalam film diperankan oleh James McAvoy. 

Menariknya, Billy memiliki 24 kepribadian berbeda. Dalam “Split”, karakter Billy diubah namanya menjadi Kevin Wendell Crumb. 

Di setiap harinya, Kevin mengalami keadaan di mana dia kesulitan untuk mengontrol kepribadian yang muncul. 

Konflik semakin rumit ketika beberapa kepribadian itu ternyata memiliki sifat jahat yang tak segan menyakiti orang lain. Salah satu yang paling dominan adalah The Beast.

10. Joker (2019)

Siapa yang tak pernah mendengar nama Joker? Tokoh ikonik ini menjadi salah satu judul film psikologi terbaik yang tak boleh kamu lewatkan lho! 

Dirilis pada tahun 2019 dan digarap oleh sutradara Todd Phillips, “Joker” menjadi salah satu rekomendasi film psikologi yang paling banyak jadi bahan perbincangan. 

Tak heran jika kemudian film yang dibintangi oleh Robert De Niro, Joaquin Phoenix, dan Zazie Beetz ini menyabet banyak penghargaan dalam ajang bergengsi piala Oscar. 

“Joker” adalah film spin off yang diproduksi oleh DC Universe yang fokus pada kehidupan seorang pria bernama Arthur Fleck (Joaquin Phoenix). 

Saking kacau dan suramnya kehidupan di sekitar Arthur, kondisi psikologis pria itu terganggu hingga berubah menjadi Joker.  

Film yang menyimpan banyak pesan moral ini pertama kali ditayangkan pada Festival Film Venesia tahun 2019 lalu. 

“Joker” merupakan film aksi yang penuh dengan aksi kekerasan berdarah sehingga dibutuhkan pengawasan ketat jika ingin menontonnya bersama keluarga. 

Demikian tadi sepuluh rekomendasi film psikologi terbaik yang bisa jadi pilihan kamu agar bisa lebih mengenal berbagai karakter sekaligus kepribadian manusia. 

Dari semua film tentang psikologi terbaik di atas, kira-kira mana yang paling menarik dan membuat kamu penasaran buat ditonton pertama kali? 

Jangan lupa, share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Catatan Editor

Gak mau ketinggalan nonton film tentang psikologi dengan alur cerita menarik sekaligus menegangkan? Untuk pengalaman terbaik, kamu bisa nonton di layanan streaming online legal kesayangan. Misalnya seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Catchplay, iFlix dan lain sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play

 

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Ikuti Kami!

1,390FansSuka
697PengikutMengikuti
210PelangganBerlangganan

Terpopuler