10 Deretan Film Pemenang Oscar Terbanyak dan Terbaik Sepanjang Sejarah

300
Daftar film pemenang Oscar terbanyak

Daftar Film Pemenang Oscar Terbanyak- Film-film Pemenang Oscar memang memiliki kualitas berbeda dari film lain, meski terkadang dibuat dengan biaya produksi terbatas. Itulah sebabnya, tak sedikit orang yang penasaran dan ingin menonton film Oscar terbaik.

Piala Oscar atau yang juga dikenal dengan Academy Award merupakan penghargaan film-film di Amerika sebagai bentuk penghargaan tiap karya industri perfilman. 

Dengan Moove VPN, akses seluruh konten di internet tanpa batasan, cepat dan 100% aman. Donwload sekarang!

Ada banyak kategori pemenang yang diberikan. Penghargaan tersebut dibuat berupa salinan patung Academy Award of Merit atau yang sering dijuluki sebagai Oscar. 

Selain meningkatkan gengsi, tentunya bisa mendapatkan piala ini bakal jadi suatu kebanggaan bagi sineas film. Apalagi jika film tersebut berhasil membawa pulang banyak piala. 

Rekomendasi film pemenang Oscar terbaik yang wajib ditonton

1. Gone with The Wind (1939)

Film pemenang Oscar terbanyak pertama yang tak boleh kamu lewatkan adalah “Gone with The Wind”. 

Peraih tiga belas nominasi di ajang Academy Awards 1940 ini berhasil menyabet delapan piala termasuk di dalamnya kategori The Best Movie. 

Diadaptasi dari novel karya Margaret Mitchell di tahun 1936, “Gone with The Wind” bercerita tentang hubungan Scarlett O’Hara dengan kekasih, keluarga, dan sahabatnya di tengah meledaknya Perang Saudara AS. 

2. All About Eve (1950)

Film pemenang Oscar terbanyak berikutnya berjudul “All About Eve”. Bagaimana tidak, film yang dibuat berdasarkan cerita pendek berjudul “The Wisdom of Eve” ini berhasil menorehkan namanya di empat belas nominasi Oscar 1951. 

Namun sayangnya, film yang ditulis dan disutradarai Joseph L. Mankiewicz ini hanya mampu membawa pulang enam piala saja. 

3. Gigi (1958)

Film pemenang Oscar terbanyak selanjutnya adalah “Gigi”. Rilis di tahun 1958 silam ini masih memegang rekor sebagai satu-satunya film bergenre komedi yang menyabet banyak Oscar. 

Diketahui, film drama romansa musikal Amerika garapan Vincente Minnelli ini berhasil mendapatkan sembilan Oscar dari sembilan nominasi berbeda.  

Film yang dibuat berdasarkan novel laris berjudul sama, karya Colette ini diproduksi menggunakan Metrocolor MGM. “Gigi” berkisah tentang gadis yang datang ke Perancis untuk mempelajari soal etika kehidupan.  

4. Ben-Hur (1959)

Satu tahun berselang sejak “Gigi” dirilis, ada satu lagi film pemenang Oscar terbanyak yaitu “Ben-Hur”. 

Film kolosal ini mampu memecahkan rekor sebagai film yang berhasil mendapatkan sebelas Oscar pada dekade tersebut. Saat itu, “Ben-Hur” mendapat dua belas nominasi dari berbagai macam kategori. 

Mengingat kesuksesannya tersebut, “Ben-Hur” diproduksi ulang tetapi dinilai gagal oleh beberapa pengamat perfilman dunia. 

“Ben-Hur” merupakan film drama genre religi epik yang digarap oleh William Wyler untuk MGM. Bercerita tentang seorang bangsawan keturunan Yahudi yang terlibat balas dendam karena sempat dijadikan budak orang-orang Roma. 

Film Oscar terbaik ini juga kerap disebut sebagai remake film bisu di tahun 1925 berjudul sama yang diadaptasi dari novel karangan Lew Wallace di tahun 1880. 

Hingga kini, “Ben Hur” tetap dianggap film paling besar dan fenomenal yang pernah diproduksi dunia dan dimasukkan ke jajaran film-film pemenang Oscar terbaik. Bahkan, American Film Institute mengangkat film ini menjadi film terbaik ke-72 di tahun 1998. 

5. West Side Story (1961)

Tak banyak film pemenang Oscar bergenre musikal yang dibuat sekitar tahun 1960-an. Akan tetapi, “West Side Story” berhasil melakukannya dan berhasil menyabet hingga sepuluh piala dari berbagai nominasi. 

“West Side Story” merupakan film produksi Amerika yang digarap oleh sutradara ternama Steven Spielberg. 

Di tahun 2021, film ini kembali diproduksi lebih panjang yang dibintangi oleh Rachel Ziegler dan Ansel Elgort. 

Film Oscar terbaik ini menceritakan tentang kisah romantis antara Romeo dan Juliet tetapi dibalut musikalitas tinggi. 

Bisa dibilang pula, “West Side Story” adalah bentuk adaptasi dari pementasan seni Broadway yang mendunia. 

6. The Last Emperor (1987)

Daftar film pemenang Oscar terbanyak berikutnya adalah “The Last Emperor” yang merupakan film biografi hasil garapan sutradara Bertolucci. 

Film ini dibintangi John Lone, Peter O’Toole, Victor Wong, Ryuichi Sakamoto, Joan Chen, Dennis Dun, Vivian Wu, Ric Young, dan Chen Kaige. 

“The Last Emperor” bercerita tentang kekaisaran terakhir China yang dipegang oleh seorang anak berumur 10 tahun bernama Puyi. Film epik ini berhasil membawa pulang sembilan piala Oscar dari sembilan nominasi berbeda. 

7. The English Patient (1996)

Berhasil menyabet sembilan piala Oscar dari dua belas nominasi, termasuk diantaranya nominasi untuk penghargaan film terbaik. Jangan heran jika film ini masuk jajaran film pemenang Oscar terbanyak.

Film adaptasi yang diproduksi pada tahun 1996 ini diangkat dari novel karya Michael Ondaatje berjudul sama garapan sutradara Anthony Minghella. 

“The English Patient” mengangkat kisah romansa yang dikemas sempurna. Kisah tersebut terjadi antara seorang perawat yang bekerja menjadi relawan ketika perang dunia kedua dengan pasien asal Inggris. 

Percintaan keduanya terjalin hingga terjadi berbagai konflik pelik yang sayang untuk dilewatkan. 

8. Titanic (1997)

Bisa dipastikan, setiap penggemar film tahu betapa fenomenalnya film “Titanic”. Saking hebatnya, film ini sempat dikatakan sebagai film terbaik di abad 20. 

Berkat film satu ini pula, Leonardo Dicaprio dan juga Kate Winslet dikenal sebagai aktor ternama Hollywood. 

Titanic adalah film hasil arahan sutradara James Cameron di tahun 1997 yang berhasil masuk dalam daftar film pemenang Oscar terbanyak.

Pasalnya, “Titanic” mampu membawa pulang hingga sebelas piala Oscar dari berbagai macam kategori berdasarkan empat belas nominasi yang diberikan. 

Salah satu film Oscar terbaik ini merupakan film bergenre roman, epik, sekaligus bencana bagi Amerika Serikat yang bercerita tentang jalinan asmara Jack dan Rose. 

Keduanya memiliki status sosial berbeda yang tak sengaja terikat cinta di atas kapal megah bernama RMS Titanic. Namun nahas, kapal tersebut tenggelam akibat menabrak gunung es di tanggal 15 April 1992. 

Cameron sempat menyatakan bahwa, inspirasi membuat film “Titanic” ini berasal dari ketertarikannya terhadap bangkai RMS Titanic. 

Diketahui, produksi “Titanic” yang semakin menambah daftar panjang film-film pemenang Oscar ini dimulai sejak tahun 1995. 

Dalam sejarah perhelatan Academy Awards, “Titanic” dinominasikan untuk empat belas kategori berbeda dan berhasil menyabet sebelas di antaranya. Termasuk juga nominasi sutradara terbaik dan film terbaik. 

Tak heran jika kemudian film pemenang Oscar terbanyak ini dinobatkan pula sebagai salah satu film terlaris dan terbaik sepanjang sejarah selama 12 tahun. 

Namun akhirnya posisi itu tergeser oleh film “Avatar” yang juga disutradarai oleh James Cameron. 

9. La La Land (2016)

Persaingan mendapatkan nominasi Piala Oscar di abad 21 menjadi kian sengit. Namun itu semua seakan tak jadi masalah untuk film “La La Land” yang rilis di tahun 2016. 

Pasalnya, film yang dibintangi Ryan Gosling dan Emma Stone ini berhasil menyabet enam piala kemenangan dari empat belas nominasi. Inilah alasannya, mengapa film ini layak masuk jajaran film-film pemenang Oscar terbanyak.

Film komedi musikal garapan sutradara Damien Chazelle ini menceritakan tentang calon aktris dan musisi yang saling jatuh cinta di tengah gemerlap Los Angeles. 

“La La Land” termasuk salah satu film yang menuai banyak pujian dari para pengamat film dunia. Jadi tak salah jika film ini masuk dalam daftar film pemenang Oscar terbanyak yang wajib kamu saksikan. 

10. The Lord of The Ring: The Return of The King (2003)

Daftar film pemenang Oscar terbanyak berikutnya diisi oleh “The Lord of The Ring: The Return of The King”. Film ini adalah salah satu sekuel “The Lord of The Ring” yang diproduksi pada tahun 2003. 

Setidaknya hingga kini, “The Lord of The Ring” dikatakan sebagai franchise film terbaik sepanjang sejarah abad 21 karena memiliki kualitas yang luar biasa apik. 

“The Lord of The Rings: The Return of the King” merupakan salah satu dari sekian banyak film-film pemenang Oscar yang diadaptasi dari novel karya J.R.R. Tolkien. 

Film ini adalah lanjutan dari seri sebelumnya “The Lord of The Rings: The Two Towers” di mana, Gollum, Frodo, dan Sam tiba di ujung perjalanan mereka menuju Gunung Doom demi menghancurkan cincin milik Sauron. 

Menariknya, film yang meraih sebelas piala Oscar dari sebelas kategori berbeda ini jadi salah satu film penerima kritik terbanyak sekaligus film paling sukses menurut sejarah box office. 

Bukan itu saja, “The Lord of The Rings: The Return of The King” juga dikenal sebagai satu-satunya film bergenre fantasi yang memenangkan Academy Awards sebagai film terbaik. 

Tak cukup sampai di situ, daftar film pemenang Oscar ini pun jadi film kedua paling laris di dunia tepat setelah “Titanic” tanpa menghitung jumlah inflasi. 

Nah itu tadi deretan film pemenang Oscar terbanyak yang pernah ada di sepanjang sejarah perfilman dunia. Kira-kira kamu sudah nonton yang mana nih?

Catatan Editor

Lebih aman nonton film pemenang Oscar terbanyak dan terbaik melalui layanan streaming online legal, seperti Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play