10 Daftar Film Jim Carrey Terbaik dan Terlucu, Paling Ikonik Sepanjang Masa

184
Daftar film Jim Carrey terbaik dan terlucu

Daftar Film Jim Carrey Terbaik – Rasanya film Jim Carrey terlucu bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu selama liburan akhir tahun 2022.

Bagaimana tidak, aktor kawakan asal Kanada ini memiliki karier cukup panjang di industri hiburan dunia. 

Tak sedikit portofolionya yang dinilai mengesankan hingga dianggap sebagai aktor paling dihormati di sepanjang sejarah dunia perfilman internasional. 

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Film Jim Carrey terlucu ini diawali dengan karirnya bersama komedian hebat bernama Rodney Dangerfield. 

Hal tersebut dilakukannya sebelum benar-benar debut melalui serial TV klasik berjudul “In Living Color”. 

Profil Singkat Jim Carrey di Dunia Hiburan 

Jim Carrey memulai karier sebagai aktor pada tahun 1990-an. Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa filmnya yang sempat menggebrak dunia hiburan Amerika Serikat.

Bahkan, ada tiga daftar film yang mampu memecahkan rekor box office sekaligus. Di antaranya adalah “Ace Ventura: Pet Detective”, “Dumb and Dumber” dan “The Mask” dengan rata-rata keuntungan mencapai USD 250 juta. 

Setahun setelahnya, Jim Carrey kembali menorehkan prestasi beraktingnya melalui film berjudul “Batman Forever” sebelum akhirnya tampil di sekuel “Ace Ventura: When Nature Calls”. 

Namun sayang, sekuel film yang banyak dinantikan tersebut dinilai mengecewakan bagi sebagian penikmat film. 

Tak cukup sampai di situ, dirinya juga sempat memecahkan rekor sejarah sebagai aktor yang dibayar hingga USD 20 juta dalam film genre dark comedy berjudul “The Cable Guy”. 

Dimana film tersebut diproduksi langsung oleh aktor ternama Amerika lainnya yakni Ben Stiller. Ketika perhatian dunia tengah terpaku pada film “Titanic”, namanya justru semakin melambung. 

Apalagi ketika dia memerankan karakter pengacara yang tak bisa berbohong dalam film berjudul “Liar Liar” pada tahun 2017. 

Berkat aktingnya dalam film tersebut, pria unik ini berhasil membawa pulang piala sebagai aktor terbaik di ajang Golden Globe 1998. 

Berkat kemunculannya di film berjudul “The Truman Show” di tahun 1998, aktor satu ini kembali mendapatkan piala Golden Globe untuk kategori aktor utama drama. 

Saat itu, Carrey berhasil mengalahkan aktor terbaik lainnya, seperti Tom Hanks dan Ian McKellen. 

Dirinya juga turut memainkan peran lain sebagai Joel Barish yang diceritakan tengah patah hati dalam film berjudul “Eternal Sunshine of the Spotless Mind” di tahun 2004. 

Salah satu daftar film Jim Carrey inilah yang membuatnya berhasil menyabet nominasi BAFTA. Kemudian, dirinya juga muncul lagi di tahun 2000-an melalui beberapa judul film. 

Di antaranya adalah “I Love You Phillip Morris” pada tahun 2009 hingga memainkan karakter ikonik dalam film “Sonic the Hedgehog” sebagai Dr. Robotnik di tahun 2020. 

Tapi memang sulit dipungkiri bahwa tahun 1990-an merupakan masa kejayaan Jim Carrey sebagai aktor papan atas dunia. 

Daftar film Jim Carrey Terlucu dan Terbaik Sepanjang Masa

Berikut ini ada beberapa film Jim Carrey terbaik yang bisa kamu tonton bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan di waktu luang. 

1. Ace Ventura: Pet Detective (1994)

Meski menuai banyak kritik akibat lelucon transeksual masa modern, “Ace Ventura: Pet Detective” tetap jadi film Jim Carrey terlucu sekaligus bersejarah dalam industri perfilman Hollywood. 

Bahkan bisa dikatakan pula, saat itu adalah kali pertama Hollywood mendapat aktor kelas bawah yang sangat menjiwai perannya. Apalagi film ini digarap oleh sutradara ternama Tom Shadyac. 

Film ini berkisah tentang seorang investigator penyelamatan hewan asal Miami bernama Ace Ventura (Jim Carrey). 

Meski penerapan metodenya berhasil, tapi Ace jarang menerima tugas. Bahkan, eksentrisitasnya pun kerap jadi bahan olokan pihak kepolisian Miami. 

Jika ingin tahu kelanjutan serunya petualangan detektif Ace Ventura, jangan lupa nonton juga film sekuelnya. Yakni “Ace Ventura: When Nature Calls” (1995) dan “Ace Ventura Jr.” (2009).

2. The Mask (1994)

Di tahun yang sama setelah kemunculan dan kehebohan “Ace Ventura”, film Jim Carrey terbaik lainnya dirilis. Film tersebut berjudul “The Mask” hasil arahan sutradara Chuck Russell. 

“The Mask” merupakan film komedi slapstick yang mengisahkan pahlawan super hasil adaptasi serial komik produksi Dark Horse Comics. 

Selain Carrey, banyak aktor dan aktris lain yang membintangi film tersebut, seperti Cameron Diaz, Peter Riegert, Peter Greene, Ben Stein, dan Amy Yasbeck. 

“The Mask” berkisah tentang seorang laki-laki bernama Stanley Ipkiss (Jim Carrey) yang tak sengaja menemukan sebuah topeng Loki hingga mengubahnya menjadi sosok The Mask. 

Berkat film ini pula, dirinya mendapatkan nominasi di dalam ajang Golden Globe sebagai aktor komedi terbaik. 

3. Dumb and Dumber (1994)

Siapa sangka, berkat kesuksesan film Jim Carrey satu ini, sang aktor mendapat bayaran mencapai USD 32 juta setelah dua tahun penayangannya. 

Bisa dikatakan, “Dumb and Dumber” yang digarap oleh sutradara Peter dan Bobby Farrelly ini merupakan film terbaik yang pernah dibintangi Carrey. 

Bersama Jeff Daniels, dirinha seakan sedang membuat keajaiban tontonan drama komedi klasik yang tiada habisnya. 

Sesuai dengan judulnya, “Dumb and Dumber” bercerita tentang dua sahabat yang berpikiran sempit sekaligus kekanak-kanakan. Namun setiap tingkah mereka justru menciptakan hiburan paling kocak. 

4. The Cable Guy (1996)

Film hasil arahan sutradara Ben Stiller ini menjadi salah satu dalam daftar film Jim Carrey terbaik yang sayang jika dilewatkan. 

Berkisah tentang Ernie Douglas yang sering dipanggil “Chip”, seorang pria dengan sejuta rahasia kelam meski dikenal sebagai sosok yang teramat ramah. 

Namun sayangnya, ia menerima bayaran yang tidak terlalu besar dari film ini hanya karena “The Cable Guy” dinilai terlalu suram sekaligus rumit. 

Banyak orang yang menyayangkan karena mengingat saat itu Carrey telah dikenal sebagai aktor dalam berbagai film komedi konyol dan kocak. 

5. Liar Liar (1997)

Bisa dibilang, komedi merupakan genre film yang sebenarnya paling banyak diabaikan bahkan diremehkan dalam industri perfilman dunia. 

Akan tetapi, karakter yang digambarkan sebagai seorang pengacara sekaligus ayah yang gagal merupakan satu dari sekian banyak penampilan terbaik Carrey. 

Peran ini bisa kamu saksikan dalam film Jim Carrey terbaik berjudul “Liar Liar” yang rilis pada tahun 1997 silam. 

“Liar Liar” merupakan film garapan sutradara Tom Shadyac yang bercerita tentang Fletcher Reede seorang pengacara hebat di Los Angeles.

Meski begitu, ia kerap mengecewakan putra semata wayangnya, Max Reede. 

Puncak kekesalan Max terjadi di hari ulang tahunnya ketika Fletcher gagal hadir di sampingnya. Max mengucapkan satu doa di mana Fletcher tak lagi bisa berbohong kepada siapapun. 

6. The Truman Show (1998)

Satu lagi film Jim Carrey terbaik yang tak boleh dilewatkan, yaitu “Truman Show”. Film bergenre drama komedi asal Amerika Serikat ini digarap langsung oleh sutradara Peter Weir di tahun 1998. 

Film “The Truman Show” ini juga dibintangi banyak aktor dan aktris ternama. Di antaranya seperti Noah Emmerich, Holland Taylor, Paul Giamatti, Ed Harris, Laura Linney, dan Natascha McElhone. 

Film Jim Carrey ini bercerita tentang Truman Burbank yang memiliki hidup sempurna bersama Meryl Burbank, sang istri. 

Bukan hanya berkecukupan, keduanya juga memiliki banyak teman karena ramah dan periang. Akan tetapi, di balik itu semua, Truman ternyata menyimpan begitu banyak trauma masa lalu. 

7. Man of the Moon (1999)

Film Jim Carrey berikutnya berjudul “Man of The Moon” yang merupakan komedi drama biografi tentang Andy Kaufman, seorang entertainer asal Amerika Serikat. 

Film yang dirilis pada tahun 1999 ini disutradarai Milos Forman yang turut dibintangi pula oleh Courtney Love, Danny DeVito, dan juga Paul Giamatti. 

Kisah “Man of The Moon” terfokus pada kehidupan Kauffman dari masa kecil hingga dewasa melalui beberapa klub komedi dan penampilan acara TV yang melambungkan namanya. 

Salah satu film Jim Carrey terlucu ini juga menyelipkan banyak sekali lelucon, penipuan, hingga kejadian yang akhirnya membuat Kauffman semakin populer. 

Kendati dinilai tidak berhasil dari sisi komersial, “Man of The Moon” mendapat berbagai tinjauan. Bahkan, dirinya menuai pujian kritis berkat penampilannya hingga memenangkan piala Golden Globe. 

8. Bruce Almighty (2003)

Selanjutnya adalah film Jim Carrey terlucu berjudul “Bruce Almighty”. Tentu saja, film ini pun memiliki genre komedi yang menunjukkan betapa cemerlang aktingnya. 

Bukan itu saja, “Bruce Almighty” kaya akan adegan fisik, seperti halnya “Ace Ventura”. 

Dalam film ini, Carrey memiliki kemampuan untuk membelah sup yang ada di dalam mangkuk, menarik bulan, hingga membuat Steve Carell kehilangan kemampuan bicara. 

Meski terdapat beberapa aspek spiritualisme, nyatanya hal tersebut tak mampu mengurangi fleksibilitasnya dalam menampilkan komedi terlucu dan terbaiknya. 

9. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Berikutnya, daftar film Jim Carrey yang jadi tontonan wajib adalah “Eternal Sunshine of The Spotless Mind”. 

Film yang rilis pada tahun 2004 silam ini dibintangi juga oleh Kate Winslet dan berkisah tentang hubungan romantis modern yang digarap oleh sutradara Michel Gondry. 

Sang sutradara memiliki kemampuan hebat membawa sosok Carrey dalam momen sinematik yang cukup indah dan beralur. 

“Eternal Sunshine of The Spotless Mind” bercerita tentang seorang pria pemalu sekaligus lembut bernama Joel Barish.

Ia sedang memulai hubungannya bersama Clementine Kruczynski. Namun siapa sangka, tanpa disadari ternyata mereka adalah mantan kekasih yang sengaja dihapus ingatannya. 

10. I Love You, Philip Morris (2009)

Banyak orang mengatakan, “I Love You Phillip Morris” merupakan film terakhir yang kemungkinan besar bisa membawa nama Jim Carrey kembali menyabet piala Oscar. 

Dalam film Jim Carrey ini, dia memerankan seorang penipu homoseksual yang pada akhirnya jatuh cinta kepada Philip (Ewan McGregor). 

Demikian tadi daftar film Jim Carrey terbaik yang menarik buat ditonton saat sedang libur akhir pekan atau bersantai di rumah. 

Dari semua film Jim Carrey terlucu dan terbaik di atas, kira-kira mana yang paling bikin penasaran buat ditonton pertama kali? 

Jangan lupa, share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Catatan Editor

Agar lebih puas nonton daftar film Jim Carrey terbaik yang banyak dipuji aksi konyolnya, ada banyak layanan streaming online legal kesayangan yang bisa digunakan, dari Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Catchplay, iFlix dan banyak lagi.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play