10 Daftar Film Tentang Pesawat, dari Pembajakan Pesawat Hingga Kecelakaan!

1174
Film tentang pesawat, dari film pembajakan film, film kecelakaan pesawat

Film tentang pesawat selalu hadir dengan kisahnya yang epik, membuat penonton larut dalam ketegangan dan emosi yang diciptakan. Apalagi jika membahas film pesawat jatuh, pembajakan pesawat maupun kecelakaan pesawat lainnya.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Meski kadang tampak dilebih-lebihkan, namun banyak dari deretan film tentang pembajakan pesawat, maupun kecelakaan pesawat yang diangkat dari kisah nyata.

Dari film aksi heroik hingga dokumenter, berikut ini rekomendasi film tentang pesawat yang punya alur cerita yang seru dan bisa sekaligus menambah wawasan tentang dunia penerbangan.

Daftar Film Tentang Pesawat, Pembajakan Pesawat hingga Pesawat Jatuh 

1. Downfall: The Cast Against Boeing (2022)

Masih ingatkah kamu dengan kecelakaan Lion Air JT 610 Indonesia di tahun 2018? Film kecelakaan pesawat yang dibuat dengan format dokumenter ini mencoba menggali apa yang sebenarnya menjadi penyebab utamanya. 

Dalam film pesawat jatuh dokumenter garapan sutradara Rory Kennedy tayang eksklusif di Netflix. 

Ada banyak hal yang coba diungkap melalui film, dari bagaimana perusahaan pembuat pesawat tidak bertanggung jawab secara penuh, namun justru melempar kesalahan pada pilot dan kru pesawat. 

Nonton film tentang pesawat ini bakal membuka mata dan pikiran tentang apa yang sebenarnya terjadi dibalik jatuhnya Lion Air JT 610 yang menewaskan seluruh kru dan penumpang.

Skala kecelakaan membuat peristiwa tersebut menjadi perhatian publik secara global. Semuanya dipertanyakan, termasuk karakter pilot Bhavya Suneja yang beberapa jam mengemasi pesawat.

2. The Captain (2019)

Film tentang pesawat berikutnya ini juga diadaptasi dari kisah nyata kecelakaan pesawat paling mengerikan yang menimpa Sichuan Airlines dengan nomor penerbangan 8633 tahun 2018 lalu.

Seperti biasa Kapten Liu mempersiapkan diri untuk rute penerbangan berikutnya dengan kedua rekan pilotnya. 

Semuanya tampak baik-baik saja awalnya, namun di masalah mulai muncul saat pesawat berada di ketinggian 32.000 kaki.

Turbulensi hebat mengakibatkan kerusakan cukup parah di beberapa bagian pesawat, termasuk pecahnya kaca jendela depan yang memukau co-pilot.

Tak sampai disitu, radio ke pemancar terdekat pun tidak terhubung dan penerbangan mereka hilang dari radar saat berada di atas dataran tinggi Tibet. 

Kini harapan penumpang satu-satunya hanya pada kapten Liu sebagai pilot utama pesawat. Akankah, sang pilot mampu membawa seluruh penumpangnya selamat sampai tujuan?  Simak kisah selengkapnya di layanan streaming online kesayangan ya.

3. Aftermath (2017)

Film kecelakaan pesawat selanjutnya ada “Aftermath” yang mengusung genre drama thriller dan dibintangi aktor kawakan, Arnold Schwarzenegger. 

Terinspirasi dari kisah nyata kecelakaan pesawat antara Bashkirian Tupolev Tu-154M dan pesawat DHL. 

Film kecelakaan pesawat ini menggambarkan bagaimana keluarga dari penumpang pesawat jatuh yang berharap bisa bertemu dengan keluarganya kembali. 

Film ini bermula ketika Roman yang hendak menjemput istri dan anak-anaknya di bandara. Namun bukan berita baik yang diterimanya, tapi kemungkinan bahwa keluarganya turut menjadi korban dalam kecelakaan pesawat.

Roman yang tidak terima mencoba mencari tahu penyebab dibalik kecelakaan pesawat yang dinaiki istrinya.

4. Sully (2016)  

Film pesawat jatuh satu ini bercerita tentang Kapten Sully yang melakukan pendaratan darurat ke Sungai Hudson saat mengemudikan pesawat US Airways dengan nomor penerbangan 1549. 

Pendaratan terpaksa dilakukan karena pesawat tanpa sengaja menabrak burung. Pesawat yang membawa 155 penumpang tersebut berhasil melakukan pendaratan darurat.

Namun, sayangnya saat dilakukan penyelidikan, hal tersebut dianggap sebagai tindakan yang bisa membahayakan keselamatan penumpang.

5. Flight (2012) 

Film pembajakan pesawat yang satu ini berjudul “Flight” bercerita tentang seorang pilot yang menjadi pecandu alkohol bernama Whip Whitaker. 

Whip menghabiskan waktunya setiap hari minum alkohol, hal ini dilakukannya karena stres saat menghadapi perceraian dengan istrinya. 

Suatu ketika, pesawat yang dikemudikan Whip mengalami kesalahan dan harus dilakukan pendaratan darurat.

Pendaratan darurat berhasil dilakukan meski banyak yang terluka dan tidak selamat. Ketika bangun, Whip dan beberapa kru pesawat sudah berada di rumah sakit.

Awalnya, Whip dipuji banyak orang karena upayanya dalam melakukan penyelamatan terhadap pesawat dan penumpang.

Namun, semuanya berubah ketika kasus kecelakaan pesawat tersebut mulai diusut oleh NTSB (National Transportation Safety Board).

Dimana sebagai pilot pesawat, hasil tes menunjukkan bahwa Whip seorang pecandu alkohol dan positif narkoba. 

Kini Whip harus menghadapi tuntutan hukum atas kelalaiannya dengan ancaman hukuman hingga 12 tahun penjara.

6. Snakes On Plane (2006) 

Seorang agen FBI terjebak dalam pesawat yang penuh dengan ular berbisa yang mematikan dan mungkin bisa menyebabkan bencana bagi semua orang di pesawat. 

Kekacauan pecah dan tidak dapat dikendalikan akibat serangan ular berbisa yang masuk ke kabin pesawat mengakibatkan pilot dan co-pilot tewas akibat serangan ular tersebut.

Ternyata ular-ular tersebut sengaja dibawa masuk ke pesawat, bertujuan untuk membunuh seorang saksi kasus kejahatan kepala mafia yang sedang dalam perjalanan ke Los Angeles. 

Selama perjalanan, selain mencoba melakukan aksi penyelamatan dengan mencoba mengendalikan pesawat, agen FBI juga berusaha agar terhindar dari serangan ular berbisa. 

Film tentang pesawat karya sutradara David R. Ellis ini dibintangi oleh Samuel L. Jackson. 

7. Passengers (2008)

Selanjutnya ada “Passengers”, film kecelakaan pesawat yang dimainkan oleh Anne Hathaway yang tak kalah seru dan wajib ditonton. 

Di film pesawat jatuh, Anne Hathaway berperan sebagai Claire Summers, psikiater yang tengah menangani lima korban dari kecelakaan pesawat. Claire membantu mereka semua bangkit dari rasa sakit dan trauma.

Pasalnya, penyebab kecelakaan pesawat masih menjadi teka-teki. Bahkan, para korban tak bersepakat terkait penyebab pesawat mengalami kecelakaan. 

Apakah terjadi ledakan pada pesawat sebelum akhirnya jatuh atau justru sebaliknya. Bukan hanya itu, korban satu persatu juga menghilang saat masih masa terapi dengan Claire. Apakah yang sudah terjadi sebenarnya?

8. United 93 (2006) 

Selanjutnya rekomendasi film tentang kecelakaan pesawat yang wajib masuk daftar tontonan akhir pekan ada “United 93”. 

Film yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan tentang jatuhnya pesawat United Airlines dengan rute Penerbangan 93 pada 11 September 2001 akibat pembajakan pesawat.

“United 93” merupakan film pembajakan pesawat yang dibuat dengan format dokumenter bertema sejarah karya sutradara Paul Greengrass. Dibintangi oleh David Alan Basche, Olivia Thirlby, Starla Benford dan pemeran pendukung lainnya.

Dikisahkan, empat pemuda yang diketahui berasal dari Arab sedang menyiapkan diri untuk misi pembajakan pesawat. Rencananya, pesawat akan diarahkan ke Menara Kembar WTC.

Penumpang yang sigap dan tanggap akan gerak-gerik keempat pemuda tersebut pun bekerja sama dan melakukan perlawanan menggagalkan pembajakan pesawat. Hingga akhirnya, pesawat tersebut pun jatuh di kawasan Pennsylvania, AS.

9. Red Eyes (2005) 

Film tentang pesawat selanjutnya yang tak boleh terlewat ada “Red Eyes” yang dibintangi oleh si cantik Rachel McAdams.

“Red Eyes” bercerita tentang upaya pembunuhan pejabat penting Amerika Serikat yang digagalkan oleh seorang manajer senior hotel.

Lisa Reisert, seorang manajer hotel, suatu ketika akan menghadiri pemakaman sang nenek. Namun, keberangkatannya harus tertunda karena pesawat yang delay.

Selama menunggu, Lisa berkenalan dengans Osok pria yang ramah bernama Jackson. Tak disangka, ternyata tempat duduk Lisa bersebelahan dengan Jackson.

Tak diduga, Jackson mengaku sebagai pembunuh bayaran yang menargetkan Menteri Keamanan Amerika Serikat, Charles Keefe. Jackson meminta Lisa untuk memindahkan kamar Keefe agar misinya lebih mudah.

Saat ingin menolak, Jackson mengancam akan menghabisi ayah Lisa. Masih di pesawat, Lisa mencoba meminta bantuan pada kru pesawat bahwa orang di sampingnya mengancamnya dan ingin membunuh Menteri Keamanan.

Namun, tak ada satupun yang mempercayai ucapannya. Dalam kondisi terpaksa, Lisa akhirnya menyetujui permintaan Jackson terkait pemindahan kamar Keefe. 

Akankah, Lisa bisa mencari bantuan untuk menyelamatkan sang menteri dan juga ayahnya? 

10. Alive (1993)

Film tentang kecelakaan pesawat jatuh selanjutnya berjudul “Alive” yang diangkat dari tragedi memilukan yang terjadi pada tahun 1972 silam. 

Dimana, sebuah pesawat yang mengangkut pemain Rugby asal Uruguay kecelakaan di Andes. Setidaknya, 29 penumpang selamat dari insiden pesawat jatuh tersebut, sementara 16 lainnya selamat. 

“Alive” menceritakan dengan detail bagaimana kengerian sebuah kecelakaan pesawat dan bagaimana penumpang selamat harus berjuang sekali lagi untuk hidup. 

Bahkan, agar bisa bertahan hidup, sebagian penumpang terpaksa memakan mayat dari teman-temannya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi film tentang pesawat yang punya alur cerita seru dan menegangkan. Bukan hanya soal film pesawat jatuh saja, tapi juga film pembajakan pesawat hingga kecelakaan pesawat yang digambarkan secara detail.

Mana nih, menurutmu film tentang pesawat yang paling seru dan bakal ditonton pertama kali? Jangan sungkan, yuk, share pendapat kamu tentang film pembajakan pesawat atau semua film tentang pesawat yang kamu suka di kolom komentar, ya!

 

Catatan Editor

Makin puas, nonton film tentang pesawat di layanan streaming online legal, seperti Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix, Prime Video dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play