5+ Cara Melacak iPhone yang Hilang, Mudah dan Cepat!

96
Cara melacak iPhone hilang

Cara melacak iphone yang hilang bisa jadi hal yang cukup membingungkan, terutama jika kamu pengguna baru. Namun, sebetulnya cara melacak hp iPhone yang hilang bisa lebih efektif ketika kamu tahu cara lacak iPhone. 

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Kehilangan iPhone tentu saja akan jadi hal sangat tidak diinginkan, bukan? Apalagi jika iPhone tersebut masih baru dan berisi file-file yang penting.

iPhone yang hilang biasanya jarang kembali, apalagi jika smartphone tersebut sudah berpindah tangan atau ditemukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dari segi keamanan dan privasi, iPhone memiliki sistem yang berbeda dengan smartphone Android. 

Jadi, jika iPhone milikmu hilang kamu bisa mengakalinya dengan berbagai cara. Nah, ini dia cara melacak iPhone hilang yang bisa kamu jadikan referensi:

Cara Melacak iPhone Hilang dengan Fitur “Find My Device”

Langkah pertama, dalam cara mencari iPhone hilang adalah dengan melacak keberadaan perangkat tersebut dengan fitur “Find My iPhone” yang ada.

Sebagai langkah antisipatif, kamu wajib mengaktifkan fitur ini. Jadi, ketika iPhone milikmu hilang atau terselip entah kemana, kamu bisa segera melacaknya dengan menggunakan fitur ini.

Selain itu, fitur Find My iPhone ini juga memungkinkan pemiliknya untuk mendapatkan lokasi ponsel yang hilang tersebut secara akurat melalui ponsel milik orang lain. Misalnya, teman, pacar maupun keluarga. Berikut ini cara melacak Iphone yang hilang menggunakan Find My Device:

  1. Gunakan perangkat iPhone lain, lalu bukalah fitur “Find My iPhone” yang ada di menu pengaturan.
  2. Atau, kamu juga bisa mengaksesnya lewat device lain dengan mengunjungi situs https://www.icloud.com/find 
  3. Login dengan menggunakan Apple ID yang terdaftar di iPhonemu yang hilang. Pastikan kamu mengingat Apple ID untuk lacak iPhonemu yang hilang.
  4. Pilih perangkat iPhone yang hilang. Jika iPhone tersebut dalam kondisi menyala, lokasi iPhone yang real time akan terdeteksi di peta.
  5. Jika kondisi iPhone tersebut mati, kamu bisa mendapatkan posisi/lokasi terakhir iPhone tersebut.
  6. Jika ternyata lokasinya dekat, kamu bisa klik fitur “Play Sound” agar iPhone tersebut mengeluarkan suara dan kamu bisa melacaknya.
  7. Jika iPhone tersebut posisinya jauh dari lokasimu. Klik “Lost Mode” untuk mengaktifkan mode hilang.

Lost Mode ini akan mengunci layar iPhone tersebut sehingga tidak dapat dibuka dan diapa-apakan. Layar tersebut hanya akan menampilkan nomor telepon dan pesan khusus yang dapat kamu input di menu Find My Iphone.

Jika kamu sudah benar-benar yakin kalau iPhone hilangmu tidak akan kembali. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan data yang tersimpan di ponsel adalah klik opsi “Erase iPhone”.

Dengan begitu, semua data yang ada dalam iPhone tersebut akan hilang. Kamu juga tidak bisa lagi menggunakan fitur Find My iPhone.

Namun, sebelum menggunakan opsi “Erase iPhone” pastikan kamu benar-benar sudah mengikhlaskan iPhone tersebut ya. Karena peluang ponsel dapat ditemukan 50:50, apalagi jika hilangnya di luar rumah, tempat atau fasilitas umum.

Namun, cara melacak Iphone hilang menggunakan Find My Iphone tetap sangat perlu dicoba karena kamu bisa langsung tahu posisi iPhone milikmu berada.

Setidaknya, kamu bisa mengetahui posisinya tepatnya dimana. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, pastikan untuk mengaktifkan fitur “Find My iPhone” terlebih dahulu. Sebagaimana berikut beberapa langkahnya:

  • Buka ponsel iPhone dan masuk ke menu pengaturan.
  • Klik tombol Apple ID, sebelum itu pastikan sudah login.
  • Klik opsi pilihan Find My iPhone
  • Klik tombol Find My iPhone
  • Tap pada posisi “ON”
  • Di opsi “Send Last Location” geser posisi aktif. Agar perangkat iPhone dapat memberitahukan lokasinya ke situs Apple saat baterai perangkat semakin melemah (sebelum akhirnya mati)

Di tahap ini, fitur Find My iPhone yang ada di ponsel kamu sudah diaktifkan dan dapat digunakan ketika sedang lupa meletakkan iPhone maupun saat dalam situasi darurat.

Cara Melacak iPhone Hilang Tanpa Find My iPhone

Cara melacak iPhone hilang satu ini bisa kamu lakukan jika kamu lupa atau tidak mengaktifkan fitur Find My iPhone dan kebetulan juga lupa Apple ID iPhone milikmu.

Cara melacak hp iPhone yang hilang ini mungkin tidak memberikan jaminan akan membuat ponsel iPhone kembali sepenuhnya. Tapi, setidaknya kamu bisa memperbesar peluang untuk melacak iPhone milikmu.

Dengan begitu kamu bisa mencegah agar data pribadimu tidak disalahgunakan. Siapa tahu nih, orang yang menemukan ponselmu bersedia mengembalikannya padamu.

Berikut ini ada beberapa cara melacak hp iPhone yang hilang tanpa Find My Device yang bisa kamu jadikan alternatif:

1. Cara Melacak iPhone Hilang dengan Telepon

Cara melacak hp iPhone yang hilang ini merupakan langkah dasar yang pertama kali dilakukan seseorang ketika kehilangan iPhone.

Pastikan untuk mengingat nomor telepon yang ada di unit ponsel yang hilang tersebut. Lalu, dengan menggunakan ponsel lain kamu bisa segera menelponnya untuk memastikan keberadaannya.

Pastikan juga ponsel nada dering ponsel tersebut menyala alias tidak dalam mode silent, ya. Jika berada di tempat yang ruang lingkupnya terbatas, kamu bisa lacak iPhone dengan mendengarkan dimana nada deringnya terdengar.

Siapa tahu nih, iPhone milikmu hanya terselip di suatu tempat di sekitar kamu. Tapi, jika ponsel tersebut hilangnya di tempat umum yang areanya luas, atau bahkan kamu tak ingat dimana posisi persisnya terakhir kali.

Maka, cara mencari iPhone yang hilang ini tidak akan ada gunanya. Semoga saja ada orang lain yang menemukan, mengangkat panggilanmu, dan mau mengembalikan iPhone tersebut.

2. Ganti Password Account

Cara mencari iPhone hilang tanpa Find My device selanjutnya adalah mengganti password akun Apple milikmu. Bukan hanya password Apple ID saja, tapi juga seluruh password yang digunakan aplikasi di iPhone tersebut.

Mulai dari email, M-Banking, dan akun-akun sosial media lainnya. Hal ini merupakan langkah antisipatif agar tidak ada orang asing yang bisa mengaksesnya.

2. Cara Mencari iPhone Hilang dengan Posting Kehilangan di Media Sosial

Cara mencari iPhone hilang satu ini cukup populer untuk dilakukan. Dengan memposting kehilangan ini, kamu akan dapat informasi tambahan.

Kamu juga bisa menjangkau dan menginformasikan pada lebih banyak orang mengenai kehilanganmu ini.

Kalau kamu beruntung, mungkin salah satu audience di medsos mengetahui keberadaan iPhonemu dan menginformasikannya padamu.

Minta juga bantuan dari akun-akun medsos umum yang jumlah followersnya banyak untuk memposting berita kehilangan tersebut.

Untuk media sosial yang bisa kamu gunakan juga beragam. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan sejenisnya.

3. Lacak iPhone dengan Menghubungi Operator

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara melacak iPhone hilang seorang diri. Cobalah hubungi Apple Care dan minta bantuan operator untuk melacak lokasinya.

Kamu juga bisa meminta bantuan operator untuk menghapus data iPhonemu jika kamu yakin unit tersebut tidak akan kembali.

Operator mungkin akan mengkonfirmasi beberapa data untuk memastikan kamu adalah pemilik yang sah.

5. Lapor Polisi

Cara mencari iPhone hilang yang terakhir adalah dengan membuat pengaduan kehilangan di kepolisian setempat. Dengan begitu, akan ada catatan seputar kehilangan ponsel tersebut di kantor kepolisian.

Jika iPhone tersebut digunakan untuk hal-hal ilegal atau kriminal, setidaknya Surat Kehilangan yang dikeluarkan oleh pihak berwenang tersebut akan jadi bukti bahwa bukan kamu pelakunya.

Kamu bisa membuat surat kehilangan ini di kantor polisi dimana iPhonemu hilang. Sertakan juga nomor IMEI iPhone tersebut untuk memudahkan polisi dalam lacak iPhone tersebut. Jika sewaktu-waktu ponsel tersebut dijual atau disalahgunakan.

Akhir kata 

Itulah beberapa cara mencari iPhone yang hilang atau melacak hp iPhone yang hilang untuk dijadikan sebagai referensi. Mulai dari menelepon ponsel iPhone yang hilang tersebut, menggunakan fitur Find My Iphone, membuat postingan kehilangan di media sosial, melapor pada pihak yang berwenang, hingga meminta bantuan operator.

Cara di atas mungkin tidak dapat menjamin 100 persen kalau iPhone milikmu bisa kembali lagi. Tapi setidaknya, kamu bisa mengamankan data dan mencegah kerugian lebih besar di masa mendatang.

Jika iPhonemu dilindungi oleh AppleCare+, maka kamu bisa mengajukan klaim atas pencurian dan kehilangan unit ponsel. Jika di-acc, kamu akan mendapatkan ganti unit iPhone baru.

Diantara cara lacak iPhone hilang di atas, menggunakan fitur Find My iPhone jadi solusi terbaik yang paling menjanjikan.

Sebagai langkah antisipatif, pastikan kamu mengaktifkan fitur ini ya! 

Catatan Editor

Jangan lupa agar cara melacak iPhone hilang lebih aman dan private, pastikan untuk selalu menjaga koneksi jaringan internet yang digunakan dengan aplikasi VPN terbaik, salah satunya Moove VPN.

Bukan hanya terjaga privasi dan keamanan data pribadi saat menjelajah internet, tapi jaringan yang digunakan pun juga menjadi lebih stabil, lancar dan lebih cepat.

Bahkan kamu juga bisa membuka situs diblokir akibat batasan geografis wilayah, lho. Aplikasi VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni ini bisa digunakan dengan mudah dan 100% gratis, lho.

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitasmu di internet dengan Moove VPN sekarang juga!

Google Play