Musik Bisa Hilangkan Rasa Sakit Hati? – Musik sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Tidak ada manusia yang tidak suka mendengar musik. Setidaknya seseorang punya satu lagu favorit, satu genre musik favorit, satu penyanyi atau band favorit, bahkan satu album favorit. Sadar atau tidak, musik bukan saja bisa membantu kita untuk mendalami perasaan kita tentang hal tertentu.

Kebanyakan orang suka mendengar lagu-lagu yang agak nge-beat ketika mereka sedang bersemangat. Sebaliknya, banyak juga orang yang mendengarkan lagu-lagu mellow ketika mereka sedang galau atau hendak tidur. Berbicara tentang galau, atau yang biasanya timbul karena rasa sakit hati maka tentu Anda berpikir tentang bagaimana caranya untuk hilangkan rasa sakit hati.

Ternyata musik bisa hilangkan rasa sakit hati, setidaknya itulah kata psikolog dan art therapist yang bernama Monty Setyadarma. Psikolog asal Tanah Air ini punya cara yang lebih baik dan lebih masuk akal untuk hilangkan rasa sakit hati. Ya, caranya adalah dengan mendengarkan musik. Ia mengatakan bahwa sebaiknya seseorang yang sedang memiliki rasa sakit hati akan hal tertentu atau kejadian tertentu sebaiknya mendengarkan musik secara abstrak sesuai tingkatan rasa sakit hatinya.

BACA JUGA:  Cokelat Bagus Untuk Diet

Musik bisa membantu pemulihan mental seseorang yang sedang merasakan sakit hati, dengan kata lain, musik bisa membantu seseorang untuk hilangkan rasa sakit hati. Dalam hal ini, manfaatkanlah musik klasik untuk hilangkan rasa sakit hati. Mengapa harus musik klasik? Menurut beliau musik klasik bisa menghasilkan getaran udara harmonis yang kemudian ditangkap oleh organ pendengaran, dan disampaikan ke susunan saraf pusat sehingga mampu menimbulkan kesan tertentu dalam diri.

Beliau juga mengatakan bahwa musik bukanlah bunyi semata tetapi bagian dari integrasi dari beragam sumber bunyi yang memiliki warna nada, irama, intonasi, dan tentu saja harmoni. Bila rangsangan itu terintegrasi dan bersifat harmonis maka sel penerima dalam tubuh akan menginterpretasikannya dalam bentuk yang harmonis pula.

Anda juga bisa menggunakan genre musik lain untuk membantu Anda menghilangkan rasa sakit hati. Dengarkan musik favorit Anda ketika sedang galau, asal yang bisa membuat Anda menjadi benar-benar lega dan tenang. Jadi, tertarik menggunakan musik untuk menghilangkan rasa sakit hati? Selamat mencoba.

BACA JUGA:  Suara Bisa Berubah Ketika Jatuh Cinta?

 

Sumber: MindTalk

TINGGALKAN KOMENTAR