Cara Menghindari Copy-Paste Blog Tanpa Sumber – Menghindari Copy-Paste blog tanpa sumber merupakan salah satu bentuk dari plagiarisme. Plagiarisme merupakan musuh di dunia hak kekayaan intelektual, terutama di dunia tulisan. Di dunia tulisan, ternyata tidak hanya yang berbasis pada akademis saja yang sering terkena serangan plagiarisme, di dunia blogging juga.

Banyak sekali plagiarisme yang terjadi di dunia blogging. Plagiarisme disini mengacu bukan pada setiap tulisan yang dicopy-paste, namun hanya mengacu pada mengambil seluruh atau sebagian ide tulisan orang lain dan menyertakannya di dalam karya tulisnya tanpa menyertakan sumber darimana ia mendapatkan tulisan tersebut. Sangat menyebalkan, bukan?

Nah dengan demikian, bagaimana cara menghindari copy-paste tulisan kita di dalam blog dan dijiplak ke dalam tulisan orang lain tanpa sumber yang disertakan di dalam tulisan orang lain tersebut?

1. Pertama, silahkan buka situs Tynt. Tynt merupakan sebuah situs yang berperan sebagai pihak ketiga dalam tutorial kali ini.

2. Setelah itu langsung saja buat akun baru yang berisi URL blog Anda (yang ingin Anda jadikan objek dalam tutorial kali ini), password, dan sebagainya. Isi semua data dengan benar.

BACA JUGA:  Memahami Google Pagerank Setelah Update Google Pagerank Desember 2013

3. Setelah akun Anda jadi, Anda tidak perlu verifikasi keanggotaan. Anda akan langsung diarahkan menuju kode yang harus Anda terapkan di blog Anda.

4. Di bagian tab di atas kode tersebut, ada Basic Website, Blogspot, Joomla, WordPress, hingga Tumblr. Silahkan pilih apa tipe blog yang Anda gunakan. Klik tab WordPress jika blog Anda berbasis WordPress dan sebagainya, nah nanti disitu Anda akan diberitahu panduannya.

5. Secara umum, Anda harus menempatkan kode yang Anda dapatkan tadi sebelum tag </head> atau semacamnya di blog Anda.

Untuk memperjelasnya, saya akan buat masing-masing tutorial bagi Anda yang masih bingung.

WordPress:

* Bagi blog Anda yang berbasis WordPress.com (blog gratisan), Anda masih belum dapat menggunakan jasa Tynt ini di blog Anda.

** Jika blog Anda dibuat berplatform WordPress yang memiliki hosting dan domain sendiri, maka Anda cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Silahkan masuk ke bagian Dashboard blog WordPress Anda.

2. Klik Appearance => Editor => Header.php

3. Cari tag </head> atau silahkan klik Ctrl + F dan copy-paste tag tersebut.

BACA JUGA:  Cara Memasang Kotak Facebook Fan Page

4. Setelah Anda membuat akun tadi, Anda sudah diberikan kode untuk diaplikasikan di blog Anda. Copy kode itu dan paste tepat sebelum tag </head> tersebut. Klik Update File. Selesai!

Itulah cara Menghindari Copy-Paste Blog di WordPress.

Blogspot

1. Masuk ke bagian Dashboard blog Anda dan pilih Layout.

2. Di bagian Layout, pilih Edit HTML. Cari tag </head> atau tekan Ctrl + F dan copy-paste </head> untuk mempercepat pencariannya.

3. Setelah Anda membuat akun di Tynt tadi Anda sudah diberikan kode untuk diaplikasikan di dalam blog Anda. Nah copy kode tersebut dan paste tepat sebelum kode </head> tadi. Setelah itu klik Save Template. Beres!

Itulah cara Menghindari Copy-Paste Blog di Blogspot.

Tumblr

1. Masuk ke akun Tumblr Anda dan pilih blog yang ingin Anda terapkan jasa Tynt di dalamnya.

2. Klik Customize Theme di sebelah kanan lalu pilih Edit HTML. Setelah itu cari tag </head> atau tekan Ctrl + F dan copy-paste </head> untuk mempercepat pencariannya.

3. Setelah Anda membuat akun di Tynt tadi Anda sudah diberikan kode untuk diaplikasikan di dalam blog Anda. Nah copy kode tersebut dan paste tepat sebelum kode </head> tadi. Setelah klik Save lalu Close.

BACA JUGA:  Lengkap: 30+ Aplikasi Terbaik Untuk Blogger yang Tentu Wajib Digunakan

Itulah cara Menghindari Copy-Paste Blog tanpa sumber di Tumblr.

Joomla

1. Masuk ke Administration akun Joomla Anda.

2. Di bagian Administration pilih Extensions => Template Manager. Setelah itu pilih Main Page Template lalu pilih Edit.

3. Pastikan bahwa Anda memilih index.php. Setelah itu cari tag </head> atau tekan Ctrl + F dan copy-paste </head> untuk mempercepat pencariannya.

4.  Setelah Anda membuat akun di Tynt tadi Anda sudah diberikan kode untuk diaplikasikan di dalam blog Anda. Nah copy kode tersebut dan paste tepat sebelum kode </head> tadi. Setelah itu klik Save.

Program buatan Tynt tersebut sangat berguna untuk blog lintas platform, yang bertujuan untuk melindungi hak cipta atas tulisan di dalam blog Anda. Hal ini sangat penting dan perlu Anda terapkan di blog Anda untuk menghindari pencurian konten dan plagiarisme di tulisan blog Anda. Menghindari Copy-Paste Blog tanpa sumber harus selalu Anda terapkan. Selamat mencoba! 😀

7 KOMENTAR

  1. memang sedini mungkin kita harus berusaha mencegah blog kita tidak dicopas ya sob, sebab sulit dan susah kita buat artikel, ehh tahu-tahu tinggal di jiplak saja. semoga dengan menerapkan tips di atas blog kita jadi aman dari Copas dan impian jadi Terwujud.

  2. Terima kasih artikelnya… terkadang hal ini perlu mendapat perhatian bagi kita bila tidak ingin artikel yang susah payah di cari yang lain tinggal copy paste… menjengkelkan sekali..
    salam sukses selalu….
    ditunggu kunjungan baliknya…

TINGGALKAN KOMENTAR