Cara Unreg Kartu Prabayar yang Sudah Teregistrasi – Sesuai dengan peraturan pemerintah, pengguna telepon seluler wajib mendaftarkan SIM Prabayar menggunakan nomor Kartu Keluarga dan NIK.

Hal ini mengurangi fleksibilitas menggonta-ganti kartu prabayar bagi sebagian besar orang, terutama bagi pengguna yang ingin membeli kartu prabayar untuk mendapatkan bonus kuota.

Kartu prabayar dengan bonus kuota memang masih dijual dengan jumlah yang besar.

Namun, karena pemerintah menetapkan bahwa setiap satu nomor Kartu Keluarga dan NIK hanya bisa mendaftarkan maksimal 3 kartu prabayar, itu artinya kita akan terus memiliki keterbasan dalam menggunakan kartu prabayar, apalagi bila yang dibutuhkan lebih dari 3 kartu prabayar.

Nah, bila memang Anda ingin menggonta-ganti kartu yang sudah terlanjur didaftarkan dengan Kartu Keluarga dan NIK, Anda harus menghapus salah satu kartu prabayar dari daftar atau unreg.

Fasilitas unreg kartu prabayar sendiri disediakan oleh semua operator seluler di Indonesia. Tujuannya tak lain adalah untuk membatalkan registrasi salah satu kartu yang sudah terlanjur didaftarkan.

Nah, berikut cara unreg kartu prabayar yang sudah teregistrasi.

Cara Unreg Kartu Prabayar yang Sudah Teregistrasi

1. Tri (3)

Cara unreg kartu prabayar untuk pengguna Tri (3) terhitung mudah. Pengguna  dapat melakukan proses unreg via website dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website Tri (3) di alamat registrasi.tri.co.id dan mulailah registrasi
  2. Kemudian pilih menu Unreg
  3. Masukkan semua data yang digunakan ketika mendaftar nomor Tri (3) yang akan di-unreg, yakni nomor telepon dan NIK
  4. Minta kode OTP yang akan dikirim lewat SMS
  5. Setelah menerima kode OTP, masukkan kode tersebut (hanya berlaku selama lima menit)
  6. Centang kotak I’m not robot untuk verifikasi recaptcha.
  7. Klik Kirim

2. Telkomsel

Cara unreg kartu prabayar Telkomsel juga sama mudahnya. Pengguna kartu prabayar Telkomsel hanya perlu mengakses menu USSD untuk proses unreg kartu prabayar Telkomseldengan tahapan sebagai berikut:

  1. Di menu telepon, akses menu USSD menekan angka *444#
  2. Di menu berikutnya, silakan pilih nomor 3 atau UNREG
  3. Masukkan 16 digit NIK yang sudah didaftarkan lalu pilih Kirim

3. XL dan AXIS

Pelanggan XL/AXIS bisa memilih salah satu dari dua cara yang tersedia, yakni melalui menu USSD dan SMS.

I. USSD

Silakan ketik nomor *123*4444# dan pastikan bahwa nomor XL/AXIS terpilih adalah nomor yang ingin di-unreg. Ikuti proses selanjutnya untuk menyelesaikan proses unreg.

II. SMS

Pengguna XL dan Axis bisa mengetik SMS dengan format UNREG#nomor telepon# lalu kirim ke 4444 (contoh: UNREG#0812345678#)

4. Indosat Ooredoo

Selanjutnya, cara unreg kartu prabayar untuk pengguna operator seluler Indosat Ooredoo ini hanya memiliki satu opsi untuk melakukan unreg, yakni melalui SMS.

Pengguna kartu prabayar Indosat Ooredo bisa mengirim SMS dengan format UNPAIR#nomor telepon# lalu kirim ke 4444 (UNPAIR#0812345678#).

5. Smartfren

Pelanggan prabayar Smartfren dapat mengirim SMS dengan format UNREG#NIK# kirim ke 4444 (contoh: UNREG#3125012304560001#) untuk unreg kartu prabayar yang sudah terlanjur didaftarkan.

Setelah itu, semua layanan (telpon, SMS, dan data) akan terblokir dalam waktu maksimal 24 jam. Kendati demikian, pelanggan tetap dapat menghubungi layanan contact center melalui nomor 4444.

Selain itu, pengguna Smartfren juga bisa mengunjungi laman mysf.id/unreg untuk menjalani proses unreg dengan catatan bahwa pengguna harus menggunakan koneksi atau jaringan Smartfren.

Di halaman tersebut pengguna Smartfren hanya perlu memasukkan NIK dan silakan proses selanjutnya.

Setelah mendapatkan pemberitahuan blokir, pelanggan Smartfren dapat melakukan registrasi ulang dengan identitas yang baru yang valid di nomor baru Smartfren yang dipilih.


Penutup

Selain cara di atas, cara unreg kartu prabayar dari berbagai operator seluler juga bisa dilakukan dengan mengunjungi gerai masing-masing dengan membawa bukti identitas kepemilikan yang resmi (KTP dan KK).

Nah, itulah cara unreg kartu prabayar yang sudah teregistrasi, tergantung dari operator seluler yang Anda gunakan. Bagaimana menurut Anda?

BACA JUGA:  Kalangan Remaja: Sisi Negatif dan Positif Tentang Perkembangan Fashion di Indonesia
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.