10 Perang Tersingkat Sepanjang Sejarah – Sejak zaman kitab suci, jauh sebelumnya hingga sesudahnya sudah ada jutaan perang yang terjadi. Mungkin lebih dari ribuan perang besar yang tercatat dalam sejarah, dan ada 10 perang tersingkat sepanjang sejarah yang tercatat di artikel ini. Apa saja kesepuluh perang tersingkat sepanjang sejarah? Berikut daftarnya:

10 Perang Tersingkat Sepanjang Sejarah

10. Perang Falkland/Malvinas | 42 Hari

Tahun: 1982

Antara: Argentina vs Britania Raya (UK)

Hasil: Kemenangan Britania Raya

Perang Falkland/Malvinas merupakan perang yang meletus pada tahun 1982 silam antara Argentina melawan Britania Raya. Tidak ada yang mendeklarasikan perang lebih dulu. Namun, Argentina dianggap lebih dulu menyulut perang ketika mereka menguasai Georgia Selatan di bulan Maret 1982, diikuti dengan pendudukan Britania Raya di Falkland, kemudian Argentina menyerah bulan Juni 1982.

9. Perang Polandia – Lithuania | 37 Hari

Tahun: 1920

Antara: Republik Polandia II vs Lithuania

Hasil: Kemenangan Polandia

Perang ini pecah tidak lama setelah kedua negara mendapatkan kemerdekaan mereka. Perang yang hanya berlangsung selama 37 hari ini merupakan salah satu perang tersingkat sepanjang sejarah.

7. Perang Yunani – Turki | 30 Hari

Tahun: 1897

Antara: Yunani vs Kekaisaran Ottoman

Hasil: Kekalahan Yunani

Hanya 30 hari, Yunani bertekuk lutut di hadapan Turki di bawah Kekaisaran Ottoman, yang kala itu dipimpin oleh Sultan Abdul Hamid, pada tahun 1897. Kala itu di Crete, masih banyak warga Yunani di sana namun berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Ottoman. Perhatian Yunani atas warganya di Crete kemudian menyulut peperangan. Pada tahun 1986 terjadi pemberontokan di Crete dan di awal tahun 1987, tentara Yunani memasuki daerah tersebut untuk menyatukan Crete menjadi bagian dari Yunani. Kekaisaran Ottoman kemudian mengalahkan Yunani dalam tempo waktu 30 hari, dan Yunani dipaksa membayar ganti rugi yang besar.

5. Perang Georgia – Armenia | 24 Hari

Tahun: 1918

Antara: Georgia vs Armenia

Hasil: Kedua Belah Pihak Berhak Berkuasa di Daerah yang Menjadi Sengketa

Perang tersingkat selanjutnya ini merupakan permasalahan perbatasan antara Georgia dengan tetangganya Armenia. Wilayah yang diperebutkan adalah Lori, Javakheti, dan Borchalo. Meski sempat berperang, kedua negara damai dengan kesepakatan bahwa wilayah yang disengketakan boleh diatur oleh kedua belah negara. Sebab, di wilayah-wilayah tersebut banyak berisi warga keturunan Georgia dan Armenia serta campuran antara keduanya.

4. Perang Serbia – Bulgaria | 14 Hari

Tahun: 1885

Antara: Kerajaan Serbia vs Kerajaan Bulgaria

Hasil: Kemenangan Bulgaria

Perang yang hanya berlangsung selama dua minggu ini berakhir damai, ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian damai bulan Februari 1886 di Bucharest. Negara-negara kuat Eropa juga mengakui The Act of Unification of Bulgaria bulan September 1885.

3. Perang India – Pakistan | 13 Hari

Tahun: 1971

Antara: India vs Pakistan

Hasil: Banglades menjadi sebuah negara merdeka dan berdaulat

Perang di kawasan Asia Selatan antara India dan Pakistan sebenarnya sudah berlarut-larut. Namun perang singkat ini akhirnya berakhir dengan hasil kemerdekaan Banglades sebagai sebuah negara yang berdaulat. Sebelumnya terjadi perang sipil di Pakistan antara kaum mayoritas di Pakistan Barat dengan kaum minoritas di Pakistan Timur.

BACA JUGA:  Perang Irak-Iran di Timur Tengah dalam Hubungan Internasional

2. Perang 6 Hari | 6 Hari

Tahun: 1967

Antara: Israel vs Mesir, Suriah, Yordania, dan Irak

Hasil: Kemenangan Israel

Perang 6 Hari atau yang juga dikenal dengan sebutan Perang Yom Kippur merupakan perang yang hanya berlangsung selama 6 hari di mana Israel harus berhadapan dengan Mesir, Suriah, Yordania, dan Irak. Ancaman Israel terhadap Suriah membuat Mesir sebagai aliansi Suriah mengerahkan 1.000 tank dan 100.000 pasukan darat di perbatasan Sinai Peninsula. Israel pun kemudian menyerang angkatan udara Mesir, diikuti oleh serangan Yordania ke Yerusalem Barat dan Netanya. Israel membalas serangan demi serangan, dan di akhir perang, Israel sudah menguasai Yerusalem Timur, Jalur Gaza, Sinai Peninsula, hingga Dataran Tinggi Golan.

1. Perang Inggris – Zanzibar | 45 Menit

Tahun: 1896

Antara: Inggris vs Zanzibar

Hasil: Kemenangan Inggris

Perang tersingkat sepanjang sejarah yang paling singkat adalah perang antara Inggris melawan Zanzibar pada tahun 1896. Perang ini tidak berlangsung dalam hitungan jam, hari, minggu apalagi tahun, melainkan hanya berlangsung dalam hitungan menit yakni 45 menit. Inilah perang tersingkat sepanjang sejarah yang tercatat.

TINGGALKAN KOMENTAR