Ternyata Ini 5+ Penyebab Memori HP Penuh, Begini Solusinya!

45
Penyebab memori hp penuh dan solusinya

Penyebab Memori HP Penuh dan Solusinya – Kamu pasti pernah merasa kesal karena ada pop up peringatan memori penuh yang muncul di layar HP. Selain membuat HP semakin lemot, hal tersebut juga terkadang mengganggu aktivitas lainnya yang sedang berjalan. Mulai dari susah menggunakan kamera hingga tidak bisa atau kesulitan membuka aplikasi penting lainnya.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Lantas, apa sih yang sebenarnya membuat memori internal penuh dan bagaimana solusinya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Memori HP Penuh dan dan Solusi untuk Mengatasi

1. Banyaknya Aplikasi yang Terpasang di HP

Sebab utama mengapa memori HP penuh biasanya adalah banyaknya aplikasi yang terpasang di HP. Terkadang kamu mungkin tidak menyadari bahwa banyak aplikasi yang tidak diperlukan namun, masih terus memeliharanya di HP sampai tidak sadar bahwa hal itu bisa membuat HP menjadi lemot dan memori HP penuh.

Cara agar HP kembali normal akibat masalah ini adalah dengan menghapus sebagian aplikasi yang tidak diperlukan atau bahkan tak pernah dibuka sejak pertama menggunakan hp tersebut. Kamu juga bisa meng-uninstal aplikasi tersebut di menu pengaturan yang ada di perangkat hp tersebut, dan pilih aplikasi mana yang akan dihapus. 

2. Cache yang Jarang Dihapus

Kedua, yang bisa membuat memori HP penuh adalah banyaknya cache yang jarang dihapus, bahkan tidak pernah dihapus sama sekali. Sebenarnya, cache berguna untuk menyimpan data sementara yang bisa membuat data tersebut lebih mudah digunakan di waktu mendatang.

Tetapi jika cache terlalu banyak, HP akan semakin tidak nyaman digunakan karena memori internal penuh. Maka, cara paling mudah untuk membuat HP bisa optimal kembali adalah dengan menghapus cache, baik yang tersebar di aplikasi, dan dokumen-dokumen dengan ukuran yang besar.

3. Aplikasi yang Diinstal memiliki Ukuran Terlalu Besar

Penyebab memori internal penuh selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah besarnya ukuran aplikasi yang diinstal. Terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting, namun memiliki size yang sangat besar.

Masalah ini bisa dipecahkan dengan menghapus beberapa aplikasi yang ukurannya besar dan memakan banyak ruang penyimpanan. Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa aplikasi dengan ukuran yang besar untuk dihapus. Sebaiknya, pilih yang jarang digunakan dan memang benar-benar tak dibutuhkan.

4. Aplikasi Bawaan Bikin Memori HP Penuh 

Dalam beberapa kasus, banyak HP atau smartphone yang dijual bundling dengan aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting yang tidak bisa dihapus. Aplikasi tersebut biasanya adalah aplikasi bawaan HP yang ditanamkan di dalam smartphone oleh perusahaan karena adanya ikatan kerjasama antar merek dagang.

Aplikasi-aplikasi bawaan HP ini bisa menjadi penyebab memori HP penuh karena membutuhkan ruang besar untuk penyimpanannya. 

Meskipun tidak bisa dihapus, ada cara agar memori tidak penuh dengan aplikasi-aplikasi yang tidak penting ini dengan cara membuatnya “Disable” atau menonaktifkannya.

Berikut ini beberapa langkah mudahnya, antara lain:

  • Masuk ke opsi menu Pengaturan atau Setelan yang ada di hp.
  • Lanjut, masuk ke opsi Kelola Aplikasi.
  • Cari dan temukan aplikasi yang akan dinonaktifkan, lalu klik pada aplikasi tersebut.
  • Kemudian akan muncul Info Aplikasi, lanjut klik tombol Nonaktifkan. 

Opsi tersebut nantinya akan membuat aplikasi dinonaktifkan atau tidak beroperasi. Sehingga, tidak akan membutuhkan banyak ruang untuk  menjalankan aplikasi yang dimaksud. Dengan begitu, kinerja HP akan semakin lega dan ringan.

Tak perlu khawatir, jika suatu saat kamu membutuhkan aplikasi ini kembali.  Aplikasi yang dinonaktifkan ini bisa kembali diaktifkan ke mode default. Yakni dengan masuk ke menu “setting” kemudian “Aplikasi”, dan pilih nama aplikasi yang sebelumnya dinonaktifkan. Semudah itu!

5. Banyaknya Foto dan Video dengan Ukuran Besar

Seperti banyak diketahui, selain digunakan sebagai alat komunikasi, HP memiliki fungsi kedua sebagai kamera portabel yang bisa dibawa kemana-mana, benda kecil multifungsi ini terkadang juga dibeli karena kualitas kameranya yang tidak main-main.

Fenomena tersebut tentunya akan membuat file foto maupun video yang ditangkap memiliki ukuran yang cukup besar dan membuat memori hp penuh. Bisa dibayangkan, saat melakukan selfie, seseorang bahkan bisa menghasilkan puluhan gambar dalam waktu yang relatif singkat. 

Apalagi jika HP dibawa untuk liburan, tentu saja akan banyak foto dan video yang tersimpan di dalam memori internal, bukan

. Lalu bagaimana cara memori agar tidak penuh lagi?

Cara agar memori tidak penuh untuk orang-orang yang suka menyimpan foto dan video adalah bukan dengan mengurangi aktivitas tersebut. Tetapi ada cara lain yang bisa membuat memori tetap aman, yaitu dengan mengurangi kualitas gambar.

Caranya sangat mudah, pada menu kamera kamu hanya perlu memilih menu “Setting” kemudian pilih resolusi, pastikan untuk menurunkan resolusi foto sehingga ukuran dari foto dan video yang kamu ambil bisa lebih hemat penyimpanan ruang HP dibandingkan dengan sebelumnya. 

6. Ada Banyak File Media dari Aplikasi Perpesanan

Penyebab lainnya yang bisa membuat memori HP sesak adalah banyaknya file media dari aplikasi perpesanan. Baik itu dari file Whatsapp, Telegram, maupun aplikasi lainnya yang terinstall di hp.

Penggunaan Hp yang sebagian besar dipakai untuk aktivitas bertukar pesan, kini semakin menarik karena adanya fitur berkirim gambar, video, voice note, stiker, dokumen, dan lain sebagainya.

Tanpa disadari banyaknya media yang digunakan bisa membuat memori internal penuh karena harus terus menerus men-download media-media yang dipakai saat bertukar pesan. 

Cara agar memori tidak penuh karena banyaknya sampah dari aktivitas ini adalah dengan menghapusnya secara berkala. Buka file aplikasi di ruang penyimpanan HP, kemudian masuk ke pilihan media, dari mulai foto hingga stiker.

Kemudian kamu bisa memilih untuk menghapus semua atau sebagian media yang dirasa kurang penting. Cara itu dipastikan bisa mengurangi pemakaian ruang penyimpanan, sehingga memori HP yang penuh bisa kembali normal.

Akhir kata 

Nah, itu dia informasi tentang beberapa penyebab memori HP penuh dan solusi yang bisa dilakukan.

Cara memori agar tidak penuh sebetulnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengetahui apa yang penyebabnya dan mulai mengatasinya. Hanya dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam membersihkan memori yang sudah terlalu full dan “sesak”.

Selamat mencoba!