Rangking Kepentingan Nasional Amerika Serikat – Berdasar tulisan Robert J. Art di dalam A Grand Strategy for America terdapat 3 tingkatan kepentingan Amerika Serikat di dalam Politik Global-nya. Adapun 3 tingkatan tersebut dikategorikan berdasarkan keuntungan yang didapat jika terpenuhi dan apa kerugian yang harus ditanggung jika tidak, sebagai berikut:

1.Vital
2. Highly Important
3. Important

*(beberapa sumber dikatakan terdapat 4 ditambah dengan Less-Important).

1. Vital

Kepentingan yang dikategorikan Vital berarti kepentingan tersebut sangat penting dan sangat utama untuk dipenuhi. Mengacu pada serangan terorisme 11 September 2001 yang menewaskan ribuan warga negara Amerika Serikat menjadi dasar penting perombakan kebijakan politik global Amerika Serikat untuk menempatkan keselamatan warga negaranya dan juga teritorial negaranya atau pun kedaulatannya menjadi hal yang sangat pokok untuk dilindungi dan dipertahankan.

Keamanan dalam negeri atau Homeland Security menjadi prioritas kepentingan nasional Amerika Serikat dalam pencegahan penjajahan, penyerangan, invasi atau pun penghacuran terhadap kedaulatannya dari pihak luar yang menjadi musuhnya. Hal tersebut juga ditujukan untuk memelihara kedaulatannya dari tekanan global. Dua hal yang menjadi ancaman besar bagi Amerika Serikat merupakan serangan terorisme yang pernah mengubah sejarah kekuatan AS di tahun 2001 dan juga  juga kepemilikan senjata pemusnah massal yang dimiliki oleh oposisinya. Kepentingan untuk menjaga keamanan dalam negerinya beserta warga negaranya dimana pun mereka berada merupakan kepentingan utama yang harus dipenuhi oleh Amerika Serikat dalam politik global-nya.

BACA JUGA:  Konflik Kepulauan Senkaku Antara Cina-Jepang

2. Highly-Important

Kepentingan yang berdasarkan pada Highly-Important merupakan prioritas kedua setelah Vital. Kepentingan ini tertuju pada pemeliharaan perdamaian dengan kekuatan-kekuatan besar dari negara-negara Eropa dan Asia (Eurasia). AS tentu mencegah peperangan di antara kekuatan-kekuatan besar tersebut yang mungkin akan merusak perdamaian. Selain itu AS juga mencegah dukungan terhadap security competitions yang kemungkinan terjadi.

Peperangan yang mungkin terjadi dan juga persaingan keamanan di antara negara-negara Eurasia untuk pemenuhan kepentingan masing-masing dipastikan akan membawa AS ke dalam masalah tersebut. Oleh karena itu, AS tetap berusaha untuk memelihara perdamaian dengan mereka semua yang digolongkan sebagai kepentingan higly-important mereka.

Selain itu, AS juga menjaga kestabilan minyak yang dapat mereka peroleh dengan harga yang pantas di teluk Persia. Dari yang sudah kita ketahui, minyak merupakan sumber daya yang sangat berpengaruh dalam politik dan juga ekonomi. Dari segi politik ketika minyak menjadi objek diplomasi dan dari segi ekonomi dapat menjadi alat peningkatan perekonomian. Untuk itu AS harus menjaga aksesnya untuk mendapatkan minyak dengan harga yang sesuai dari teluk Persia.

BACA JUGA:  ASEAN & Perbedaan Bali Concord II dan III

3. Important

Dikategorikan sebagai Important karena resikonya lebih kecil jika belum bisa dipenuhi. Terdapat 3 kepentingan nasional AS berdasarkan rangking ini. Yang pertama merupakan International Economic Openess dimana AS berupaya untuk mewujudkan perdagangan tanpa batas atau pun terbuka di antara negara-negara dengan rintangan/halangan yang tidak mengganggu. Semakin kecil rintangan maka perkembangan International Markets juga semakin berjalan baik dalam tukar-menukar barang atau pun jasa di berbagai sektor, yang kemudian akan membantu peningkatan perekonomian negara-negara di dunia terutama perekonomian AS sendiri.

Yang kedua, consolidation of democracy and spread and observance of human rights dimana AS berupaya untuk menyebarkan demokrasi ke seluruh dunia dan juga untuk melindungi HAM. Alasan mengapa harus demokrasi karena AS menganggap bahwa demokrasi merupakan bentuk pemerintahan terbaik. Demokrasi juga memberi jaminan bagi perlindungan HAM dan juga mampu mencegah terjadinya pembunuhan massal atau pun genosida yang sudah sering terjadi.

Yang ketiga merupakan prevention of severe climate change. Dalam hal ini, kepentingan AS dianggap tidak terlalu penting dibandingkan dengan kepentingan lain yang sudah dijelaskan di atas. Perubahan iklim merupakan tanggung jawab seluruh penduduk bumi di negara mana pun mereka berada. Oleh karena itu, kepentingan ini tidak menjadi prioritas bagi AS, namun tetap menjadi tujuan kepentingannya. AS tetap peduli pada perubahan iklim ini karena mereka juga akan terkena dampak dari kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kenaikan suhu bumi dan bencana alam lainnya.

BACA JUGA:  Korean Wave dan Peningkatan Perekonomian Korea Selatan

 

Referensi:
Robert J. Art, A Grand Strategy for America, Cornell University Press, Ithaca, 2003

SHARE
Artikel SebelumnyaKebijakan Soekarno di Masa Perang Dingin
Artikel SelanjutnyaDaftar Lengkap Presiden Amerika Serikat
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR