4 Bahaya Celana Jeans Ketat Bagi Wanita – Mungkin banyak yang sudah mengira bahaya celana jeans ketat bila terlalu sering digunakan. Tetapi di balik perkiraan tersebut, celana jeans yang ketat ternyata membagikan efek negatif pada kesehatan, terutama bagi para wanita.

Seperti yang dikutip dari Yahoo! Indonesia, setidaknya ada 4 bahaya celana jeans yang ketat bagi wanita. Secara umum, memang hanya segelintir orang yang menyadari betul bahwa fashion juga berdampak pada kesehatan. Tentu saja bagi para wanita, menggunakan celana jeans yang ketat dengan frekuensi yang sering akan membahayakan kesehatan terutama pada bagian perut ke bawah (kaki).

Dengan begitu, apa saja resiko kesehatan pada wanita yang timbul dari penggunaan celana jeans ketat?

4 Bahaya Celana Jeans Ketat Bagi Wanita

1. Iritasi Pada Kulit

Busana atau pakaian pada dasarnya akan selalu menyentuh kulit. Khusus di celana, penggunaan celana jeans dengan bahan yang berkualitas kurang, tidak nyaman dipakai, bahkan terlalu ketat tentu bisa menyebabkan iritasi kulit. Bila kulit Anda terlanjur iritasi akibat celana jeans yang Anda kenakan tidak sesuai dengan kualitasnya, ditambah dengan ketatnya, maka bukan tidak mungkin kuman atau bakteri akan menyebabkan luka kulit atau penyakit kulit lainnya pada Anda.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Badan?

2. Paresthesia

Hali ini juga biasa disebut dengan istilah Meralgia paresthetica, yaitu gangguan saraf dari tulang belakang menuju paha. Gangguan saraf tersebut dapat menyebabkan kesemutan. Selain itu dapat juga menyebabkan nyeri hingga mati rasa pada paha, pinggul, dan kaki secara keseluruhan. Untuk itulah, kurangi penggunaan celana jeans yang terlalu ketat. Mungkin selama Anda menggunakan celana jeans yang ketat Anda juga merasakan gangguan saraf seperti hal yang disebutkan sebelumnya.

3. Kandidiasis Vulvovaginal

Kandidiasis merupakan satu penyakit yang merupakan akibat dari infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida. Ketika Anda merasa kulit Anda seperti terbakar berarti Anda sedang mengalami gejalanya. Anda juga akan merasakan gatal di bagian dalam vagina. Oleh karena  itu jangan heran jika Anda merasa sakit ketika buang air kecil.

Jika terus mengalaminya maka selanjutnya Anda akan menemukan bercak merah dan bengkat di bagian vagina. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai masalah kesehatan yang merusak tubuh dan saraf. Oh ya, biasanya penderita kandidiasis vulvovaginal merupakan kaum wanita yang sering menggunakan celana jeans ketat. Inilah salah satu bahaya celana jeans ketat bagi wanita.

BACA JUGA:  5 Olahraga Sederhana di Tempat Kerja

4. Mengurangi Kesuburan

Gangguan kesuburan pada wanita atau dalam bahasa ilmiah dikenal dengan istilah endometriosis, menurut penelitian di Inggris, salah satunya  diakibatkan dari penggunaan celana jeans ketat dengan frekuensi yang sering. Pada umumnya bukan hanya celana jeans ketat saja yang menyebabkannya, tetapi hampir semua celana ketat. Dalam hal ini jenis celana ketat yang paling sering digunakan adalah celana jeans.

Menggunakan celana jeans ketat yang terlalu sering akan memicu sel-sel endometrium (selaput lendir dalam rahim) untuk berusaha menjauhi rongga rahim lalu masuk ke bagian indung telur, sehingga dapat memicu terganggunya kesehatan reproduksi. Sirkulasi darah yang buruk juga dapat mengakibatkan terjadinya varises pada wanita.

Itulah 4 bahaya celana jeans ketat bagi wanita, apalagi jika digunakan dengan frekuensi yang lama. Berpikir untuk mengurangi penggunaannya?

 

TINGGALKAN KOMENTAR