Mungkin Ini Penyebab Tubuh Lemas yang Sering Anda Alami – Ada banyak sekali penyebab tubuh lemas yang sering kita alami. Entah itu gejala demam, flu, penyakit dalam, dan sebagainya. Namun secara pasti, ada satu penyebab tubuh lemas yang mungkin sering Anda alami.

Penyebab Tubuh Lemas yang Sering Dialami

Pada umumnya penyebab tubuh lemas adalah kurangnya darah. Kurang darah atau dari segi medis disebut dengan anemia merupakan sebuah kondisi yang memungkinkan penderitanya mengalami penurunan jumlah sel darah merah. Dalam penjelasan medis, sel darah merah mengandung banyak hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat kandungan oksigen yang kita hirup. Melalui sel darah merah yang mengandung hemoglobin membantu mengantarkan kandungan oksigen ke seluruh tubuh.

Nah, karena sel darah merah dengan kandungan hemoglobinnya berfungsi sebagai pengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh, maka kekurangan sel darah merah atau anemia tentunya menghambat proses pengataran oksigen tersebut. Karena itulah kita sering merasa lemas atau lesu. Dalam hal lain, berikut gejala anemia yang bisa Anda ketahui:

BACA JUGA:  Jenis-Jenis Makanan yang Bikin Awet Muda

1. Cepat capek/lelah

2. Sering merasa lesu atau lemas

3. Detakan jantung menjadi lebih cepat, apalagi ketika berolahraga

4. Sulit fokus atau berkonsentrasi

5. Tarikan nafas menjadi terengah-terengah ketika beraktivitas, terutama ketika berolahraga

6. Merasa pusing dan sakit kepala lainnya

7. Wajah terlihat lebih pucat

8. Mudah kesemutan

9. Mudah kedinginan

10. Kita menjadi sulit tidur

Bila gejala-gejala di atas sering Anda alami, maka kemungkinan besar Anda mengalami penyakit kurang darah atau anemia. Jangan anggap sepele penyakit tersebut. Bila gejala-gejala terus berlangsung maka segeralah periksakan ke dokter. Selain untuk mencegah penyakit yang lebih parah pada tubuh, produktivitas pekerjaan Anda menjadi terganggu, ‘kan?

Bila gejala-gejala tadi sudah Anda alami dalam waktu yang cukup lama, setidaknya seminggu, maka segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui berapa kadar hemoglobin dalam darah. Jika memang kadar hemoglobin rendah, maka memang benar Anda terkena anemia. Perlu diketahui bahwa anemia biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

BACA JUGA:  4 Bahaya Celana Jeans Ketat Bagi Wanita

1. Kekurangan vitamin B-12

2. Kekurangan zat besi

3. Penyakit kronis

4. Kehamilan

5. Bagi wanita, pada saat masa menstruasi kehilangan banyak jumlah darah

Anemia adalah salah satu penyebab tubuh lemas yang sering kita alami. Mungkin anemialah yang menjadi penyebab tubuh lemas yang sering Anda alami, maka dari itu, untuk mencegah penyakit yang lebih parah, segeralah periksakan ke dokter untuk menjalani pengobatan seperti terapi suplemen yang direkomendasi, sekaligus mempersiapkan diri ketika mengalami penyebabnya. Dalam hal ini, anemia adalah penyebab tubuh lemas yang sering kita alami.

TINGGALKAN KOMENTAR