Pada suatu kesempatan kopi darat (kopdar) dengan salah satu komunitas blogger yang saya ikuti, salah satu rekan saya melontarkan pertanyaan, kira-kira begini pertanyaannya

Blogger yang bagaimana sih yang bisa disebut dengan blogger senior?

Dijelaskan lagi olehnya, kebanyakan blogger senior hanya diukur berdasarkan dari lama nya dia nge-blog, sementara isi blog nya sama sekali tidak menarik untuk dibaca. Lantas yang seperti apa ukuran seorang blogger senior itu?

image from scottreinhard.com

Menurut saya, seorang blogger senior adalah blogger yang mampu membuat blog nya memiliki karakter istimewa daripada blog lain yang ada diseantero internet. Berupa apa karakter tersebut, ini 4 diantaranya :

1. Artikel renyah dan menarik

Membuat artikel untuk dipublish di blog memang mudah, tapi untuk membuat artikel yang renyah dan menarik butuh kemampuan khusus yang tidak bisa diajarkan guru di www.seniberpikir.com/5-karakter-yang-harus-dimiliki-blogger-senior/">preschool hingga perguruan tinggi. Bagaimana cara membuat seorang pengunjung bisa betah berlama-lama membaca artikel yang anda tulis, walaupun artikel yang ditulis sedemikian panjang misalnya.

BACA JUGA:  Menggunakan Custom Domain atau Top Level Domain (TLD)

2. Basic Desain

Sebuah blog yang baik, adalah blog yang memiliki desain yang sesuai dengan fitur dan karakteristik blog itu sendiri. Blog yang penuh iklan atau text nya di-custom hingga sulit dibaca bisa jadi terlihat oke dimata sang pemilik blogger, tapi tidak dengan pembacanya. Bagaimana seorang blogger memilih widget apa yang harus dipasang disidebar blog nya, dari jutaan widget yang bisa dipasang secara gratis juga menunjukkan kepribadian blogger nya.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Tidak semua blogger mau turun ke lahan SEO, mungkin salah satu alasannya adalah SEO terlalu memakan waktu. Namun pada kenyataannya, semakin lama anda nge-blog, maka semakin anda haus dengan SEO, bagaimana cara kerja nya, bagaimana segera mendapatkan hasilnya, dengan tujuan menambah visitor yang masuk ke blog anda tentunya.

4. Spesialis dalam suatu Bidang

Mungkin tema blog anda yang sekarang berbeda dengan tema yang ada saat anda menuliskan postingan diawal pembentukan blog tersebut. Itu tidak salah, bahkan menunjukkan bidang apa yang tengah anda tekuni sehingga anda makin fokus untuk menuliskan bidang tersebut. Contoh blogger spesialis adalah gelar fashion blogger, travel blogger, dan lainnya, itu semua menunjukkan bidang spesialis mereka.

BACA JUGA:  Lengkap: Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda

5. Punya Penghasilan dari Blog

Semakin berkarakter suatu blog, maka semakin berani suatu brand bekerja sama atau memasang iklan di blog tersebut. Dan sejalan dengan itu, kalo blog nya dipasangkan iklan dari Google Adsense, maka bayaran yang diterima (katanya) lebih besar daripada blog yang karakter nya masih minim.

 

Jadi, sudahkah anda termasuk ke dalam blogger senior?

TINGGALKAN KOMENTAR