Beranda Film 10+ Daftar Film Ernest Prakasa Terbaik, Sudah Nonton?

10+ Daftar Film Ernest Prakasa Terbaik, Sudah Nonton?

254
Daftar Film Karya Ernest Prakasa

Daftar Film Karya Ernest Prakasa Terbaik dan TerbaruFilm Ernest Prakasa memang layak untuk ditunggu dan ditonton.

Tak sekadar menampilkan kualitas gambar yang memukau, Ernest Prakasa film selalu menawarkan alur cerita menarik, bahkan terkadang penuh plot twist.

Sebagai pecinta film komedi Ernest Prakasa, tentu saja kamu tak asing dengan kiprahnya di dunia hiburan Indonesia.

Sebelum terkenal sebagai sineas film kenamaan, Ernest juga dikenal khalayak sebagai stand-up comedian. Karirnya mulai melejit sejak berhasil memenangkan juara ketiga dalam ajang Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di tahun 2011 lalu.

Saat itu, Ernest kerap menggunakan background etnis pribadinya sehingga jadi daya tarik tersendiri di mata penggemar. Baru setelahnya, Ernest Prakasa film mulai diproduksi dan diperkenalkan kepada publik secara luas. 

Daftar Film Ernest Prakasa, Sebagai Aktor hingga Sutradara

1. Comic 8 (2014)

Film komedi Ernest Prakasa yang pertama kita bahas berjudul “Comic 8”. Disutradarai oleh Angga Umbara, film ini dirilis pada tahun 2014 silam. 

Meski bukan termasuk film pertama dari Ernest Prakasa, tetapi “Comic 8” berhasil mempopulerkan namanya di dunia hiburan Indonesia. 

Film bergenre komedi ini berkisah tentang delapan orang pemuda yang berencana merampok bank tetapi memiliki motif berbeda. 

Sebenarnya, mereka terbagi jadi tiga tim berbeda sesuai kemampuan sekaligus jam terbang masing-masing. 

2. Ngenest (2015)

Selanjutnya film Ernest Prakasa yang tak kalah menarik ada film berjudul “Ngenest” yang disutradarai sekaligus dibintangi sendiri oleh pria kelahiran 29 Januari 1982 tersebut. 

“Ngenest” berkisah tentang seorang pria keturunan Tionghoa bernama Ernest yang mengalami diskriminasi ras di setiap harinya. 

Merasakan pahitnya menjadi korban bullying, Ernest ingin memutus mata rantai tersebut dengan cara mencari wanita pribumi untuk dinikahi. 

Ernest berhasil bertemu seorang gadis keturunan Jawa tapi seiman bernama Meira.

3. Koala Kumal (2016)

Film komedi Ernest Prakasa berikutnya berjudul “Koala Kumal” yang disutradarai oleh Raditya Dika di tahun 2016 silam. 

Meski tak menjadi pemeran utama ataupun sutradara, kehadiran Ernest ternyata bisa jadi salah satu daya pikat dalam film tersebut. 

“Koala Kumal” bercerita tentang kehidupan seorang pria bernama Dika yang harus menelan pil pahit kekecewaan. 

Dimana pernikahannya gagal karena kekasihnya, Andrea selingkuh dengan pria bernama James. 

Dalam film “Koala Kumal” ini, Ernest berperan sebagai ketua wedding organizer yang menangani segala keperluan pernikahan Dika. 

4. Cek Toko Sebelah (2016)

Salah satu film Ernest Prakasa yang disutradarai dan dibintangi olehnya sendiri berjudul “Cek Toko Sebelah”. 

Dirilis pada tahun 2016 silam, siapa sangka jika film ini berhasil masuk dalam jajaran film terlaris di Indonesia karena ditonton hingga lebih dari 2,6 juta kali. 

Ernest Prakasa film satu ini bercerita tentang kehidupan keluarga keturunan Tionghoa yang terbiasa memikirkan pendidikan anaknya setinggi mungkin. 

Namun sayangnya selalu berujung dengan permintaan untuk meneruskan bisnis keluarga. Hal tersebut yang kemudian dialami oleh Erwin setelah sang ayah sakit-sakitan. 

5. Stip dan Pensil (2017)

Film Ernest Prakasa berikutnya berjudul “Stip dan Pensil” hasil garapan sutradara Ardy Octaviand yang dirilis pada tahun 2017 silam. 

Film ini bercerita tentang Toni, seorang pelajar SMA yang sok jago dan sombong. Hingga suatu hari, Toni dan kedua orang temannya diminta sang guru untuk membuat esai mengenai masalah sosial. 

Akan tetapi, mereka justru memberi tindakan nyata berbentuk pendirian sekolah gratis yang berada di bawah jembatan. 

Namun sayangnya, aksi tersebut mendapat tentangan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

6. Susah Sinyal (2017)

Beralih ke film karya Ernest Prakasa selanjutnya ada “Susah Sinyal”. Di film ini ia berperan di balik layas sebagai sutradara. 

“Susah Sinyal” bercerita tentang kehidupan orangtua yang selalu sibuk bekerja hingga tak memperhatikan anak-anaknya. 

Alur cerita film karya Ernest Prakasa ini diawali dari kehidupan Ellen, seorang single mom sekaligus pengacara sukses. 

Ellen memiliki putri bernama Kiara yang cenderung lebih dekat dengan sang nenek tetapi berkepribadian suka memberontak. Ketika sang nenek meninggal dunia, Kiara sangat terpukul. 

Demi mengobati kesedihan tersebut, Ellen mengajak Kiara berlibur ke Pulau Sumba, NTT sekaligus sebagai niat memperbaiki hubungan antara ibu dan anak tersebut. 

Namun lagi-lagi, Ellen membuat Kiara kecewa karena urusan pekerjaan yang tak kunjung usai. 

7. Milly & Mamet (2018)

Sebenarnya, film karya Ernest Prakasa satu ini menceritakan kisah dua tokoh ikonik yang ada di film “Ada Apa Dengan Cinta”. 

Rilis tahun 2018 lalu, film ini dikemas dalam genre komedi romantis yang ringan untuk ditonton bersama keluarga. 

Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Milly yang telah menikah dengan seorang pria bernama Mamet. 

Selain menikah, Milly juga memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai bankir demi mengurus anak. Sementara Mamet berprofesi sebagai seorang chef. 

Konflik dalam Ernest Prakasa film ini dimulai ketika Mamet bertemu Alexandra, sahabat lamanya. Alexandra ternyata menawarkan untuk kembali membangun mimpi bersama Mamet. 

8. Imperfect (2019)

Selain beberapa film yang telah diulas di atas, “Imperfect” juga sukses menuai banyak perhatian para pecinta film di Indonesia. 

Bagaimana tidak, salah satu film komedi Ernest Prakasa ini mengangkat topik kehidupan sehari-hari seputar cinta, karier, dan fokus dengan fisik seseorang. 

Inilah yang membuat film ini sangat cocok untuk ditonton siapa saja, terutama orang-orang yang kerap merasa kurang percaya diri. 

Film ini mengisahkan tentang kehidupan Rara, wanita yang berprofesi sebagai manajer di sebuah perusahaan kosmetik, tetapi memiliki kulit gelap dan tubuh gemuk. 

Rara seringkali mendapat perlakuan diskriminasi di tempatnya bekerja, namun Dika, kekasih Rara tak pernah berhenti mendukungnya. 

Siapa sangka, Rara akhirnya mendapat peluang bagus yaitu naik jabatan. Akan tetapi, Rara harus bisa mengubah penampilannya jadi lebih cantik dan menarik berdasarkan standar orang lain. 

9. Ghost Writer (2019)

Agak sedikit berbeda dari film komedi Ernest Prakasa yang lain, “Ghost Writer” film hasil arahan sutradara Bene Dionysius ini dikemas dalam genre lebih serius. 

Dibintangi oleh Tatjana Saphira, film ini menceritakan tentang Naya, penulis yang hendak mengangkat sebuah kisah berdasarkan buku harian sosok hantu pria yang meninggal karena bunuh diri di kamarnya. 

Hanya saja, hantu pria tersebut tak mau kisahnya dijadikan cerita novel. Naya berusaha untuk membujuk hantu tersebut agar mengijinkan ceritanya diangkat dalam novelnya.

Ia juga berjanji berjanji tidak akan melebih-lebihkan cerita asli yang ditulis dalam buku harian tersebut. 

Ketika hantu tersebut setuju, pihak penerbit justru mengubah keseluruhan isi novel tanpa persetujuan Naya sehingga membuatnya marah besar. 

10. Teka Teki Tika (2021)

Film Ernest Prakasa yang tergolong baru berjudul “Teka Teki Tika”. Film ini dirilis pada akhir tahun 2021 lalu dan disutradarai sendiri olehnya. 

Memiliki alur cerita yang sulit ditebak, Ernest berhasil mengumpulkan banyak bintang ternama sekaligus berbakat Indonesia, seperti misalnya Sheila Dara, Dion Wiyoko, Morgan Oey, Jenny Chang, Ferry Salim, dan Eriska Rein. 

“Teka Teki Tika” hadir mengisahkan tentang kehidupan pernikahan sepasang sejoli bernama Sherly dan Budiman yang sedang merayakan wedding anniversary. 

Siapa sangka, di tengah acara keduanya mendapat kejutan berupa kehadiran seorang gadis bernama Tika yang mengaku anak kandung Budiman. 

Tentu saja, kehadiran Tika memicu perpecahan di keluarga Budiman. Konflik demi konflik pun bermunculan meski garis besarnya tetap fokus pada identitas Tika yang super misterius. 

11. Cek Toko Sebelah 2 (2022)

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan, ada “Cek Toko Sebelah 2” yang baru saja tayang bulan Desember 2022.

Film komedi Ernest Prakasa yang merupakan sekuel film yang rilis di tahun 2016 silam ini dibintangi olehnya bersama dengan Laura Basuki, Adinia Wirasti, Dion Wiyoko, hingga Chew Kin Wah.

Film ini melanjutkan kisah dari keluarga Koh Afuk bersama 2 anaknya, Yohan yang sudah berkeluarga dan Erwin yang baru saja ingin melamar Natalie namun terhalang restu dari orangtua sang pacar.

Ibu Natalie masih belum memberikan restu karena masih belum percaya dengan kesungguhan Erwin. Selain itu, perbedaan strata sosial juga jadi penyebab mengapa ibu dari Natalie masih enggan merestui. 

Di samping itu, Yohan pun juga menghadapi permasalahan yang tak kalah pelik. Dirinya hampir selalu didesak sang ayah untuk segera memiliki momongan.

Namun, Yohan berkeras bahwa ia belum siap secara mental dan finansial untuk memiliki momongan. Kisah keluarga Koh Afuk ini menjadikan film “Cek Toko Sebelah 2” tak boleh dilewatkan. 

Nah, itu tadi rekomendasi film karya Ernest Prakasa yang bisa jadi pilihan nonton seru menjelang libur akhir pekan dan selamat menonton ya!

Jangan lupa share pendapat kamu tentang film karya Ernest Prakasa dalam daftar ini di kolom komentar.

Catatan Editor

Biar makin makin puas dan dapat pengalaman lebih seru nonton film komedi Ernest Prakasa dan genre lainnya, pastikan untuk selalu menggunakan layanan streaming online yang legal, ya.

Misalnya saja seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Catchplay, iFlix dan lain sebagainya untuk pengalaman yang terbaik.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play