10 Rekomendasi Film Perjuangan Single Parent, Berikan Banyak Inspirasi

217
Film perjuangan single parent

Film Perjuangan Single Parent – Perjuangan seorang single parent pasti selalu bisa memberikan inspirasi bagi siapapun yang juga sedang berjuang bersama demi keluarga.

Dengan Moove VPN, akses seluruh konten di internet tanpa batasan, cepat dan 100% aman. Donwload sekarang!

Menjadi orang tua tunggal adalah perjuangan besar. Mengurus anak, mengajar anak, dan bahkan bekerja untuk menghidupi anak tanpa pasangan adalah tanggung jawab yang luar biasa. 

Hal ini kadang memberikan inspirasi bagi sutradara untuk membuat  film perjuangan seorang single parent  yang menunjukkan kegigihan orang tua tunggal dalam membesarkan anaknya seorang sendiri. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi pilihan film yang mengangkat kisah perjuangan seorang single parent. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Daftar Film Perjuangan Single Parent, Penuh Inspirasi Hidup

1. Room (2015) 

Film perjuangan single parent  bercerita tentang seorang wanita yang ditawan selama bertahun-tahun di sebuah ruangan tertutup.

Dia dibunuh secara brutal. Dia ditawan sampai dia melahirkan seorang anak laki-laki, dan anaknya dirawat di ruangan tertutup sampai anak itu tumbuh dewasa.

Hingga akhirnya sang ibu membiarkan anaknya pergi duluan dan minta tolong. Mereka juga bebas dari perang dan tinggal bersama kerabat mereka. 

Film ini sangat menyentuh karena kita melihat perjuangan seorang ibu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik untuk anaknya. Meskipun dia selalu frustasi dengan situasinya, dia tetap memberikan cinta pada anaknya. 

2. Incredibly Loud and Extremely Close (2011) 

Film perjuangan single parent mengisahkan tentang Oskar Schell adalah anak yang cerdas dan cerdas dengan Sindrom Asperger.

Ayahnya, Thomas, tewas dalam serangan 11 September di World Trade Center. Setelah kematian ayahnya, Oskar tinggal bersama ibunya, Linda. 

Ibunya merawatnya, merawatnya, dan bekerja sendiri untuk menghidupi keluarganya. Linda sangat memperhatikan keluarganya. Setelah Thomas meninggal, Linda memberi tahu Oskar “Aku tidak akan pernah mencintai lagi”. 

Oskar yakin ayahnya telah meninggalkan pesan terakhir untuknya di suatu tempat di desa. Ketika Oskar menemukan kunci misterius di kamar tidur ayahnya, Oskar dengan cepat mencari kunci yang tepat di seluruh kota. 

Sementara ibunya masih berduka, dia terus-menerus didorong oleh pikiran yang tak ada habisnya. Oskar memiliki perjalanan penemuan yang membawanya ke tempat-tempat yang mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang dunia. 

3. Bad Moms (2016) 

Menjadi ibu yang sibuk, anak-anak berbakat, tetapi memiliki suami yang menganggur itu curang? Amy telah memilih untuk menjadi ibu tunggal!

Suatu hari, Amy menghadiri pertemuan orang tua-guru di sekolah putrinya di mana seorang pembicara, Gwendolyn James, menghadiri pertemuan tersebut. 

Ia ingin ibu menjadi ibu terbaik dengan memberlakukan banyak aturan pada anak-anaknya. Amy tidak setuju dengan ini, sampai pendapatnya tidak dihormati. Dia bertemu dua ibu lain yang juga ibu yang terlalu banyak bekerja, kurang dihargai dan stres. 

Mereka memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan biasa demi kebebasan, kesenangan, dan kepentingan pribadi. Sayangnya, hidupnya mengalami kemunduran nyata.

Dalam film perjuangan single parent ini, Anak-anak Amy, Jane dan Dylan, memutuskan untuk tinggal bersama Mike, yang setuju untuk bercerai secara resmi.

Keputusan ini merupakan tanggapan atas apa yang mereka lihat sebagai kegagalan Amy sebagai seorang ibu. Amy juga dipecat. 

Pada hari pemilihan Presiden PTA, Amy memberikan pidato inspiratif tentang bagaimana semua ibu bekerja dan perlu istirahat, melakukan hal-hal yang kurang stres dan yang paling penting, membiarkan diri melakukan sesuatu. 

Menurut Amy, tidak ada ibu yang sempurna, tetapi mereka terus belajar bagaimana menjadi sempurna. Tanpa diduga, pidatonya memenangkan hatinya dan dia terpilih sebagai presiden PTA. 

4. Fatherhood (2021) 

Menjadi seorang ayah, Kevin Hart menghadapi Melody Hurd sebagai ayah dan anak. Chemistry kedua aktor tersebut berhasil mengaduk-aduk emosi penonton, mulai dari emosi, sedih dan bahagia, yang sarat dengan candaan khas Kevin Hart.

Penonton akan diajak mengarungi lautan emosi yang dibangun oleh sang sutradara. Film perjuangan single parent ini menggambarkan lika-liku perjuangan seorang single parent yang berperan ganda.

Dimana ia yang sebagai ayah harus bisa menjadi ibu sekaligus bagi anaknya ketika istrinya meninggal setelah melahirkan.

Menjadi seorang ayah cocok untuk ditonton bersama keluarga, terutama untuk mengisi Hari Ayah. Diyakini bisa membuatmu menghargai perjuangan dan pengorbanan orang lain, terutama orang tua.

5. Herself (2020) 

Serial film perjuangan single parent ini bercerita tentang seorang ibu yang lolos dari larangan suaminya yang kejam dan kasar. Ketika suaminya dibebaskan, dia dan kedua anaknya masih menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. 

Dia benar-benar bunuh diri. Sutradara film ini tidak duduk-duduk memikirkan situasinya atau menunggu keajaiban terjadi. Dia tidak mengharapkan bantuan dari orang lain dan sepenuhnya bergantung pada dirinya sendiri.

Dia melanjutkan, tidak merasa kasihan pada dirinya sendiri, apalagi menentang takdir. Dia mengubah kesulitannya menjadi motivasi untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

6. Maid (2021)  

Film seorang pejuang single parent Netflix ini adalah suatu keharusan bagi ibu baru. Maid diadaptasi dari kisah nyata perjuangan besar seorang wanita muda menghadapi akibat dari perbuatannya.

Sistem ini menghadirkan gambaran disiplin dan stabilitas, dua hal yang mudah diucapkan, tetapi sulit dipraktekkan. 

Maid bercerita tentang perjuangan seorang ibu muda bernama Alex (Margaret Qualley). Dia tumbuh tanpa cinta dan dukungan finansial dari orang tuanya.

Ibunya menjalani kehidupan bohemian dan berkencan dengan pria muda. Ayahnya menikah dan punya anak lagi. Suami Alex adalah gambaran pria yang kasar, kasar, dan tidak setia.

Alex melarikan diri dari suami dan anaknya, melakukan pekerjaan kasar, menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan menghadapi banyak cobaan hidup lainnya. 

Perjuangan yang menyentuh, pasang surut, dan lika-liku cinta dan persahabatan Alex dengan Pembantu mungkin bisa menjadi inspirasi bagi yang kurang menghargai. 

7. Stand By Me (2018) 

Tentu saja Korea bisa membuat film perjuangan single parent yang membuat mata berair. Aksi dan jalan cerita film ini akan menyentuh penonton. Di film ini juga ada film yang mengambil setting di Indonesia, tepatnya di Depok.

Film ini dan ceritakan kisah seorang kakek yang berjuang sendirian untuk menghidupi kedua cucunya. Ayah dari cucu-cucunya meninggal dan ibunya pulang ke negaranya (Indonesia).

Sang kakek melakukan pekerjaan kasar, mulai dari mencuci piring dan mengumpulkan botol bekas. Untungnya, mereka memiliki tetangga yang baik. Apa yang dilakukan anak-anak di film ini sangat bagus. Bahkan jika mereka masih muda.

Yang menarik dari film perjuangan single parent ini adalah ibu Deok-Goo berasal dari Indonesia. Dia jatuh cinta dengan ayah Deok-Goo dan menikah.

Karena penyakit, ayah Deok-Goo pun meninggal dan uang asuransinya dibawa sang ibu. Hal ini membuat sang kakek marah dan mengusir ibu Deok Goo.

Hingga suatu ketika kakek didiagnosa dokter mengidap penyakit yang membuat hidupnya tak lama lagi. Karena takut tak bisa menjaga kedua cucunya, kakek pun mulai mencari keberadaan menantu yang telah diusirnya dulu hingga ke Indonesia.

Akankah, kakek bisa menemukan ibu sebelum meninggal dunia? Simak kisah haru film perjuangan hidup single parent ini di situs streaming online kesayangan, ya.

8. The Pursuit of Happyness (2006)

Film pejuang single parent ini didasarkan pada kisah nyata seorang pria bernama Christopher Gardner yang tinggal di San Francisco.

Gardner adalah seorang pemasar yang telah banyak berinvestasi dalam perangkat yang dikenal sebagai “monitor kepadatan tulang”. 

Ketika keuangan keluarga runtuh, istrinya meninggalkan dia dan dia kehilangan rumahnya. Dia terpaksa pindah ke New York bersama putranya. 

Gardner tidak menyerah, dia terus bekerja keras untuk menafkahi putranya, meskipun dia harus hidup di jalanan. Tanpa uang dan istri di sampingnya, dia berjanji pada dirinya sendiri kepada putranya.

Hingga dia melihat kesempatan untuk memperjuangkan pelatihan pembeli dengan Dean Witter, yang bersaing untuk pekerjaan pada akhir enam bulan tanpa dibayar dengan 20 orang lainnya. 

Dalam perjuangannya, ia selalu menanamkan pada anak-anaknya untuk menjadi kuat dengan menjalani kehidupan yang keras.

9. Stepmom (1998) 

Film single parent ini bercerita tentang seorang ibu yang sudah menikah yang merasa belum dewasa dengan anak-anak suaminya.

Tiga tahun setelah menikahi Jackie, ibu dari anak-anaknya, Luke Harrison memutuskan untuk menikahi pacar yang lebih muda, seorang fotografer fashion bernama Isabel Kelly.

Menghadapi anak-anak Harrison, Kelly melihat bahwa kesetiaan antara ibu kandung dan anak-anak tak tertandingi. Mereka sangat mencintai ibu kandung mereka.

Seorang ibu kandung tetap menunjukkan kasih sayangnya kepada anak-anaknya meski harus menjadi ibu tunggal. Untuk bisa menjelaskan cintanya, Jackie harus beberapa kali bertemu mantan suaminya dan istri barunya.

10. Life is Beautiful (1997) 

Perpisahan tidak hanya disebabkan oleh perpisahan yang disebabkan oleh perceraian atau kematian, tetapi juga dapat mengakibatkan pemisahan beberapa bagian.

Begitu pula dengan cerita di film perjuangan hidup seorang single parent. Seorang Yahudi tampan dan Italia bernama Guido Orefice bertemu Dora, seorang guru sekolah yang cantik.

Dia berhasil memenangkan hati Dora dengan pesona dan humornya. Mereka menikah dan memiliki seorang putra bernama Giosué.

Di ulang tahun kelima Giosué, yang bertepatan dengan Perang Dunia II, sebuah konflik pecah. Karena mereka orang Yahudi, Jerman membawa Guido, Eliseo dan Giosué ke kamp kerja paksa.

Itulah tadi beberapa rekomendasi film perjuangan single parent terbaik yang bisa kamu tonton. Dimana film-film ini akan memberikan inspirasi bagi kamu yang sedang berjuang sebagai single parent.

Nah, itu tadi deretan film perjuangan single parent dengan alur cerita menarik dan inspiratif yang wajib ditonton.

Menurut kamu, mana nih yang bakal jadi favorit dan ditonton untuk pertama kali? Atau kamu punya rekomendasi film perjuangan seorang single parent dengan alur yang lebih menarik?

Jangan sungkan buat share pendapat kamu di kolom komentar, dan enjoy the film, ya!

 

Catatan Editor

Makin puas, nonton film perjuangan hidup single parent melalui layanan streaming online legal, seperti Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menonton drakor pengacara di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play