10+ Rekomendasi Film Motivasi Sarat Pesan Inspiratif yang Wajib Ditonton

119
Rekomendasi film motivasi inspiratif terbaik

Rekomendasi film motivasi penuh pesan inspiratif ternyata juga bisa dijadikan pilihan terbaik ketika hendak menghabiskan waktu luang setelah seharian beraktivitas. Bukan sekadar jadi sarana hiburan untuk melepas penat, film inspiratif terbaik semacam ini juga bisa membuat hidup terasa lebih baik.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Pasalnya, film dengan kisah inspiratif singkat semacam ini dibuat dengan tujuan untuk memotivasi para penontonnya agar lebih bersemangat dalam menjalani hidup. 

Dari sekian banyak rekomendasi film motivasi yang telah dirilis, ada beberapa judul yang wajib kamu tonton. 

Dijamin, bukan hanya memberi kamu hiburan semata, film-film berikut juga bisa menginspirasi kamu supaya lebih kuat dan berani menghadapi segala tantangan. 

Daftar film inspiratif terbaik yang tak boleh dilewatkan

Berikut pilihan kisah inspiratif singkat berbentuk film yang bisa kamu tonton bersama keluarga, kerabat, maupun pasangan. 

1. Forrest Gump (1994)

Rekomendasi film inspiratif terbaik yang pertama adalah “Forrest Gump”, karya dari sutradara Robert Zemeckis. Bercerita tentang seorang pria bernama Forrest (Tom Hanks) yang mengalami keterbelakangan fisik dan mental. 

Akan tetapi, Forrest berhasil menjalankan berbagai profesi dengan segala kekurangan yang dimiliki. Tak main-main, Forrest sempat menjadi seorang nelayan, tentara, hingga pelari. 

2. Life is Beautiful (1997)

Rekomendasi film motivasi berikutnya adalah “Life is Beautiful” yang digarap oleh sutradara Roberto Benigni pada tahun 1997 silam. 

Film yang sempat memenangkan Grand Prix di Cannes Film Festival 1998 ini merupakan film drama komedi asal Italia yang berkisah tentang perjuangan hidup seorang ayah dan putranya di tengah kekejaman kekuasaan NAZI. 

Hebatnya, meski harus tinggal di kamp konsentrasi, sang anak tak pernah merasa hidupnya serba sulit. 

Pasalnya, sang ayah yang bernama Guido (Roberto Benigni) senantiasa memotivasi dan menghiburnya meski perang dunia membawa banyak malapetaka. 

Jika dilihat dari plot-nya, film inspiratif terbaik satu ini bisa memberi kamu motivasi yang luar biasa besar. 

3. The Pianist (2002)

Kisah inspiratif singkat selanjutnya yang bisa tentu saja sayang untuk dilewatkan adalah “The Pianist”. 

Film drama biografi yang digarap oleh Roman Polanski ini bercerita tentang kerasnya perjuangan Wladyslaw Szpilman (Adrien Brody), seorang pianis berdarah Yahudi-Polandia. 

Melalui film inspiratif ini, kamu bisa melihat bagaimana kekuatan manusia untuk bertahan hidup di tengah segala keterbatasan yang ada. 

4. The Pursuit of Happyness (2006)

Berikutnya adalah “The Pursuit of Happyness” yang dibuat berdasarkan buku berjudul sama karya Chris Gardner. Salah satu rekomendasi film motivasi terbaik ini dibintangi oleh Will Smith sebagai Chris Gardner. 

“The Pursuit of Happyness” bercerita tentang perjuangan seorang Chris Gardner yang tengah mengalami kebangkrutan. 

Di tengah keputusasaan, Chris dan putranya (Jaden Smith) justru ditinggalkan begitu saja oleh sang istri, Linda (Thandie Newton). 

Tak ingin terlarut dalam keterpurukan, Chris mencoba peruntungan menjadi seorang pialang saham. 

Namun, Chris masih belum bisa terlepas dari segala belenggu yang membelit hidupnya. 

Ia dan putranya bahkan diusir dan terpaksa tinggal di sebuah toilet stasiun kereta bawah tanah. Kendati demikian, Chris tak pernah patah semangat. 

Chris terus berusaha dan berjuang mendapat pekerjaan yang layak demi anaknya. 

Tentu saja, usaha tak pernah mengkhianati hasil karena jalan kesuksesan itu pun akhirnya berhasil ditemukan oleh Chris. 

Cerita motivasi kerja ini sangat cocok untuk kamu yang mungkin saat ini sedang membutuhkan inspirasi dan semangat baru. 

5. Slumdog Millionaire (2008)

Rekomendasi film motivasi selanjutnya adalah “Slumdog Millionaire” yang naskahnya dibuat berdasarkan novel “Q&A” karya Vikas Swarup. 

Film yang digarap oleh Danny Boyle ini menceritakan tentang Jamal Malik (Dev Patel), pemuda Muslim India yang berasal dari kawasan kumuh bernama Dharavi. 

Di balik segala keterpurukan, siapa sangka ternyata Jamal mendapatkan keberuntungan berupa uang senilai 20 juta rupee. Namun nahas, dia malah mengalami eksploitasi dari orang-orang sekitar. 

Dari kisah inspiratif singkat atas hidup Jamal tersebut kita diajarkan agar selalu percaya terhadap kemampuan diri. Jangan pernah sekalipun menyerah meski terlilit segala keterbatasan hidup. 

6. Eat, Pray, and Love (2010)

Film inspiratif yang cocok dijadikan pilihan berikutnya adalah “Eat, Pray, and Love” hasil arahan sutradara Ryan Murphy. 

Film ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Elizabeth Gilbert (Julia Roberts) yang terpaksa harus bercerai karena mandul. 

Di tengah frustrasi dan kekalutan hatinya, Elizabeth memilih untuk menyembuhkan diri ke berbagai negara. 

Ia menemukan betapa nikmatnya aneka hidangan Italia, menyucikan hati di India, dan merasakan seperti apa cinta sejati di Bali. 

7. The Social Network (2010)

Berangkat dari kisah nyata Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook yang kini dikenal sebagai META. “The Social Network” jadi salah satu cerita motivasi kerja terbaik. 

Bagaimana tidak, film inspiratif terbaik yang digarap David Fincher ini menceritakan betapa peliknya hidup Zuckerberg saat menghadapi serangkaian permasalahan sebelum berhasil mendirikan Facebook. 

Di masa-masa terberat itu, Mark juga harus kehilangan banyak hal di hidupnya. Bahkan, ia harus berkorban demi mendapatkan tujuannya. 

Melalui film yang naskahnya ditulis berdasarkan buku berjudul “The Accidental Billionaires” ini, kamu bakal termotivasi mengejar mimpi-mimpi yang mungkin telah lama terpendam. 

8. Life of Pi (2012)

Film inspiratif selanjutnya adalah “Life of Pi” yang mengangkat kisah hidup seorang laki-laki bernama Pi Patel (Irrfan Khan), putra pemilik kebun binatang di kawasan Pondicherry, India. 

Kisah film bergenre fantasi petualangan ini berawal ketika keluarga Pi Patel hendak membawa seluruh hewan peliharaan mereka untuk pindah ke Kanada, Amerika Serikat. 

Namun nahas, perjalanan mereka tidak semulus yang dibayangkan akibat badai di tengah lautan. Pi terjebak di sebuah sekoci. 

Dia tak sendiri, melainkan bersama Richard Parker, seekor harimau dan beberapa hewan lain. Kendati hidupnya penuh ancaman, tapi Pi berusaha untuk tetap hidup dan pantang menyerah. 

9. Rush (2013)

Rekomendasi film motivasi berikutnya adalah “Rush” yang disutradarai oleh Ron Howard. 

Salah satu film cerita motivasi kerja ini berkisah tentang persaingan Niki Lauda dan James Hunt, para juara dunia di lintasan balap F1 sekitar tahun 1970-an. 

Saat itu diceritakan bahwa, James Hunt (Chris Hemsworth) berhasil mengalahkan rivalnya, Niki Lauda (Daniel Bruhl). 

Meski harus mendapatkan perawatan secara intensif akibat kecelakaan parah, Niki tetap kembali ke lintasan untuk mengalahkan James Hunt. 

Bahkan, Niki harus mengalami kecacatan di wajahnya tapi ia tak peduli dan berhasil mengalahkan Hunt. 

10. The Greatest Showman (2017)

“The Greatest Showman” menjadi rekomendasi film motivasi selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. 

Pasalnya, film bergenre drama musikal ini menceritakan tentang P.T. Barnum (Hugh Jackman) yang harus mati-matian berjuang supaya bisa hidup layak dengan cara membesarkan sebuah grup sirkus. 

Tentu saja, setiap langkah perjalanan hidup Barnum seakan tak pernah luput dari masalah. Saking peliknya, Barnum nyaris kehilangan sang istri yang teramat ia cintai. 

Beruntung, di film cerita motivasi kerja ini Barnum tersadar akan situasi tersebut dan segera memperbaiki setiap masalah yang tengah dihadapi sehingga masa kejayaan itu pun bisa kembali diraihnya. 

Saking epiknya, rekomendasi film motivasi yang disutradarai oleh Michael Gracey ini sempat menjadi film musikal terlaris kelima sepanjang masa. 

Bahkan, “The Greatest Showman” juga berhasil menyabet penghargaan bergengsi Golden Globe Awards ke-75 untuk kategori Best Motion Picture, Best Actor, dan Best Original Song. 

11. Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan (2019)

Sempat viral di awal perilisannya, “Imperfect” yang disutradarai Ernest Prakasa ini memang cukup relate dengan kehidupan beberapa wanita muda Indonesia. 

Film ini mengisahkan tentang Rara (Jessica Mila) yang harus berusaha keras mengacuhkan setiap ocehan dari orang-orang di sekitar hanya karena kondisi fisiknya. 

Melalui rekomendasi film motivasi terbaik ini, kamu akan diperlihatkan bagaimana cara seorang Rara berjuang, bukan sekadar membuktikan eksistensinya tetapi juga caranya mencintai diri sendiri. 

Nah, itu tadi daftar kisah inspiratif singkat yang bisa kamu jadikan motivasi ketika sedang menghadapi peliknya berbagai permasalahan hidup. 

Meski tidak membuat semua masalah yang kamu hadapi bisa selesai begitu saja, tapi setidaknya rekomendasi film motivasi di atas bisa jadi sarana hiburan sekaligus inspirasi yang bisa kamu jadikan pedoman. Selamat menonton, ya!

Catatan Editor

Makin puas, nonton film inspiratif terbaik bersama keluarga melalui layanan streaming online legal, seperti Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play