Fakta Menarik Tentang Kapal dan Film Titanic, Sudah Tahu Belum?

402
Fakta menarik tentang kapal Titanic asli dan filmnya

Fakta tentang film dan kapal Titanic asli memang selalu menarik untuk dikulik lebih jauh. Terutama peristiwa tenggelamnya Kapal Titanic dan penemuan lukisan Rose Titanic yang asli.

Kapal penumpang buatan Britania raya yang selesai dibangun pada 1911 ini diklaim paling besar dan mewah pada masanya.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Dimana, keberhasilan tersebut menjadi tanda bahwa Inggris mampu melewati krisis global yang terjadi pada masa tersebut. 

Namun nahas, kapal yang diklaim sebagai kapal tercanggih, terbesar, dan kuat ini justru karam dan tenggelam dalam pelayaran perdananya pada tahun 1912.

Kisah tragis tenggelamnya Kapal Titanic membuat James Cameron, salah satu sutradara film Hollywood kenamaan terinspirasi untuk membuat versi layar lebarnya.

Setelah perdebatan panjang dengan 20 Century Fox dan Paramount Pictures yang jadi rumah produksinya, voila! 

Film tentang Kapal Titanic pun berhasil diproduksi, lalu tayang pada 1997 dan mendapatkan predikat sebagai salah satu film Hollywood tersukses dan terbaik sepanjang masa.

Buat kamu yang suka dengan film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini, ada banyak fakta menarik tentang film dan Kapal Titanic asli yang tak kalah seru, lho.

Penasaran fakta menariknya seperti apa? Simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Sekilas Tentang Kapal Titanic

Kapal Titanic asli

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Kapal Titanic adalah sebuah kapal buatan Britania Raya. 

Dimana, tujuan pembuatannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelayaran trans-Atlantik. 

Tak hanya itu, alasan lainnya juga sebagai moda transportasi alternatif untuk mengangkut surat dan paket dari Inggris ke Amerika yang jumlahnya ribuan.

Bukan sekedar difungsikan sebagai kapal penumpang biasa pada umumnya, Titanic asli yang merupakan kapal terbesar, paling mewah dan modern pada masa itu. 

Dimana, kapal ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih untuk teknologi pintu kedap airnya. Dari sinilah muncul klaim bahwa kapal tidak akan mungkin bisa tenggelam.

Dalam manifes penumpang dalam kapal Titanic, tercatat ada sekitar 2,200 orang lebih yang semuanya terbagi menjadi 3 kelas terpisah.

Dari kelas 1 yang ditempati para bilioner hingga kelas 3 yang ditempati para imigran yang hendak mencari kehidupan yang layak di benua Amerika.

Namun naas, dalam pelayaran perdananya kapal Titanic justru harus tenggelam setelah insiden tabrakan dengan bongkahan gunung es laut pada 14 April 1912.

Penasaran dengan kisah tenggelamnya Kapal Titanic asli? Simak fakta-faktanya berikut ini.

Fakta Menarik dari Kapal Titanic

1. Kapal Titanic Dipatenkan oleh Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris secara resmi mematenkan kapal Titanic sebagai kapal pengantar surat kerajaan dan mendapatkan gelar kehormatan R.M.S. atau Royal Mail Steamer. 

Dalam pelayaran perdananya, kapal Titanic membawa 3,200 kantong lebih berisi surat yang rencananya akan segera dikirimkan ke beberapa wilayah di Amerika setibanya nanti.

2. Kapal Kedua dari White Star Line

Titanic menjadi kapal kedua yang diproduksi oleh perusahaan White Star Line yang secara khusus bergerak di industri pembuatan kapal, sementara kapal produksi pertamanya diberi nama Olympic.

Setelah Titanic, WSL juga sempat memproduksi kapal yang ketiga dan diberi nama Britannic. 

Dalam proses pembuatannya, ada sekitar ribuan pekerja yang bergabung untuk menyelesaikan pembuatan kapal yang berada di Belfast, Irlandia.

Dari ketiga kapal, semuanya memiliki bentuk yang serupa, megah, dan tak ada satupun yang menandinginya.

Titanic terdaftar dengan nama pelabuhan Southampton, oleh karenanya nama belakang kapal kedua milik WSL ini bertuliskan ‘Southampton.’

3. Terinspirasi dari Kapal Lusitania, Kompetitornya 

Pembuatan Titanic sendiri terinspirasi dari kapal terdahulu buatan dari kompetitor WSL, yakni Cunard Line. 

Kapal cantik tersebut diberi nama lambung Lusitania dan sudah berlayar lebih dulu sekitar 5 tahun dari Titanic pada 1907.

4. Jadwal Peluncuran Pertama yang Tertunda

Jadwal berlayar kapal Titanic yang pertama sekaligus peluncurannya seharusnya pada 20 Maret 1912.

Hanya saja, karena kapal dengan nama lambung Olympic milik WSL mengalami kecelakaan, proses pengerjaan kapal Titanic pun harus berhenti. 

Karena para pekerjanya harus membantu memperbaiki kerusakan yang dialami kapal Olympic l.

5. Panjang Titanic Setara Gedung Empire State Building

Dengan panjang kurang lebih 269,1m, kapal Titanic bisa menyamai tinggi gedung pencakar langit di Manhattan, yakni Empire State Building ketika dibuat vertikal.

6. Dari 4 Cerobong Asap, Hanya 3 yang Berfungsi

Kapal Titanic dilengkapi dengan empat cerobong asap, namun hanya 3 saja yang bisa berfungsi. 

Sementara, cerobong terakhir yang berada di dekat buritan kapal hanya difungsikan sebagai hiasan agar Titanic tampak lebih megah dan gagah.

7. Kapal Penumpang dengan Kapasitas Super Besar 

Kapal Titanic memiliki kapasitas yang cukup besar, bahkan maksimal bisa menampung hingga 3.300 lebih penumpang. 

Terbagi dalam 3 kelas yang diperuntukkan bagi strata sosial berbeda. Dimana dalam kelas 1 tersedia 416 unit kamar dan kelas 2 tersedia 162 unit kamar.

Sementara untuk kelas 3 tersedia 262 unit kamar ditambah dengan empat puluh area terbuka di tiap kelasnya.

Dalam pelayaran perdananya, Titanic mengangkut kurang lebih 44 ribu peralatan makan, dari mulai mangkok, piring, sendok, garpu, pisau, dan sebagainya.

Sementara untuk bahan bakarnya sendiri mampu mengangkut batubara seberat 6.611 ton dalam pelayarannya dengan kecepatan penuh hingga 23 knots.

8. Harga Tiket Fantastis

Harga tiket yang dibanderol untuk penumpang kelas 1 sekitar $4,350 pada 1912 lalu. 

Ini artinya jika dikonversi dengan nilai mata uang saat ini, angkanya bisa mencapai Rp 630 jutaan untuk satu kali perjalanan.

Sementara untuk harga tiket untuk penumpang kelas 2 senilai $2,975 atau sekitar Rp 430 jutaan jika dikonversi dalam nilai mata uang saat ini.

Sedangkan untuk tiket penumpang kelas 3 senilai $793 atau sekitar Rp 11,5 jutaan jika dikonversi dalam nilai mata uang saat ini.

9. Memiliki Inovasi Canggih dengan Dana Pembuatan Fantastis

Pada masanya, kapal Titanic asli sudah dilengkapi dengan banyak inovasi luar biasa yang jarang digunakan di kapal-kapal sejenis sebelumnya.

Misalnya saja seperti kolam renang dengan air hangat, ruangan gym, lift, lapangan squash hingga penghangat ruangan.

Tak heran jika dalam proses pembuatannya menghabiskan dana hingga $7 juta pada 1912. Dimana jika dikonversi dalam mata uang sekarang, nilainya bisa mencapai Rp 11 triliun.

Fakta Tenggelamnya Kapal Titanic Asli

1. Sebelum Tenggelam, Sempat Berlabuh di 2 Pelabuhan

Berangkat berlayar pertama pada 10 April 1912, Kapal Titanic asli memulai perjalanannya dari pelabuhan Southampton, Inggris.

Perjalanan pelayaran kapal terbesar dan termegah tersebut dijadwalkan sampai di pelabuhan New York, Pier 54 pada 17 April 1912.

Sebelum terjadinya tragedi tenggelamnya kapal Titanic, kapal tersebut telah berlabuh di dua pelabuhan sebelum akhirnya kembali berlayar melintasi samudera Atlantik.

Pertama di pelabuhan Cherbourg di Perancis dan pelabuhan Queenstown di Irlandia.

2. Mendapatkan Peringatan Es Hingga 6 Kali

Sebelum tenggelamnya kapal Titanic, sebetulnya sudah banyak kapal-kapal di sekitar yang memberikan peringatan es hingga 6 kali berturut-turut.

Hanya saja, peringatan tersebut sama sekali tak dihiraukan. Pasalnya, operator radio yang bertugas saat itu sedang sibuk mengirimkan telegram dari surat-surat milik penumpang kapal.

3. Tabrakan Terjadi Tengah Malam

Kejadian pada saat kapal Titanic asli menabrak gunung es saat melintas di samudra Atlantik Utara terjadi sekitar jam 11.39 malam waktu setempat.

Jarak tabrakan tersebut, sekitar 600 km dari daratan terdekat, Newfoundland Tenggara.

Dilengkapi dengan 16 kompartemen yang kedap air membuat Kapal Titanic masih akan tetap mengapung meski empat kompartemennya terendam.

Sayangnya, tabrakan dengan gunung es membuat lima kompartemennya robek sekaligus. Hingga membuat kapal hanya bisa mengapung dua jam lamanya sebelum benar-benar tenggelam.

Agar penumpang tidak semakin panik, pemain orkestra memainkan sejumlah lagu. Salah satu lagu yang dimainkan adalah “Nearer God To Thee”. 

4. Banyak Penumpang Percaya Kapal Tidak Akan Tenggelam

Hal ini membuat sekoci pertama hanya berisi 27 orang penumpang saja, padahal sekoci memiliki kapasitas hingga 70 orang.

Ternyata, tenggelamnya kapal Titanic bukan suatu yang mustahil. Bahkan kapal canggih dan mewah tersebut terbelah hingga menjadi dua bagian.

Ini dikarenakan beban kapal yang timpang sebelah, akibat dari penumpang yang lari di satu sisi kapal saja. 

Dalam tragedi tenggelamnya kapal Titanic, ada kurang lebih 1,517 penumpang meninggal, dan mayoritas dari penumpang kelas 3 sekitar 76%. 

Sementara hanya sekitar 700 an penumpang saja yang berhasil diselamatkan dari tragedi tenggelamnya kapal Titanic asli.

5. Bangkai Kapal Titanic

Bangkai dari Titanic berada di wilayah samudera Atlantik Utara dengan kedalaman kurang lebih 3,8 km.

Sementara antara buritan dan haluan kapal terpisah dengan jarak 600 m jauhnya. Bisa dibilang, kondisi haluan masih lebih baik daripada buritan kapal yang tak dapat dikenali karena hancur. 

Bisa dipastikan, 100 tahun lagi bangkai Titanic akan menghilang akibat adanya bakteri penghancur besi di dalam lautan.

Fakta Menarik Film Titanic

1. Ide Cerita Film Titanic Sempat Ditolak

Awalnya, ide cerita dari James Cameron yang diajukan sempat mengalami penolakan oleh beberapa rumah produksi.

Diantaranya 20 Century Fox dan Paramount Pictures. Pihak rumah produksi tersebut mengatakan siapa yang mau nonton film selama tiga jam penuh dan hanya berisi cinta-cintaan?

Dengan kepiawaian James Cameron dalam bernegosiasi, terciptalah film Titanic yang sukses dan dikenal hingga saat ini.

2. Dana Pembuatan Film Terbilang Fantastis

Biaya yang digelontorkan untuk proses pembuatan film Titanic memang tak main-main. 

Untuk pembuatan replika kapalnya saja menghabiskan biaya hingga tujuh kali lipat dari pembuatan kapal Titanic asli.

Semua set yang digunakan untuk kepentingan pengambilan gambar menghabiskan dana hingga USD 200 juta pada waktu itu.

Dana ini dianggap dana dalam pembuatan film terbanyak yang pernah dilakukan.

Agar semakin real, dalam proses pembuatan adegan di laut dibuatlah set yang mampu menampung air hingga 17 juta galon di area seluas 43 ha.

Proses pembuatan filmnya sendiri berada di sebuah studio di Rosarito, Meksiko. 

3. Pemilihan Para Pemain

Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet awalnya bukan aktor pertama yang dipilih sebagai pemeran karakter utama.

Sebelum kedua nama tersebut dipilih, ada nama Matthew McConaughey dan Gwyneth Paltrow yang ada dalam list pemain.

Dikabarkan Kate Winslet begitu ingin memerankan karakter ‘Rose’ di film ini, hingga membuatnya berani menghubungi James Cameron dan mengajukan diri sebagai ‘Rose’ yang dia cari.

Setelah pertimbangan yang panjang, akhirnya James Cameron pun memilih Kate Winslet untuk memerankan ‘Rose’.

Sementara dalam pemilihan pemain pendukung, seperti pekerja yang ada di kapal diharuskan memiliki tinggi maksimal 150 cm. Supaya setting untuk ruang mesin tampak lebih lega.

Ada beberapa nama penumpang dari Kapal Titanic asli yang dimasukkan ke dalam film. Seperti Benjamin Guggenheim, Molly Brown, Thomas Andrews, dan banyak lagi.

4. Lukisan Rose Titanic yang Asli dan Kalung Berlian Biru

Di dalam film ada sebuah adegan dimana ‘Jack’ melukis ‘Rose’ yang hanya memakai kalung berlian berwarna biru, bukan?  

Tahukah kamu, jika lukisan Rose Titanic yang asli tidak benar-benar ada. Karena lukisan tersebut merupakan hasil karya James Cameron sendiri. 

Dan pada saat proses pengambilan gambarnya, terlihat sepasang tangan sedang melukis, bukan? Nah, kedua tangan tersebut adalah milik James Cameron.

Sementara kalung berlian berwarna biru yang dikenakan Rose bukan berlian asli. Melainkan kalung yang dibuat dari kubik zirkonia berlapis emas putih senilai USD 10 ribu.

Setelah proses syuting berakhir, kalung tersebut pun dikembalikan ke museum Cornwall di Inggris untuk disimpan.

5. Celine Dion dan Soundtrack Film Titanic

Film berdurasi 2 jam 47 menit ini awalnya tidak memiliki soundtrack. Namun dengan kegigihan James Horner, film ini akhirnya memiliki soundtrack yang ikonik sepanjang masa.

Sebetulnya, Celine Dion keberatan mengisi soundtrack film Titanic dengan judul “My Heart Will Go On”. 

Sementara, soundtrack yang selama ini kamu dengar merupakan rekaman demo yang dibuat Celine Dion, dan Horner tak pernah memintanya untuk rekaman ulang.

Bukan cuma Celine Dion saja, James Cameron pun juga awalnya kurang setuju jika film Titanic memiliki soundtrack.

Semuanya berkat Horner, hingga “My Heart Will Go On” sukses terpilih sebagai soundtrack film Titanic, terlebih ketika tahu penyanyinya Celine Dion.

Bahkan, soundtrack-nya ini juga meraih sejumlah penghargaan, baik di Oscar maupun Grammy Award.

7. Film Dengan Masa Tayang yang Panjang

Jika film-film saat ini hanya mampu bertahan paling lama 2 sampai 3 bulan saja di bioskop, tapi tidak dengan film Titanic. 

Tayang perdana pada Desember 1997, film Titanic baru benar-benar turun layar pada September 1998. Ini karena versi VHS dari film ini sudah rilis di pasaran.

Jadi jangan heran jika film Titanic bahkan sempat berada di jajaran film dengan penghasilan terbanyak sepanjang. 

Hingga akhirnya akhirnya harus kalah dari film garapan James Cameron yang lain berjudul “Avatar”.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik tentang kapal dan film “Titanic”. Ternyata sangat menarik, bukan? Ada banyak fakta menarik yang mungkin selama ini belum kamu ketahui.

Jika kamu fans sejati film Titanic dan punya fakta menarik lainnya, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar. Semoga terhibur dengan artikel ini, ya!

Catatan Editor

Kami sangat merekomendasikan untuk menonton film Titanic karya James Cameron di layanan streaming legal, seperti Disney+ Hotstar, Netflix, iFlix dan sebagainya.

Namun, jika kamu kesulitan dan terpaksa harus menontonnya di situs online streaming, selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play