10 Rekomendasi Film Tentang Exorcism, Paling Ngeri!

2295
Film tentang exorcism, film exorcist

Film Tentang Exorcism bisa jadi rekomendasi tontonan seru buat kamu yang suka exorcism movie. Exorcism adalah aktivitas pengusiran roh jahat yang merasuki tubuh manusia maupun benda-benda tertentu.

Biasanya, kegiatan ini dilakukan oleh tokoh agama yang berpengalaman di bidangnya, seperti ustadz, kyai atau pendeta. Setiap tokoh agama atau spiritual memiliki caranya masing-masing dalam pengusiran roh jahat sesuai kepercayaannya.

Meski dianggap tak masuk akal, nyatanya banyak kejadian yang melibatkan dimensi lain. Kisah semacam ini yang kemudian menjadi inspirasi pembuatan film bergenre horor.

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Mengusung tema exorcism atau pengusiran roh jahat memang selalu punya sisi menarik yang nagih. Apalagi jika kamu termasuk pecinta film horor. 

Berikut ini rangkuman film tentang exorcism yang tak hanya mengerikan karena banyak hantunya, tapi suasana mencekam soundtrack, akting para pemain berhasil menciptakan situasi horor tak terbendung.

Daftar Film Tentang Exorcism, Horornya Bikin Ngeri!

1. The Exorcism of Emily Rose (2003)

Film tentang exorcism yang bergenre drama horor thriller ini memang lebih menonjolkan situasi persidangan seorang pendeta atas tuduhan menewaskan pasiennya saat praktek exorcism. 

Meski begitu, film karya sutradara Scott Derrickson ini punya satu adegan kerasukan dengan exorcism yang cukup inovatif tapi mengejutkan.

Salah satunya ketika badan korban terpelintir hingga sulit dikenali bentuknya lagi.

Cerita dalam film exorcism berjudul “The Exorcism of Emily Rose” ini terinspirasi dari kisah nyata sebuah kasus exorcism yang memakan korban di Jerman tahun 1976 silam.

Di film exorcist ini memperlihatkan ada banyak roh jahat dari tokoh legendaris yang merasuki tubuh yang sama. Dari Nero, Cain, Belial, Judas Iscariot, hingga Lucifer. 

Sementara metode exorcism adalah metode kuno dan tak digunakan lagi hampir 400 tahun lebih.

2. Constantine (2005)

Film exorcism yang dibintangi Keanu Reeves dan Shia LaBeouf ini di diadaptasi dari seri DC Comics yang menceritakan seorang exorcist dengan kemampuan yang menarik.

Dimana ia mampu memasuki alam akhirat dan memusnahkan iblis jahat yang suka merasuki manusia. Kemampuan ini bisa dimilikinya karena ia terikat perjanjian dengan Lucifer, Raja Iblis. 

Cara menangkap roh jahat di film tentang exorcism ini menggunakan media cermin besar yang digunakan untuk mengurung roh jahat tersebut lalu memecahkannya.

Meski terkesan urakan dan cuek, tetapi tokoh utamanya memiliki etos kerja tinggi dan hati yang penuh empati. 

3. The Conjuring (2013)

Film exorcist garapan James Wan yang menampilkan Vera Farmiga, Patrick Wilson hingga Shanley Caswell ini merupakan film yang terinspirasi dari kisah nyata.

“The Conjuring” berlatar di era 1970 an dan bercerita tentang kejadian horor yang dialami keluarga Perron semenjak pindah ke rumah yang baru dibeli.

Karena sudah tak tahan lagi dengan teror yang menimpa keluarganya, akhirnya mereka pun menggunakan jasa paranormal pasangan Ed dan Lorraine Warren yang cukup populer saat itu.

Namun, gangguan horor yang diterima keluarga Perron justru bertambah ekstrim semenjak kedatangan pasangan paranormal tersebut. 

Ternyata ada kutukan di balik rumah yang dibeli keluarga Perron tersebut yang akan menimpa siapapun yang memilikinya. 

Dimana, kutukan tersebut akan membuat ibu dari keluarga tersebut membunuh anaknya sendiri sebagai persembahan untuk iblis.

Film exorcism yang satu ini sukses menyebarkan kengerian dimana-mana hingga dibuatlah sekuel lanjutannya. Yakni “Conjuring 2” yang rilis di tahun 2016 dan “Conjuring 3” pada 2021 silam. 

4. Deliver Us From Evil (2014)

Film exorcism yang disutradarai Scott Derrickson ini menampilkan Eric Bana dan Edgar Ramirez serta Olivia Munn sebagai pemeran utama.

“Deliver US From Evil” bercerita tentang Ralph Sarchie, seorang polisi New York atheis yang sama sekali tak percaya tahayul.

Hingga suatu ketika Sarchie terpaksa harus bekerja sama dengan seorang pendeta demi menuntaskan serangkaian kejadian kriminal di luar nalar.

Ritual pengusiran roh jahat atau exorcism adalah satu hal yang menjadi senjata mereka dalam menuntaskan aksinya.

5. Incarnate (2016)

Di film tentang exorcism yang disutradarai oleh Brad Peyton ini pengusiran roh jahat bukan dilakukan pemuka agama tetapi seorang ilmuwan.

“The Incarnate” menceritakan tentang Dr. Seth Ember, ilmuwan yang bisa masuk ke alam bawah sadar orang lain. Hal ini membantunya melakukan exorcism.

Sebuah kasus kerasukan tak biasa yang harus dihadapi membuat Dr. Seth harus berjuang melawan rasa takut dan kengerian masa lalunya.

6. The Wailing (2016)

Film tentang exorcism yang tak kalah bikin ngeri selanjutnya datang dari Korea Selatan yang rilis di tahun 2016 silam.

Disutradarai oleh Na Hong-jin, film exorcist yang jadi box office Korea ini menampilkan Kwak Do-won, Chun Woo-hee dan Hwang Jung-min sebagai pemeran utamanya.

“The Wailing” mengangkat unsur horror, misteri, thriller, dan keyakinan beragama sekaligus.

Diceritakan suatu desa yang damai berubah mencekam karena muncul penyakit aneh tiba-tiba dan pembunuhan sadis yang dilakukan orang-orang yang sakit tersebut.

Muncul rumor bahwa semua hal itu terjadi semenjak kepindahan pria asal Jepang ke desa tersebut. Salah seorang polisi setempat pun menyelidiki desas-desus atas pria Jepang tersebut.

Semenjak saat itu, hidup polisi tersebut berubah. Putrinya bertingkah aneh dan sering sakit-sakitan dan dirinya juga kerap bermimpi buruk setiap malam. 

Hingga suatu ketika mertuanya datang membawa dukun untuk mengusir roh jahat di rumahnya.

Semua kejadian aneh yang dialami putrinya membuatnya geram dan bertekad menuntaskan semua misteri dan mengungkap semua keanehan di desa dengan pria Jepang tersebut.

7. The Nun (2018)

Sudah nonton film exorcist berjudul “The Conjuring 2” belum? Ingat dengan sosok roh jahat berwujud biarawati yang bikin takut tidur sendirian bernama Valak itu? 

Nah, film exorcism garapan sutradara Corin Hardy ini merupakan spin-off dari karakter mengerikan tersebut, lho. 

Film “The Nun” bakal mengajak kamu untuk melihat sejarah Valak yang mulai menyebarkan terornya pada manusia.

Di suatu biara tua di Rumania, tiba-tiba digegerkan atas kematian misterius seorang biarawati yang juga membuat Vatikan gempar.

Vatikan kemudian memerintahkan Father Burke, seorang pastur dan biarawati muda bernama Irene untuk menyelidiki kasus tersebut.

Saat bermalam di gedung biara tersebut, Father Burke dan Suster Irene mendapatkan teror penglihatan yang membantu mereka mengungkap misteri gelap dari bangunan biara. 

Hingga kemudian misteri tentang siapa Valak yang sebenarnya hingga bagaimana iblis jahat tersebut menebarkan teror pada umat manusia mulai terkuak sedikit demi sedikit. 

8. The Possession of Hannah Grace (2018)

Meski exorcism movie sudah banyak yang tayang, tapi film garapan sutradara Diederik van Rooijen ini punya kesan yang lain dari yang lain. 

Dimana film exorcist ini menggabungkan aspek exorcism dan kebangkitan Antikristus, sosok yang dinubuahkan di dalam Alkitab sebagai musuh Kristus.

Kisah dalam film “The Possession of Hannah Grace” berawal di momen ulang tahun Angela yang ke 25, dimana tangannya tak sengaja teriris dan harus dilarikan ke rumah sakit. 

Setelah pulang dari rumah sakit, Angela kerap dihantui suara-suara aneh yang membuatnya menjadi sosok lain yang berkepribadian ganda. 

Exorcism adalah langkah yang keluarga Angela ambil, namun Father Lozano yang menanganinya angkat tangan hingga harus meminta bantuan dari Vatikan. 

Ritual exorcism yang awalnya berjalan lancar berubah chaos karena perilaku Angela berubah bengis dan tak terkontrol. 

9. The Divine Fury (2019)

Menggaet aktor tampan Park Seo Joon, exorcist movie satu ini bercerita tentang seorang jawara seni beladiri bernama Yong Ho.

Yong Ho mendapatkan kekuatan yang membuatnya bisa melawan kekuatan jahat yang mengganggu manusia. 

Masa kecil yang suram dan tragis yang mengakibatkan kematian kedua orang tuanya, membuat Yong Ho memendam kebencian mendalam pada Tuhan hingga menjadi atheis.

Yong Ho menggunakan kemarahannya untuk menjadi seorang petarung MMA hebat dan sukses. Hingga suatu pertarungan yang dilakukan Yong Ho di Amerika Serikat, membuatnya mengembangkan stigmata.

Hal ini memaksanya mencari bantuan seorang pendeta yang berpengalaman melakukan exorcism, dikenal dengan Bapa Ahn.

Bapa An melihat potensi yang ada dalam diri Yong Ho setelah luka yang dideritanya mampu mengalahkan iblis. Yong Ho dan Bapa An pun bekerja sama memerangi roh jahat.

10. The Exorcism of God (2021)

Exorcism movie selanjutnya ada “The Exorcism of God” yang rilis 2021 yang lalu ini merupakan garapan Alejandro Hidalgo yang menampilkan Will Beinbrink dan María Gabriela de Faría.

Film exorcism yang satu ini bercerita tentang kejadian mengerikan yang terjadi di sebuah kota di Meksiko tahun 2003 silam.

Dikisahkan seorang pendeta yang bernama Father Peter Williams ini sedang melakukan ritual pengusiran setan yang dikenal dengan sebutan Balban dari tubuh Magali.

Tampaknya pendeta Peter berhasil mengusir iblis jahat tersebut. Tapi tipu daya Balban mampu membuat sang pendeta berbuat hal yang akan disesalinya hingga bertahun-tahun kemudian.

Suatu ketika, pendeta Peter kembali diminta untuk melakukan pengusiran roh jahat yang merasuki gadis bernama Esperanza. Ternyata itu iblis yang sama, Balban.

Exorcism adalah ritual yang akan dilakukan pendeta Peter terhadap Esperanza. Iblis Balban pun mengungkapkan masa lalu Pendeta Peter dengan Magali yang telah terjadi 18 tahun silam.

Akankah Pendeta Peter bisa mengusir iblis Balban dari tubuh Esperanza atau justru terpuruk karena rahasia kelamnya? Simak kelanjutannya di situs streaming online legal kesayangan, ya!

Nah, itu tadi rekomendasi film exorcism yang bukan cuma bikin ngeri tapi juga punya cerita yang menarik untuk diikuti. 

Catatan Editor

Apapun pilihan exorcism movie terbaik yang kamu pilih untuk ditonton, pastikan untuk menontonnya di layanan streaming online legal, seperti Viu, Disney+ Hotstar, Catchplay, iFlix, Netflix dan sebagainya.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play