Google.com
Google.com

5 Hal Dasar Blogging – Sebelum memulai dan memokuskan perhatian untuk blogging, mungkin Anda membutuhkan beberapa hal sebelum memulainya. Hal-hal dasar blogging inilah yang kemudian bisa membuat blogger bertahan untuk tetap mengembangkan blog-nya. Apa saja itu?

5 Hal Dasar Blogging

1. Hasrat atau Minat Dalam Dunia Blog

Banyak orang yang membuat blog hanya untuk mendapatkan uang. Tidak ada jalan pintas untuk kaya, ingatlah itu. Dasar yang Anda persiapkan haruslah berupa hasrat dalam blog itu sendiri. Ingatlah bahwa Anda akan terpacu untuk terus mengembangkan blog Anda dengan hasrat yang Anda miliki. Dengan hasrat tersebutlah nantinya Anda akan selalu berpikir kreatif untuk mempopulerkan blog Anda, menumbuhkan pembacanya, dan tentunya mengisinya dengan konten berkualitas dan original.

2. Niche

Tentukan niche untuk blog Anda. Pastikan agar hal apapun yang nantinya Anda tulis tidak berada jauh dari niche blog Anda. Misalnya Anda memutuskan untuk membuat blog dengan niche tentang dunia internet, maka usahakan agar tulisan di dalam blog Anda tidak lepas dari dunia internet, begitu seterusnya. Tentukan niche blog Anda dan fokus di situ saja agar pembaca Anda tidak bingung, kata kunci yang digunakan tidak jauh-jauh dari yang artikel lain, dan kualitas SEO Anda menjadi lebih bagus lagi.

BACA JUGA:  5 Hal Penting Menjadi Guest Blogger

3. Kepribadian Anda sebagai Blogger

Kepribadian Anda di sini maksudnya adalah bagaimana gaya menulis Anda, bagaimana Anda mengatur desain, dan bagaimana pemikiran Anda tentang artikel yang Anda tulis. Tidak usah ikut-ikutan menulis seperti blogger lain yang sudah terkenal. Fokuslah pada ciri khas Anda dan banggalah akan hal tersebut. Blogger yang sudah sukses dan terkenal juga dikenal karena ciri khas mereka dalam mengembangkan blog-nya. Jadi tidak usah takut dengan gaya bahasa Anda ketika menceritakan isi blog Anda atau artikel di dalamnya, Anda akan dikenal dengan cara berbahasa Anda.

4. Tujuan Anda Untuk Blogging?

Sudahkah Anda tahu apa tujuan Anda ketika memulai blogging? Sekedar hobi? Mencari uang? Terkenal? Atau efek jangka panjang misalnya membukukan tulisan-tulisan di dalam blog Anda? Kebanyakan blogger berhenti blogging karena mereka tidak tahu apa tujuan sesungguhnya dalam blogging. Mereka tidak punya arah dan tujuan dalam mengembangkan blog-nya, maka kemudian mereka menyerah begitu saja karena capek atau bosan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, pastikanlah apa tujuan Anda dalam blogging. Ketika Anda sudah memiliki tujuan maka fokuslah mengembangkan blog Anda agar sampai ke tujuan tersebut. Usahakan memiliki tujuan jangka panjang, misalnya membuat buku dari kumpulan tulisan Anda di dalam blog.

BACA JUGA:  6 Rahasia Blogging yang Bisa Anda Ambil dari Jurnalis

5. Membangun Jaringan Pembaca

Buatlah Fan Page blog Anda, buatlah akun Twitter khusus blog Anda, aktiflah di forum dan di media sosial lainnya sembari mempromosikan blog Anda. Bangunlah jaringan pembaca untuk blog Anda dan tunjukkan kualitas blog Anda kepada mereka. Upayakan agar mereka menemukan kesenangan ketika membaca artikel blog Anda.

Itulah hal dasar blogging yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR