menjadi-guest-blogger5 Hal Penting Menjadi Guest Blogger – Di Indonesia, guest blogger yang menulis konten untuk suatu blog mungkin masih sangat langka jumlahnya. Tetapi di luar negeri, seperti di Amerika, Australia, hingga India, menjadi guest blogger untuk blog orang lain sudah sangat lazim, bahkan menjadi tren khusus serta keharusan untuk meningkatkan popularitas blog-nya.

Ada yang beranggapan bahwa guest blogger menjadi salah satu alternatif untuk memperkenalkan kualitas tulisan seseorang kepada para pembaca tentunya melalui blog orang lain tempat di mana ia menjadi guest blogger. Dan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan menjadi guest blogger?

1. Pengakuan: Ketika orang lain membaca blog Anda maka sudah sewajarnya ia mengenali siapa penulisnya, setidaknya mengetahuinya. Nah, bila pembaca tersebut menemukan tulisan Anda di blog orang lain, maka sudah sewajarnya pula Anda mendapatkan pengakuan darinya sebagai expert di bidang yang Anda tulis.

2. Backlink Gratis: Yang satu ini sangat mempengaruhi kualitas SEO dan Google Pagerank blog Anda. Si pemilik blog yang memperbolehkan kontribusi dari guest blogger selalu memperbolehkan si guest blogger untuk memasukkan link blog-nya atau pun link tulisan terkait ke postingan kontribusinya selama link yang dimasukkan bukan link spam.

Inilah sumber backlink gratis yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas sebagai guest blogger. Semakin banyak link blog Anda yang masuk ke blog lain maka semakin cepat pula Googlebot mengindeks tulisan Anda ke mesin pencari. Dan keuntungan terbesarnya, semakin tinggi pula Google Pagerank yang mungkin Anda dapatkan. Usahakan mencari blog yang sesuai dengan kemampuan menulis dan sesuai dengan kategori blog Anda.

BACA JUGA:  Cara Membuat Google+ Page Untuk Blog

3. Melatih Tehnik Menulis: Semakin sering Anda menulis maka semakin meningkat juga kemampuan menulis Anda, dan hal ini sangat positif dampaknya ke profesionalitas Anda sebagai blogger maupun penulis.

4. Promosi Gratis: Menjadi guest blogger di blog lain menjadi salah satu cara terbaik untuk berpromosi gratis. Link blog Anda akan terpasang di Author Profile tulisan Anda, dan sangat mungkin bila pembaca juga akan membuka blog Anda ketika membaca tulisan Anda. Itulah cara berpromosi gratis yang sangat efektif bagi Anda yang masih enggan berpromosi lewat media pengiklanan online.

5. Dan masih banyak lagi

Dari sekian banyak manfaat menjadi guest blogger yang bisa Anda dapatkan, tentu masih ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar dapat menjadi guest blogger yang baik bagi si pemilik blog dan pembacanya. Tersusun 5 hal penting menjadi guest blogger sebagai berikut:

1. Cari Blog yang isinya Sesuai Dengan Minat, Kemampuan, dan Kategori Blog Anda

Hal ini sangat berpengaruh untuk Anda sendiri yang hendak menjadi guest blogger untuk blog orang lain. Carilah blog yang isinya sesuai dengan minat Anda, kemampuan yang sesuai dengan apa yang akan Anda tulis di dalamnya, dan sesuai pula dengan kategori blog Anda.

BACA JUGA:  5 Langkah Awal Membuat Blog

2. Tulis Sesuatu yang Belum Diketahui Banyak Pembaca

Hal ini berkaitan erat dengan pengakuan para pembaca tentang bakat kepenulisan Anda. Kemampuan Anda dalam bereksplorasi tentang berbagai hal di luar sana yang mungkin belum disadari orang akan membuat Anda sedikit lebih maju dibandingkan dengan penulis lain. Di saat orang sibuk dengan hal yang mainstream, Anda bisa menemukan suatu hal yang unik dan masih jarang diketahui, serta yang belum ditulis oleh si pemilik blog. Tulislah hal tersebut sebagai guest blogger untuk menambah kredibilitas Anda sebagai penulis/blogger.

Note: Anda diundang menjadi guest blogger di blog ini, klik Penulis Tamu.

3. Utamakan Tulisan Berkualitas

Selalu usahakan menulis tulisan berkualitas, baik di blog Anda sendiri maupun di blog orang lain. Menulis tulisan berkualitas di blog orang lain bisa menjadi cara memperkenalkan kualitas Anda sebagai penulis, yang mungkin saja lebih disukai ketimbang tulisan si pemilik blog. Ketika Anda menghasilkan tulisan yang asal jadi saja, di mana pun Anda nantinya bertindak sebagai guest blogger, Anda hanya akan dikenal sebagai penulis ecek-ecek.

4. Bangun Relasi Dengan Pembaca

Blog yang memperbolehkan Anda mendaftar sebagai kontributor di blog-nya, umumnya meminta Anda mengisi beberapa data penting sebagai informasi untuk Anda sebagai penulis sebuah artikel/guest blogger. Nantinya Anda juga akan diperbolehkan login di blog tersebut, seperti blog ini. Kemudian di tulisan Anda akan terdapat komentar. Baca dan tanggapilah komentar dari para pembaca tersebut satu per satu. Hal ini sangat berguna untuk membangun relasi dengan para pembaca tulisan Anda, yang nantinya memudahkan Anda untuk semakin dikenal dan diakui.

BACA JUGA:  Cara Mengganti Warna Background Text Selection Dengan CSS

5. Mengertilah Apa yang Dibutuhkan Pembaca

Di banyak forum seperti kaskus hingga Yahoo! Answer, ada banyak sekali hal yang ditanyakan. Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi sebuah artikel, dan sebarkan ke banyak orang, termasuk menjadi guest blogger di blog orang lain. Hal ini nantinya semakin memudahkan Anda dalam hal mempromosikan blog dan kemampuan menulis Anda ke orang banyak.

Itulah manfaat sekaligus beberapa hal penting menjadi guest blogger aktif yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun personal brand, quality backlink, hingga meningkatkan value Google Pagerank blog Anda. Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR