SeniBerpikir_GPMemahami Google Pagerank Setelah Update Google Pagerank Desember 2013 – Memang ada banyak hal mengejutkan yang terjadi di bulan Desember 2013 ini terkait Google Pagerank. Setelah beberapa waktu sebelum update mengejutkannya diduga kalau Google Pagerank tidak akan update lagi tahun ini, faktanya, Google Pagerank malah update secara mengejutkan di akhir tahun 2013.

Selain kehadirannya yang memang mengejutkan, hasil Update Google Pagerank juga mengejutkan. Ternyata dari segala usaha pengembangan blog dengan konten berkualitas dan trafik tinggi tidak menjamin Google Pagerank bisa tinggi. Dalam hal ini blog Seni Berpikir adalah contoh nyata di mana konten orisinal dan berkualitas serta trafik meningkat bukanlah jaminan Update Google Pagerank bisa tinggi.

Hal tersebut mungkin atau memang benar disebabkan oleh algoritma terbaru Google yakni Google Hummingbird. Contoh nyata lainnya mengapa blog dengan konten orisinal dan berkualitas serta trafik tinggi tidak menjamin Google Pagerank bisa tinggi bisa Anda temukan di forum-forum atau sosial media lainnya di mana banyak blogger curhat dengan keluhan yang sama seperti saya.

Setelah mencari-cari ke berbagai sumber, ternyata ada banyak sekali blog Indonesia dan luar negeri yang tidak mendapatkan update Google Pagerank sama sekali bahkan Pagerank-nya justru menurun padahal upayanya dalam mengembangkan SEO dan backlink sudah luar biasa positif. Dari berbagai pengecekan Google Pagerank yang saya lakukan terhadap blog-blog yang menurut saya sudah besar, ada banyak mereka yang mengeluh karena Pagerank blognya yang dari 3 menurun jadi 2. Ada juga yang dari 1 malah menjadi n/a alias tak terdeteksi lagi.

Di sisi lain, blog yang baru 4 atau 5 bulan lahir dan dikembangkan malah mendapatkan update 2 hingga 3 Pagerank, bahkan ada yang 4. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada sesuatu di balik update Google Pagerank yang mengejutkan ini. Ketika saya browsing di BloggingTips, saya menjadi lebih paham beberapa hal tentang update Google Pagerank akhir tahun ini dan saya rangkum di bawah ini:

BACA JUGA:  Tips Blogging: Hal-Hal Penting Yang Wajib Anda Penuhi

1. Tim Pagerank Google sedang menunda update untuk memperbaiki masalah algoritma Pagerank, tetapi kemunculannya di akhir tahun ini ada kesan ‘memaksa’ update Pagerank itu sendiri.

2. Pagerank yang dulu tidak seperti Pagerank yang baru-baru ini diupdate. Metodenya penilaiannya mungkin berbeda jauh setelah lahirnya algoritma Google Hummingbird.

3. Update Google Pagerank pada 6 Desember 2013 lalu menjadi pertanda bagi kita seluruh blogger untuk mencari jalan positif lain demi meningkatkan Google Pagerank blog kita, terutama menemukan cara-cara terbaru.

4. Google Hummingbird merubah struktur pencarian Google sehingga kata kunci penting yang terdapat dalam seluruh blog/media benar-benar ‘tertimpa’ dan struktur kata kunci tersebut harus diubah berdasarkan ketentuan Google Hummingbird.

5. Dalam video di bawah ini, Matt Cutts (Tim SEO Google) menjelaskan bahwa Pagerank bukanlah berdasar pada kualitas konten tetapi jumlah backlink berkualitas yang tertuju pada suatu blog.

[youtube url=”http://www.youtube.com/watch?v=M7glS_ehpGY” width=”560″ height=”315″]

Beliau juga menambahkan bahwa Pagerank tidak melirik kualitas kata demi kata dalam artikel kita tetapi jumlah backlink beserta kualitasnya dan bagaimana link-link tersebut tertaut pada sebuah blog dengan baik.

6. Kemudian, backlink juga harus organik dan dengan rapi tersusun dalam blog kita, juga harus terpaut dalam blog Do Follow, dan kemudian mengarahkannya ke blog kita. Semakin banyak backlink berkualitas tersusun rapi menuju ke blog kita maka semakin besar pula kemungkinan blog kita akan mendapatkan Pagerank tinggi. Tonton video di bawah:

[youtube url=”http://www.youtube.com/watch?v=6UFHCw4Q_FQ” width=”560″ height=”315″]

 

Dengan demikian, untuk update Pagerank selanjutnya, apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan Google Pagerank kita. Tentu dari rangkuman yang saya tulis di atas, kita bisa berasumsi bebas untuk melanjutkan usaha panjang ini. Tetapi dari berbagai sumber yang saya baca, ternyata cara lama masih berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kualitas blog sehingga mampu mendapatkan Google Pagerank, seperti ini:

BACA JUGA:  Google Doodle Ikut Meriahkan Google 15th

Cara Bijak Meningkatkan Google Pagerank

1. Mengupdate konten dengan rutin

  • Buatlah artikel berkualitas setidaknya 3 sampai 6 kali setiap minggu.
  • Buatlah agar artikel tersebut berisi setidaknya 500 hingga 1000 kata.
  • Di dalam artikel tersebut, upayakan agar beberapa kata kunci menjadi Anchor Text yang kemudian terpointing ke artikel lainnya dalam blog Anda yang berkaitan dengan isi artikel tersebut. Usahakan agar terdapat minimal 3 Anchor Text yang berhubungan.

2. Jadilah Penulis tamu untuk blog lain yang topiknya berhubungan dengan blog Anda. Misalnya jika Anda membahas topik tentang musik maka jadilah penulis tamu di blog yang juga membahas musik. Usahakan agar blog yang ingin Anda singgahi sebagai penulis tamu menyediakan ruang bagi Anda untuk menjadi penulis tamu dalam blog tersebut.

Note: Jika Anda berniat menjadi penulis tamu di Seni Berpikir untuk artikel bertema Tips Blogging, WordPress, SEO, dan Make Money Online, Anda bisa mengklik Halaman Ini.

3. Perbanyaklah berkomentar di blog lain.

Berkomentar di blog orang lain jangan sekalian berpromosi. Komentarlah dengan hal-hal yang berhubungan dengan apa yang Anda baca dari artikelnya. Jika komentar Anda hanya berisi spam seperti sekedar berpromosi produk dan blog, sekaligus komentar yang asal isi saja cenderung dihapus oleh si pemilik blog. Jika Anda berkomentar dengan baik dan hal-hal yang berhubungan dengan isi artikel yang Anda baca maka besar kemungkinan bahwa komentar Anda akan diapprove. Jika diapprove maka otomatis sudah ada link artikel Anda yang terpaut di dalam blog tersebut, itu saja sebenarnya sudah cukup untuk mengumpulkan backlink.

  • Kunjungilah blog yang sesuai dengan topik blog Anda
  • Berikanlah komentar yang baik sesuai dengan isi yang Anda baca.
  • Jangan promosi produk atau sekedar mempromosikan blog Anda di kolom komentar blog orang lain. Hal ini sudah sangat sering terjadi, dan Seni Berpikir juga sudah banyak sekali menerima komentar seperti itu. Mohon maaf banyak komentar yang tidak tampil karena sudah dihapus.
  • Isilah kolom komentar dengan nama asli, URL blog Anda yang asli, dan email asli di kotak-kotak yang sudah disediakan. Isi URL blog di tempat yang sudah di sediakan, jangan dipajang di kolom komentar. Hal ini sangat menjengkelkan karena terlalu bersifat spam. Anda pasti tidak suka menerima komentar semacam itu.
BACA JUGA:  Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

4. Perbanyak membangun backlink berkualitas.

Backlink yang ditumpuk menuju blog Anda haruslah sesuai dengan kategori blog Anda karena dengan demikian kata kunci yang kalian gunakan sedikit-banyak serupa. Perhatikan hal berikut:

  • Backlink yang Anda bangun haruslah sesuai dengan kategori blog Anda.
  • Jangan bangun backlink dengan link spam, atau link dari blog yang hanya berisi hal-hal berbau spam.
  • Bangunlah maksimal 5 backlink dalam sehari, jangan lebih. Terlalu banyak membangun backlink dalam jangka waktu yang relatif singkat justru akan membuat blog Anda dihukum oleh Google.

Inilah 2 tipe backlink:

  • Primary Links: bisa didapatkan dengan memposting artikel dan mengaitkan kata kunci yang satu dengan artikel Anda yang lain yang berhubungan. Bisa juga Anda dapatkan dari:
    1. High Quality Article Directory
    2. Directory Submission
    3. Blog Posts
  • Secondary Links, bisa Anda dapatkan dari: memberikan komentar di blog orang lain yang relevan dengan blog Anda, aktif berdiskusi di forum-forum, dan aktif berpromosi di Media Sosial.

 

Itulah berbagai hal yang saya rangkum untuk membantu kita semua dalam memahami Google Pagerank setelah hadirnya Google Hummingbird, dah update Google Pagerank terakhir di penghujung tahun 2013. Menurut kalian, apakah segala upaya kita dalam mengembangkan blog selama ini sudah sesuai dengan Pagerank blog kita saat ini? Berapa Google Pagerank kalian? Dan apakah Anda setuju dengan rangkuman yang saya buat di atas?

SHARE
Artikel SebelumnyaUpdate Google Pagerank 6 Desember 2013
Artikel SelanjutnyaUpdate WordPress 3.8, Apa Saja yang Baru?
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

1 KOMENTAR

  1. untuk isu tersebut ternyata alhamdulillah saat ini i thun 2014, google pagerank itu sudah upate kembali..karna memang sangat di butuhkan dan pentingn sekali bagi yang memerlukannya..
    terimaksih atas telah kembliny 😉

TINGGALKAN KOMENTAR