Begitulah cara lengkapnya jika menggunakan cara pertama. Seperti janji saya, jika Anda malas berurusan dengan code dan menempatkannya secara manual, maka terapkanlah cara kedua seperti berikut:

1. Download file .zip yang sudah saya persiapkan. Ekstrak file tersebut (terdapat dua file di dalamnya) dan upload kedua file tersebut ke wp-content/themes/themeAnda seperti langkah nomor 5 di atas.

2. Masukkan code berikut di file functions.php theme yang sedang Anda gunakan:

include( get_template_directory() . '/gwf-options.php');

3. Ikuti langkah-langkah setting-nya seperti cara-cara di langkah pertama dan menggunakan Google Fonts tanpa plugin sudah selesai kita praktekkan.

Adakah Alternatif Lainnya Untuk Menggunakan Google Fonts?

Selalu ada cara lain, namun cara alternatif ini mengharuskan Anda menggunakan plugin yang merupakan cara kebalikan dari inti artikel ini.

Baca Juga: 5 Metode Efektif Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Silahkan masuk ke Dashboard blog Anda dan pilih menu Plugins => Add New => dan masukkan kata kunci yang berhubungan dengan Google Fonts.

Silahkan pilih salah satu yang menurut Anda paling baik berdasarkan jumlah download, update , dan review.

Kesimpulan

Menggunakan Google Fonts di website atau blog tentu akan menambah kesan yang lebih baik lagi bagi pengguna dari segi tampilan, kemudahan untuk membaca konten yang ada, dan juga user interface.

Baca Juga: Cara Install Plugin WordPress: Panduan Lengkap

Cara pengaplikasiannya memang memakan waktu dan langkah yang relatif panjang, tetapi apa yang saya tuliskan di atas meskipun code yang sangat tidak familiar dengan Anda, saya harapkan tetap mampu memandu Anda untuk menggunakan Google Fonts di blog WordPress Anda tanpa penggunaan plugin.

Menuliskan rangkaian baris code di atas sebenarnya bertujuan untuk membuat Anda lebih familiar dengan source code PHP yang sangat bermanfaat untuk melakukan tweak pada source code yang terdapat pada WordPress.

Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap

Mungkin nantinya akan sangat membantu Anda mengenal penerapan code yang serupa pada blog Anda untuk pengembangan selanjutnya.

Saya sangat menghindari penggunaan plugin yang dapat membuat loading blog menjadi lebih lambat.

Baca Juga: 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

Oleh karena itu saya lebih memilih memandu Anda dalam menggunakan Google Fonts tanpa plugin yang sama saja mudahnya. Akhir kata, semoga bermanfaat.


Sumber: Dezzain.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.