11+ Rekomendasi Film Islami, Film Sejarah Islam yang Bagus dan Edukatif

1235
Rekomendasi Film Islami

Lagi cari rekomendasi film Islami atau judul film sejarah Islam yang bagus? Film yang menceritakan sejarah Islam memang bisa jadi rekomendasi tontonan edukatif untuk keluarga.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Islam merupakan ajaran agama yang selalu menebarkan kebaikan dan kasih sayang antara sesama makhluk hidup. 

Ada banyak kisah inspiratif berlatar sejarah Islam dan para muslim yang tak jarang diadaptasi ke layar lebar yang bukan hanya penuh edukasi tapi juga menginspirasi.

Bukan hanya di Indonesia saja, film Islami juga banyak diminati di mancanegara. Jangan heran jika ada banyak judul film sejarah Islam yang bagus dari luar negeri.

Buat kamu yang penasaran dengan film Islami yang bagus, simak deretan rekomendasi terbaiknya berikut ini!

Rekomendasi Film Islami Terbaik dari Indonesia dan Seluruh Dunia

1. Farouk Omar (2012)

Buat kamu yang penasaran dengan sosok Umar bin Khattab, maka serial film yang rilis di tahun 2012 ini bisa jadi tontonan yang menarik untuk diikuti ceritanya.

“Farouk Omar” menjadi salah satu judul film sejarah Islam yang bagus buat tontonan keluarga untuk menambah wawasan tentang bagaimana sosok Umar.

Di film tentang sejarah Islam ini, kamu akan diajak untuk mengikuti tentang bagaimana kepemimpinan yang dijalankan Umar bin Khattab sepeninggal khalifah pertama, Abu Bakar.

Melalui serial film yang menceritakan tentang sejarah Islam ini, kamu bisa mengenal tentang Umar dan caranya menghadapi gejolak dengan kaum Quraisy.

Termasuk perjalanan hidupnya sebelum memeluk Islam dan sempat memusuhi nabi Muhammad Saw. Hingga akhirnya, ia menjadi sosok yang paling berpengaruh dalam peradaban Islam.

2. Bilal: A New Breed of Hero (2015)

Rekomendasi film Islami yang satu ini cukup berbeda karena dibuat dengan format animasi. Meskipun demikian, film bertajuk “Bilal: A New Breed of Hero” bisa jadi rekomendasi judul film sejarah Islam yang bagus, lho.

Pasalnya, film animasi ini terinspirasi dari kisah tentang salah satu sahabat nabi Muhammad Saw bernama Bilal Bin Rabah.

Bilal, seorang anak laki-laki yang baru berusia tujuh tahun harus menelan mimpinya menjadi pejuang hebat.

Ini terjadi karena dirinya telah diculik bersama saudara perempuannya yang kemudian dijadikan budak di suatu negeri nun jauh dari kampungnya.

Hingga tumbuh dewasa, Bilal yang kini menjadi budak saudagar kaya selalu mengalami banyak siksaan dan kesulitan. 

Meski harus menghadapi banyak kesulitan, Bilal tetap teguh memilih jalan hidupnya sendiri. Ia pun mencoba membebaskan dirinya hingga berhasil menjadi pria yang menginspirasi dunia.

3. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

Rekomendasi film Islami satu ini datang dari dalam negeri karya sutradara Guntur Soeharjanto yang diadaptasi dari buku bertajuk serupa tulisan Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. 

Dibintangi Acha Septriasa dan Abimana Aryasatya, “99 Cahaya di Langit Eropa” bisa jadi rekomendasi film Islami religi yang tak boleh dilewatkan. 

Mengisahkan tentang perjalanan spiritual Hanum, jurnalis wanita asal Indonesia yang tengah menemani sang suami, Rangga, menempuh pendidikan doktoral di Vienna, Austria. 

Bagaimana pasangan ini beradaptasi di lingkungan Eropa yang sangat berbeda, bertemu banyak orang-orang baru, hingga tanpa sengaja menemukan jejak-jejak peradaban Islam di Eropa.

4. Muezzin (2009)

Selanjutnya, ada rekomendasi film Islami bergenre dokumenter yang bertajuk “Muezzin” yang cukup menarik untuk diikuti kisahnya.

Film asal Turki ini mengisahkan tentang para muadzin atau pelantun adzan yang ada di seluruh penjuru Turki. 

Terlepas dari fakta bahwa saat ini Muadzin telah digantikan dengan suara rekaman adzan yang diputar melalui pengeras suara, namun nyatanya profesi ini masih cukup banyak diminati.

Bahkan setiap tahunnya, Turki pun menyelenggarakan kompetisi yang cukup bergengsi untuk memilih satu dari Muadzin terbaik. 

Film islami ini menyelidiki sebuah fenomena dalam Islam untuk mencari jawaban mengenai pertanyaan, apakah Muadzin bisa dianggap sebagai seniman atau tidak.

5. Islamic Art: Mirror of the Invisible World (2012)

Rekomendasi film Islami selanjutnya ada “Islamic Art: Mirror of the Invisible World” yang rilis di tahun 2012. 

Film yang dibuat dengan format dokumenter ini menjadi salah satu film tentang sejarah Islam yang penuh edukasi.

Pasalnya, kamu akan dibawa untuk ikut dalam perjalanan yang epik melintasi beberapa negara untuk menelusuri jejak sejarah islam yang berumur ribuan tahun lebih.

Bukan hanya mengeksplorasi tempat, tapi juga kata demi kata, ornamen, ruang, hingga warna yang memiliki kisah menarik di balik begitu banyaknya karya arsitektur dan seni dalam Islam. 

Termasuk bagunan istana dengan arsitektur dan ornamen khas yang cantik, hingga pencahayaan ruang di masjid monumental. Serta keindahan kotak berukir, keramik, logam, hingga seni kaligrafi yang memukau.

Film tentang sejarah Islam ini bahkan juga mengkaji tentang bagaimana seni dalam Islam dapat mengubah kata-kata menjadi kaligrafi atau mahakarya tulisan yang ekspresif.

6. Bulan Terbelah di Langit Amerika (2015)

Rekomendasi film Islami yang satu ini adalah lanjutan dari film berjudul “99 Cahaya di Langit Eropa” tentang perjalanan spiritual yang dialami Hanum dan Rangga. 

Kali ini, Hanum dan Rangga berada di Amerika. Hanum yang sudah bekerja sebagai seorang wartawan mendapatkan tugas untuk menuliskan artikel provokatif bertajuk “Apakah dunia lebih baik tanpa Islam?”.

Demi menemukan jawaban untuk bahan artikelnya tersebut, Hanum pun harus bertemu sejumlah keluarga korban dari tragedi 9/11 yang berada di New York, Amerika. 

Ternyata, suaminya Rangga pun juga mendapat tugas dari kampus untuk mewawancarai seorang milyuner sekaligus filantropi asal Amerika, Philipus Brown.

Tugas ini demi memenuhi persyaratan untuk kelulusan kuliahnya. Rekomendasi film Islami ini menceritakan bagaimana Rangga dan Hanum mengungkapkan kejadian terkait tragedi 9/11 dari sudut pandang mereka.

. The Fetih 1453 (2012)

Pernah dengar tentang seorang sultan dari dinasti Ottoman atau Turki Usmani yang berhasil merebut konstantinopel?

Jika belum, maka judul film sejarah Islam yang satu ini wajib masuk watchlist kamu. 

“The Fetih 1453” merupakan salah satu film sejarah Islam yang bagus buatan Turki dengan total biaya produksi hingga USD 17 juta atau kurang lebih Rp 158 miliar.

Hal ini menjadikan “The Fetih 1453” sebagai salah satu film yang menceritakan sejarah Islam termahal sepanjang sejarah perfilman, terutama bagi Turki.

Judul film sejarah Islam yang bagus ini sendiri berkisah tentang Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih yang berhasil memenuhi janjinya. 

Mengakhiri kejayaan Kekaisaran Bizantium serta  merebut kota Konstantinopel untuk Kesultanan Turki Usmani di tahun 1453.

Hal tersebut mengakibatkan terjadinya pengepungan terbesar di zaman itu. Dimana hampir semua pemuda Turki ikut berperang membebaskan Konstantinopel yang pada masa itu merupakan jantung dunia.

8. The Kingdom Of Solomon (2010)

Rekomendasi film Islami satu ini mengisahkan tentang Nabi Sulaiman dan pengangkatannya sebagai raja sepeninggal sang ayah, Nabi Daud AS. 

Film tentang sejarah Islam yang rilis di tahun 2010 ini merupakan besutan sutradara Shariar Bahrani yang diproduksi dengan bahasa Parsi dan Inggris.

“The Kingdom of Solomon” mengisahkan tentang kecerdasaan dan mukjizat yang dimiliki Nabi Sulaiman AS.

Pada masa itu, orang-orang yang ada disekitar Nabi Sulaiman begitu angkuh dan tidak peduli terhadap nasihat beliau untuk selalu berhati hati terhadap pasukan setan dan jin yang akan menyerang. 

Hingga tak sedikit rakyatnya yang mengalami kerasukan jin hingga menderita sejumlah penyakit aneh, bahkan istri dari Nabi Sulaiman juga turut terbunuh.

Lantas, Allah SWT pun menurunkan bantuan dengan menganugerahkan mukjizat pada Nabi Sulaiman yang akhirnya mampu memenangkan peperangan dan membuat semua makhluk tunduk.

9. Ali (2001)

Rekomendasi film Islami yang satu ini mengangkat kisah hidup legenda tinju dunia yang juga seorang muslim yang taat, Cassius Clay atau yang lebih dikenal dengan nama Muhammad Ali.

Dibintangi Will Smith hingga Jamie Foxx, film “Ali” Ali merupakan garapan sutradara Michael Mann yang rilis di tahun 2001.

Kisah hidup sang legenda tinju dunia ini sendiri tak dapat dipisahkan dari nama sejumlah tokoh gerakan Black Moslem yang ada di Amerika Serikat, dari Malcolm X hingga Elijah Muhammad.

Menjadi orang berkulit hitam yang cukup terkenal, nama Clay hampir selalu dikaitkan-kaitkan dengan Malcolm X. 

Tetapi, Clay hampir tak pernah menyangkalnya, hingga akhirnya dirinya pun berpindah keyakinan dan memeluk Islam.  

Clay pun mengungumkan nama barunya, Muhammad Ali. Seiring waktu, karir dan ketenarannya pun semakin meningkat.

 Ali pun menjadi salah satu sosok terkenal yang turut menyuarakan soal kritikan dan penolakan untuk bertugas di perang Vietnam dan sejumlah aksi kontroversial lainnya.

10. The Message Ar Risalah (1976)

Rilis di tahun 1976, “The Message Ar Risalah” menjadi rekomendasi judul film sejarah Islam yang bagus buat kamu yang suka film inspiratif penuh edukasi.

Film biografi tokoh terkenal ini mengangkat kisah tentang bagaimana lika-liku perjalanan dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.

Dimulai dari awal mendapatkan wahyu dari Jibril saat menyepi di gua Hira, hingga terjadinya peristiwa Fathu Makkah. 

Di film yang menceritakan tentang sejarah Islam ini Rasulullah Saw tak digambarkan secara audio maupun visual. Itulah mengapa film tentang sejarah Islam ini bebas kontroversi pada masa itu.

Kabarnya demi mendapat alur cerita perjalanan dakwah Rasulullah dengan akurat sesuai runutan sejarah, proses produksinya sendiri bahkan memakan waktu hingga enam tahun, lho.

11. Khalid Ibn Al Walid (2006-2007)

Tayang perdana di tahun 2006, “Khalid Ibn Al Walid” merupakan sebuah serial film yang menceritakan sejarah Islam yang recommended buat bahan edukasi.

Dikenal dengan sebutan “Pedang Allah”, Khalid bin Walid merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad Saw yang terkenal pandai dan hebat dalam strategi perang.

Dia merupakan satu dari beberapa panglima penting yang tak terkalahkan sepanjang kepemimpinannya.

Di bawah komandonya, untuk pertama kalinya tanah Arab dipersatukan dalam panji Islam di bawah kepemimpinan Rasulullah Saw.

12. Rise Of Empire: Ottoman (2010)

Rilis pada 2010 silam, judul film sejarah Islam yang bagus ini mengisahkan tentang penaklukan Konstantinopel dibawah kepemimpinan sultan Mehmed II.

Film “Rise of Ottoman” besutan sutradara Emre Sahin ini wajib masuk salah satu daftar film tentang sejarah Islam yang wajib banget buat ditonton.

Nah, itu tadi beberapa judul film islami recommended yang bisa jadi tontonan menarik bersama keluarga di akhir pekan. 

Selain alur cerita yang diusung cukup menarik, ada begitu banyak pelajaran berharga tentang hidup dan penuh inspirasi yang bisa jadi bahan renungan.

Dari deretan rekomendasi film Islami terbaik di atas, mana nih yang bakal kamu pilih untuk ditonton pertama kali?

Yuk, share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Catatan Editor

Supaya acara nonton deretan judul film sejarah Islam yang bagus di atas lebih puas, pastikan untuk menggunakan layanan streaming online yang legal, ya.

Misalnya saja seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Catchplay, iFlix dan lain sebagainya untuk pengalaman yang terbaik.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play