10+ Rekomendasi Film Biografi Terbaik, Menceritakan Perjalanan Hidup Tokoh Terkenal yang Penuh Inspirasi

Rekomendasi Film Autobiografi – Ada banyak tokoh biografi yang memiliki kehidupan menarik dan menginspirasi. Tak heran jika film biografi tokoh terkenal cukup banyak disukai.

Film biografi atau kerap juga disebut biopik merupakan film yang terinspirasi dari kehidupan tokoh yang pernah ada atau hidup secara nyata. Bisa dibilang, film ini menjadi dramatisasi kehidupan tokoh tersebut.

Umumnya, tokoh biografi yang kisah hidupnya diangkat dalam film merupakan biografi tokoh terkenal.

Melalui film, penonton bisa lebih mengetahui bagaimana seluk beluk atau gambaran kehidupan dari tokoh yang dimaksud.

Tentunya film autobiografi akan menjadi tontonan yang menarik. Terlebih, ketika jalan hidup tokoh idola yang diangkat dalam tersebut.

Rekomendasi Film Autobiografi dengan Kisah Menarik

Ada begitu banyak film biografi tokoh terkenal yang sudah diproduksi dan tayang di layar lebar. Film-film tentang tokoh biografi tersebut bahkan bukan cuma menyuguhkan kisah yang penuh haru, tapi juga inspiratif, dan bahkan menegangkan.

Berikut ini rekomendasi film autobiografi terbaik dengan alur yang kuat dan bisa jadi tontonan menarik.

1. Control (2007)

Rekomendasi film autobiografi terbaik yang punya alur cerita menarik dengan format film hitam putih ini bertajuk “Control” yang rilis di tahun 2007 silam.

Film biografi ini mengisahkan tentang biografi tokoh terkenal sekaligus musisi ikonik yang bernama Ian Curtis.

Ia merupakan vokalis dari band Joy Division yang menjadi salah satu legend di genre musik post-punk. Dimana dirinya pernah berjaya antara tahun 1970-an sampai dengan 1980-an.

Merupakan debut film pertama dari sutradara Anton Corbijn, “Control” diadaptasi dari buku biografi karya Deborah Curtis bertajuk “Touching from a Distance”.

Dibintangi oleh Sam Riley, film biografi tokoh terkenal ini mengabadikan seluruh momen kehidupan Ian. Dari remaja, memulai kehidupan rumah tangga dengan Deborah hingga mencapai puncak karirnya bersama Joy Division.

Termasuk konflik perselingkuhan Ian dengan seorang wartawan bernama Annik Honore asal Belgia saat berada di puncak karirnya.

Konflik tersebut akhirnya memicu berbagai masalah yang akhirnya mendorong Deborah memutuskan untuk mengajukan cerai.

Hingga akhirnya, Ian ditemukan tak bernyawa di rumahnya karena bunuh diri tepat sebelum band-nya menjalani tur keliling Amerika di tahun 1980.

Kisah hidup tokoh biografi yang tertuang dalam film ini bahkan menyabet sejumlah penghargaan di ajang Cannes Film Festival.

2. The Motorcycle Diaries (2004)

Pernah dengan sosok revolusioner asal Kuba bernama Che Guevara? Kisah hidupnya di masa muda dirangkum dalam film biografi bertajuk “The Motorcycle Diaries” yang disutradarai oleh Walter Salles.

Diperankan Gael Garcia Bernal, film biografi tokoh terkenal ini berfokus pada perjalanan dengan mengendarai sepeda yang dilakukan oleh Guevara berkeliling Amerika Selatan pada 1952 silam.

Di film ini pula terungkap fakta jika kehidupan petani yang mengubah gaya hidup hedonisme Guevara menjadi lebih sederhana dan apa adanya.

Dalam perjalanannya, Guevara berjumpa banyak sosok yang mengubah pandangan hidupnya. Ia pun juga turut menyaksikan banyaknya ketidakadilan sosial yang terjadi di hampir seluruh Amerika Latin.

3. Capote (2005)

Film arahan sutradara Bennett Miller yang rilis di tahun 2005 ini bisa jadi rekomendasi film autobiografi terbaik yang menarik untuk diikuti kisahnya.

Diperankan oleh Philip Seymour Hoffman, film biografi tokoh terkenal ini mengisahkan tentang kisah hidup Truman Capote, salah seorang pelopor jurnalisme sastrawi yang berasal dari Amerika Serikat.

Cerita dalam film “Capote” berfokus pada peristiwa yang terjadi selama penulisan sebuah ‘novel non-fiksi’ bertajuk In Cold Blood dan rilis pada tahun 1965.

Novel tersebut menjadi salah satu karya Capote paling tersohor dan menjadi tonggak jurnalisme sastrawi di Amerika Serikat.

Baca Juga:

Dalam novel ‘In Cold Blood’ bercerita tentang sebuah kisah penelusuran berbagai aspek yang terjadi di sekeliling kasus pembunuhan brutal dan sadis yang sempat menggemparkan Kansas, AS.

Film “Capote” mengikuti sejumlah peristiwa yang dilalui oleh si pembunuh, dari mulai penangkapan, proses pengadilan, vonis hukuman hingga eksekusi.

Sejumlah catatan dan berbagai hasil laporan yang berhasil dirangkum tersebut, dibalut konsep fiksi dan kemudian disajikan dalam sebuah novel “In Cold Blood”.

4. Frida (2002)

Rilis di tahun 2002, film besutan Julie Taymor wajib banget masuk daftar rekomendasi film autobiografi selanjutnya.

“Frida” mengisahkan tentang perjalanan hidup Frida Kahlo, seorang pelukis wanita yang juga jadi ikon feminisme dari Meksiko.

Nama Frida menjadi terkenal dan populer karena hasil lukisannya yang epik dan menjadikan dirinya sendiri sebagai objek lukisan.

Menurutnya, karena sering termenung sendirian maka ia memilih melukis dirinya sendiri. Itulah mengapa, karena dirinyalah yang menjadi subjek lukisannya, maka ia bisa tahu sudut yang terbaik.

Suatu ketika, Frida mengalami kecelakaan bus yang menyebabkan dirinya terluka cukup parah hingga membuat semangatnya terus menurun.

Frida kemudian memilih meninggalkan kuliah kedokteran yang sebelumnya dia pilih dan kemudian beralih ke seni.

Dalam dunia barunya, Frida berjumpa dengan seorang pria pelukis mural bernama Diego Rivera. Hubungan keduanya berubah semakin serius hingga akhirnya memutuskan untuk menikah.

Sayangnya, kehidupan pernikahan yang dijalani Frida dipenuhi dengan banyak konflik. Frida yang mengalami keguguran karena stres akibat perselingkuhan Diego dengan Cristina, adik Frida.

Dari sini, sejumlah skandal pun mulai bermunculan, termasuk kisah perselingkuhan antara Frida dengan salah satu tokoh komunis kenamaan, Leon Trotsky.

Diperankan oleh Salma Hayek, alur cerita dalam film biografi tokoh terkenal ini diadaptasi dari buku biografi Frida Kahlo yang ditulis oleh Hayden Herrera.

5. The Theory of Everything (2014)

Siapa sangka jika sosok ilmuwan dengan otak jenius seperti Stephen Hawking memiliki kisah hidup yang cukup rumit dan pelik?

Kisah inilah yang jadi salah satu fokus cerita di film bertajuk “The Theory of Everything” yang mengisahkan tentang kehidupan yang dijalani Stephen Hawking.

Kisah dalam film besutan James Marsh ini bermula sejak masa kuliah Hawking di Cambridge University.

Saat itulah dirinya bertemu dengan Jane, salah seorang mahasiswa dari jurusan sastra yang kelak menjadi istrinya.

Suatu ketika, dokter mendiagnosis Hawking mengidap penyakit motor neuron disease. Hal ini membuat seluruh otot yang ada tubuhnya menjadi tidak berfungsi sempurna.

Meskipun dengan kondisi yang demikian, Jane tetap setia di samping Hawking, hingga keduanya pun akhirnya melangsungkan pernikahan.

Ketika rilis, film tokoh biografi ini mendapatkan respons yang cukup positif dari penonton dan kritikus film.

Eddie Redmayne dinilai berhasil memerankan sosok Hawking hingga membawanya memenangkan berbagai penghargaan bergengsi.

6. Bohemian Rhapsody (2018)

Film garapan sutradara Bryan Singer yang rilis tahun 2018 ini menjadi salah satu film biografi tokoh terkenal yang recommended.

“Bohemian Rhapsody” menyuguhkan aksi panggung yang ikonik dari sang legenda musik pop dunia, Freddie Mercury.

Dibintangi Rami Malek, film tokoh biografi ini menceritakan perjalanan hidup Freddie Mercury yang meniti karir bersama Queen, grup musiknya.

Kisah bermula saat Freddie mengunjungi sebuah bar dan menyumbang lagu, ia pun didapuk menjadi vokalis band dan perjalanan spektakuler Freddie bersama dengan Queen pun bermula.

Film biografi ini juga menyuguhkan konser Freddie Mercury yang terakhir sebelum akhirnya jatuh sakit karena penyakit HIV/AIDS yang menggerogoti tubuhnya.

7. A Beautiful Mind (2001)

Bercerita tentang kisah hidup ahli Matematika peraih Nobel bernama John Nash, “Beautiful Mind” jadi rekomendasi film autobiografi selanjutnya yang punya alur cerita menarik.

Film biografi tokoh terkenal besutan Ron Howard ini bahkan berhasil mendapatkan sejumlah Piala Oscar dalam berbagai kategori.

Dimainkan oleh Russell Crowe, film ini bercerita tentang keberhasilan yang diraih John Nash dalam memecahkan kode rahasia komunikasi Rusia sebagaimana diminta Pentagon.

Hal ini kemudian membuatnya bergabung dalam sebuah kelompok yang bekerja memindai majalah dan surat kabar demi menemukan sejumlah kode rahasia.

Setelah bergabung dengan kelompok tersebut, tingkah laku Nash pun mulai mengalami banyak perubahan.

Kehidupannya juga mulai dipenuhi teror yang ia buat sendiri akibat penyakit skizofrenia yang belakangan dideritanya.

8. Mandela: A Long Walk to Freedom (2013)

Buat kamu yang penasaran dengan kisah biografi tokoh terkenal asal Afrika Selatan yang dijuluki Bapak Perdamaian, maka wajib nonton “Mandela: A Long Walk to Freedom”.

Film arahan sutradara Justin Chadwick yang diperankan Idris Elba ini diangkat dari kisah perjalanan hidup dan keteladanan sosok Nelson Mandela.

Mulai dari kehidupannya di masa kecil hingga dewasa dan terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan di tahun 1994 silam.

Nelson Mandela diceritakan sebagai sosok yang begitu vokal dan hampir tak punya rasa takut sama sekali untuk menyuarakan apa yang dianggapnya benar.

Bahkan, ia tak peduli jika harus menghadapi penguasa kejam hingga harus masuk dalam bui selama beberapa tahun.

9. Green Book (2018)

Film arahan sutradara Peter Farrelly yang dibintangi Viggo Mortensen dan Mahershala Ali ini juga layak masuk daftar watchlist film biografi tokoh terkenal.

Dikisahkan Tony Vallelonga yang tadinya bekerja sebagai penjaga club malam, kini harus mencari pekerjaan yang baru karena kehilangan pekerjaannya.

Tony yang melamar kerja sebagai supir seorang pianis beraliran Jazz berkulit hitam bernama Don Shirley ini pun akhirnya dipanggil untuk menjalani sesi interview.

Tony awalnya sempat bingung, pasalnya waktu itu isu rasial masih sangat kental. Dirinya yang orang kulit putih merasa memiliki kedudukan lebih dibandingkan orang kulit hitam.

Namun karena butuh uang untuk menghidupi keluarganya, Tony akhirnya menerima pekerjaan tersebut.

Perjalanan mengantarkan Don Shirley bermain musik pun dimulai. Banyak hal yang dialami Tony selama menemani Don.

Ternyata gemerlap dunia musik sangat berbeda dengan kenyataan hidup yang dialami Don. Ia tampak seperti boneka mainan orang kulit putih dan itu membuat hati Tony terluka.

Suatu kejadian, membuat Tony memandang Don dan orang kulit hitam secara berbeda. Keduanya akhirnya menjadi teman baik.

Berkat aktingnya di film biografi tokoh terkenal ini, Mahershala Ali bahkan mendapatkan penghargaan sebagai Best Supporting Actor dan membawa pulang piala Oscar.

10. Rush (2013)

Disutradarai oleh Ron Howard, film biografi tokoh terkenal ini dibintangi oleh Chris Hemsworth bersama Daniel Bruhl dan Olivia Wilde.

Film tentang tokoh biografi ini berfokus dengan ajang balapan F1 pada musim 1976, dimana dua pembalap James Hunt asal Inggris terlibat persaingan cukup panas dengan Niki Lauda asal Austria.

Meski telah berjuang dengan sekuat tenaga, hingga melakukan cara-cara licik beberapa kali, musim 1976 pun berakhir dengan kemenangan James Hunt.

Persaingan kedua pembalap tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak ajang Formula 3, hingga akhirnya Hunt berhasil masuk ke ajang Formula 1 dan Niki Lauda pun menyusul.

Persaingan sengit di antara kedua pembalap profesional tersebut pun dimulai untuk mendapatkan posisi pertama di podium F1.

11. Nowhere Boy (2009)

Rekomendasi film autobiografi terbaik selanjutnya ini mengisahkan tentang perjalanan hidup salah seorang musisi kenamaan dunia, John Lennon.

Digarap oleh sutradara Sam Taylor-Wood, film “Nowhere Boy” mengusung latar kehidupan Lennon antara tahun 1955 hingga 1960 an.

Diperankan Aaron Johnson ini mengisahkan tentang kehidupan John Lennon di masa remajanya.

Bagaimana ia dibesarkan oleh paman dan bibinya setelah berpisah dengan ibunya, Julia Lennon dan akhirnya bertemu kembali.

Hingga bagaimana dirinya membentuk grup musik pertamanya yang diberi nama Quarrymen. Bertemu George Harrison dan Paul McCartney yang akhirnya sama-sama membangun The Beatles.


Nah, itulah tadi rekomendasi film autobiografi terbaik yang bukan cuma punya alur cerita yang menarik tapi juga penuh inspirasi.

Menurut kamu, mana nih film biografi tokoh terkenal di atas yang bikin penasaran dan menarik buat ditonton ulang? Share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

Ikuti Kami!

1,390FansSuka
697PengikutMengikuti
210PelangganBerlangganan

Terpopuler