10 Rekomendasi Film Tentang Sepak Bola, Dari Indonesia hingga Kartun

222
Rekomendasi film tentang sepak bola Indonesia dan mancanegara

Rekomendasi Film Tentang Sepak Bola Indonesia dan Dunia – Kalau sudah berbicara soal film sepak bola, pasti banyak yang excited. Bukan cuma film sepak bola Indonesia dan mancanegara, film kartun sepak bola pun juga banyak digandrungi.

Terlebih saat ini bertepatan dengan momen berlangsungnya Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar. 

Butuh VPN gratis kualitas premium? Dengan Moove VPN, semua konten di internet bisa diakses tanpa batas!

Jadi, tak ada salahnya jika kamu memilih genre film semacam ini untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga di rumah. 

Seperti yang diketahui, sepak bola adalah salah satu jenis cabang olahraga yang memiliki banyak peminat. 

Bahkan tak jarang, sepak bola mampu mempererat hubungan setiap pendukungnya. 

Tak heran jika kemudian para sineas perfilman berlomba membuat film bertema sepakbola yang mampu menarik minat penonton dari berbagai kalangan. 

Daftar Film Kartun Sepak Bola Terbaik 

Saat ini ada begitu banyak film tentang sepak bola yang bisa disaksikan di berbagai platform seperti Netflix hingga Disney Hotstar. Bahkan, film semacam ini dibuat dengan genre berbeda dan jenis film yang berbeda pula. 

Berikut ini deretan film kartun sepak bola yang bisa kamu jadikan pilihan untuk hiburan dan menghabiskan waktu bersama keluarga. 

1. Captain Tsubasa (2018)

Bagi kamu yang lahir di tahun 90-an, sudah pasti ingat dengan salah satu anime asal Jepang berjudul “Captain Tsubasa”. 

Bagaimana tidak, film kartun sepak bola yang disutradarai oleh Isamu Imakake ini merupakan anime terpopuler. 

Tak jarang, film ini ditonton anak-anak yang akhirnya memiliki cita-cita jadi seorang pemain sepakbola layaknya Tsubasa. 

Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Tsubasa yang memiliki impian besar jadi pemain sepak bola profesional. 

Mimpi tersebut akhirnya jadi kenyataan berkat bakat dan kerja kerasnya. Tsubasa berhasil menjadi kapten klub dan bahkan tim sepak bola nasional Jepang. 

2. Whistle! (1998)

Tak kalah menarik dan seru, “Whistle!” jadi film kartun sepak bola selanjutnya yang cocok ditonton bersama keluarga. 

“Whistle!” bercerita tentang laki-laki bernama Kazamatsuri Shou yang ingin menjadi seorang pemain yang andal. 

Namun sayangnya, Shou tidak terlalu cakap bermain sepak bola dan kesulitan menggapai impian tersebut. 

Film ini diangkat berdasarkan manga karya Daisuke Higuchi ini dijamin bakal membuat kamu haru dan terinspirasi. 

Pasalnya, alur cerita “Whistle!” benar-benar terfokus pada ketangguhan dan keuletan seorang Shou ketika mengejar seluruh mimpinya sebagai pemain sepak bola. 

3. Aoki Densetsu Shoot! (1993)

Selanjutnya ada “Aoki Densetsu Shoot!” yang tak kalah seru buat ditonton bareng keluarga saat libur akhir pekan.

Dibuat berdasarkan manga terpopuler asal Jepang karya Tsukasa Oshima, “Aoki Densetsu Shoot” berhasil dibuat seru sekaligus menarik oleh sutradarai Noriyuki Namakura. 

Film yang juga dikenal dengan judul “Shoot!” ini bercerita tentang tiga orang sahabat, Kazuhiro Hiramatsu, Toshisiko Tanaka, dan Kenji Shiraishi yang sangat suka dengan sepakbola. 

Mereka bertiga bersekolah di tempat yang sama dengan bintang sepakbola idolanya bernama Yoshiharu Kubo. 

Ketika menonton “Aoki Densetsu Shoot!” kamu bakal dibuat haru oleh perjuangan tiga sahabat tersebut saat berjuang meraih semua mimpinya. Bagaimana, sudah cukup membuat penasaran kan?

Deretan Film Tentang Sepak Bola Indonesia yang Tak Kalah Seru dan Menarik

Selain kartun, film sepak bola Indonesia juga punya jalan cerita yang seru dan menarik, lho. Berikut beberapa di antaranya. 

4. Garuda di dadaku (2009)

Disutradarai Ifa Isfansyah, “Garuda di Dadaku” menjadi salah satu film keluarga yang recommended.

Mengangkat tema seputar usaha dan kerja keras tim nasional Indonesia, film ini fokus pada kisah Bayu, seorang remaja berusia 12 tahun yang bercita-cita jadi pemain timnas sepakbola U-13. 

Tentu saja, impian Bayu itu didukung oleh bakat dan kecintaannya pada sepakbola. 

Layaknya Tsubasa yang melegenda, Bayu seakan tiada henti menggiring bola kapan pun dan dimanapun. 

Jika kamu tertarik menyaksikan seperti apa perjuangan Bayu untuk meraih impiannya tersebut, saksikan saja film sepakbola Indonesia yang satu ini di Netflix. 

5. Hari ini pasti menang (2013)

Rekomendasi film tentang sepak bola Indonesia berikutnya berjudul “Hari Ini Pasti Menang” yang diadaptasi dari novel berjudul “Menerjang Batas’ karya Estu Ernesto. 

Film yang disutradarai Andi Bachtiar Yusuf ini bercerita tentang kerasnya perjuangan tim nasional Indonesia pada gelaran Piala Dunia 2014. 

Dibintangi oleh Zendhy Zain yang memerankan tokoh Gabriel Omar Baskoro, “Hari Ini Pasti Menang” menggambarkan dengan jelas, bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil. 

Gabriel yang bermain di tim Jakarta Metropolitan dan Liga Utama Indonesia tersebut berhasil membawa tim nasional Indonesia lolos ke babak perempat final Piala Dunia. 

Bukan hanya fokus pada upaya dan kerja keras tim, Andi Bachtiar sukses mengangkat kejamnya isu mafia sepakbola secara detail melalui film tentang sepak bola Indonesia satu ini.

Jadi jangan heran, jika film ini begitu digandrungi banyak orang. 

6. Tabula Rasa (2014)

Selanjutnya yang tak kalah seru adalah “Tabula Rasa” yang rilis di tahun 2014 silam. Disutradarai Adriyanto Dewo, film tentang sepak bola Indonesia ini terbilang menarik. 

Pasalnya, latar tempat yang diambil berada di Kepulauan Yapen, Serui, Papua. 

Cerita dalam film “Tabula Rasa” ini berawal dari seorang pemuda bernama Hans (Jimmy Kobogau) yang bermimpi menjadi seorang pemain sepakbola profesional. 

Namun sayangnya, Hans selalu berhadapan dengan berbagai masalah pelik dalam hidupnya. 

7. Cahaya dari Timur (2014)

Selanjutnya, rekomendasi film sepak bola Indonesia adalah “Cahaya dari Timur” hasil arahan sutradara Angga Dimas Wicaksono yang rilis pada tahun 2014 silam. 

Seperti halnya “Tabula Rasa” film ini juga mengambil lokasi syuting di Papua meski bertema tentang pemuda asal Maluku bernama Sani Tawainella (Chicco Jerikho). 

Sani merupakan mantan pemain sepak bola tim nasional Indonesia U-15 yang tengah mengadu nasib jadi seorang tukang ojek. 

Namun siapa sangka, dia justru harus berhadapan dengan konflik antar agama dan mengerahkan seluruh usahanya untuk menyelamatkan anak-anak di kampungnya tersebut. 

Film Tentang Sepak Bola yang Tayang di Netflix

Selain film sepak bola Indonesia dan anime di atas, ada banyak film Hollywood yang tayang di Netflix pastinya sangat sayang jika dilewatkan. Berikut di antaranya.

8. Ultras (2020)

Film tentang sepak bola yang satu ini tayang di platform Netflix. Berkisah tentang kehidupan seorang penggemar sepak bola bernama Sandro asal Naples, Italia. 

Dalam film “Ultras”, kamu bisa melihat betapa keras kehidupan seorang penggemar sepakbola atau yang dikenal dengan sebutan ultras di kehidupan nyata. 

“Ultras” yang ditulis dan disutradarai oleh Francesco Lettieri ini berdurasi nyaris dua jam dengan rating 5,9 IMDb. 

9. First Team: Juventus (2018)

Sesuai dari judulnya, “First Team: Juventus” bercerita tentang keberhasilan club sepakbola asal Italia, Juventus periode tahun 2017 hingga 2018. 

Film serial dengan total enam episode ini masuk dalam kategori dokumenter yang sangat inspiratif. Tak heran jika film ini meraih rating hingga 7,3 dalam IMDb. 

10. Maradona in Mexico (2020)

Dari judulnya, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa film “Maradona in Mexico” ini menceritakan tentang kisah hidup Diego Maradona. 

Tokoh sepakbola paling populer dan karismatik sepanjang sejarah. 

Film tentang sepak bola ini diadaptasi dari cerita yang disampaikan secara langsung oleh pelatih Diego Maradona bernama Fernando Signorini ketika membela tim nasional Argentina. 

Berdasarkan keterangan Signorini, Maradona memiliki kepribadian pemalu, manis, tetapi rela berkorban untuk siapapun. 

Tak heran jika akhirnya Maradona bisa membawa timnya menjuarai berbagai ajang termasuk Liga Italia hingga empat musim. 

Bahkan, berkat bakat dan kepiawaiannya, Argentina berhasil menyabet juara piala dunia pada tahun 1986. Maradona berakhir dengan julukan Tangan Tuhan. 

Menariknya, selain memperlihatkan sisi bakat hebat Maradona, film sepak bola ini juga turut menceritakan sisi gelap Maradona sebagai pecandu narkoba. 

Demikian tadi beberapa film tentang sepak bola yang bisa kamu saksikan bersama keluarga. Selamat menonton!

Jika kamu punya rekomendasi lainnya yang tak kalah seru dan menarik, jangan sungkan buat tinggalkan ulasan kamu di kolom komentar, ya!

Catatan Editor

Biar makin makin seru dan puas nonton film tentang sepak bola Indonesia dan mancanegara hingga kartun anime, pastikan untuk selalu menggunakan layanan streaming online yang legal, ya.

Misalnya saja seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, Catchplay, iFlix dan lain sebagainya untuk pengalaman yang terbaik.

Namun, jika kamu terpaksa harus menontonnya di situs online streaming gratisan, maka selalu pastikan untuk menjaga keamanan aktivitas kamu selama di internet, ya!

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan VPN Moove. VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni yang bisa digunakan, 100% gratis. 

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitas di internet dengan VPN Moove sekarang juga!

Google Play