Sejarah dan Perkembangan Google Hingga Masa Kini

Sejarah dan Perkembangan Google: Pertumbuhan Google yang Kian Tidak Terbendung

Pertumbuhan Google sangat pesat dan perusahaan ini telah menghasilkan (dan mengakuisisi) banyak produk (dan perusahan) lain yang telah menyentuh kehidupan kita sehari-hari seperti Android dan Google Plus.

Sejarah dan perkembangan Google berikutnya, pada tahun 2004, Google mengakuisisi Keyhole Inc, perusahaan start-up yang mengembangkan produk yang disebut Earth Viewer yang kemudian namanya diganti menjadi Google Earth pada tahun 2005.

Pada bulan Oktober 2006, Google membeli YouTube dengan harga senilai $1.65 miliar dan pada bulan April 2007, Google membeli DoubleClick dengan harga senilai $ 3.1 milyar, guna memperluas jangkauannya ke pasar iklan display di web.

Pada tanggal 15 Agustus 2011, Google melakukan akuisisi terbesarnya ketika mereka mengakuisisi Motorola Mobility dengan harga sebesar $12.5 miliar.

Sejak tahun 2011, Google miliki dan mengoperasikan enam pusat data di Amerika Serikat, ditambah satu pusat data di Finlandia dan satu lagi di Belgia.

Pada tanggal 28 September 2011, Google mengumumkan rencananya untuk membangun tiga pusat data dengan biaya lebih dari $200 juta di Asia (Singapore, Hong Kong dan Taiwan).

Saat ini, Google diperkirakan menjalankan lebih dari satu juta server di pusat data di seluruh dunia, dan memproses lebih dari satu milyar pencarian dan sekitar 24 petabyte data dari pengguna setiap harinya.

Pada bulan Mei 2011, jumlah pengunjung unik ke Google setiap bulan melampaui satu miliar untuk pertama kalinya, meningkat 8.4 persen dari bulan Mei 2010 (931 juta).

Pada tahun 2012, Google telah menemukan lebih dari 30 triliun url unik di web, jumlah ini meningkat pesat jika dibandingkan dengan jumlah url unik pada tahun 2008, yang hanya berjumlah 1 triliun.

Indeks pencarian Google mencapai lebih dari 100 juta GB (gigabyte) atau dengan kata lain, butuh lebih dari 100,000 hard disk yang berukuran 1 TB (terabyte) untuk menyimpan indeks pencarian itu.

Sebagai salah satu contohnya, untuk menampilkan informasi pada aplikasi Street View yang merupakan bagian dari Google Maps, Google telah memotret jalan sepanjang 5 juta mil atau 8,046 juta km sampai tahun 2012.

Sistem operasi mobile Google, Android terus mendominasi pangsa pasar smart phone. Pada 2013, Android mengambil 74.4% pangsa pasar (berdasarkan survei Gartner) dan diharapkan dapat menguasai pangsa pasar hingga 80% pada tahun 2016 kecuali Apple dapat bangkit kembali dengan iOS dan gadget yang lebih menarik.

Nah, itulah sejarah dan perkembangan Google dari masa ke masa. Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber: RumpiTekno

Walter Pinemhttps://walterpinem.me/
Traveler, Teknisi SEO, dan Programmer WordPress. Aktif di Seni Berpikir, A Rookie Traveler, GEN20, Payung Merah, dan De Quixote.

Bacaan SelanjutnyaPENTING
Topik Menarik Lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ikuti Kami!

1,390FansLike
762FollowersFollow
210SubscribersSubscribe

Terpopuler

Disponsori Oleh